Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 34 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ari Putra
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen pembelajaran yang dikembangkan oleh lembaga ECO Bambu Cipaku, mulai dari perangkat pembelajaran, materi ajar dan metode pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, analisis dokumen, dan observasi. Pengolahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa lembaga ECO Bambu Cipaku membuat komponen pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar masyarakat. Komponen yang dibuat berupa panduan fasilitator untuk perangkat pembelajaran permainan tradisional yang bermuatan nilai pendidikan karakter dan memiliki fungsi mengarahkan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu pembelajaran. Penggunaan Metode belajar ekspositori berupa ceramah dan tanya jawab merupakan model yang digunakan oleh fasilitator dalam melakukan proses transfer ilmu pengetahuan pembelajaran literasi budaya berbasis permainan tradisional. Dengan demikian, inovasi pada pembelajaran literasi budaya yang dikembangkan di ECO Bambu Cipaku adalah berupa perangkat pembelajaran yang berfungsi sebagai pemandu proses pembelajaran permainan tradisional walaupun program literasi budaya melalui pembelajaran permainan tradisional belum memiliki standar kompetensi khusus dalam proses pengimplementasiannya.
Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018
370 JPK 3:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rika Nilapsari
Abstrak :
ABSTRAK
Latar belakang : Patient-based teaching merupakan komponen yang sangat penting dalam pendidikan kedokteran. Salah satu metode pengajaran patient based teaching, yakni bedside teaching (BST) merupakan cara yang paling efektif untuk mempelajari keterampilan klinis dan komunikasi. Penelitian ini ingin menggali secara mendalam proses pelaksanaan BST dan mengidentifikasi hambatan pelaksanaannya di beberapa rumah sakit pendidikan FK Unisba. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Pada penelitian ini kasus yang diangkat adalah metode pengajaran BST yang dilaksanakan di 3 wahana pendidikan (RSUD Al Ihsan, RS Al Islam dan RS Muhamadyah Bandung). Data diambil dengan wawancara mendalam, focus group discussion, observasi dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tiga tahapan yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Uji kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi teknik, sumber, member check dan studi dokumentasi. Hasil: Pelaksanaan BST yang kurang optimal disebabkan oleh berbagai faktor yaitu dosen klinik, peserta didik, pasien serta sarana penunjang pembelajaran. Faktor yang teridentifikasi pada dosen klinik yaitu kurangnya waktu yang dialokasikan dosen klinik serta kurangnya pemahaman dosen klinik akan metode BST dan perannya sebagai role model. Faktor peserta didik yaitu kurangnya persiapan pada metode BST, serta jumlah dan pengaturan peserta didik yang sering overload di beberapa wahana pendidikan. Faktor Pasien adalah variasi kasus pasien yang kurang dibeberapa wahana pendidikan serta keengganan pasien untuk ikut serta dalam pembelajaran. Sarana penunjang pembelajaran berupa modul klinik yang memuat sasaran dan tujuan pembelajaran dengan jelas belum dimiliki institusi dan ruangan penunjang BST yang nyaman agar pelaksaanaan BST menyenangkan belum ada. Kesimpulan: Faktor-faktor yang telah teridentifikasi pada studi kualitatif ini menjadi parameter pada monitoring dan evaluasi program sehingga memudahkan institusi pendidikan melakukan intervensi pada hambatan yang ada.
ABSTRACT
Introduction: Patient-based teaching is a very important component in medical education. Bedside teaching (BST), one of the methods in patient based teaching is the most effective way to learn clinical skills and communication. This research was done to explore in depth process of BST implementation and also to identify its implementation barriers in several teaching hospital of Unisba Medical School Methods: Qualitative research with case study design was used for this research. Study case theme used is BST teaching methods implemented in three teaching hospitals (Al Ihsan Hospital, Al Islam Hospital, and Muhamadyah Hospital Bandung. Data were taken using in-depth interviews, focus group discussions, observation, and documentation studies, and then followed by analysis through three stages including data reduction, data presentation, and conclusions or verification. Credibility of the data was tested using triangulation techniques, sources, member checks and documentation studies. Results: Less than optimal BST Implementation was due to various factors, clinical teachers, students, patients and also learning support facilities. Factors identified in the clinical teachers are lack of time allotted and lack clinical teachers understanding about BST method and its role as a role model. Factors identified in the students are lack of preparations about BST method, and also lack of numbers and arrangements of students whose often overload on some teaching hospitals. Factors identified in the patients are less variation of patients in some cases of teaching hospital and patients reluctance to participate in BST learning. Means of learning support in the form of modules containing learning outcomes and objectives clearly not owned by institutions and also comfortable rooms supporting BST in order to implement BST in a more gratifying way is yet exist. Conclussion: Factors which have been identified in this qualitative study is becoming parameters on monitoring and program evaluation therefore, making it easier for educational institutions to intervene on the existing barriers.
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moch. Anwar Djunaedi
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2008
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Maharany
Abstrak :
Perubahan metode pembelajaran secara intens di sekolah selama masa Pandemi COVID-19 menjadi tantangan tersediri bagi guru untuk mengajar murid secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi persepsi dukungan sosial dapat memprediksi efektivitas guru, serta ingin mengetahui dimensi persepsi dukungan sosial manakah yang memiliki kontribusi paling besar dalam memprediksi efektivitas guru. Partisipan penelitian ini adalah 257 guru SMP/MTS berusia 22-60 tahun, pernah mengajar secara PTM setelah pandemi COVID-19, dan mengajar pada jenjang SMP/MTS di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Banten. Penelitian ini menggunakan Revised-Multidimensional Scale of Perceived Social Support (Oktarina et al., 2021) dan Teacher Effectiveness Scale (Primandhita, 2020). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa keempat dimensi persepsi dukungan sosial secara signifikan dan positif berperan dalam memprediksi efektivitas guru (p<0.05). Rekan kerja, kepala sekolah, dan keluarga menjadi sumber persepsi dukungan sosial yang memiliki kontribusi terbesar dalam memprediksi efektivitas guru. Hasil penelitian mengimplikasikan bahwa guru perlu memiliki persepsi dukungan sosial dari orang sekitar untuk meningkatkan efektivitas guru. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi pihak sekolah serta pihak terkait lainnya untuk menyelenggarakan sebuah program pelatihan dan kolaborasi untuk menciptakan lingkungan pekerjaan yang aman sehingga efektivitas guru pun dapat meningkat. ......Intense changes in learning methods in schools during the COVID-19 pandemic became a challenge for teachers to teach students effectively. This study aims to determine whether the dimensions of perceived social support can predict teacher effectiveness and to find out which perceived social support dimension has the greatest contribution in predicting teacher effectiveness. The participants in this study were 257 SMP/MTs teachers aged 22-60 years, who had taught face-to-face learning after the COVID-19 pandemic, and taught at the SMP/MTs level in the Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Banten areas. This study uses the Revised-Multidimensional Scale of Perceived Social Support (Oktarina et al., 2021) and the Teacher Effectiveness Scale (Primandhita, 2020). The results of the regression analysis showed that the four perceived social support dimensions significantly and positively played a role in predicting teacher effectiveness (p<0.05). Colleagues, school principals, and families are the perceived social support sources that have the greatest contribution to predicting teacher effectiveness. The research results imply that teachers need perceived social support from those around them to increase teacher effectiveness. This can be a consideration for schools and other related parties to organize a training and collaboration program to create a safe work environment so that teacher effectiveness can increase.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Abstrak :
preparing elementary school teachers to teach science by inguiry in distance education cannot be separated from the use of media and information technology. In this study modules were used as a main learning sources and video record modeling as educational media. which was developed using research and development (R & D) cycles.
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Abstrak :
Gender issue becomes an interesting concern in education for there has been cultural bias and gender inequalities that unconsiously spread out though teaching and learning activities. Some learning materials, especially in elementary and secondary school, still show gender bias on occupation of women general.
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
This article is written based on the research about tutorial. the research is aimed to uncover student's perception of the effectiveness of face-to-face tutorial with semi block system conducted in UPBJJ_UT Pangkal pnang at the first semester of 2007. Data were gathered from 114 respondents using questionnaire and analyzed using descriptive analysis. The research found that student
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4   >>