Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yulia Susana
"Abstrak: Ditengah kelangkaan sumber energi yang berasal dari bahan bakar fosil karena semakin menipisnya cadangan minyak bumi dan semakin meningkatnya kebutuhan bahan bakar maka salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut adalah dengan bio fuel cell. Bio fuel cell (BFC) adalah sebuah alat/sistem yang mampu mengubah energi kimia suatu sumber bahan bakar menjadi energi listrik melalui reaksi elektrokimia. Mikroorganisme seperti E. coli dapat digunakan sebagai penghasil energi listrik melalui bantuan mediator electron sehingga terjadi kontak listrik (electron relays) antara biokatalis dengan elektroda. Uji voltametri siklik terhadap mediator methylene blue dalam larutan KCl dengan pelarut buffer fosfat pH 7 pada scan rate 75 mV/s menunjukkan terjadinya puncak oksidasi pada potensial + 0,28 V. Produksi arus listrik pada MFC dengan menggunakan kultur E. coli pada kondisi aerob diperoleh hasil yang lebih kecil dibandingkan dengan hasil pengukuran yang dilakukan pada kondisi anaerob. Pada kondisi aerob dihasilkan arus sekitar 12,8 mikroamper dan voltase 233 milivolt (daya sekitar 3 mikrowatt) sedangkan pada kondisi anaerob dihasilkan arus sekitar 40 mikroamper dan voltase 300 milivolt (daya sekitar 12 mikrowatt) Kata kunci : Microbial fuel cell, Eschericia coli, aerob, anaerob, methylene blue"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2006
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herlin Arina
"Menipisnya bahan bakar fosil adalah salah satu alasan utama untuk menggunakan energi alternatif terutama biodiesel kelapa sawit. Dilaporkan bahwa penggunaan biodiesel dalam kondisi suhu rendah menyebabkan penyumbatan pada filter bahan bakar kendaraan. Penyumbatan disebabkan oleh adanya endapan yang terbentuk dari aglomerasi monogliserida. Kehadiran deposit ini mengurangi sifat aliran biodiesel. Penelitian telah dilakukan untuk meningkatkan sifat aliran dengan menambahkan surfaktan Sorbitan Monooleate (SMO). Dalam penelitian ini, digunakan biodiesel berbeda dengan konten monogliserida berbeda yaitu dengan kandungan 0,46% - 0,65% massa. Di setiap biodiesel, penambahan SMO bervariasi dengan 0,1% - 1% volume. Penyimpanan sampel biodiesel dikondisikan pada suhu rendah (16ºC) dan pada suhu ruang (± 27ºC). Penambahan SMO pada biodiesel dapat menghambat aglomerasi monogliserida sehingga dapat memperbaiki nilai flow properties biodiesel. Pengaruh SMO pada suhu awal pembentukan kristal / lilin pada biodiesel dianalisis dengan metode diferensial pemindaian kalorimetri (DSC), sedangkan efek pada sifat aliran dianalisis menggunakan 4 parameter: viskositas, densitas, titik kabut, dan Cold Filter Plugging Point (CFPP). Pengujian dilakukan setiap 1 minggu untuk setiap sampel biodiesel. Penggunaan SMO 0,1% - 1% untuk memperbaiki flow properties dengan menurunkan titik kabut sebesar ± 4,20C dan CFPP sebesar 20C.

Depletion of fossil fuel is one of leading factor to use alternate energy especially palm oil biodiesel. It was reported that the use of the biodiesel in cold condition caused a blockage in the vehicles fuel filter. Blockage is caused by the presence of deposits formed from agglomeration of monoglycerides that decreases the flow properties of biodiesel. Research has been carried out to improve the flow properties by adding Sorbitan Monooleate (SMO) surfactant.  In this research, three different biodiesels with monoglyceride content were used 0,46% - 0,65% by mass. In each biodiesel, the addition of SMO is varied by 0,1% - 1% by volume then samples is conditioned at low temperatures (160C) and at room temperature (± 270C). The addition of SMO to biodiesel can inhibit agglomeration of monoglycerides . The effect of SMO on the initial temperature of crystal formation/wax on biodiesel was analyzed by the method of differential scanning calorimetry (DSC), while the effect on flow properties was analyzed using 4 parameters: viscosity, density, cloud point, and cold filter plugging point (CFPP). Tests are carried out every 1 week for each biodiesel sample. The use of SMO 0,1% - 1% improves flow properties by decreasing the cloud point by ± 4,20C and CFPP by 20C."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53257
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muna Febi Afiyanti
"ABSTRAK
Pemerintah Indonesia mempunyai komitmen untuk menurunkan volume impor migas nasional, terutama volume impor minyak olahan. Hal ini disebabkan oleh pemerintah yang mempunyai tujuan untuk melakukan penghematan devisa dan melakukan peralihan sumber energi menjadi energi terbarukan. Selain itu, pemerintah juga berambisi untuk mengurangi tingkat polusi nasional, terutama di kota-kota metropolitan Indonesia. Jakarta saat ini menempati urutan ke 10 sebagai ibukota dengan tingkat polusi tertinggi di dunia, dengan tingkat konsentrasi PM 2.5 sebesar 45.3 (Air Visual, 2018). Perimeter PM 2.5 digunakan sebagai acuan karena PM 2.5, yang paling banyak berasal dari pembakaran bahan bakar fosil, merupakan polutan yang paling banyak menyebabkan kematian (WHO, 2017). Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan yang ada adalah dengan mencanangkan percepatan pengadaan kendaraan bermotor listrik (KBL) nasional, yang selanjutnya dituangkan pada Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019. Di sisi lain, Indonesia memiliki pasar sepeda motor yang sangat besar. Terbukti tidak hanya dari jumlah sepeda motor yang konsisten merupakan jenis kendaraan yang paling banyak di Indonesia, tetapi juga posisi Indonesia di pasar sepeda motor ASEAN dan dunia, yang masing-masing berada di posisi pertama dan ketiga. Maka dari itu, Indonesia pun memiliki potensi pada industri KBL, terutama KBL roda dua atau motor listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak kebijakan pemerintah yang diterbitkan terhadap daya tarik untuk investasi industri motor listrik di Indonesia. Metode yang digunakan adalah pemodelan finansial yang dibagi menjadi tiga skenario. Berdasarkan hasil analisis, didapati bahwa kebijakan yang dibuat berdampak positif terhadap daya tarik investasi pada industri motor listrik. Maka dari itu, perlu dilakukan penjabaran lebih lanjut sesegera mungkin dari kebijakan yang ada."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library