Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zayadi Zainuddin
Abstrak :
ABSTRAK
Latar Belakang: Setiap mahasiswa akan memilih gaya belajar yang menguntungkan untuk situasi belajar tertentu. Gaya belajar aktivis diduga lebih sesuai untuk aktivitas belajar mandiri dibandingkan dengan gaya belajar lain. Lingkungan belajar yang dirancang untuk pembelajaran mahasiswa akan memunculkan persepsi yang berbeda, baik persepsi positif maupun negatif. Persepsi ini diduga dapat mendorong atau menghambat belajar mandiri. Metode: Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain kasus kontrol. Populasi terdiri atas mahasiswa yang tidak siap (kasus) dan siap belajar mandiri (kontrol) dengan minimal sampel sebanyak 55 mahasiswa untuk masing-masing populasi. Pengumpulan data dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap pertama dengan pengisian kuesioner Self Directed Learning Readiness Scale (SLDRS) Fisher dan tahap kedua dengan pengisian kuesioner Learning Style Questionairre (LSQ) Honey-Mumford dan Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM). Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 13.00. Hasil: Gaya belajar aktivis tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan tingkat kesiapan belajar mandiri (p>0.05) namun persepsi mahasiswa mengenai lingkungan belajar memiliki hubungan yang bermakna (p<0.05). Mahasiswa yang kurang puas terhadap lingkungan belajar memiliki kemungkinan 3.852 kali tidak siap belajar mandiri dibandingkan dengan mahasiswa yang puas (p<0.05 dan OR=3.852). Kesimpulan: Gaya belajar aktivis tidak berpengaruh terhadap tingkat kesiapan belajar mandiri. Persepsi mahasiswa mengenai lingkungan belajar berpengaruh terhadap tingkat kesiapan belajar mandiri, sehingga perlu upaya peningkatan kesiapan belajar mandiri mahasiswa dengan memperbaiki lingkungan belajar.
ABSTRACT
Background: Each student will choose their own learning style that are more beneficial for one learning situation. Activist learning style has been expected more suitable for self directed learning than other learning style. Learning environment that designed for students’ learning will lead to different perceptions, either positive or negative. This perception could inhibit or encourage self directed learning. Method: This is a quantitative research using case control design. Population consists of students who are not ready (cases) and ready to self directed learning (control) with minimal sample of 55 students for each population. The data was collected using questionnaires in two stages. First’ stage for Self Directed Learning Readiness Scale (SLDRS) Fisher questionnaires and the second stage for Learning Style questionnaire (LSQ) Honey-Mumford and Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM) questionnaires. Data were analyzed using SPSS 13.00 program. Result: Activist learning style showed no significance relationship with self directed learning readiness levels (p>0.05) but students' perceptions of educational environment showed significant relationship (p<0.05). Students who are not satisfied to learning environment have the possibility of 3.852 times more unready to self directed learning than students who are satisfied (p<0.05 and OR = 3.852). Conclusion: Activist learning styles do not influenced the level of self directed learning readiness. Students’ perceptions of the educational environment influenced self directed learning readiness level, therefore an effort is needed to increase students' self directed learning readiness by improving the educational environment.
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosyadi Aziz Rahmat
Abstrak :
ABSTRAK
Latar Belakang Lingkungan pendidikan di fakultas kedokteran dapat menjadi beban psikis bagi mahasiswa karena penuh dengan stresor. Besarnya pengaruh stresor tersebut dibuktikan dengan tingginya angka kejadian distres pada mahasiswa fakultas kedokteran di seluruh dunia, sehingga diperlukan upaya untuk mengidentifikasi sumbernya. Tujuan Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat ukur untuk mengidentifikasi stresor bagi mahasiswa pendidikan dokter tahap akademik. Metode Penelitian ini menggunakan teknik mixed methods (kualitatif dan kuantitatif), studi Delphi untuk mengidentifikasi stresor dan desain potong lintang untuk uji instrumen. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa tahap akademik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) dengan populasi 995 orang. Sebanyak 58 mahasiswa dipilih secara stratified simple random sampling untuk studi Delphi dan total sampling.untuk uji instrumen. Analisis menggunakan program SPSS versi 17, uji reliabilitas dengan alpha Cronbach dan analisis faktor dengan rotasi Oblimin. Hasil Di antara 90 stresor pada studi Delphi terseleksi 40 yang lolos uji instrumen. Stresor dikelompokkan menjadi stresor akademis (18 butir), stresor personal (11 butir), stresor lingkungan belajar (6 butir), dan stresor lingkungan sosial (5 butir). Instrumen Kuesioner Stresor Mahasiswa Pendidikan Dokter Tahap Akademik (KSMPD-Akademik) yang dihasilkan memiliki nilai alpha Cronbach 0,911. Masalah fasilitas pendidikan dan masalah akademis merupakan stresor yang paling banyak dihadapi mahasiswa dan memiliki pengaruh paling besar. Diskusi Pada analisis faktor terdapat 43 butir yang memiliki nilai di bawah 0,3 pada matriks Communalities. Sebanyak 7 butir lainnya memiliki korelasi yang rendah terhadap seluruh butir karena nilai korelasi item-total di bawah 0,3 pada matriks Item-Total Statistics. Butir yang terseleksi merupakan butir yang dapat mewakili stresor bagi mahasiswa tahap akademik FK UISU. KSMPD-Akademik memiliki reliabilitas yang baik. KSMPD-Akademik dikembangkan pada populasi terjangkau, sehingga ada kemungkinan fakultas kedokteran lain memiliki stresor yang berbeda. Mahasiswa FK UISU berpendapat bahwa pada pelaksanaan proses pembelajaran mahasiswa memerlukan fasilitas ruangan kelas dan laboratorium yang lebih memadai. Simpulan KSMPD-Akademik mengukur tingkat kekerapan (frekuensi) dan tingkat pengaruh stresor yang dihadapi mahasiswa pendidikan dokter tahap akademik. Instrumen ini dapat dikembangkan dengan menggali stresor lain di institusi yang berbeda.
ABSTRACT
Background Educational environment in medical school is very stressful that can cause psychological problems. Many researches identified high incidence of distress among medical students around the world. Early identification is necessary, advisably since undergraduate (academic) medical course to prepare students facing the clinical situation (workplace) with higher level of stress. Purpose To develop instrument to identify stressors for academic medical students. Methods A mixed methods study (qualitative and quantitative) using Delphi technique to identify stressors and cross-sectional design to develop the instrument has been conducted among 995 academic medical students in Faculty of Medicine, Islamic University of Sumatera Utara (FM IUSU). Sample of 58 on Delphi study were chosen by stratified simple random sampling and a total sampling methods on instrument development. Data were analyzed using SPSS version 17 by reliability test with Cronbach’s alpha and factor analysis with Oblimin rotation. Result About 40 of 90 items obtained from Delphi study fulfill the criteria as stressor instrument and named as Stressor Questioner for Academic Medical Student (Kuesioner Stresor Mahasiswa Pendidikan Dokter Tahap Akademik (KSMPDAkademik)). They are grouped into academic stressors (18 items), personal stressors (11 items), learning environment stressors (6 items), and social environment stressors (5 items). KSMPD-Akademik reached 0.911 of Cronbach alpha. Stressors encountered by the respondents mostly associated with educational facilities and academic problems. These stressors are well established as stressor that has the most impact. Discussion There were 43 inadequate items removed by factor analysis because the value found was below 0.3 on Communalities matrix. Seven items were further removed because the value found was below 0.3 of item-total correlation on Item-Total Statistics. The items selected by factor analysis and reliability test could represent the stressors faced by the academic medical student in FM IUSU. KSMPDAkademik has good reliability. KSMPD-Akademik was developed from FM IUSU population, with the possibility of having other stressor if applied to other medical school. Students in FM IUSU require more adequate classroom and laboratory facilities in implementing the learning process. Conclusion KSMPD-Akademik could measure the frequency and the degree of influence (impact) of potential stressors experienced by the academic medical students. This instrument could be further developed by exploring other stressors in different institutions.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014
T58554
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oxford : Blackwell, [Date of publication not identified]
304.2 LEC
Buku Teks  Universitas Indonesia Library