Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
"Saat ini 'Test of English as a Foreign Language' (TOEFL) telah menjadi tren di dunia akademis. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia, baik swasta maupun pemerintah, menerapkan skor TOEFL sebagai salah satu syarat untuk lulus ujian tesis. Selain itu, pentingnya bahasa Inggris di perguruan tinggi ditunjukkan dengan adanya mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai mata kuliah umum pengembangan kepribadian (MPK) yang umumnya diberikan dalam dua semester. Di Sekolah Ekonomi dan Bisnis telkom, Telkom University, bahasa Inggris umumnya diberikan di setiap semester, ganjil dan genap di tahun pertama. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan nilai TOEFL mahasiswa, nilai kuliah 'General English', dan nilai mata kuliah English for Business. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan di antara ketiga nilai/skor tersebut dan mengetahui apakah perbedaan tersebut bersifat signifikan atau tidak. Hasil menunjukkan bahwa secara deskriptif ada perbedaan yang signifikan antara ketiga nilai tes bahasa Inggris.
"
JSIO 13:2 (2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Camp, Sue C.
New York : Glencoe/McGraw-Hill, 2001
808.027 CAM d
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Eric Estha Dahana
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi mata pelajaran Wicara Publik yang ada dan merancang silabus baru untuk mata pelajaran peminatan bahasa Inggris Wicara Publik menggunakan metode English for Specific Purposes (ESP) di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki profil entrepreneurship. Ancangan penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif (mixed methods design research). Data ancangan kuantitatif (desain survei) bersumber dari kuesioner yang disebarkan kepada pemelajar dan pembelajar untuk memperoleh informasi dari dua perspektif berbeda. Di sisi lain, ancangan kualitatif (desain deskriptif interpretatif) digunakan untuk mengolah data yang berasal dari hasil wawancara terhadap pemangku kepentingan, pembelajar dan pemelajar. Observasi kelas dalam penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi tentang proses pembelajaran wicara publik yang berlangsung di dalam ruang kelas. Analisis kebutuhan dilakukan menggunakan pedoman needs analysis-informed teaching for English for specific purposes (Albassri, 2002) dan beberapa sumber pustaka yang relevan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa program wicara publik yang sudah dilaksanakan belum sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan pemelajar untuk mengembangkan kemahiran komunikasi entrepreneurial dan oleh karena itu dibutuhkan silabus yang sejalan dengan tujuan pengadaan program tersebut. Meski demikian, mayoritas responden mengatakan bahwa kemahiran wicara publik mereka meningkat. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi topik-topik wicara publik entrepreneurship dan elemen-elemen bahasa yang diperlukan untuk mengembangkan kemahiran komunikasi entrepreneurial dan perlu dimasukkan ke dalam silabus yang baru. Silabus ini dapat juga digunakan di sekolah-sekolah lain yang ingin mengembangkan kemahiran entrepreneruship pemelajarnya lebih dini.
ABSTRACTThis study aims to evaluate a Public Speaking course and design a new syllabus for an English Public Speaking course using the English for Special Purposes (ESP) method in a high school (SMA) which has an entrepreneurial profile. This research is quantitative and qualitative in nature (mixed methods research design). Quantitative data (survey design) were elicited from questionnaires distributed to both learners and teachers to obtain information from two different perspectives. On the other hand, a qualitative approach is used to process data elicited from interviews with the stakeholder, learners and teachers. Class observations in this study aimed to identify and obtain information about the learning process of public speaking conducted in the classroom. Needs analysis was carried out using analysis of information-based teaching needs for English for specific purposes (Albassri, 2002) and some relevant library sources. Based on the result findings of the analysis, it can be concluded that the ongoing public speaking program was not fully in accordance with the needs of learners to develop entrepreneurial communication skills and therefore a syllabus that was in line with the objectives of the program was needed. However, the majority of the respondents said that their public speaking skills had improved. This research successfully identified the topics of entrepreneurship public speaking and the language elements needed to develop the entrepreneurial communication skills that need to be incorporated into the new syllabus. This syllabus can also be used in other schools that are willing to develop their learners' entrepreneurship skills at earlier stage."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Guffey, Mary Ellen
Boston: PWS-Kent, 1988
651.7 Guf e
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Illinois: Richard D. Irwin, 1984
001.543 HEN f
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Guffey, Mary Ellen
Singapore: Cengage Learning Asia, 2008
808.066 65 GUF e
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Guffey, Mary Ellen
Boston: PWS Publishing, 1991
808.066 65 GUF e
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Lesikar, Raymond Vincent
Boston: McGraw-Hill/Irwin , 2002
651.74 LES b
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Netzley, Michael
Upper Saddle River: Prentice-Hall, 2001
808.066 6 NET g
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
New Jersey: Prentice-Hall, 1990
R 651.374 SEC
Buku Referensi Universitas Indonesia Library