Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 25 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andika Hendra Mustaqim
"Penelitian ini bertujuan untuk menilai autentisitas kepemimpinan politik pada pesan yang dikembangkan Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa pada akun media sosial mereka, yakni Instagram. Penilaian tersebut berbasis pada konsep autentisitas termediasi media sosial (Enli, 2015; Luebke, 2021), komunikasi politik populis (Canovan 1999; Jagers & Walgrave 2007; Stavrakakis 2017; De Vreese et al. 2018), dan kepemimpinan autentik (Luthans & Avolio, 2003). Dengan paradigma konstruktivis, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan forensik komunikasi (Hamad, 2018) sebagai metode penelitian. Berdasarkan analisis dan interpretasi data, penelitian ini menghasilkan beberapa temuan penelitian yang menunjukkan kebaruan. Autentisitas pemimpin politik dapat diforensik dengan basis artefak komunikasi di media sosial sehingga bisa mengungkap siapa paling autentik, motif, kontruksi motif, dan kebenaran representasinya. Pemimpin politik mengonstruksi pola autentisitasnya untuk menunjukkan kepada publik mereka bisa berbeda dengan pemimpin autentik lainnya. Pemimpin autentik mengonstruksi drama politik di media sosial dengan berbagai dialog, klimaks, dan emosi yang dimainkan dengan cara skenario dan spontanitas. Dengan media sosial, autentisitas bukan saja ditampilkan dalam bentuk kemasan oleh pemimpin politik, tetapi mengandung substansi yang membedakan antara satu pemimpin dengan pemimpin lainnya. Autentisitas bukan suatu ideologi, melainkan suatu strategi yang ditempuh seseorang pemimpin politik di media sosial untuk menunjukkan atau mempresentasikan dirinya. Meskipun bukan suatu ideologi yang menjadi cara pandang dan pemikiran, autentisitas tetap mengandung nilai dan standar. Penelitian ini memberikan kontribusi pengembangan teori autentisitas termediasi media sosial, komunikasi politik populis dan kepemimpinan autentik. Penelitian ini mendorong agar publik perlu membangun kesadaran kolektif terkait autentisitas kepemimpinan politik.
......This study aims to assess the authenticity of political leadership in messages developed by DKI Governor Anies Baswedan, West Java Governor Ridwan Kamil, Central Java Governor Ganjar Pranowo, and East Java Governor Khofifah Indar Parawangsa on their social media accounts, namely Instagram. The assessment is based on the concept of social media mediated authentication (Enli, 2015; Luebke, 2021), populist political leadership (Canovan 1999; Jagers & Walgrave 2007;  Stavrakakis 2017; De Vreese et al. 2018), and authentic leadership (Luthans & Avolio, 2003). With a constructivist paradigm, this study uses a qualitative approach with communication forensics (Hamad, 2018). Based on the analysis and interpretation of the data, this research produces several research findings that show novelty. The authenticity of political leaders can be forensically based on communication artifacts in social media so that they can reveal who is the most authentic, their motives, motives construction, and the truth of their representation. Political leaders construct their patterns of authenticity to show the public that they can be different from other authentic leaders. Authentic leaders construct political drama on social media with various dialogues, climaxes, and emotions that are played out by means of scenarios and spontaneity. With social media, authenticity is not only shown in the form of packaging by political leaders, but contains substance that distinguishes one leader from another. Authenticity is not an ideology, but a strategy adopted by a political leader on social media to show or present himself. Even though it is not an ideology that becomes a perspective and way of thinking, authenticity still contains values and standards. This research contributes to the development of social media mediated authentication theory, populist political communication and authentic leadership. This research encourages the public to build collective awareness regarding the authenticity of political leadership."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyono S. Kusumoprojo
Jakarta: Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman, 1992
303.34 WAH k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Septizar Tri Astika
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai konstruksi kepemimpinan Soekarno sebagai tokoh bangsa yang dibingkai dalam film Ketika Bung di Ende sebagai film yang mengangkat fase penting yang jarang diteliti dalam kehidupan Soekarno. Penelitian ini bersandar pada teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman melalui film sebagai media massa. Framing dipilih sebagai metode untuk mengetahui realitas yang dipilih untuk ditampilkan dalam film ini. Menggunakan analisis framing dari William A. Gamson dan Andre Modgliani untuk melihat bagaimana gagasan yang mengatur cara memaknai kejadian dan apa yang menjadi permasalahan. dengan menggunakan perangkat framing (framing devices) melalui Metaphors, Catchphrases, Exemplar, Depiction dan Visual Images serta perangkat penalaran (reasoning devices) dengan menggunakan roots, appeals to principle dan consequences sebagai Framing Devices. Strategi framing tersebut digunakan untuk membentuk konstruksi yang ingin dibentuk oleh sutradara dan penulis skenario. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa sebagai dalah satu media komunikasi, film memberikan konstruksi atas kepemimpinan Soekarno sebagai pemimpin yang berjiwa bebas dan anti imperialisme; bersemangat dan gandrung pada persatuan; merangkul semua kalangan; dan ideolog religius. Jika ditarik pada konsep kepemimpinan, maka kepemimpinan Soekarno adalah constellation of traits yang demokratis, transformasional dan menganut falsafah Pancasila.

ABSTRACT
This thesis discusses Soekarno’s leadership construction as a nation figure framed in the movie “Ketika Bung di Ende” as a film that raised the important phase in Soekarno’s life which rarely examined. This study rests on the theory of Construction Reality Peter L. Berger and Thomas Luckman through movie as a mass media. Framing has been chosen as the most appropriate method to determine the reality selected for shown in this movie. Uses William A. Gamson and Andre Modgliani’s framing analysis to see how the events are governed by the ideas and its problems. By using Metaphors, Catchphrases, Exemplar, Depiction and Visual Images as well as reasoning devices with the use of roots, appeals to principle, and consequences as Framing Devices; the director and the screenwriter then form their intended construction on Soekarno’s leadership. Based on the analysis, it can be concluded that movies—one of the medium of communication, can be used to construct Soekarno as a free-spirited and anti impeialism; eager and devoted to unity; embracing all people; and religious ideologues If drawnn on the concept of leadership, Soekarno is a leader with democratic and transformational constellation of traits that still adheres to the philosophy of Pancasila. "
2015
T44595
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ndolu, Freddy
Jakarta: IndonesiaSatu Publisher, 2008
320.9 FRE m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ndolu, Freddy
Jakarta: IndonesiaSatu Publisher, 2009
320.9 FRE m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ndolu, Freddy
Jakarta: IndonesiaSatu Publisher, 2009
320.9 FRE m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
K.H. Abdurahman Wahid
Jakarta: Kompas, 2007
320.011 ABD g (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sayidiman Suryohadiprojo
Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1995
320.9 SAY m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Liddle, R. William
Sydney: Allen & Unwin, 1996
320.958 9 LID l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Setya Arifina
"[ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai citra Jokowi-JK sebagai pemimpin politik yang
ditampilkan dalam foto kolase di media sosial Instagram. Foto kolase yang
menampilkan Jokowi dan JK bersama tokoh-tokoh internasional akan dianalisa
menggunakan metode semiotika Roland Barthes untuk membedah foto kolase dan
mengetahui mitos yang dikonstruksikan dalam foto kolase tersebut. Teori yang
digunakan adalah teori konstruksi realitas sosial milik Peter L.Berger dan Thomas
Luckmann. Dalam penelitian ditemukan bentuk kepemimpinan baru yang
mengubah nilai-nilai kepemimpinan lama yang mana bentuk kepemimpinan baru
ini digambarkan melalui aspek visual, verbal, dan teknis dalam foto kolase. Proses
konstruksi realitas sosial melalui tiga tahapan yaitu eksternalisasi, objektivasi, dan
internalisasi dapat menjelaskan bagaimana simbol-simbol visual dalam foto
kolase dapat mengkonstruksikan image politik seseorang.

ABSTRACT
This thesis discusses the Jokowi-JK’s image as political leaders that appeared on
the photo collages in social media Instagram. Photo collage that exposed Jokowi-
JK with international musicians and figures will be analyzed using the method of
semiotic Roland Barthes to explore photo collages and to know myths constructed
in photo collages. The theory that used in this research is the theory of social
construction of reality belongs to Peter L.Berger and Thomas Luckmann.
Researcher discovered a new form of leadership that changed the old leadership
values which form the new leadership. This kind of leadership is illustrated
through visual aspect, verbal, and technical in the photo collages. The
construction process of social reality through three stages, namely externalization,
objectivation, and internalization can explain how visual symbols in a photo
collage can construct one's political image., This thesis discusses the Jokowi-JK’s image as political leaders that appeared on
the photo collages in social media Instagram. Photo collage that exposed Jokowi-
JK with international musicians and figures will be analyzed using the method of
semiotic Roland Barthes to explore photo collages and to know myths constructed
in photo collages. The theory that used in this research is the theory of social
construction of reality belongs to Peter L.Berger and Thomas Luckmann.
Researcher discovered a new form of leadership that changed the old leadership
values which form the new leadership. This kind of leadership is illustrated
through visual aspect, verbal, and technical in the photo collages. The
construction process of social reality through three stages, namely externalization,
objectivation, and internalization can explain how visual symbols in a photo
collage can construct one's political image.]"
2015
T43751
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>