Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"This volume brings together researchers from different disciplines to discuss new approaches for identifying, and reacting to, unexpected events in information-rich environments.
"
Berlin: [Springer-Verlag, Springer-Verlag], 2012
e20397871
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Fikri Aulia Ardi
"

Humor incongruity resolution (IR) adalah jenis humor yang berfokus pada ketidaksesuaian antara ekspektasi dengan kenyataan. Penelitian quasi experimental ini menggunakan iklan dengan humor IR untuk memprediksi sikap terhadap iklan. Sebanyak 225 partisipan dibagi menjadi dua kelompok (humor IR dan netral), berpartisipasi dalam penelitian daring. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode convenience sampling. Attitude toward the ad scale dan iklan yang dimanipulasi dengan manipulasi humor IR digunakan untuk mengukur sikap terhadap iklan. Data dianalisis menggunakan independent sample t-test, dan menunjukkan ada perbedaan yang signifikan sikap terhadap iklan antara partisipan yang diberi iklan dengan humor IR dibandingkan iklan netral. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa humor IR terbukti mampu meningkatkan sikap terhadap iklan.


Humor incongruity resolution (IR) is a humor type that focuses on the discrepancies between expectations and reality. This quasi-experimental research used advertisements with humor IR to predict the attitude towards the ads. A total of 225 participants, divided into two groups (humor IR & neutral), participated in online research. Data were collected using a convenience sampling method. An attitude towards the ads scale and manipulated advertisements were used to measure attitudes toward advertising with IR humor manipulation. Data were analysed using an independent sample t-test, and showed that there was a significant differences on attitudes towards the ads between an advertisement that used humor IR than a neutral ad. It can be concluded that IR humor is able to improve an attitude towards the ads.

"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Saputra
"Humor merupakan bentuk ekspresi yang digunakan untuk mencairkan suasana. Sebagai bentuk komunikasi, humor dapat terbentuk dari adanya perbedaan konteks dalam tuturan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjelaskan pembentuk humor pada media sosial X. Data penelitian ini berupa lima belas cuitan yang diunggah oleh akun X @plisitin selama periode Juni hingga Agustus 2024 dan disukai minimal seribu kali. Untuk mencapai tujuannya, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah teori ketidaksejajaran Curcó (1997) dan teori konteks Cutting (2002). Hasil penelitian menunjukkan bahwa humor pada akun X @plisitin terbentuk karena adanya perbedaan konteks yang terdapat dalam cuitannya. Adapun konteks yang ditemukan adalah konteks situasional, konteks latar belakang, dan konteks ko-tekstual.

Humor is a form of expression used to release tension. Humor can be formed from different contexts in speech as a form of communication. This study aims to examine and explain the formation of humor on X social media. The data of this study are fifteen tweets uploaded by X's account @plisitin from June to August 2024 and liked at least one thousand times. To achieve its goal, this research uses a qualitative descriptive approach. The theories used to analyze the data in this study are Curcó's (1997) incongruity theory and Cutting's (2002) context theory. The results show that humor in @plisitin's X account is formed due to the different contexts contained in the tweets. The contexts found are situational context, background context, and co-textual context."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Saputra
"Humor merupakan bentuk ekspresi yang digunakan untuk mencairkan suasana. Sebagai bentuk komunikasi, humor dapat terbentuk dari adanya perbedaan konteks dalam tuturan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjelaskan pembentuk humor pada media sosial X. Data penelitian ini berupa lima belas cuitan yang diunggah oleh akun X @plisitin selama periode Juni hingga Agustus 2024 dan disukai minimal seribu kali. Untuk mencapai tujuannya, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah teori ketidaksejajaran Curcó (1997) dan teori konteks Cutting (2002). Hasil penelitian menunjukkan bahwa humor pada akun X @plisitin terbentuk karena adanya perbedaan konteks yang terdapat dalam cuitannya. Adapun konteks yang ditemukan adalah konteks situasional, konteks latar belakang, dan konteks ko-tekstual.

Humor is a form of expression used to release tension. Humor can be formed from different contexts in speech as a form of communication. This study aims to examine and explain the formation of humor on X social media. The data of this study are fifteen tweets uploaded by X's account @plisitin from June to August 2024 and liked at least one thousand times. To achieve its goal, this research uses a qualitative descriptive approach. The theories used to analyze the data in this study are Curcó's (1997) incongruity theory and Cutting's (2002) context theory. The results show that humor in @plisitin's X account is formed due to the different contexts contained in the tweets. The contexts found are situational context, background context, and co-textual context."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library