Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dimas Wahyu Indrajaya
"Skripsi ini membahas transportasi massal kota Jakarta yaitu trem yang sudah beroperasi di tiga masa pemerintahan, mulai dari pemerintahan Hindia Belanda, Jepang hingga Republik Indonesia. Transportasi trem dijalankan demi memenuhi kebutuhan kota, seperti memobilisasi warga atau mempermudah kegiatan perekonomian. Trem yang sudah beroperasi sejak 1869 itu harus dihentikan pengoperasiannya pada masa pemerintahan Indonesia. Presiden Sukarno menganggap trem terlalu kuno dan tidak pantas untuk kota Jakarta. Setelah trem dihapuskan, bus-bus pun menggantikan peranannya dalam melayani warga Jakarta.

This minithesis discusses the mass transportation tram in Jakarta which had been operatedduring three regimes, The Dutch East Indies, The Japanese occupation and Republic of Indonesia. Tram transportation was carried out in order to meet the needs of the city, such as mobilizing citizens and to make an ease economic activity. Unfortunately, the tramhad been operated in 1869,was ceased to operate. President Sukarno considered it old-fashioned and improper for the city of Jakarta. However, the city buses replacedtram role in serving for citizens of Jakarta."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
S61420
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elfraim Dunov Rumabutar
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris seberapa besar
Pengaruh Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak terhadap Ongkos Transportasi
Darat serta seberapa besar Pengaruh moderasi Angkutan Bus Trans-Jakarta
terhadap hubungan antara Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak dan Ongkos
Transportasi Darat. Penelitian ini dalam pengujiannya juga mengukur keeratan
hubungan yang terjadi antara Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak dan Ongkos
Transportasi Darat serta keeratan hubungan yang terjadi antara Angkutan Bus
Trans-Jakarta dan Ongkos Transportasi Darat. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui survei intersep (intersept survey) terhadap pengguna alat transportasi
umum yang dilakukan pada lima terminal di daerah DKI Jakarta yakni, Terminal
Kampung Rambutan, Terminal Senen, Terminal Glodok, Terminal Lebak Bulus,
dan Terminal Tanjung Priok dengan mengunakan instrumen pengukuran
kuesioner melalui metode Purpose Sampling.
Total kuesioner yang diberikan untuk diisi oleh para responden di lima
terminal tersebut adalah sebanyak 204 kuesioner dan diisi dengan lengkap dan
benar. data yang telah terkumpul tersebut dianalisis menggunakan Metode
Analisis Regresi Sederhana dan Berganda yang dibantu dengan software SPSS
2.1.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukan bahwa Kenaikan Harga
Bahan Bakar Minyak berpengaruh terhadap Ongkos Transportasi Darat dan
Ongkos Transportasi Bus Trans-Jakarta. sedangkan Variabel Angkutan Bus
Trans-Jakarta hanya sebagai variabel bebas saja dan tidak memoderasi Kenaikan
Harga Bahan Bakar Minyak terhadap Ongkos Transportasi Darat.

ABSTRAK
The purpose of this study is to test empirically how much the raise of fuel price
affected the raise of land transportation fare and also how much the moderation of
Trans-Jakarta Bus Transportation affected on the relation between the raise of fuel
price and the raise of land transport fare. This study also designed to measure the
close relation between the raise of fuel price and land transport fare and also to
measure the close relation between Trans-Jakarta Bus Transportation and land
transportation fare. The data in this study collected by using intercept survey to
public transportation users at five terminals in Central Jakarta, Kampung
Rambutan, Senen Terminal, Grogol Terminal, Lebak Bulus Terminal and Tanjung
Priok Terminal with questionnaire as measurement instrument through purpose
sampling.
The total questionnaire provided for respondents at those five terminals are 204
questionnaire and the respondents should fill it correctly and completely. The data
collected was analyzed by using simple and double regression analysis method
which assisted by using SPSS 2.1 software.
The result of analysis in this study showed that the raise of fuel price affected land
transportation fare and Trans-Jakarta Bus Transportation fare while Trans-Jakarta
Bus variable was only free variable and it did not moderate the raise of fuel price
to land transportation fare."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edie Haryoto
Jakarta: Gramedia Pustaka utama, 2013
338 EDI t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rozaan Alexander Mirza Roland
"Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia, sekaligus pusat perekonomian negara menyebabkan banyaknya movement atau pergerakan setiap harinya. Pergerakan ini dilakukan dengan bantuan beberapa jenis alat transportasi, namun mayoritas pergerakan di Jakarta masih berketergantungan dengan penggunaan transportasi pribadi seperti mobil, dan sepeda motor. Untuk mengatasi ketergantungan ini pemerintah DKI Jakarta telah berupaya untuk meningkatkan transportasi umum di Jakarta, dengan pengembangan beberapa moda seperti Kereta KRL, MRT, Bus TransJakarta, dan juga Kereta Api Bandara. Untuk mendukung konektivitas antar moda transportasi tersebut, pemerintah DKI Jakarta telah mengembangkan beberapa kawasan TOD, salah satunya terletak di Dukuh Atas. 
Penelitian ini menganalisis keterpaduan jadwal antar masing-masing moda transportasi yang terdapat di Dukuh Atas dengan mengamati jadwal yang tersedia yang disediakan oleh masing-masing operator moda transportasi serta waktu berjalan penumpang antar masing-masing moda serta menganalisis waktu tunggu yang disebabkan oleh jadwal dan membandingkannya dengan preferensi penumpang yang diperoleh melalui survei. 
Hasil analisis menunjukkan bahwa integrasi antara jadwal masing-masing mode tidak terintegrasi sepenuhnya karena beberapa mode lebih terhubung daripada yang lain, perbedaan antara jumlah jadwal yang tersedia serta perbedaan headway memainkan peran penting dalam integrasi dan juga hasil analisis ini.
......Jakarta as the capital city of Indonesia, as well as the main economy hub of the country generates a lot of movement every single day. The movement of these people are done with the help of transportation, but most of them are privately own transportation modes such as cars, and motorcycles. To combat the high dependency on privately own transportation modes, the local government has been trying to improve the public transportation sector within the city of Jakarta, with developments of multiple modes of transportation such as the MRT, and KRL Trains, as well as the TransJakarta Buses, and also the Soekarno-Hatta Airport Railink. To support the connectivity between those modes of transportation, the local government has develop several TOD areas, one of it is located in Dukuh Atas.
This study analyzed the integration of schedule between each transportation mode located in Dukuh Atas by observing the available schedule provided by each mode of transports operator as well as the passenger walking time between each mode whilst also analysing the waiting caused by the schedule and comparing it with the passengers preference that is obtained through a survey.
The result of the analysis shows that the integration between schedules of each mode are not fully integrated as some modes are more connected than the other, the difference between the amount of available schedules as well the difference in headway plays a major factor on the integration as well as the result of the analysis."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library