Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amarina Ashar Ariyanto
"Bagi mahasiswa motivasi merupakan salah satu aspek mental yang berperan besar bagi keberhasilan proses belajarnya. Motivasinya yang tinggi, iklim motivasi yang positif dan dukungan sosial yang mendorong seseorang antuk berprestasi baik merupakan kondisi yang sangat kondusif bagi keberhasilan mahasiswa.
Namun, apakah iklim motivasi yang ada diantara mahasiswa maupun yang dipersepsi sebagai ada oleh mahasiswa. Benar-benar merupakan iklim motivasi yang positif, belum banyak distudi. Motivational Gravity merupakan konsep yang memfokuskan perhatian pada sejauh mana lingkungan (atasan, rekan, bawahan) seseorang mendorong atau mendukung keberhasilan prestasi.
Studi ini menggali tentang bagaimana gambaran motivational gravity pada situasi kerja dan pada situasi kemahasiswaan. Apakah atasan, baik pria maupun wanita, akan kerja pria maupun wanita akan mendorong atau akan menghambat rekan kerjanya yang menunjukkan prestasi menonjol.Dan pada situasi kemahasiswaan, apakah mahasiswa senior pria maupun wanita dan rekan mahasiswa lainnya akan mendorong atau menghambat rekan mahasiswa tertentu yang berprestasi baik.
Ada 4 kemungkinan kombinasi Motivational Gravity yang bisa terjadi, yang pertama adalah Motivational Gravity positif, yaitu keadaan dimana baik atasan/senior maupun sesama rekan kerja/mahasiswa sama-sama mendukung keberhasilan rekan yunior lain yang cukup menonjol.
Yang kedua adalah Motivational Gravity negatif, dimana baik atasan/senior maupun sesama rekan kerja/mahasiswa sama-sama menghambat/menekan karyawan/mahasiswa yang prestasinya menonjol tersebut.
Selain itu bisa juga terjadi MG + - ataupun MG - +, di mana antara atasan/senior dan selama rekan kerja/mahasiswa ada yang mendorong dan ada pula yang menghambat.
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa F. Psikologi dan F. Teknik - Arsitektur UI. Jumlah responden adalah 148 dari Psikologi dan 80 Bari FT. Arsitektur.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut:
1. Terdapat iklim Motivational Gravity positif pada mahasiswa Psikologi maupun FT. Arsitektur, dalam situasi hubungan antar mahasiswa.
2. Dalam situasi hubungan antar rekan kerja, mahasiswa FT. Arsitektur memiliki iklim Motivational Gravity positif. Namun pada mahasiswa Psikologi tidak demikian. Baik atasan pria maupun wanita dipersepsi sebagai cenderung menghambat rekan kerja wanita yunior yang berprestasi dengan menekan/menghambatnya melalui beberapa cara (MG -+). Selain itu, juga dipersepsi adanya hambatan dari sesama rekan wanita terhadap rekan kerja wanita lain yang berprestasi.
3. Secara keseluruhan, mahasiswa UI menunjukkan iklim Motivational Gravity yang positif terutama dalam hubungan antar mahasiswa. Namun dalam situasi kerja, mahasiswa mempersepsi adanya upaya menghambat rekan wanita yunior yang berprestasi oleh atasannya(pria maupun wanita), dan selain juga ada hambatan (sabotase) dari sesama rekan kerja wanita terhadapnya."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1999
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Billy Gunawan
"Latar belakang: Masalah gigi dan mulut pada masyarakat Indonesia meningkat tiap tahun. Hal tersebut meliputi masalah lesi-lesi jaringan lunak pada rongga mulut yang dikaji lebih dalam pada Ilmu Penyakit Mulut (IPM). Motivasi belajar mengenai IPM diperlukan oleh dokter gigi untuk dapat menangani kasus tersebut. Tujuan: penelitian ini ingin mengetahui tingkat motivasi belajar IPM pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKGUI). Metode: Penelitian deskriptif analitik menggunakan desain studi potong lintang dengan pengambilan data langsung pada responden keseluruhan mahasiswa FKGUI yang masih aktif. Responden dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan paparan IPM yang telah dilalui. Pengambilan data menggunakan kuesioner Science Motivation Questionnaire II (SMQ-II) dan menilai lima komponen motivasi, meliputi motivasi intrinsik, self – efficacy, self – determination, motivasi nilai dan motivasi karir. Hasil: Response rate sebesar 96,6% (743 responden). Nilai Intraclass Correlation Coeficient (ICC) pada total nilai sebesar 0,941, menunjukkan konsistensi internal yang baik. Pada uji validitas diskriminan, komponen motivasi nilai dan motivasi karir kelompok responden pra-klinik tidak terdapat perbedaan signifikan (p > 0,05). Pada tiga kelompok responden, klinik memiliki nilai rerata tertinggi pada validitas diskriminan untuk bagian motivasi tinggi sebesar 67,27, diikuti kelompok praklinik sudah IPM sebesar 65,89, diakhiri dengan kelompok pra-klinik belum IPM sebesar 62,54. Nilai rerata total komponen motivasi tertinggi (65,31) ditunjukkan oleh kelompok klinik. Kesimpulan: Mahasiswa klinik memiliki motivasi belajar IPM tertinggi, diikuti dengan mahasiswa pra-klinik sudah IPM dan diakhiri dengan mahasiswa pra-klinik belum IPM.

Background: Oral and dental problems in Indonesian is increasing annually. These issues include lesions in oral soft tissues, which is further studied in Oral Medicine. Learning Motivation in Oral Medicine was needed for dentists in order to treat these kinds of issues. Objectives: This study aims to acknowledge the level of learning motivation in Oral Medicine among dental students in Universitas Indonesia. Methods: This research used an analytic-descriptive study with cross-sectional design by gathering data directly from total population of active Dental Student, Facuty of Dentistry, Universitas Indonesia. Respondent were divided into three groups based on whether they had taken Oral Medicine. Data gathering was using Science Motivation Questionnaire II (SMQ-II), which include five motivation components, consist of intrinsic motivation, self – efficacy, self – determination, grade motivation and career motivation. Results: The response rate of this study was 96.6% (743 respondent). The Intraclass Correlation Coeficient (ICC) of 0.941 for the total score indicated a good intenal consistency. In discriminant validity test, grade motivation and career motivation of pre-clinical groups showed no significant difference (p > 0.05). Among three respondent groups, clinical years acquired the highest mean score for high learning motivated groups of discriminant validity test, (mean: 67.27), followed by pre-clinical taken OM (mean: 65.89), ended by pre-clinical hadn’t had OM (mean: 62.54). The highest mean score for total motivation components of this study, acquired by clinical years (mean: 65.31). Conclusion: Clinical years has the highest motivation level to learn in Oral Medicine, followed by pre-clinical taken OM and ended by the pre-clinical which hadn’t had OM."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Maulati Rahayu
"ABSTRAK
Perilaku menyontek sampai saat ini masih banyak terjadi di lingkungan
pendidikan. Perilaku menyontek ini merupakan suatu hal yang harus dianggap serius
dan harus segera ditangani karena dampak negatifnya.
Berdasarkan penelitian dari Bowers & Haines (dalam Newstead, dkk, l996)
terlihat bahwa semakin tinggi motivasi berprestasi seseorang maka akan semakin
jarang orang tersebut menyontek. Tetapi Newstead, dkk (1996) mengatakan terdapat
bukti-bukti bahwa orang yang mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi akan lebih
mungkin untuk menyontek daripada orang yang rendah motivasi berprestasinya
Newstead, dkk (1996) juga mengatakan bahwa orang dengan orientasi mastery goal
lebih kurang kemungkinannya untuk melakukan perilaku menyontek dari pada orang
dengan orientasi performance goal, dan perbedaan antara performance dan mastery
goals sangat penting dalam menjelaskan mengenai perilaku menyontek ini. Oleh
karena itu penulis tertarik untuk melihat bagaimana sebenarnya hubungan antara
motivasi berprestasi dan orientasi achievement goals dengan perilaku menyontek
Penelitian ini dilakukan pada 123 siswa SMU, karena adanya hasil penelitian
yang mengatakan bahwa masalah menyontek yang paling serius ada di tingkat SMU.
Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik non probability sampling
dengan bentuk accidental sampling.
Dalam penelitian ini digunakan tiga buah kuesioner, yaitu kuesioner motivasi
berprestasi, kuesioner achievement goals, dan kuesioner perilaku menyontek. Data
dalam penelitian ini dianalisa dengan menggunakan tehnik coefficient alpha dari
Cronbach dan tehnik korelasi dari Pearson Product Moment yang ada pada pada
program SPSS for Ms Windows release 6.0.
Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini terlihat bahwa ada hubungan
yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan perilaku menyontek, dimana
semakin tinggi motivasi berprestasi, semakin jarang siswa tersebut melakukan
perilaku menyontek. Dan ternyata tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis
achievement goals yang dimiliki subyek dengan perilaku menyontek yang mereka
lakukan."
1999
S2754
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library