"
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi kepada pelanggan
dan orientasi kewirausahaan terhadap persepsi mengenai efisiensi dan efektivitas
ritel kecil. Data untuk penelitian menggunakan metode kuantitatif yaitu
penyebaran kuesioner secara langsung pada 130 pemilik ritel kecil dan diolah
menggunakan program SPSS 22 dan LISREL 8.51. Penelitian ini dilakukan di
Kota Depok, Jawa Barat. Setelah penelitian dilakukan selama bulan April hingga
Juni 2015 didapati penerapan strategi orientasi pelanggan pada ritel kecil
berpengaruh secara positif terhadap kinerja bisnis. Lain halnya dengan orientasi
kewirausahaan yang tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja bisnis
melainkan harus mempengaruhi orientasi pelanggan terlebih dahulu. Dimana
orientasi kewirausahaan juga mempengaruhi terjadinya orientasi pelanggan.
Kinerja bisnis yang dimaksudkan pada penelitian ini yakni efisiensi dan
efektivitas.
ABSTRACT This study aimed to analyze the effect of orientation to customer and
entrepreneurial orientation towards effectiveness and efficiency perceptions of
small retail. Data for this research using quantitative methods for distributing
questionnaires directly to the 130 owners of small retail and processed using SPSS
22 and LISREL 8.51. This research was conducted in Depok City, West Java.
After the study was conducted during the months of April to June 2015 found the
application of the strategy of customer orientation on small retail impact
positively on the performance of the business. As with the entrepreneurial
orientation that does not directly affect business performance, but should affect
customer orientation first. The entrepreneurial orientation also affect the
occurrence of customer orientation. Business performance intended in this
research are effectiveness and efficiency."