Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fita Rahmawati
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari perilaku konsumsi suplemen makanan dan faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku tersebut pada karyawan produksi PT Akebono Brake Astra Indonesia. penelitian ini menggunakan metode cross-sectional, pengambilan sampel secara aksidental, dan dianalisis dengan uji t independen dan chi-square. Sampel penelitian ini terdiri dari 180 karyawan. Pengambilan data penelitian dilakukan pada tanggal 08-30 April 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 45,6% responden mengonsumsi suplemen makanan. Penelitian ini juga menemukan bahwa perilaku konsumsi suplemen makanan berhubungan secara signifikan dengan usia (nilai p = 0,033). Disarankan adanya program edukasi seperti konsultasi atau penyuluhan mengenai definisi suplemen makanan, klasifikasi suplemen makanan, kandungan suplemen makanan, kelompok yang membutuhkan suplemen makanan, aturan pemakaian, dan efek samping. ......The aim of this study is to determine the percentage of food supplement consumption behavior and its correlates among production worker at PT Akebono Brake Astra Indonesia. This study uses cross-sectional design, accidental sampling methode, and analyzed using the independent t test and chi-square test. The study sample consist of 180 workers. This study was conducted on April 08-30, 2013. The result of this study shows that 45,5% of respondents was consuming food supplement. This study also found that food supplement consumption behavior has been associated with age (p value = 0,033). The researcher suggest the existence of education program such as consultation or seminar, so that respondents understand what is the meaning of food supplement, the classification of food supplement, the content of food supplement, the rules of usage, and side effects.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
S47470
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Martinus Julius Setiawan
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Yoga Petrisoma
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang fenomena Labelling dan Self-Fulfilling Prophecy dalam pengelompokan peserta didik di lembaga pendidikan non-formal. Dari segi pendidikan, pengelompokan tersebut sangat baik dilakukan karena menunjang proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Akan tetapi menurut beberapa penelitian di sekolah formal, dibalik pengelompokan peserta didik, muncul beberapa fenomena seperti adanya Label negatif terhadap kelompok peserta didik tertentu, serta menjadikan mereka memiliki prediksi konsep diri yang negatif sebagai akibat dari pengelompokan Peserta didik. Hal ini lah yang menyebabkan terjadinya pro dan kontra di kalangan akademisi terkait konsep pengelompokan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa ternyata, Labelling dan Self-Fulfilling Prophecy memang terdapat pada pengelompokan peserta didik di lembaga pendidikan non-formal. Namun hal tersebut tidak terlalu memiliki pengaruh negatif terhadap konsep diri peserta didik, seperti yang sudah di prediksi sebelumnya. Hasil penelitian menunjukan terdapat beberapa dimensi lain yang mempengaruhi bekerjanya Label dan Self-fulfilling Prophecy dalam mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. dimensi tersebut antara lain adalah kohesivitas kelompok, significant other dan motivasi diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara dan observasi. Penelitian ini akan mendeskripsikan seperti apa proses Labelling dan Self-Fulfilling Prophecy yang terjadi ketika peserta didik dikelompokan atas dasar kemampuan akademis di lembaga pendidikan non-formal.
ABSTRACT
This study discusses the phenomenon of Labelling and Self-Fulfilling Prophecy in the grouping of students in non-formal educational institutions. In terms of education, the grouping is very well done because support the learning process becomes more effective. However, according to some research in formal school, behind the grouping of learners, appeared some phenomena such as the presence of negative labels to specific groups of learners, as well as making them have a negative self-concept predicted as a result of the grouping Learners. This is what causes the pros and cons of academics related concept of grouping students. The results showed that in fact, Labelling and Self-Fulfilling Prophecy are contained in the grouping learners in non-formal educational institutions. But it is not too have a negative influence on the concept of self-learners, as they had in previous predictions. The results showed there are several other dimensions that affect the operation of Label and Self-fulfilling Prophecy in influencing the motivation of learners. The dimensions include the cohesiveness of the group, significant other and self-motivation. This study used a qualitative approach and data collection methods interviews and observation. This study will describe what Labelling and Self-Fulfilling Prophecy process, which occurs when learners are grouped on the basis of academic skills in non-formal educational institutions.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S62127
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library