Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 40 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rachmat Karyanda
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1985
S27281
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Triwibowo
Abstrak :
Sektor transportasi mempakan sektor yang paling banyak mengkonsumsi bahan baka:r minyak sebagai sumber energi. Penggunaan bahan bakar ini semakin menunjukkan peningkatan terlihat dengan semakin maraknya kendaraan bermotor terutama di kota-kota besar. Akibatnya, polusi udara yang ditimbulkan karena kurang baiknya kualitas pembakaran di dalarn ruang bakar akan semakin meningkat pula. Usaha-usaha untuk mengatasi kondisi ini yaitu penghematan sumber energi dan pengurangan polusi udara telah banyak dilalcukan oleh pemerintah dan instansi yang terkait disamping usaha untuk mencari altematif sumber energi pengganti bahan bakar minyak. Segala usaha yang dilakukan bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan energi sehingga penggunaan bahan bakar dapat terkontrol dengan memperhatikan faktor linglcungan. Faktor yang menentukan dalam peningkatan efisiensi dan optimalisasi energi berlcaitan erat dengan fenomena pembakaran yang terjadi. Semakin baik kualitas pembakaran, akan semakin baik emisi gas buang yang dihasilkan sehingga semakin hemat bahan bakar yang digunakan. Kondisi seperti ini ditentukan oleh sistem yang berhubungan dengan proses pembakaran di dalam silinder. Pencampuran antara udara dan bahan bakar merupakan salah satu faktor vital yang harus diperhatikan pencampuran yang homogen akan membuat pembakaran lebih sempurna. Salah satu upaya untuk mcmperbaiki lcondisi di atas yaitu dengan menggunakan cyclone pada kendaraan. Cyclone yang dipasang pada sislem pemasukan berrujuan untuk membentuk pola aliran turbulensi dari campuran homogen sehingga daya yang dihasilkan akan meningkat dan konsumsi bahan bakar serta emisi gas buang semakin turun. Untuk itu pada penelitian ini dibuat beberapa variasi cyclone dengan sudut masuk dan jumlah sudu pengaxah sebagai vadabel yang beruhah. Sehingga hasil dari pengujian ini akan didapatkan cyclone dengan jumlah sudu dan sudut yang baik yang dapat meningkatkan etisiensi pembakaran Dan dalam penelitian lebih lanjut dapat dihasilkan desain yang baik dari cyclone.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36597
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Timbul Hapataran M
Abstrak :
Barang-barang mekanik yang ada dipasaran kebanyakan berasal dari luar negri dan memiliki harga yang cukup mahal. Bagi industri kecil yang bergerak dibidang manufaktur membuat barang yang sarna dengan yang ada di pasaran adalah tantangan yang menarik. Walaupun kualiatas barang yang dibuat masih kalah dengan yang ada dipasaran tapi dengan mengandalkan bahwa dengan medesain ulang suatu alat dan membuatnya mereka dapat menjual barang dengan harga yang jauh lebih murah dari yang ada dipasararl, hal ini dapat menarik minat konsumen untuk datang kepada mereka. Dalam tugas akhir ini terdapat reduction gear yang akan didisain ulang. Reduction gear yang akan dibuat memiliki ratio 15300 dengan jenis roda gigi helical gear. Reduction gear ini memiliki 8 buah helical gear, dan terbagi menjadi dua buah gear box, gear box pertama memiliki ratio 1:30 dan gear box kedua memiliki ratio 1: 10. Dengan melihat reduction gear yang telah ada maka dilakukan perancangan ulang dengan melakukan modiikasi gear box. Perancangan dilakukan dengan mengambil data dimensi dari barang yang sudah ada dan kemudian mencari material' yang cocok untuk komponen_ Teoxi yang dipakai untuk perancangan roda gigi diambil darl teori yang sudah baku. Hasilnya material yang digunakan untuk gear adalah sama yaitu SNCM1 dan untuk poros adalah S4SC, sedangakan untuk pasak material yang digunakan ada duajenis S35C dan SSSC. Pada pemilihan bantalan ada sebagian bantalan yang pada awalnya menggunakan ball bearing diganti dengan bantalan roller kerucut, ini adalah pengaruh penggabungan yang mengakibatkan naiknya beban radial pada poros. Sedangkan untuk analisa disain gearbox, gearbox dibuat dari besi cor dan kekuatan materialnya dianalisa dengan mengunakan metode iinite element dengan menggunakan software komputer mechanical desklop. Tahapan yang dilaksanakan dalam penggunaan sofware ini adalah, pertama adalah membuat model gearbox dalam bentuk tiga dimensi, kedua membetikan boundary condition dan beban pada model, ketiga melakukan perintah mesh generation dan kalkulasi, dan yang terakhir adalah menampilkan hasil perhitungan yang telah dilakukan komputer. Dan hasilnya didapati bahwa model gearbox yang dibuat dengan material Iron Class 60 mampu mengatasi beban yang diterima. ......Almost all of mechanical things which are sold in our country are manufactured from other country. Eventhough they have good in quality but still have exspensive cost. For small indutries that are moving in manufacturing business, to produces the things that are placed in market was an interesting challenge_ Eventhough they can't make the thigs in same level of quality, but by doing redesign processing they can sell the same things with a very low price than stuff in market. With this reason they may expect for some customer may intrest and wanted to buy_In this Hnal asignment there is a reduction gear that are planed to be made. The reduction gear has 1:300 ratio and was made by using eight helical gear. The gear reduction was having two gear box , the first gear box having 1:30 reduction ratio and the second gear box has 1:10 reduction ratio. Because of this, the planed are to redesign the reduction gear in one gear box only. Design processing is done by taking all components dimensions, and search for suitable material for the components. Method for design helical gear ,shalt and its component was adopted from standard method that already exist.The results form this design are, material which is suitable for the gear is SNCM1, and for shalt is S45C and for key are S35C and SSSC. In bearing selection there is some changes we should taken, its because of our modification to combine two gear box become one there one shaft cannot use ball bearing elemen again because there is an increasing radial load on it when we combine the gear box so we should change ball bearing into angular roller bearing. For the gearbox design analysis, gearbox was made by casting and using finite element method for the stregth of material that we?ve been choosed. This method analysis was done by computer program named Mechanical Desktop. Prosedure we should do by using this program are, izirst create the 3D model, second is defined boundary condition and load on model we,ve been create, third do the mesh generation and equation calculation, and the last is display the result as a colored gralic. And the result is we found that gearbox with Iron Class 60 is strong enough to carry the load from the shalt.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S37072
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teguh Setiono
Abstrak :
STEP NC merupakan standar yang relatif baru untuk proses pemesinan. Proses pemesinan konvensional (menggunakan G/ M Codes) membutuhkan sebuah program penterjemah/ konverter agar informasi dari file STEP NC dapat digunakan. Terdapat beberapa program yang dibuat untuk menterjemahkan isi sebuah file STEP NC. Kemampuan program ? program tersebut spesifik untuk sebuah machining feature seperti : PLANAR FACE, ROUND HOLE, dan CLOSED POCKET. Pada penelitian ini algoritma ketiga machining feature tersebut dirangkum dalam sebuah program untuk menterjemahkan sebuah file STEP NC yang berisi ketiga machining feature. Tujuan metode ini adalah integrasi itu sendiri, disamping mempersingkat waktu untuk proses konversi. Proses penterjemahan dibantu program pengelola database berbasis SQL. ......STEP NC is a relatively new standard in machining proccess. Conventional machining proccess (Uses G/ M Codes) need a translator / converter in order to use some information from STEP NC file. There are some translator / converter program that made in purpose to translate the content of STEP NC file. These program are available for machining features, such as : PLANAR FACE, ROUND HOLE, and CLOSED POCKET. For those machining features algorithm are combined into one program, used for translating a STEP NC file that contain machining features. The point of this method is integration process itself, beside of to perform shortest time for conversion proccess. Conversion proccess assisted with an SQL based database program.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S37955
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Banyaknya gedung bertingkat yang sangat tinggi saat ini menyebabkan elevator semakin dibutuhkan. Elevator bergerak pada setiap lantai di dalam gedung tersebut untuk melayani permintaan orang-orang yang ingin menaiki atau menuruni lantai. Pergerakan elevator tersebut diatur oleh sebuah sistem kontrol elevator. Skripsi ini membahas mengenai pembentukan model dan simulasi dari sistem kontrol elevator tersebut. Model tersebut mengatur pergerakan untuk satu elevator dalam melayani permintaan secara selective collective control (S/C). Model ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu unit control, request resolver dan tombol-tombol pada elevator. Unit control dan tombol-tombol pada elevator akan dimodelkan dengan menggunakan Finite State Machine with Datapath (FSMD). Model sistem kontrol elevator tersebut akan diimplementasikan ke dalam bahasa pemograman Delphi. Kemudian model tersebut akan disimulasikan sehingga bisa dilihat pergerakan elevator dalam melayani setiap permintaan dari para pengguna.
Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ginzburg, Abraham
New York: Academic Press, 1968.
629.89 GIN a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Minsky, Marvin Lee, 1927-
Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, 1967
629.895 MIN c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tubagus Moerinsyahdi
Abstrak :
Pencemaran udara clikota-kota besar Seperti di Jakarta ini sangat tinggi dan memiliki kecenderungan untuk terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor di samping juga dikarenakan banyaknya mesin industri dirnana akhirnya rnembuat kualitas udara dilingkungan menjadi rendah. Pencemaran tersebut dapat disebabkan oleh banyaknya kendaraan bem1otor yang mcngeluarkan asap kendaraannya yang tidak sesuai dengan spesiiikasi standard. Tidak Sedikit pemilik kendaraan bermotor khususnya dalam hal ini sepeda motor yang memodifikasi mesin motomya guna mendapatkan performa yang lebih dari pada performa standamya, seperti meningkatkan kompresi rnesin, mengganti camshaji racing, mengganti karburator, menaikkan kapasitas silinder dan sebagainya. Sebetulnya masih banyak lagi cara yang dapat dilakukan, dimulai dari melaicukan modifikasi yang memerlukan modal yang sedikit Sampai dengan yang memerlukan modal yang banyak, namun kita juga hams dapat mencari jalan lain xmtuk mendapatkan hasil modiiikasi yang baik tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Modifikasi yang akan ding i adalah penggunaan tambahan gas elpiji pada sistem bahan bakar dengan tujuan untuk meningkatkan performa mesin dan mengurangi emisi gas buang yang rnenganclung zat beracun. Dalam penguj ian prestasi mesin ini digunakan alat chassis dinamometer dynodinamics untuk mengetahui hasil output yang dihasilkan seperti horse power, airffizel ratio, torsi, rprn, dan sebagainya, dan juga gas analyzer untuk mengetahui kadar emisi gas buang yang dihasilkan. Seluruh data yang dihasilkan akan dibandingkan antara rnesin yang tidak ditambahkan gas elpiji dengan mesin yang ditambahkan, sehingga kita akan mengetahui kekurangan serta kelebihan dari modiflkasi yang dilakukan. ......Air pollution in big cities like Jakarta is very high and has tendency to rise along with the increasing number of vehicles, besides the number of industrial engine also makes the quality of air in the environment is low. The pollution may come from the smoke from vehicles that aren't appropriate with standard specs. Many of the owner of vehicles such as motorcycles made modyication to their motorcycles to get good perfarmance, those like increasing compression, changing camshaft racing, change carburator; increase cylinder capacity and etc. There were still more things can be done, from doing modyication within mush capital and less capital, but we need to get the other way to got good modification with out spending a lot of money. The modification vehicle which is will be test is using LPG' in jilel system with purpose to increase engine pedorrnance to decrease exhaust gas whiches contain poison substance. In the test of engine performance using chassis dynamometer Dynodynamics to knowing the output result, such as horse power, air jiiel ratio, torque, rpm, and etc. and gas analyzer also to knowing result of standard from exhaust gas. All of the result of data will be compare between the engine vehicle whiches with the added of LPG and not added the LPG, therefore we will know the less and more benefits from modyication that we has been done.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37784
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hennie, Frederick C.
New York: John Wiley & Sons, 1968
621.815 HEN f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Chinal, J.
Berlin: Akademie-Verlag, 1973
621 CHI d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>