Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Noprigawati
Abstrak :
Tesis ini membahas peran dan fungsi komite sekolah serta strategi revitalisasi yang dilakukan oleh komite sekolah dan peningkatan mutu pendidikan di tiga sekolah menengah pertama di kota Jakarta Selatan .Penelitian ini menggunakan metode kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite sekolah dalam menjalankan perannya sebagai pemberi pertimbangan/advisory, pendukung/supporting, pengontrol/controlling, mediator masih belum sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah . Untuk mengukuhkan kembali organisasinya maka komite sekolah harus mengadakan revitalisasi melalui 3 pendekatan yaitu pencapaian fokus pasar, penciptaan bisnis baru dan pemanfaatan teknologi. Proses revitalisasi harus mengacu pada prinsip manajemen perubahan. Pemerintah sebagai pembuat kebijakan harus melakukan sosialisasi dan pembinaan agar komite sekolah mengetahui peran dan fungsinya selain itu komite sekolah mengetahui peran dan fungsinya.
This thesis discuss school committee?s role, function and revitalization strategy carried out by school committee and upgrading of education quality in three junior high schools in South Jakarta .This research uses qualitative method . The result of this research shows that school committee as community-based public service in its role as advisory, supporting and monitoring institution still has not been in line with The National Education Minister Decree Number 044/U/2002 on Education Council and School Committee. To strengthen its organization, school committee must revitalize itself through three approaches, which are market focus, invent new business and technology application. The revitalization must refer to management of change principle. The government as policy maker must forward relevant information and guide school committee.
Depok: Universitas Indonesia, 2009
T26795
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Sepo Nawipa
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang Model Pelatihan dan Pemberdayaan yang dilakukan oleh Yayasan Pelayanan Antar Budaya melalui Training Indonesians For Transition to Institutional TITIP di Tanah Papua. Pelatihan dan Pemberdayaan yang berbasis asrama memiliki keunggulan tersendiri maka pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Hasilnya, system rekruitmen calon peserta dilakukan secara terbatas, dan berorientasi pada mutu atau kualitas dibandingkan jumlah. Kurikulum yang digunakan berbeda dari yang biasanya dan metode mengajar juga di laksanakan sesuai konteks di Papua. Tesis ini menyimpulkan bahwa kemampuan bahasa Inggris, kemampuan personality peserta dan alumni meningkat secara cepat setelah mengikuti TITIP dan hasil ujian perbandingan antara pre-test dan post-test telah menunjukkan bahwa adanya peningkatan diri memiliki life skill dari proses pelatihan dan pemberdayaan yang di lakukan Kata Kunci : Pelatihan dan Pemberdayaan, Transisi dan Asrama.
ABSTRACT
This thesis discusses the Model of Training and Empowerment conducted by Foundation of Intercultural Services through Training of Indonesians for Transition to Institutional TITIP in Tanah Papua. Dormitory based training and empowerment has its own advantages. The approach used is qualitative. Therefore potential participants to be admitted into the program is limited. The TITIP has its own curriculum and the teaching method reflects the context of Papua. This thesis concludes that the English proficiency, ability personality of participants and alumni increased rapidly after attending the TITIP and the comparison test results between pre test and post test have shown evidence of self improvement. Keywords Training and Empowerment, Transition and Dormitory.
2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library