Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kaufman, Kenneth
Ann Arbor, Michigan: Health Administration Press , 1990
338.433 621 KAU c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Finkler, Steven A.
Philadlephia: WB. Saunders, 2000
362.173 068 FIN f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hermina Karuna Atmaja
"ABSTRAK
Di RS MH Thamrin Salemba selama bulan April - Juni 2011, ditemukan
bahwa ada kejadian penundaan pelayanan resep pasien atau back order yang
terjadi hampir setiap hari, yaitu 82 hari selama 3 bulan. Atau dapat dikatakan
frekuensi kejadian ini sebesar 91,1%. Oleh karena itu, pihak manajemen ingin
memperbaiki pengendalian persediaan obat untuk meningkatkan efisiensi dan
efektivitas pengendalian persediaan obat, serta meningkatkan mutu pelayanannya.
Penelitian ini adalah penelitian riset operasional untuk menyusun model
pengendalian persediaan obat. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis ABC
pemakaian, ABC nilai investasi, dan ABC indeks kritis; untuk mengetahui obat
antibiotik apa saja yang menjadi kelompok A, B, dan C. Selanjutnya akan
dilakukan peramalan dengan metode Brown?s Linear untuk kebutuhan obat
kelompok A tahun 2012 dan akan dihitung EOQ serta ROP. Kemudian akan
dihitung efisiensi TIC yang terjadi jika dibandingkan dengan cara pemesanan RS.
Selain itu juga dilakukan wawancara mendalam dengan informan.
Pengendalian persediaan di RS MH Thamrin Salemba masih belum
dilakukan dengan optimal untuk mencapai efektifitas dan efisiensi. Dengan
adanya keterbatasan sumber daya, maka sebaiknya dilakukan pemberian prioritas
dalam pengendalian persediaan obat dengan menggunakan analisis ABC. Metode
ini membantu pihak manajemen untuk lebih berfokus pada barang-barang yang
memiliki nilai lebih tinggi.
Untuk mendapatkan efektivitas dan efisiensi pengendalian persediaan
obat, dapat dilakukan dengan menghitung EOQ dan ROP. Dengan menghitung
EOQ maka biaya persediaan akan berkurang jika dibandingkan dengan cara
pemesanan RS (TIC RS : TIC EOQ = 1.32). Selain itu untuk mengantisipasi
permintaan yang tidak pasti maka perlu diadakan safety stock. Walaupun biaya
persediaan meningkat dengan adanya safety stock (TIC RS : TIC EOQ = 0.77),
mutu pelayanan meningkat dan frekuensi back order akan berkurang.

Abstract
At the MH Thamrin hospital between April till June 2011, it has been
discovered that back orders have been occurring almost every day, happening on
82 days out of 3 months. In other words the frequency of the occurrence is as high
as 91.1%. Therefore the hospital management team decided to improve the
medicine stock maintenance operation to increase both efficiency and
effectiveness of said operation, as well as improving the service quality.
This operational research is designed to create a maintenance model for
the medicine stock. In this research, in order to sort out the antibiotics into class
A, B, and C, the following analyses were used: ABC usage analysis, ABC
investing score, and ABC critical index. The analysis would be followed by the
Brown's Linear forecasting method to forecast the 2012 A class medicine usage
and EOQ as well as ROP would be calculated. After that, the TIC efficiency level
will be calculated based on the measurement against the hospital?s ordering
policy. To complement the research, in-depth interviews with various informants
were also conducted.
The stock maintenance method at MH Thamrin hospital has yet to be
implemented in an optimal way to reach the desired efficiency and effectiveness
level. Due to resources limitation, it is advised to prioritize the medicinal stock
maintenance using the ABC analysis method. This method helps the management
team to focus more on the products that have higher value over the others.
Reaching the desired level of both effectiveness and efficiency in
medicinal stock maintenance can be achieved by calculating EOQ and ROP. By
calculating EOQ the stock cost of the hospital will decrease compared to the
hospital's ordering policy (TIC hospital : TIC EOQ = 1.32). Also a safety stock
calculation would be crucial to anticipate the unforeseen demand level. Even
though the stock cost will rise by adding the safety stock (TIC hospital : TIS EOQ
= 0.77), the service level will increase while back order frequency will decrease."
Universitas Indonesia, 2012
T30113
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Langabeer, James R., 1969-
Burlington, MA: Jones & Bartlett Learning, 2016
362.110 68 LAN h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Melati P. Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pada dimensi pelayanan Rumah Sakit yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pasien serta hubungannya dengan image perusahaan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Pengambilan data dilakukan kepada para pasien di 13 unit instalasi rawat jalan RSUP Fatmawati Jakarta Selatan sebagai responden menggunakan kuesioner. Dimensi faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perhatian Dokter (Physician Concern), Perhatian Staf dan Perawat (Staff Concern), Kenyamanan Proses Perawatan (Convenience of Care Process), dan Peralatan dan Fasilitas (Tangibles).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor¬faktor yang terbukti mempengaruhi kepuasan pasien secara positif adalah Perhatian Staf dan Perawat (Staff Concern), Kenyamanan Proses Perawatan (Convenience of Care Process), dan Peralatan dan Fasilitas (Tangibles). Sedangkan dimensi Perhatian Dokter (Physician Concern) tidak berpengaruh terhadap motivasi bersepeda. Selain itu dalam penelitian ini terbukti secara signifikan bahwa Kepuasan Pasien berpengaruh positif terhadap Loyalitas dan Image Perusahaan.
......This study aims to determine the factor dimensions of Hospital services that influence satisfaction and loyalty of patients and its relationship to corporate image by using the method of Structural Equation Modeling (SEM). Data were collected to patients in 13 units of outpatient installation in RSUP Fatmawati in South Jakarta as the respondents, using questionnaires. Dimensions factors used in this study are Physician Concern, Staff Concern, Convenience of Care Process, and Tangibles.
The results showed that the factors dimensions that proved positively affect patient satisfaction are Staff Concern, Convenience of Care Process, and Tangibles. While dimension of Physician Concern has no influence towards patient satisfaction. Also, this study proved to be significant that the Patient Satisfaction has positive effect on Loyalty and Corporate Image."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S674
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library