Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhamad Ervirdi Rahmat
"ABSTRAK
Perkembangan jurnalisme dari segi teori dan teknik telah memunculkan beberapa hal baru. Salah satunya adalah Podcast yang merupakan salah satu jenis media baru di era digital. Kegiatan podcasting sudah menjadi tren di berbagai negara. Hal serupa juga mulai terlihat di Indonesia Box2box Indonesia, sebuah podcast yang membahas sepak bola eropa bisa menjadi contohnya. Konten audio podcast masih bisa dilihat sebagai karya jurnalisme karena memenuhi beberapa prinsip jurnalisme dan nilai berita, meski dalam beberapa kesempatan ada prinsip jurnalisme yang tidak terpenuhi. Selanjutnya, podcast dapat menjadi tren karena mampu mengembangkan komunitas audiensnya lewat media sosial dan konten podcast itu sendiri yang telah menjadi pengalaman bersama.

ABSTRACT
The development of journalism in terms of theory and technique has emerged several new things. One of them is podcast which is one of the new types of media in the digital era. Podcasting have become a trend in various countries. Something similar is also beginning to be seen in Indonesia. Box2box Indonesia, a podcast that discusses European football can be an example. The content of podcast still be seen as a work of journalism because its fulfills several principles of journalism and news value, although on several occasions there are principles of journalism that are not fulfilled. Furthermore, podcasts can become a trend because the ability to develop community of audiences through social media and the content of podcast itself which has become a shared experience."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tsaniah Nerine
"Media digital baru merupakan tempat bagi seseorang mendapatkan informasi sesuai dengan apa yang mereka butuhkan pada saat itu juga, salah satunya adalah Spotify. Melalui Platform ini, seseorang bisa mendapatkan informasi dari berbagai macam jenis podcaster yang menggunggah berbagai konten podcastnya. Diantara banyaknya pilihan podcast, para orang tua milennial yang membawakan topik parenting menjadi perhatian bagi banyak orang. Popularitas dari banyaknya konten yang diunggah, memotivasi parenting podcast untuk menetapkan strategi impression managementyang akan membantunya dalam membangun identitas yang diinginkan. Tulisan ini menganalisis startegi impression management yang digunakan oleh tiga parenting podcast yang menjadi fokus dari penelitian, yaitu Podcast DariTadi Yuk Yak Yuk, Curhat babu, dan Obrolan Babibu. Terdapat lima impression management yang bisa digunakan, yaitu ingratiation, selfpromotion, exemplification, intimidation, dan supplication. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis konten. Peneliti melakukan analisis pada setiap konten yang diunggah oleh ketiga parenting podcasttersebut. Hasil analisis menunjukan bahwa dalam pengaplikasiannya, tiga parenting podcast tersebut berhasil menerapkan strategi ingratiation, self-promotion, exemplification, dan supplication. Masing-masing dari mereka juga menggunakan satu strategi yang lebih mendominasi dari strategi lainnya, yaitu strategi exemplification yang digunakan oleh Podcast DariTadi Yuk Yak Yuk dan Obrolan Babibu, dan strategi self-promotion yang digunakan oleh Podcast Curhat Babu. Dengan menjalan strategi tersebut secara konsisten, parenting podcast akan menetapkan identitas mereka sebagai podcast dengan konten yang kompeten, kredibel, menghibur, dan memotivasi bagi para pendengarnya.

The new digital media is a place that people could obtain information in accordance with what they need at the given time, one of which being Spotify. Through this platform, anyone can obtain information from a variety of podcasters who upload various contents. Amongst the many options of podcasts, millennial parents who bring the topic of parenting catches the attention of great amount of people. The popularity from the many contents they upload, motivates parenting podcast to implement an impression management strategy which would assist them in building the identity they desire. This research is aiming to analyse which impression management strategy that is being utilized by the three parenting podcasters that are the focus of this research. There exists 5 impression management that could be utilized: ingratiation; self-promotion; exemplification; intimidation; and supplication. The methodology used in this research is content analysis. The author conducted an analysis on the contents uploaded by the three parenting podcasts. The result of the analysis showed that in their application, the three parenting podcasts has successfully utilized the ingratiation, self-promotion, exemplification, and supplications strategies. Each of them applies one strategy more dominantly than the other, exemplification strategy used by Podcast DariTadi Yuk Yak Yuk and Obrolan Babibu, and self-promotion strategy used by Podcast Curhat Babu. By applying the said strategies consistently, the parenting podcasts will establish their identity as a podcast with content that is competent, credible, entertaining, and motivating for their listeners."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Suci Risanti Rahmadania
"Penelitian ini membahas peristiwa tutur berdasarkan aspek SPEAKING dan bentuk ragam bahasa kasual dalam podcast Gritte Agatha. Peristiwa tutur adalah interaksi yang dilakukan oleh penutur dan mitra tutur berdasarkan situasi, konteks, tujuan, topik, dan waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan aspek SPEAKING dan bentuk ragam kasual dalam video podcast. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah video podcast Gritte Agatha di kanal YouTube. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa podcast Gritte Agatha memenuhi seluruh aspek peristiwa tutur SPEAKING, yaitu 1) Setting and scene; 2) Participant; 3) Ends; 4) Act Sequences; 5) Key; 6) Instrumentalities; 7) Norm of interaction and interpretation; 8) Genre. Bentuk ragam kasual yang ditemukan adalah 1) pronomina; 2) afiks nasal; 3) ellipsis; dan 4) kata nonbaku. Hal ini membuktikan bahwa dalam podcast di kanal media YouTube selalu berhubungan dengan peristiwa tutur SPEAKING dan ragam bahasa, terutama bahasa kasual.

This study discusses speech events based on aspects of SPEAKING and forms of casual language variety in the Gritte Agatha podcast. Speech events are interactions carried out by speakers and speech partners based on certain situations, contexts, goals, topics, and times. This study aims to explain aspects of SPEAKING and forms of casual variety in video podcasts. The data used in thisstudy is the video podcast Gritte Agatha on the YouTube channel. The research method used is a qualitative method. Data collection was carried out by observing and recording techniques. The results showed that the Gritte Agatha podcast met all aspects of SPEAKING speech events, namely 1) Setting and scene; 2) Participants; 3) Ends; 4) Act Sequences; 5) Keys; 6) Instrumentalities; 7) Norm of interaction and interpretation; 8) Genres. The forms of casual variety found are 1) pronouns; 2) nasal affix; 3) ellipsis; and 4) non-standard words. This proves that podcasts on the YouTube media channel are always related to SPEAKING speech events and various languages, especially casual language.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Gronstedt, Anders
"Understand the fundamentals of podcasting technology and put this mainstream communications tool to use in your organization today. Trainers will find podcast technology a great resource for reinforcing and delivering learning. In this easy to use Infoline issue, you will find steps you can use to plan, create, deliver, and promote the use of this important new media channel."
Broomfield, Colo.: American Society for Training & Development, 2007
e20441234
eBooks  Universitas Indonesia Library