Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Mukid
"Jembatan Suramadu merupakan jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dengan pulau Madura. Jembatan ini sangat berarti bagi peningkatan perekonomian masyarakat Madura karena pergerakan arus barang maupun orang akan jauh semakin cepat. Salah satu investor dan pengelola pembangunan ini adalah Jasa Marga, sehingga sistem penggolongan kendaraan akan disesuaikan dengan kebijakan pihak Jasa Marga. Studi kelayakan mengenai kebutuhan jumlah pintu tiket selama ini masih belum dilakukan oleh pihak konsultan suramadu. Sedangkan studi mengenai harga tiket yang akan di terapkan, masih melihat dari sisi investor tanpa memperhatikan willingness to pay masyarakat calon pengguna jembatan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari jumlah pintu tiket yang optimal dan harga tiket yang ideal. Untuk menghitung kebutuhan jumlah pintu tiket, metode yang digunakan adalah model antrian dengan bantuan software ProModel. Sedangkan untuk mencari harga tiket yang ideal metode yang digunakan adalah model optimasi dengan bantuan software Opt-Quest for crystal ball. Setelah melakukan perhitungan maka didapatkan kesimpulan bahwa jumlah pintu tiket selama masa konstruksi sebanyak tiga unit untuk kendaraan roda dua dan tiga unit untuk roda empat. Tahun pertama sampai pada tahun ke sepuluh kebutuhan pintu tiket untuk kendaraan roda dua sebanyak dua unit sedangkan untuk kendaraan roda empat hanya sebanyak satu unit. Harga tiket yang diperoleh dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa rata-rata harga tiket jembatan tidak akan lebih besar dari harga jasa Ferry pertahun 2005, bahkan bisa ditekan lebih kecil dari harga tiket jasa Ferry pertahun 2005."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2005
T16141
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Muhammad Biyadikalkhair Dyandra Putra
"Perusahaan manufaktur perhiasan merupakan perusahaan dengan distribusi kecelakaan kerja tertinggi. Pada area metal forming, seringkali terjadi kasus kecelakaan kerja besar. Adanya potensi human error pada aktivitas kerja permesinan, merupakan penyebab utama terjadinya kecelakaan kerja. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dan probabilitas terjadinya human error menggunakan tiga metode, yaitu HTA, SHERPA, dan HEART. Dari pengolahan data, ditemukan dua aktivitas kerja mesin stamping dan lima aktivitas kerja mesin rolling yang termasuk dalam critical task dan akan difokuskan dalam proses perancangan rekomendasi K3. Sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya error yang ditemukan, penggunaan framework HOC bertujuan untuk mengetahui lingkup pengendalian dan bentuk rancangan rekomendasi K3. Ditentukan empat bentuk rekomendasi untuk lingkup kontrol administratif dan satu bentuk rekomendasi untuk lingkup kontrol rekayasa teknik. Dalam menguji kelayakan pengimplementasian rancangan rekomendasi K3, feasibility study dilakukan terhadap empat aspek utama kelayakan. Setelah pengujian dilakukan, didapatkan hasil akhir yang menunjukkan bahwa rancangan pengimplementasian rekomendasi K3 layak untuk dilakukan.

Jewelry manufacturing company is company with the highest distribution of work accidents. In the metal forming area, there are often cases of major work accidents. The potential for human error in machining work activities is the main cause of work accidents. Therefore, this study aims to identify the form and probability of human error using three methods, namely HTA, SHERPA, and HEART. From data processing, it was found that two work activities of stamping machines and five work activities of rolling machines are included in critical tasks and will be focused on the process of designing HSE recommendations. In an effort to minimize the occurrence of errors found, the use of the HOC framework aims to determine the scope of control and the form of the design of HSE recommendations. Determined four forms of recommendation for the scope of administrative control and one form of recommendation for the scope of engineering control. In testing the feasibility of implementing the HSE recommendation design, a feasibility study is carried out on four main aspects of feasibility. After the tests were carried out, the final results showed that the design for implementing the HSE recommendations is feasible.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rhenald Kasali
Jakarta: Lembaga Managemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1989
679.73 RHE s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Alex Soemadji Nitisemito
Jakarta: Bumi Aksara, 1995
658.404 ALE w (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Alex Soemadji Nitisemito
Jakarta: Bumi Aksara, 1995
658.404 ALE w (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Frizka Lesmana
"Laporan magang ini membahas evaluasi terhadap prosedur strategi diversifikasi pendapatan pada proyek penyusunan strategi diversifikasi pendapatan yang dilakukan oleh DRA Consulting, sebuah anak perusahaan KAP DRA Indonesia yang bergerak di bidang jasa konsultasi. KAP DRA Indonesia merupakan sebuah kantor akuntan public yang menyediakan layanan audit & asuransi, konsultasi, layanan bisnis & outsourcing, layanan hukum, dan pajak kepada klien perusahaan public, swasta, BUMN, maupun instansi pemerintah. Dalam proyek ini, tugas DRA Consulting adalah menghitung kelayakan finansial suatu proyek menggunakan parameter NPV dan IRR, termasuk pembuatan model keuangan dan perhitungan tingkat diskonto sebagai dasar perhitungan kelayakan finansial. Selain model finansial, proses penyusunan strategi diversifikasi pendapatan turut melibatkan analisis rasio keuangan untuk menilai kinerja perusahaan dan analisis PESTLE, Porter Five Forces, dan Matriks IFE-EFE. Berdasarkan hasil evaluasi, proses penyusunan strategi diversifikasi yang dilakukan telah sesuai dengan teori yang ada. Namun, ditemukan perbedaan dalam detail langkah penyusunan strategi diversifikasi seperti rasio yang digunakan dalam proses analisis keuangan dan interpretasi hasil akhir skor tertimbang Matriks IFE-EFE. Laporan magang ini juga membahas refleksi diri penulis selama menjalani magang serta rencana pengembangan diri setelah penulisan. Penulis menemukan bahwa lingkungan kerja yang positif memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja. Meskipun menghadapi tantangan dan keraguan terhadap kemampuan diri, penulis mampu mengatasi hal ini dengan rasa syukur dan kesadaran atas dedikasi dan usaha. Penulis juga mengembangkan strategi untuk mengatasi tekanan pekerjaan yang menumpuk dan tenggat waktu singkat.

This report discusses the evaluation of the revenue diversification strategy procedures on the revenue diversification strategy project conducted by DRA Consulting, a subsidiary of KAP DRA Indonesia that operates in the consulting services sector. KAP DRA Indonesia is a public accounting firm providing audit & assurance, consulting, business & outsourcing services, legal services, and tax services to public, private, state-owned enterprises, and government agencies. In this project, DRA Consulting's task was to calculate the financial feasibility of a project using NPV and IRR parameters, including the creation of financial models and the calculation of discount rates as the basis for financial feasibility calculations. In addition to financial models, drafting revenue diversification strategies also involved financial ratio analysis to assess company performance and PESTLE analysis, Porter Five Forces, and IFE-EFE Matrix. Based on the evaluation results, drafting the diversification strategy was in line with existing theories. However, differences were found in the detailed steps of strategy formulation, such as the ratios used in the financial analysis process and the interpretation of the final weighted scores of the IFE-EFE Matrix. This internship report also discusses the author's self-reflection during the internship and plans for self-development after writing. The author found that a positive work environment has a significant impact on performance. Despite facing challenges and self-doubt, the author was able to overcome them with gratitude and awareness of dedication and effort. The author also developed strategies to cope with piled-up work pressure and tight deadlines."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lisa Arnita Anzar
"Studi kelayakan pembangunan jalan Tambu-Kasimbar dimaksudkan untuk mendapat nilai manfaat secara ekonomi dari rencanan Pembangunan jalan Tambu-Kasimbar dalam mendukung konektifitas IKN dan Indonesia Timur. Pendekatan dengan proyek (with project) diasumsikan sebagai suatu kondisi, dimana diperlukan suatu investasi/proyek yang besar, yang dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas maupun struktur jalan. Sedangkan untuk pendekatan tanpa proyek (without project) diasumsikan sebagai suatu kondisi, dimana tidak ada investasi/proyek yang dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas maupun struktur jalan, kecuali untuk mempertahankan fungsi pelayanan jalan, yaitu berupa pemeliharaan rutin dan pemeliharaan berkala. Tahapan analisis dimulai dengan formulasi dari 3 (tiga) alternatif ruas terpilih yang selanjutnya dibuat desain pendahuluan pada perencanaan trase jalan dan nilai tebal perkerasan. Komponen biaya manfaat dihitung berdasarkan pendekatan coustemer suprplus yang didasarkan saving Biaya Operasional Kendaraan (BOK), dan saving nilai waktu. proses analisis kelayakan ekonomi ini dilakukan untuk menghitung kelayakan pembangunan dan pengoperasian Ruas Jalan Tambu – Kasimbar CS dengan membandingkan antara jumlah biaya (cost) terhadap manfaat (benefit pada pengguna lalu lintas/consumer surplus berupa penghematan Biaya Operasi Kendaraan dan Nilai Waktu. Hasil studi diperoleh Total biaya manfaat dari customer surplus adalah Rp. 712,458 Milyar pertahun. Nilai EIRR sebesar 16.89% memenuhi kelayakan ekonomi >12%, BCR suku Bungan 12% sebesar 2.38% >1, Nilai Net Present Value (NPV) = Rp. 5.254.783.058,- >0 sehingga dapat disimpulkan pembangunnan jalan Ruas Tambu-Kasimbar layak dilaksanakan dari segi lalulintas maupun ekonomi Implementasi praktik keinsinyurandalam rencana pembangunan jalan ruas tambu – kasimbar anata lain; analisis teknis yang komprehensif, pertimbangan aspek lingkungan dan sosial, konsultasi dengan pemangku kepentingan, analisis risiko dan keselamatan kerja, pemilihan material dan teknologi yang tet diterapkan dalam pelaksanaan studi ini.

The feasibility study of Tambu-Kasimbar road construction is intended to benefit economically from the Tambu-Kasimbar road development plan in supporting IKN and Eastern Indonesia connectivity. The approach with the project is assumed to be a condition, where a large investment/project is required, which is carried out to improve the capacity and structure of the road. As for the no-project approach, it is assumed as a condition, where no investment/project is carried out to increase the capacity or structure of roads, except to maintain the function of road services, namely in the form of routine maintenance and periodic maintenance. The analysis stage begins with the formulation of 3 (three) alternative selected sections which are then made preliminary designs on road trase planning and pavement thickness values. The cost benefit component is calculated based on the coustemer suprplus approach which is based on saving Vehicle Operating Costs (BOK), and saving time value. This economic feasibility analysis process is carried out to calculate the feasibility of building and operating the Tambu – Kasimbar CS Road Section by comparing the total costs (costs) to benefits (benefits to traffic users / consumer surplus in the form of savings in Vehicle Operating Costs and Time Value. The results of the study obtained The total cost of benefits from customer surplus is Rp. 712,458 billion per year. EIRR value of 16.89% meets economic feasibility of >12%, BCR of Bungan tribe 12% of 2.38% >1, Net Present Value (NPV) = Rp. 5,254,783,058,- >0 so that it can be concluded that the construction of the Tambu-Kasimbar section is feasible in terms of traffic and economy Implementation of engineering practices in the tambu – kasimbar anata road construction plan of other anata sections; Comprehensive technical analysis, consideration of environmental and social aspects, consultation with stakeholders, occupational risk and safety analysis, selection of materials and technologies that have been applied in the implementation of this study."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library