Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ferdi Firdausy
"Proyek EPC dan konstruksi umumnya memiliki tingkat kerumitan, dan ketidakpastian yang tinggi. Perubahan yang terjadi pada tahap engineering, konstruksi, sistem kontrol, dan sub-logistik akan berdampak pada kinerja biaya logistik dan pada akhirnya mempengaruhi margin proyek, lemahnya kontrol proyek, dan memiliki potensi risiko tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel risiko yang mempengaruhi kinerja biaya logistik, memperoleh identifikasi risiko tinggi dari variabel engineering, construction, dan system control yang mempengaruhi kinerja biaya logistik serta menentukan tanggapan dan rekomendasi risiko kepada meningkatkan kinerja biaya logistik pada proyek EPC di lokasi terpencil. Data dikumpulkan dari studi literatur, wawancara dengan responden, dan pakar. Dari 51 jawaban responden, risiko yang teridentifikasi adalah 30 faktor yang ditinjau dari probabilitas dan dampaknya. Metodenya melalui analisis deskriptif, uji validitas & reliabilitas, dan analisis risiko kualitatif. Selanjutnya, tindak lanjut hasil risiko akan dilakukan melalui mitigasi proaktif dan reaktif. Penelitian ini menemukan 7% variabel ekstrim, dan 93% adalah kategori berisiko tinggi. Dengan demikian bahwa semua variabel mempengaruhi kinerja biaya logistik dimana lokasi proyek yang jauh merupakan salah satu faktor utama kinerja biaya logistik.

The EPC and construction projects generally have a high level of complexity, and uncertainty. The changes that have occurred in the engineering, construction, control systems, and sub-logistics stages will impact logistics cost performance and finally affect the project margins, weak of project control, and high risk. The purpose of this study is to determine the variable risk that affects the performance of logistics costs, to obtain high-risk identification of engineering, construction, and system control variables that affect the performance of logistics costs and to determine the risk responses and recommendations to improve logistics cost performance on EPC projects in remote locations. Data was collected from literature studies, interviews with respondents, and experts. By 51 respondents' answers, the risk was identified are 30 factors in terms of the probabilities and impact. The method through descriptive analysis, validity & reliability testing, and qualitative risk analysis. Further, the follow-up of risk results would carry out through proactive and reactive mitigation. This research found 7% of the variables were extreme, and 93% were high-risk categories. Thus it indicates that all variables affect the logistics costs performance where the remote project locations are one of the main factors in increasing the logistics costs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rizky Prakoso
"Sistem logistik nasional masih terdapat kendala, salah satunya adalah mahalnya biaya logistik di Indonesia. Pada tahun 2018 Indonesia berada di peringkat ke-46 dengan skor 3,15 menurut data Logistic Parameter Index (LPI).  Hal tersebut berdampak pada kemampuan daya saing sektor industri khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan produk dan jasa yang ditawarkan oleh negara lain. Biaya logistik yang tinggi berdampak pada harga produk dan jasa di pasaran. Sehingga menyebabkan daya beli masyarakat berkurang, terutama di daerah pedesaan. Supaya industri di sektor UMKM dapat bertumbuh, pemerintah perlu melakukan perubahan untuk menekan biaya logistik yang tinggi dengan memperbaiki sistem logistik nasional. Perbaikan sistem logistik nasional dengan reformasi kebijakan logistik diperlukan untuk menekan biaya logistik sehingga industri nasional dapat berkembang dan meningkatkan perekonomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi kinerja sistem logistik berdasarkan kebijakan pemerintah dan merekomendasikan model perbaikan sistem logistik. Hasilnya didapatkan bahwa komponen biaya logistik tertinggi yaitu biaya pelayaran dan biaya trucking. Model perbaikan yang direkomendasikan pada penelitian ini adalah penerapan insentif Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Short Sea Shipping (SSS) dalam pulau.

The national logistics system still has constraints, one of them is the high cost of logistics in Indonesia. In 2018 Indonesia was ranked 46th with a score of 3.15 according to Logistic Parameter Index (LPI) data.  This has an impact on the competitiveness of the industrial sector, especially Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs) with products and services offered by other countries. High logistics costs have an impact on the price of products and services in the market. Thus causing the purchasing power of the community to decrease, especially in rural areas. In order for industries in the MSME sector to grow, the government needs to make changes to reduce high logistics costs by improving the national logistics system. Improvement of the national logistics system with logistics policy reforms is needed to reduce logistics costs so that the national industry can develop and improve the Indonesian economy. This study aims to evaluate the performance of logistics systems based on government policy and recommend a model of improvement of logistics systems. The result was obtained that the highest logistics cost component are the shipping cost and trucking cost. The improvement model recommended in this study are the application of Non-Tax State Revenue (PNBP) and Short Sea Shipping (SSS) intra island."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rolina Oktapiani Zaqiah
"Pertumbuhan industri otomotif yang semakin meningkat di Indonesia belum diimbangi dengan jumlah pemasok bahan baku lokal dan membuat industri otomotif bergantung pada aktivitas impor. Seiring dengan banyaknya kebutuhan aktivitas impor ini, maka dibutuhkan pula aktivitas logistik yang lebih besar. Namun dengan biaya logistik yang tinggi, membuat perusahaan harus meningkatkan efisiensi untuk dapat terus bersaing dalam industri nasional. Oleh karena itu, perlu adanya perencanaan aktivitas inbound logistik yang mengatur pergerakan material dari pemasok hingga sampai ke pabrik.
Pada penelitian ini, dikembangkan sebuah model optimasi menggunakan pendekatan pemrograman non linier integer campuran yang diselesaikan dengan algoritma branch and bound.
Hasil dari penelitian ini, yaitu didapatkan total biaya inbound logistik yang optimal mencakup biaya material, biaya transportasi, dan biaya pelabuhan. Model ini juga dapat digunakan sebagai alat bantu perusahaan dalam pengambilan keputusan mengenai tipe kontainer dan jumlah kontainer yang digunakan beserta total muatan yang optimal dalam setiap kontainer, sehingga didapatkan nilai utilasi kontainer yang tinggi.

The increasing growth of automotive industry in Indonesia has not been matched by the number of local suppliers and makes the automotive industry too dependent on imported raw materials. Along with the needs of import activities, it is also required a greater logistics activities. However, with high logistics costs, the manufacturer must increase efficiency to be able compete in the global market. This can be accomplished by planning inbound logistics activities that control the movement of materials from suppliers to the manufacture.
In this research, an optimization methodology, based on Mixed Integer Nonlinear Programming MINLP approach is developed and solved with branch and bound algorithm.
The result of this research, which obtained the total cost of optimal inbound logistics include material cost, transportation cost, and administration cost. This model can also be used as a tool for the company in making decisions about the type and the number of container also with the total of the optimal material load in each container, therefore the optimal container space utilization value can be obtained.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Talitha Ayu Risat Fitrian
"Perkembangan bisnis e-commerce di Jakarta, Indonesia pada beberapa tahun terakhir membuat sektor bisnis last mile delivery (LMD) berkembang cukup pesat. Peningkatan demand LMD membuat perjalanan kilometer yang dihasilkan semakin besar sehingga menimbulkan eksternalitas negatif, khususnya polusi udara, yang tanpa disadari telah meresahkan masyarakat. Disisi lain, biaya logistik di Indonesia hanya dipengaruhi oleh biaya operasional kendaraan dan tidak ada komponen biaya eksternal. Optimalisasi layanan LMD yang mempertimbangkan biaya internal dan eksternal diperlukan untuk meminimalkan biaya total LMD dan sekaligus mengurangi dampak dari polusi udara. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan optimalisasi sistem distribusi LMD dengan mempertimbangkan biaya eksternal. Optimalisasi sistem distribusi LMD dilakukan dengan cara membentuk model Heterogeneous Fleet Vehicle Routing Problem with Time Window and External Costs (HFVRPTW-EC) dan mengaplikasikan model menggunakan data dari salah satu perusahaan parcel delivery di Jakarta, Indonesia dan kemudian melakukan simulasi dengan membentuk beberapa skenario operasional. Variabel penelitian terdiri dari jenis kendaraan dan sistem distribusi, jenis kendaraan terdiri dari V1 (sepeda motor) dan V2 (mobil pick-up box berbahan bakar bensin), sedangkan sistem distribusi terdiri dari one-tier, two-tier dan multi-tier. Hasil simulasi dan analisa menunjukkan bahwa optimalisasi sistem distribusi dan jenis kendaraan yang dilakukan telah mengurangi biaya total sebesar 34% - 50% dan konsentrasi polusi udara sebesar 38% - 58% dibandingkan kondisi eksisting. Hasil optimasi menunjukkan bahwa skenario yang menggunakan jenis kendaraan V1 dan sistem distribusi one-tier menghasilkan biaya total (biaya internal dan biaya eksternal) dan konsentrasi polusi udara paling minimum. Namun ketika dilakukan perubahan jenis kendaraan V2 menjadi mobil pick-up box berbahan bakar CNG, hasil analisa menunjukkan bahwa skenario dengan sistem distribusi multi-tier dengan jenis kendaraan V1 pada tingkat drop mileage dan V2 pada tingkat stem mileage menghasilkan biaya total dan konsentrasi polusi udara paling minimum.

The development of the e-commerce business in Jakarta, Indonesia in recent years has made the last mile delivery (LMD) business sector grow quite rapidly. The increase in LMD demand made the resulting kilometer trip even larger, causing negative externalities, especially air pollution, which unknowingly troubled the public. On the other hand, logistics costs in Indonesia are only affected by vehicle operating costs and there are no external cost components. Optimization of LMD services that considers internal and external costs is needed to minimize the total cost of LMD and simultaneously reduce the impact of air pollution. The purpose of this study is to optimize the LMD distribution system by considering external costs. Optimization of the LMD distribution system is carried out by forming a Heterogeneous Fleet Vehicle Routing Problem with Time Window and External Costs (HFVRPTW-EC) model and applying the model using data from one of the parcel delivery companies in Jakarta, Indonesia and then simulating by forming several operational scenarios. The research variables consisted of the type of vehicle and the distribution system, the type of vehicle consisted of V1 (motorcycle) and V2 (petrol-fueled pick-up box), while the distribution system consisted of one-tier, two-tier and multi-tier. The simulation and analysis results show that the optimization of the distribution system and the type of vehicle carried out has reduced total costs by 34% - 50% and air pollution concentrations by 38% - 58% compared to the existing conditions. The optimization results show that the scenario using V1 vehicle type and a one-tier distribution system produces the minimum total cost (internal cost and external cost) and air pollution concentration. However, when changing the type of V2 vehicle into a CNG-fueled pick-up box, the results of the analysis show that a scenario with a multi-tier distribution system with the V1 vehicle type at the drop mileage level and V2 at the stem mileage level produces the most total cost and air pollution concentration. minimum."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library