Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Djuanita Bowman
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengasuh dalam
mendisiplinkan anak untuk tidur siang yang diberikan melalui program intervensi.
Peningkatan keterampilan dua pengasuh anak yang mengikuti kegiatan di TPA
Makara UI dalam mendisiplinkan anak untuk tidur siang diukur dari pelaksanaan
rutinitas yang disusun oleh pengasuh sebelum anak tidur siang dan kerutinan
tidur siang anak asuh. Intervensi dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut-turut,
yakni pada tanggal 31 Mei 2013 dan 1 Juni 2013. Materi dalam intervensi ini
meliputi perkembangan anak usia 3-4 tahun, tidur siang,dan rutinitas tidur siang,
serta penyusunan kegiatan rutin menjelang tidur siang dan penerapannya. Acuan
utama peneliti dalam materi program mengacu pada teknik menyusun rutinitas
tidur siang anak adalah dari Pantley (2007). Gambaran pelaksanaan rutinitas
menjelang tidur siang diperoleh dari pengisian yang dilakukan oleh pengasuh
pada buku log mengenai kegiatan selama 14 hari berturut-turut setelah
pelaksanaan intervensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
merupakan metode kualitatif, dengan melakukan wawancara pada hari ke-4, ke-7,
ke-11, dan ke-14 setelah intervensi selesai. Hasilnya adalah terjadi perubahan
pada keterampilan pengasuh dalam mendisiplinkan anak untuk tidur siang.

ABSTRACT
The purpose of this research was to improve the capability of caregivers in
disciplining children to have afternoon naps through an intervention program.
The improvement of the two caregiver’s capability, who is a caregiver of a child
that took a program activity at the TPA Makara UI, of making the children take
their afternoon nap will be seen from the implementation of a routine that is
arranged by the caregiver before the child take a nap and the child’s routine of
taking an afternoon nap. The intervention was carried out for 2 (two) consecutive
days, on the 31st of May 2013 and the 1st of June 2013. Material given in this
intervention included development of children aged 3-4, afternoon naps, and the
routine of taking afternoon naps, as well the arranging of routinity before taking
afternoon nap and the application. The program material was based on the
technique of pre nap time routinity by Pantley (2007). Description of the
implementation of the routinity was taken from the content in the log book that
recorded the nap routine for 14 consecutive days after the intervention by the
caregiver. The analysis of the data in this research used a qualitative method by
conducting an interview on the 4th, 7th, 11th and 14th day after the intervention.
The result was a changing in the skill of the caregiver to discipline the children to
take a nap"
2013
T35653
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Santi Maria Permatasari
"Pembelajaran jarak jauh yang terjadi akibat pandemi COVID-19 merupakan masa rentan bagi para Ibu dalam melakukan disiplin yang menggunakan kekerasan, padahal Ibu memiliki tanggung jawab dalam mendisiplinkan anak sesuai dengan perkembangannya. Akan tetapi, banyak para Ibu yang masih menggunakan kekerasan dalam mendisiplinkan anak karena para Ibu tidak memiliki kemampuan dalam mengarahkan anak sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas program Bina Ibu Teladan dan Inspiratif (BITI) sebagai salah satu bentuk preventif dari kekerasan yang dilakukan oleh orang tua dalam menerapkan disiplin kepada anak. Partisipan diharapkan dapat menerapkan disiplin positif dengan mengikuti program ini. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pre-test post-test design. Penelitian dilakukan secara daring dengan melibatkan 10 Ibu yang memiliki anak berusia 5 hingga 6 tahun. Berdasarkan hasil pengukuran menggunakan metode Wilcoxon signed rank test, hasil menunjukkan signifikansi p sebesar 0,007 (p< 0.05). Artinya, program BITI efektif membentuk penerapan disiplin positif pada para Ibu anak usia dini. Beberapa saran untuk penelitian selanjutnya antara lain menggunakan metode rekaman sebagai salah satu metode pengambilan data agar informasi yang didapatkan semakin kaya dan mengurangi penggunaan konsep psikologi di dalam pelatihan agar partisipan lebih mudah memahami informasi yang diberikan.

Distance learning that occurs due to the COVID-19 pandemic is a vulnerable period for mothers in carrying out discipline that uses violence, even though mothers have a responsibility to discipline children according to their development. However, many mothers still use violence in disciplining their children because mothers do not have the ability to direct their children according to their development and needs. This study aimed to examine the effectiveness of the Bina Ibu Teladan dan Inspiratif (BITI) program as a form of prevention of violence perpetrated by parents in applying discipline to children. Participants are expected to apply positive discipline by joining this program. This study uses a research design of one group pre-test post-test design. The research was conducted through virtual training involving 10 mothers with children aged 5 to 6 years. Based on the measurement results using the Wilcoxon signed rank test method, the result showed significancy p value of 0.007 (p < 0.05). The results show that the BITI program developed in this study can develop positive discipline practice among early childhood mothers. Some suggestions for further research include using the recording method as a data collection method so that the information obtained is richer and avoiding the use of psychological concepts in training so that participants can more easily understand the information provided."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Severe, Sal
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000
155.4 SEV b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library