Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Asriyantie
"Perpustakaan sekolah sebagai sarana sumber belajar merupakan kebutuhan pokok bagi dunia pendidikan. Sesuai dengan tujuannya. perpustakaan sekolah tidak hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan pustaka saja, tetapi juga membantu penyelenggaraan proses belajar mengajar. Dalam penyelenggaraannva perpustakaan sekolah menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan dana, jumlah koleksi, ruang, sarana perpustakaan, serta petugas perpustakaan yang belum memihiki pengetahuan yang cukup tentang perpustakaan. Hal ini menyebabkan keberadaan perpustakaan sekolah untuk menunjang suksesnya proses belajar mengajar dianggap lemah. Walaupun demikian, dengan berbagai kendala yang ada, perpustakaan sekolah tetap berupaya untuk menjadi bagian integral dalam proses belajar mengajar di sekolah sebagai perangkat pelengkap pendidikan. Gina memanfaatkan perpustakaan sekolah itu sesuai maksud yaitu sebagai penunjang pendidikan yang diberikan di dalam sekolah maka perk' ada pengertian mutlak dari kepala sekolah, pustakawan, guru, siswa, dan pegawai lainnya mengenai kepentingan perpustakaan sekolah bagi pemakai khususnya guru dan siswa dalam menunjang proses belajar mengajar perpustakaan sekolah dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pemakainya.
SMU Negeri di Kecamatan Tangerang sudah memiliki perpustakaan sekolah walaupun dalam keadaan yang masih sederhana. Perpustakaan sekolah di SMU Negeri se-Kecamatan Tangerang telah berusaha berjalan sesuai fungsi dan tujuan perpustakaan sekolah melalui keberadaan koleksi, layanan, prasarana dan sarana, serta personal perpustakaan yang dimilikinya, sehingga dapat dirnanfaatkan oleh pemakai di sekolah masing-masing terutama dalam kegiatan belajar mengajamya.
Di SMU Negeri dalam penelitian ini, siswa memanfaatkan perpustakaan sekolahnya untuk mengerjakan tugas dari guru, menggunakan koleksi yang sifatnya memperluas pengetahuan. menggunakan koleksi yang berhubungan dengan pelajaran, mendiskusikan pelajaran, mempelajari catatanlbuku teks milik sendiri, mengerjakan pekerjaan rumah, menggunakan koleksi yang siIatnya rekreatif, dan menonton TV/VCD, sedangkan guru memanfaatkan koleksi perpustakaan sekolah untuk memperluas wawasannya dalam mengajar serta sebagai hiburan, selain itu guru juga memanfaatkan ruang perpustakaan untuk mengajar suatu bidang studi tenentu yang diikuti oleh siswa satu kelas yang disebut juga program jam perpustakaan. Pemanfaatan perpustakaan yang dilakukan personil sekolah lainnya seperti kepala sekolah, kepala perpustakaan, dan pegawai lainnya yaitu memanfaatkan koleksi untuk hiburan, memperluas wawasan dan pengetahuan, dan mengisi waktu luang."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2001
S15029
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lira Redata
"Perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dari sekolah, yang bertujuan membantu sekolah mencapai tujuan pendidikan. Perpustakaan sekolah akan bermanfaat bila prestasi siswa tinggi dan selalu berkeinginan mengikuti perkembangan iptek. Untuk memenuhi kriteria di atas, maka hal itu sangat ditentukan oleh sistem pengajaran yang senantiasa menuntut pemanfaatan perpustakaan sekolah, yaitu sistem pengajaran dengan pendekatan belajar aktif. sistem pengajaran dengan pendekatan belajar aktif, di satu pihak menuntut guru untuk Iebih kreatif dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah, di lain pihak siswa dituntut untuk dapat lebih mandiri dalam kegiatan belajar. Tentunya untuk memenuhi kedua tuntutan ini, guru dan siswa memerlukan fasilitas yang berperan menunjang pelaksanaan belajar aktif, yaitu perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah dapat berperan menunjang belajar aktif melalui empat komponen yang dimilikinya, yaitu: koleksi, kegiatan dan layanan, fasilitas, serta sumber daya manusia.
SMU MADANiA adalah salah satu sekolah yang menerapkan pendekatan belajar aktif dalam kegiatan belajar mengajarnya. Oleh karena itu, perpustakaan sekolah SMU MADANiA berusaha berperan menunjang belajar aktif melalui koleksi, kegiatan dan layanan, fasilitas, serta personal yang dimilikinya. Peranan yang sudah dipenuhi oleh perpustakaan sekolah SMU MADANiA adalah sebagai sumber belajar; penyirkulasi koleksi; simbol bagi siswa untuk meraih kebebasan berbicara ; rumah yang menyediakan akses ke sumber sesuai kurikulum ; tempat ideal mengajarkan kemampuan menggunakan informasi; petunjuk, pendukung, dan kebebasan untuk mengembangkan tanggung jawab belajar; serta penyedia lingkungan belajar yang memadai."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2001
S15575
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Revany Ramyandi Koestoer
"Skripsi ini membahas pemanfaatan perpustakaan sekolah HighScope, Cilandak, Jakarta Selatan pada April 2012. Tujuannya adalah untuk mengetahui penggunaan perpustakaan seperti layanan, koleksi dan fasilitas yang ada di perpustakaan sekolah HighScope. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan melalui kepala sekolah. Adapun sampel dari penelitian ini adalah pengguna sekolah HighScope yaitu murid SD dan SMP. Melalui metode penarikan sampel diperoleh 63 kuesioner yang valid. Hasil penelitian menyatakan bahwa 77.7% murid SD dan SMP mengunjungi perpustakaan High/Scope 1 sampai 3 kali dalam sebulan. Alasan kunjungan para murid SD dan SMP adalah untuk meminjam buku dan menggunakan fasilitas di perpustakaan.

This research explains the utilization of library of HighScope School in Cilandak, South Jakarta, in April 2012. The purpose of this research is to distinguish the use of library such as, the use of its service, books collection, and facilities that existed in the library of HighScope school. This research uses quantitative method and descriptive design as the basic method. The data is collected through the questioners that are distributed by the headmaster of the school. The sample of this research is elementary and junior high school students of HighScope school. Collecting data by the questioners, this research has obtained 63 valid questioners. The result shows that 77,7% of elementary and junior high students visit the library of HighScope school once to three times a month. The reason of the visiting to borrow books and make use of its facilities."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42670
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"As concern grows over the relevance of a master?s degree to the professional work of librarianship, more and more schools will be looking to incorporate service learning into the student experience. Roy brings together authors from the top-tier schools to outline their programs and surrounding efforts and
Provides examples of how to incorporate service learning into library and information science education
Gives an overview of the history of service-learning
Outlines the student, faculty, and field supervisor roles
Service Learning serves as the rare educational resource that will tie professional and formalized education together."
Chicago: [American Management Association, ], 2009
e20437677
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
New york: The Haworth Press, 1992
020.71 MAN
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library