Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 40 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Normaeni Endah Iswarni
Abstrak :
[Pengertian hibah yang diatur dalam Pasal 1666 KUH Perdata adalah perjanjian yang dilakukan oleh penghibah ketika masih hidup untuk memberikan suatu barang dengan cuma-cuma kepada penerima hibah dan tidak dapat ditarik kembali. Kata-kata “tidak dapat ditarik kembali” ini berarti pencabutan hibah baru dapat dilakukan jika penerima hibah memberi persetujuan kepada pemberi hibah. Syarat dan tata cara untuk melakukan hibah adalah harus dengan akta notaris untuk objek hibah berupa benda bergerak seperti disebutkan dalam Pasal 1682 KUH Perdata, dan dengan akta PPAT untuk tanah dan bangunan seperti yang disebutkan dalam Pasal 37 ayat (1) PP No. 24/1997. Yang akan dibicarakan dalam tesis ini adalah bagaimana syarat-syarat untuk pembuatan akta hibah terutama terhadap barang tetap (tanah) serta tata cara pencabutan terhadap akta hibah otentik, dan bagaimana akibat hukum terhadap pembatalan akta hibah yang dilakukan dengan surat pernyataan pencabutan yang dibuat di bawah tangan dan diwaarmerking oleh Notaris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang berbentuk yuridis normatif untuk memberikan pemahaman mengenai analisis terhadap implikasi pembatalan akta hibah secara sepihak dengan surat pernyataan di bawah tangan yang diwaarmerking dan peralihan hak atas tanah yang dibuat tanpa akta PPAT. Hibah atas barang tetap (tanah) yang dibuat tanpa akta PPAT tidak menyebabkan perbuatan hukum hibahnya menjadi batal atau akta hibahnya menjadi tidak sah, karena hal ini hanya menyangkut akta hibahnya saja, sedangkan untuk pendaftaran peralihan haknya dapat dibuat kembali di hadapan PPAT yang nantinya digunakan sebagai dasar untuk peralihan hak ke Kantor Pertanahan. Akta hibah yang telah memenuhi persyaratan pembuatan akta otentik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1868 KUH Perdata maka pembatalannya tidak dapat dilakukan secara sepihak dengan surat pernyataan di bawah dan diwaarmerking, melainkan harus diajukan ke pengadilan umum. Dengan demikian, surat pernyataan pembatalan akta hibah yang dibuat di bawah tangan tersebut adalah tidak sah dan batal demi hukum.;The definition of grant provided for in Article 1666 of the Civil Code is an agreement made by grantor while still alive to give an item for free to grantees and irrevocable. The words "irrevocable" means repeal the new grant can be done if the grantee to give consent to the grantor. Requirements and procedures to carry out the grant is to be the object of a notarial deed for a grant in the form of moving objects as mentioned in Article 1682 Civil Code, and the PPAT deed for the land and buildings as mentioned in Article 37 paragraph (1) PP 24/1997. Which will be discussed in this thesis is how the conditions for the grant deed, especially against goods fixed (ground) as well as the procedure for revocation of the authentic grant deed, and how the legal consequences of the cancellation of the grant deed performed by a letter of revocation declaration made under the hand and waarmerkened by Notary. The method used in this study is a qualitative method in the form of normative to provide an understanding of the analysis of the implications of the cancellation of the deed of grant unilaterally by waiver under waarmerken hands and transfer of rights on land made without PPAT deed. Grants of goods fixed (ground) are made without PPAT deed does not lead to legal action grants will be canceled or deed grants become invalid, because it concerns only its grant deed alone, while for the registration of transfer of rights can be made back before PPAT that will be used as the basis for the transfer of rights to the Land Office. Grant deed that has met the requirements of making authentic document as referred to in Article 1868 of the Civil Code, the cancellation can not be done unilaterally by the letter of the statement below and under waarmerken, but should be brought to public trial. Thus, a statement of cancellation of the deed grants made under the hand is invalid and void.;The definition of grant provided for in Article 1666 of the Civil Code is an agreement made by grantor while still alive to give an item for free to grantees and irrevocable. The words "irrevocable" means repeal the new grant can be done if the grantee to give consent to the grantor. Requirements and procedures to carry out the grant is to be the object of a notarial deed for a grant in the form of moving objects as mentioned in Article 1682 Civil Code, and the PPAT deed for the land and buildings as mentioned in Article 37 paragraph (1) PP 24/1997. Which will be discussed in this thesis is how the conditions for the grant deed, especially against goods fixed (ground) as well as the procedure for revocation of the authentic grant deed, and how the legal consequences of the cancellation of the grant deed performed by a letter of revocation declaration made under the hand and waarmerkened by Notary. The method used in this study is a qualitative method in the form of normative to provide an understanding of the analysis of the implications of the cancellation of the deed of grant unilaterally by waiver under waarmerken hands and transfer of rights on land made without PPAT deed. Grants of goods fixed (ground) are made without PPAT deed does not lead to legal action grants will be canceled or deed grants become invalid, because it concerns only its grant deed alone, while for the registration of transfer of rights can be made back before PPAT that will be used as the basis for the transfer of rights to the Land Office. Grant deed that has met the requirements of making authentic document as referred to in Article 1868 of the Civil Code, the cancellation can not be done unilaterally by the letter of the statement below and under waarmerken, but should be brought to public trial. Thus, a statement of cancellation of the deed grants made under the hand is invalid and void.;The definition of grant provided for in Article 1666 of the Civil Code is an agreement made by grantor while still alive to give an item for free to grantees and irrevocable. The words "irrevocable" means repeal the new grant can be done if the grantee to give consent to the grantor. Requirements and procedures to carry out the grant is to be the object of a notarial deed for a grant in the form of moving objects as mentioned in Article 1682 Civil Code, and the PPAT deed for the land and buildings as mentioned in Article 37 paragraph (1) PP 24/1997. Which will be discussed in this thesis is how the conditions for the grant deed, especially against goods fixed (ground) as well as the procedure for revocation of the authentic grant deed, and how the legal consequences of the cancellation of the grant deed performed by a letter of revocation declaration made under the hand and waarmerkened by Notary. The method used in this study is a qualitative method in the form of normative to provide an understanding of the analysis of the implications of the cancellation of the deed of grant unilaterally by waiver under waarmerken hands and transfer of rights on land made without PPAT deed. Grants of goods fixed (ground) are made without PPAT deed does not lead to legal action grants will be canceled or deed grants become invalid, because it concerns only its grant deed alone, while for the registration of transfer of rights can be made back before PPAT that will be used as the basis for the transfer of rights to the Land Office. Grant deed that has met the requirements of making authentic document as referred to in Article 1868 of the Civil Code, the cancellation can not be done unilaterally by the letter of the statement below and under waarmerken, but should be brought to public trial. Thus, a statement of cancellation of the deed grants made under the hand is invalid and void., The definition of grant provided for in Article 1666 of the Civil Code is an agreement made by grantor while still alive to give an item for free to grantees and irrevocable. The words "irrevocable" means repeal the new grant can be done if the grantee to give consent to the grantor. Requirements and procedures to carry out the grant is to be the object of a notarial deed for a grant in the form of moving objects as mentioned in Article 1682 Civil Code, and the PPAT deed for the land and buildings as mentioned in Article 37 paragraph (1) PP 24/1997. Which will be discussed in this thesis is how the conditions for the grant deed, especially against goods fixed (ground) as well as the procedure for revocation of the authentic grant deed, and how the legal consequences of the cancellation of the grant deed performed by a letter of revocation declaration made under the hand and waarmerkened by Notary. The method used in this study is a qualitative method in the form of normative to provide an understanding of the analysis of the implications of the cancellation of the deed of grant unilaterally by waiver under waarmerken hands and transfer of rights on land made without PPAT deed. Grants of goods fixed (ground) are made without PPAT deed does not lead to legal action grants will be canceled or deed grants become invalid, because it concerns only its grant deed alone, while for the registration of transfer of rights can be made back before PPAT that will be used as the basis for the transfer of rights to the Land Office. Grant deed that has met the requirements of making authentic document as referred to in Article 1868 of the Civil Code, the cancellation can not be done unilaterally by the letter of the statement below and under waarmerken, but should be brought to public trial. Thus, a statement of cancellation of the deed grants made under the hand is invalid and void.]
Universitas Indonesia, 2015
T44074
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hikmah
Abstrak :
ABSTRAK
Hukum waris di Indonesia bersifat pluralistik, karena masih berlaku beberapa sitem hukum kewarisan, yaitu hukum waris adat, hukum waris islam dan hukum waris menurut Kitab Undang-undang Hukum Perdata. Ke pluralistikan ini terbukti dari belum adanya pengaturan khusus yang bersifat nasional mengenai sistem hukum kewarisan di Indonesia, yang mengakibatkan masyarakat Indonesia menggunakan aturan hukum yang berbeda-beda untuk menentukan pembagian warisan. Begitu pula dengan aturan mengenai hibah di Indonesia. Saat ini di Indonesia, pengaturan hukum yang mengatur hibah berlaku lebih dari satu sistem hukum, yaitu diatur baik menurut hukum islam, hukum perdata berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, maupun hukum adat. Tesis ini akan membahas tentang hak waris anak angkat dan istri menurut hukum waris di Indonesia dan status hukum atas warisan yang menjadi objek hibah yang dibatalkan. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan tipe penelitian deskriptif dengan data sekunder yang bersumber dari kepustakaan. Dari hari pembahasan ditemukan bahwa hibahnya tidak sah karena dibuat oleh pihak yang tidak berwenang untuk membuat hibah tersebut.
ABSTRACT
Inheritance law in Indonesia is pluralistic, because they apply some system of inheritance law, namely customary inheritance law, inheritance law and the Islamic law of inheritance according to the Book of the Law of Civil Law. This diversity is proven because there are no special arrangement which is national heritage of the legal system in Indonesia, which resulted in the Indonesian people using legal rules different to determine the division of inheritance. Similary, the rules on grants in Indonesia. Currently in Indonesia, the legal rules governing the grant applies more than one legal system, which is governed both by Islamic Law, civil law based on the Book of the Law of Civil Law, as well as Customary Law. This thesis will discuss the inheritance rights of an adopted child and the wife of the heir according to inheritance law in Indonesia and the legal status of heritage is the object of the grant is canceled. The method used in this research is normative with descriptive type with secondary data obtained from the literature. The result og the research, it was found that the grant does is illegitimate, because the grant was made by the subject that unauthorized.
2016
T46588
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Subanrio
Abstrak :
Di Indonesia, hukum wakaf merupakan salah satu bagian dari hukum Islam yang telah menjadi hukum positif, karena telah diatur dan diakui di dalam Pasal 49 ayat (3) Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) No. 5 tahun 1960, yaitu "Perwakafan tanah milik dilindungi dan diatur dengan Peraturan Pemerintah". Untuk memenuhi kehendak Pasal 49 ayat (3) tersebut, pada tanggal 17 Mei 1977 Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 28 tahun 1977 tentang Perwakafan Tanah Milik, dan diikuti oleh sejumlah peraturan pelaksanaan yang berupa peraturan-peraturan Menteri. Peraturan Pemerintah No. 28 tahun 1977 termasuk salah satu bentuk pembaharuan hukum nasional di bidang hukum pertanahan yang mengatur prosedur dan tatacara mewakafkan tanah milik di seluruh Indonesia, agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan tertib dan teratur, sehingga tujuan wakaf dapat tercapai. Peraturan Pemerintah No. 28 tahun 1977, tentang perwakafan tanah milik hanya mengatur wakaf umum tidak mengatur wakaf keluarga (wakaf keluarga). Dan ketentuan-ketentuan yang terdapat di dalam Peraturan Pemerintah tersebut merupakan pengembangan perwakafan yang terdapat di dalam kitab-kitab fikih tradisional, seperti rukun-rukun dan syarat-syarat wakaf. Oleh sebab itu dalam pelaksanaannya, di samping harus memenuhi ketentuan-ketentuan yang terdapat di dalam Peraturan Pemerintah No. 28 tahun 1977 juga harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang terdapat di dalam kitab-kitab fikih tradisional. Di Kotamadya Bengkulu sampai akhir tahun 1990 terdapat 205 lokasi (persil) tanah wakaf yang luasnya 1304.369 m2. Tanah-tanah wakaf tersebut sebagian besar (82%) diwakafkan sebelum diberlakukan Peraturan Pemerintah No.28 tahun 1977, yang pelaksanaannya tidak melalui prosedur administrasi sebagaimana yang diatur oleh Peraturan Pemerintah No. 28 tahun 1977. Dengan demikian tanah-tanah wakaf tersebut pada umumnya tidak mempunyai bukti-bukti yang otentik, seperti akta ikrar wakaf, tertifikat tanah wakaf dan lain-lain. Dari 205 lokasi tanah wakaf tersebut di atas, sebagian besar (83%) dipergunakan untuk sarana ibadah, misalnya untuk pembangunan mesjid dan mushalla. Oleh karena itu para nadzir (pengurus tanah wakaf) tidak dapat mengembangkan tanah wakaf yang diurusnya. Dengan demikian tanah wakaf yang terdapat di Kotamadya Bengkulu dikategorikan tidak produktif. Ketentuan-ketentuan perwakafan tanah milik yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 28 tahun 1977, di Kotamadya Bengkulu, belum semua dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya, terutama yang berkenaan dengan pendaftaran dan tanda bukti hak atas tanah. Hal ini terbukti dari masih banyaknya tanah wakaf yang belum memiliki akta pangganti ikrar wakaf, sertifikat tanah wakaf dan belum terdaftar sebagaimana mestinya pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kotamadya Bengkulu. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 28 tahun 1977 di Kotamadya Bengkulu adalah; (1) peraturan itu sendiri, yaitu adanya perbedaan antara ketentuan-ketentuan tentang perwakafan tanah milik yang terdapat di dalam kitab-kitab tradisional dengan ketentuan-ketentuan yang terdapat di dalam Peraturan Pemerintah No. 28 tahun 1977; (2) para penegak hukum balk formal maupun nonformal, belum melaksanakan fungsi dan peranannya sebagaimana mestinya; (3) tidak tersedianya fasilitas yang memadai; dan (4) kurangnya kesadaran hukum masyarakat, karena umat Islam tidak mengetahui, tidak mangerti, dan tidak memahami isi Peraturan Pemerintah No. 28 tahun 1977.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1992
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Murlan
Abstrak :
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pelaksanaan kegiatan program dana Block Grant dan faktor-faktor yang menghambat dalam pelaksanaan kegiatan program dana Block Grant. Jenis penelitian dengan menggunakan penelitian evaluasi. Tehnik pengambilan sampel untuk informan dengan menggunakan tehnik Purposive Sampling. Lokasi penelitian di Desa Baula Kecamatan Baula Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek input terdiri dari petunjuk pelaksanaan, sumber daya manusia, manajemen/organisasi, sarana dan prasarana, serta alokasi dana. Dari aspek proses terdiri dari pengajuan proposal kegiatan, penyaluran dana bantuan, pengambilan dana bantuan, dan pengawasan. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya sosialisai dan mekanisme pencairan. ......This thesis aims to evaluate the process of implementation of the Block Grant program funds and the factors that impede the implementation of the Block Grant program funds. This type of research by using research evaluation. Sampling techniques to informants by using purposive sampling techniques. Research sites in the Village District Baula, Regency Kolaka. The results showed that the input consists of aspects of implementation guidelines, human resources, management/organization, facilities and infrastructure, as well as the allocation of funds. From the aspect of the proposal submission process consisting of activities, the distribution of grants, grant making, and oversight. While the inhibiting factor is the lack of socialization and disbursement mechanisms.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
T29753
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lilis Harlisa Musa
Abstrak :
Tesis ini membahas tentang evaluasi pelaksanaan program bantuan block grant Madrasah Education Development Project (MEDP) di dua Madrasah Ibtidaiyah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, yang mencakup input dan proses pelaksanaan program, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan adanya program lanjutan dan pendampingan dalam pelaksanaannya, pedoman/juknis dibuat oleh ahli yang berpengalaman dibidangnya, diadakannya pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualitas guru and internal effisiensi madrasah serta peningkatan tata kelola manajemen madrasah. ......The focus of this thesis is to evaluate the implementation of block grant program of Madrasah Education Development Project (MEDP) in two Islamic elementary schools, at Lamongan district, East Java, which includes aspects of input and process of program implementation, as well as factors supporting and inhibiting its implementation. This study is a descriptive qualitative research design. The results suggest that a follow-up programs and assistancy in the implementation should be made, guidelines should be made by experts with related experiences, implement/conduct workshops or trainings to improve teacher quality and internal efficiency and madrasah management and good governance.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30567
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Arviati Prasetyaningrum
Abstrak :
Persaingan industri jasa keuangan yaitu industri asuransi dan industri perbankan yang semakin meningkat memicu timbulnya produk-produk baru yang diharapkan dapat menghimpun dana masyarakat sesuai dengan anjuran dan himbauan pemerintah. Untuk tujuan menghimpun dana masyarakat, beberapa perusahaan asuransi dan perusahaan perbankan melaksanakan kerjasama untuk menciptakan suatu produk yaitu tabungan pendidikan. Produk tabungan pendidikan didasarkan pada produk asuransi beasiswa yang dikelola oleh perusahaan asuransi. Skripsi ini mempergunakan metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif diperlukan guna memahami karakteristik variabel-veriabel yang tercakup, diantaranya analisa segmentasi pasar, lambannya perkembangan industri asuransi, analisa hukum. Produk asuransi beasiswa dalam hal ini asuransi beasiswa biasa memberikan proteksi yang hampir sama dengan tabungan pendidikan yang diselenggarakan oleh perusahaan perbankan, namun demikian jumlah nilai tunai yang diterima tidaklah sama. Tabungan pendidikan memiliki nilai tunai yang lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi beasiswa biasa. Hal ini dikarenakan pada asuransi beasiswa biasa dikenakan bunga aktuaria sedangkan pada tabungan pendidikan dikenakan bunga bank yang selalu berubah sesuai dengan keadaan perekonomian. Dad segi pemasaran, asuransi beasiswa biasa dan tabungan pendidikan tidak jauh berbeda. Namun jika dilihat dan aspek hukum, dasar hukum asuransi beasiswa biasa jauh Iebih kokoh dibandingkan dengan tabungan pendidikan. Berdasarkan analisa dapat disimpulkan bahwa baik perusahaan asuransi maupun perusahaan perbankan harus meningkatkan keunggulan produk jasanya dengan jalan melakukan upaya inovasi secara kontinyu sehingga dapat tercipta suatu produk yang diinginkan dan dibutuhkan oleh masyarakat luas sehingga mengoptimalkan tujuan untuk menghimpun dana masyarakat.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1997
S19288
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shanti
Abstrak :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang berada di seputar hibah luar negeri seperti isu mengenai intervensi negara/lembaga donor terhadap Indonesia serta tidak tertibnya administrasi hibah luar negeri sehingga menimbulkan tumpang tindihnya pembiayaan program-program pembangunan. Namun di sisi lain hibah luar negeri dibutuhkan sebagai alternatif sumber pembiayaan pembangunan untuk melengkapi pembiayaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Dengan kondisi ini maka hibah tetap diperlukan namun administrasinya harus ditertibkan antara lain melalui kebijakan pencantuman hibah dalam dokumen pelaksanaan anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel komunikasi dan variabel sumberdaya terhadap implementasi kebijakan pencantuman hibah dalam dokumen pelaksanaan anggaran serta bagaimana keadaan komunikasi dan sumber daya di dalam implementasi kebijakan ini. Model analisis yang digunakan didasarkan pada Teori Edwards III namun tidak secara utuh karena hanya meneliti pengaruh dari dua variabel dari empat variabel yang dinyatakan oleh Edwards berpengaruh terhadap implementasi kebijakan. Variabel yang mempengaruhi dalam penelitian ini adalah komunikasi dan sumberdaya, sedangkan variabel yang dipengaruhi adalah implementasi kebijakan. Penelitian menggunakan pendekatan positivisme dan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui survai, wawancara dan kajian dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan komunikasi terhadap implementasi kebijakan pencantuman hibah dalam dokumen pelaksanaan anggaran Kementerian/Lembaga pelaksana program kerjasama hibah UNICEF yang menjadi respponden dalam penelitian ini merupakan hubungan yang kuat serta mempunyai pengaruh positif dan signifikan; hubungan sumberdaya terhadap implementasi kebijakan pencantuman hibah dalam dokumen pelaksanaan anggaran Kementerian/Lembaga instansi pelaksana program kerjasama hibah UNICEF yang menjadi responden dalam penelitian ini merupakan hubungan yang kuat serta mempunyai pengaruh positif dan signifikan; hubungan komunikasi dan sumberdaya secara bersama-sama terhadap implementasi kebijakan pencantuman hibah dalam dokumen pelaksanaan anggaran Kementerian/Lembaga instansi pelaksana program kerjasama hibah UNICEF yang menjadi responden dalam penelitian ini merupakan hubungan yang sangat kuat serta mempunyai pengaruh positif dan signifikan. Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa komunikasi sudah dilakukan namun belum mencapai hasil optimal dilihat dari pemahaman pelaku kebijakan terhadap kebijakan pencantuman hibah dalam dokumen pelaksanaan anggaran. Saran yang disampaikan berdasarkan hasil penelitian yaitu komunikasi dan kapasitas sumber daya harus ditingkatkan baik secara sendiri-sendiri maupun secara paralel.
Several problems existing in the grants from overseas become the background for this research, and those problems are like the issue on state/donor institution?s intervention towards Indonesia and unorganized administration of the grants from overseas so that it causes the overlapping of the financing of the development programs. On the other hand, the grants from overseas are needed as an alternative development financing source to complement the financing from the State Budget. Because of this condition, the grants are still needed, but the administration has to be organized through, among others, the policy of putting a grant in a budget implementation document. The research aims to find out the influence of the communication variable and the resources variable towards the implementation of the policy of putting a grant in a budget implementation document and to understand how the condition of communication and resources is in the implementation of this policy. The analysis model used is based on the Theory of Edwards III, but the model is not based entirely on that theory because the study only investigated the influence of the two variables out of the four variables stated by Edwards having the influence towards the implementation of the policy. The variables influencing in this research are communication and resources, while the variable influenced is the implementation of the policy. The research used the positivism approach, and it is descriptive-quantitative research. The data collection technique was through survey, interview, and documentation study. One of the research results shows that the communication relation towards communication in the implementation of the policy of putting a grant in a budget implementation document of a Ministry/Institution which becomes an official body to implement the UNICEF grant cooperation program is a powerful relation and has a positive and significant influence; another result is the relation of resources towards the implementation of the policy of putting a grant in a budget implementation document of a Ministry/Institution which becomes an official body to implement the UNICEF grant cooperation program is a powerful relation and has a positive and significant influence; the relation of communication and resources together towards the implementation of the policy of putting a grant in a budget implementation document of a Ministry/Institution which becomes an official body to implement the UNICEF grant cooperation program is a very powerful relation and has a positive and significant influence. The research results also show that communication has been done, but it has not reached an optimal result seen from the understanding of the doers of the policy towards the policy of putting a grant in a budget implementation document. The recommendation given based on the research results is communication and the capacity of the resources have to be improved separately and in parallel.
Depok: Universitas Indonesia, 2012
T29764
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Doddy Natadiharja
Abstrak :
Hibah adalah pemberian dari seseorang kepada orang lain semasa hidupnya atas barang-barang miliknya. Berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dinyatakan hibah tidak dapat ditarik kembali. Namun, dalam penulisan tesis ini dibahas suatu kasus pembatalan akta hibah oleh Hakim Pengadilan Negeri Bogor. Kasus ini sangat menarik perhatian penulis oleh karena berdasar Pasal 1666 KUHPer, Hibah tidak dapat dicabut atau ditarik kembali. Dalam kasus pembatalan hibah ini dikabulkan oleh Majelis Hakim walaupun syarat penghibahan telah dipenuhi dan hibah telah berlangsung kurang lebih tiga puluh tahun sejak meninggalnya penghibah hingga kasus ini diajukan ke Pengadilan. Pokok Permasalahan yang akan dibahas claim Tesis ini adalah Apakah Hibah tersebut syah menurut hukum, dikaitkan dengan legitieme portie atau bagian mutlak?; Dapatkah akta hibah dibatalkan oleh ahli waris pemberi hibah setelah penerima hibah meninggal dunia?; Mengapa Pengadilan Negeri Bogor memutuskan membatalan akta hibah Nomor 16 tanggal 17 September 1955 dengan pertimbangan hukum sejalan dengan bunyi pasal 833 KUHPer? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian normatif yang menitik beratkan pada penelitian kepustakaan. Akta Hibah Nomor 16 Tahun 1955 telah sah dan tidak dapat dibatalkan. Dalam hal hibah tersebut melanggar legitieme portie, sebaiknya untuk memenuhi kekurangan tersebut dilakukan pemotongan dari hibah semasa hidup pewaris. Akta hibah tidak dapat dibatalkan oleh ahli waris pemberi hibah setelah penerima hibah meninggal dunia kecuali sebelum pemberi hibah meninggal telah mengajukan tuntutan pembatalan. Penerapan Pasal 833 KUHPerdata oleh Majelis Hakim telah tepat. Tetapi berdasarkan ketentuan Pasal 835 KUHPer, tuntutan Penggugat harus dinyatakan gugur karena penggugat tidak mengajukan tuntutan dalam waktu 30 Tahun sejak waris terbuka. Pembatalan Surat Pecah Usaha Tahun 1938 selain dengan alasan adanya kejanggalan dalam penggunaan kata-kata, ada baik juga berdasarkan hasil penelitian dari Laboratorium Kriminal pihak kepolisian atas kebenaran surat tersebut. Mengingat bukti ini sangat panting dalam menentukan terlanggar atau tidaknya bagian mutlak para ahli waris.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2006
T16529
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yeyen Aksara Leo
Abstrak :
Perwakafan tanah sudah dikenal dan dipraktekkan oleh umat Islam di Indonesia tetapi tampaknya permasalahan wakaf tanah masih muncul dalam masyarakat sampai sekarang. Sebelum lahirnya peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai perwakafan tanah, masalahnya menjadi semakin kompleks dan rumit. Hal inilah yang menjadi latar belakang terjadinya jual beli atas tanah dan benda-benda wakaf di kabupaten Tasikmalaya yang sempat menjadi sengketa. Menyikapi keadaan tersebut di atas, pemerintah kemudian mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1977 yang mengatur tentang Perwakafan Tanah Milik. Penulis berupaya mengkaji bagaimanakah aspek hukum jual beli tanah dan benda-benda wakaf yang terjadi di kabupaten Tasikmalaya dikaitkan dengan peraturan pemerintah tersebut. Faktor-faktor apakah yang menjadi penyebabnya dan bagaimana penyelesaiannya. Penelitian tesis ini menggunakan metode deskriptif analitis. Dari penelitian ini dapat disimpulkan jual beli atas tanah wakaf tersebut tidak dapat dibenarkan karena menyimpang dari peraturan yang berlaku yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1977. Pada prinsipnya menurut hukum Islam tanah wakaf tidak dapat diperjualbelikan. Dalam kasus ini jual beli dapat terjadi karena adanya perbedaan pendapat mengenai status, letak, dan kedudukan tanah serta tidak adanya alat bukti (sertipikat) atas tanah wakaf tersebut. Para pihak berupaya menyelesaikannya dengan musyawarah mufakat serta mengembalikan status dan penggunaan tanah tersebut pada statusnya semula sebagai tanah wakaf.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2003
T16687
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hizkia Immanuel Toban
Abstrak :
Tanah Negara merupakan Tanah yang dikuasai langsung oleh negara yang tidak dilekati dengan sesuatu hak atas tanah, bukan tanah wakaf, bukan tanah ulayat dan bukan merupakan aset barang milik negara/barang milik daerah. Kabupaten Gowa memiliki peraturan daerah khusus yaitu Peraturan Daerah Kabupaten Gowa No 3 Tahun 2014 tentang Penertiban Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah Negara. Sebelum Peraturan Daerah Kabupaten Gowa Nomor 03 Tahun 2014 terbit, pemanfaatan tanah milik negara untuk kepentingan masing-masing individu dalam masyarakat seringkali dilakukan dengan cara yang tidak tepat. Oleh karena itu dalam hal ini keterlibatan pemerintah melalui pemerintah daerah dalam hal pengelolaan tanah negara dalam hal penggunaan dan pemanfaatannya menerapkan aturan dengan mengeluarkan perda kabupaten. Bupati yang mempunyai kuasa penuh di kabupaten berwenang untuk mengeluarkan surat rekomendasi bagi siapapun pihak yang ingin memanfaatkan dan atau menggunakan tanah negara tersebut. Metode penelitian yuridis normatif, yakni penelitian yang dilakukan untuk menelaah norma hukum tertulis untuk menganalisis Peraturan Daerah Kabupaten Gowa Nomor 03 Tahun 2014 Tentang Pemanfaatan dan Penggunaan Tanah Negara dengan jenis data sekunder dan alat pengumpulan data studi dokumen atau bahan Pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam mengelola tanah negara yang dilimpahkan oleh Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah adalah sebagai tugas pembantu yang terkait dengan pengelolaan tanah negara, tetapi status dan legalitasnya adalah rekomendasi persetujuan Bupati. Diberlakukannya syarat rekomendasi izin oleh Bupati terkait dengan penggunaan dan pemanfaatan tanah negara secara tegas mampu mencapai kemakmuran rakyat secara adil dan merata dengan mewujudkan prinsip-prinsip penggunaan dan kesetaraan semua warga negara. ......State land is land that is directly controlled by the state which is not attached to any land rights, is not waqf land, is not ulayat land and is not an asset of state property/regional property. Gowa Regency has a special regional regulation, namely Gowa Regency Regional Regulation No. 3 of 2014 concerning Controlling the Use and Utilization of State Land. Before the Gowa District Regulation Number 03 of 2014 was issued, the use of state-owned land for the benefit of each individual in the community was often carried out in an inappropriate manner. Therefore, in this case the involvement of the government through local governments in terms of managing state land in terms of its use and utilization applies the rules by issuing district regulations. The regent who has full power in the district is authorized to issue a letter of recommendation for anyone who wants to use and or use the state land. Normative juridical research method, namely research conducted to examine written legal norms to analyze Gowa Regency Regional Regulation Number 03 of 2014 concerning Utilization and Use of State Land with secondary data types and data collection tools for document studies or library materials. The results of the study indicate that the responsibility of the Regional Government in managing state land delegated by the Central Government to the Regional Government is as an auxiliary task related to the management of state land, but its status and legality is the recommendation of the Regent's approval. The implementation of the requirements for permit recommendations by the Regent related to the use and utilization of state land is expressly capable of achieving people's prosperity in a fair and equitable manner by realizing the principles of use and equality of all citizens.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>