Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Noel Sita Rukmi
"Upaya peningkatan mutu pelayanan ditetapkan dalam Undang-Undang No 44 tahun 2009 tentang akreditasi. Tahun 2013, Joint Commision Internasional (JCI) akan melakukan penilaian akreditasi secara internasional terhadap RSUP Fatmawati terutama mutu pelayanan patient safety. Sehingga perlu diadakan pelatihan basic life support sebagai salah satu syarat pemenuhan penilaian tersebut. Dimulai tahun 2012 terhadap para pegawai non medis, sehingga perlu dievaluasi kegiatan pelatihan tersebut.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara ketepatan metode pelatihan, kualitas materi pelatihan,kualitas instruktur pelatihan terhadap retensi materi pelatihan dan kompetensi pegawai non medis dalam melakukan bantuan hidup dasar / basic life support pascapelatihan Basic Life Support di RSUP Fatmawati tahun 2012. Metode penelitian ini menggunakan statistik analisis "Structural Equation Model (SEM) Partial Least Square (PLS)". Sampel sebanyak 100 responden pegawai non medis yang telah mengikuti pelatihan.
Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh Pengaruh Ketepatan Metode, Kualitas Materi, Kualitas Instruktur Pelatihan Terhadap Retensi Materi Pelatihan dan Kompetensi Pegawai Non Medis dengan derajat kepercayaan 95 %, kecuali variabel kualitas instruktur pelatihan terhadap kompetensi pegawai, memiliki tingkat kepercayaan mendekati 70 %.
Rekomendasi hasil penelitian lebih lanjut diarahkan kepada Direksi RSUP Fatmawati, Bagian Pendidikan dan Penelitian dan Bagian Sumber Daya Manusia.

Efforts to improve the healthcare quality is stated in the State Law No. 44 year 2009 concerning accreditation. In 2013, the Fatmawati hospital will be assessed by Joint Commission International (JCI) using international accreditation standard especially regarding patient safety quality. So it is necessary to conduct the basic life support training as a one of condition to fulfill the assessment. This training had been conducted from 2012 and implemented to the non-medical personnel, so the training needs to be evaluated.
The purpose of this study is to determine the direct and indirect influence between the precision of the method of training, training materials quality, training instructor quality on the retention of the training material and non-medical personnel competence in performing basic life support training in Fatmawati general hospital Basic Life Support year 2012. This study uses statistic methods of analysis "Structural Equation Model (SEM) Partial Least Square (PLS)". Using Sample from 100 non-medical personnel respondents who have been trained with the basic life support training.
The results show there are significant effect of Method precision, Material Quality, Materials Quality, Training Instructor Quality towards Training Material Retention Quality and Competency of the Non-Medical personnel with 95% confidence level, except for the training instructors quality variable to employee competence, have approached the 70% confidence level.
Further research recommendations are directed to the Fatmawati General Hospital Board of Directors, Education and Research Department and the Human Resources Department.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
T38657
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Milton Waiman
"Latar Belakang: Penelitian membandingkan pengajaran bantuan hidup lanjut BHL dewasa menggunakan low fidelity simulation LFS dengan high fidelity simulation HFS memberikan hasil yang berbeda-beda. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor kebudayaan yang berbeda di antara mahasiswa. Studi ini bertujuan untuk membandingkan HFS dengan LFS dalam mendapatkan keterampilan dan meningkatkan pengetahuan BHL dewasa pada mahasiswa FKUI.
Metode: Dilakukan studi eksperimental, acak, tersamar tunggal dengan penyajian data deskriptif dan analitik. Subjek penelitian merupakan 39 mahasiswa FKUI semester III. Semua subjek menjalani ujian teori awal, kuliah, dan menonton demonstrasi video. Pada sesi pelatihan, subjek dibagi menjadi dua kelompok: LFS dan HFS. Kelompok LFS menggunakan maneken Resusci Anne dan kelompok HFS menggunakan SimMan 3G. Dilakukan ujian teori akhir dan ujian keterampilan menggunakan SimMan 3G. Data yang dikumpulkan adalah nilai keterampilan dan pengetahuan. Uji statistik yang digunakan adalah uji T tidak berpasangan, T berpasangan, dan Mann Whitney.
Hasil: Nilai keterampilan pada kelompok LFS adalah 47,8 39,1-56,5 dan pada HFS adalah 65,2 39,1-78,2 , p=0,02. Peningkatan nilai pengetahuan pada kelompok LFS adalah 42,75 13,90 nilai pengetahuan ujian awal 35,25 9,93, nilai pengetahuan ujian akhir 78,00 14,73 dan pada kelompok HFS adalah 45,26 10,99 nilai pengetahuan ujian awal 34,47 7,80, nilai pengetahuan ujian akhir 79,74 10,20 , p=0,53.
Simpulan: Penggunaan HFS lebih baik daripada LFS dalam mendapatkan keterampilan dan tidak lebih baik dalam meningkatkan pengetahuan BHL dewasa pada mahasiswa FKUI.

Background Studies comparing teaching of adult advanced life support ALS using low fidelity simulation LFS and high fidelity simulation HFS give different results. This can be caused by cultural background difference among students. This study aims to determine the comparison of HFS and LFS in adult ALS skill attainment and knowledge improvement on FMUI students.
Methods An experimental, randomized, single blinded study with descriptive and analytic data presentation was conducted. Subjects were 39 FMUI students on the 3rd semester. All subjects had written pretest, lecture, and watched video demonstration. In training session, subjects were divided into two groups LFS and HFS group. LFS group used Resusci Anne and HFS group used SimMan 3G. There were written posttest and skill examination using SimMan 3G. Data collected were skill examination and written test scores. Statistical tests used were unpaired T test, paired T test, and Mann Whitney.
Results The skill score in the LFS group was 47.8 39.1 56.5 and in the HFS group was 65.2 39.1 78.2 , p 0.02. The increase of knowledge score in LFS group was 42.75 13.90 pretest knowledge score 35.25 9.93, posttest knowledge score 78.00 14.73 and HFS group 45.26 10.99 pretest knowledge score 34.47 7.80, posttest knowledge score 79.74 10.20 , p 0.53.
Conclusion The use of HFS is better than LFS in attaining adult ALS skill and not better than improving knowledge on FMUI students.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2017
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library