Found 3 Document(s) match with the query
Akbar Darmansyahputra
"Tulisan ini memaparkan tentang resistensi subkultur straight edge terhadap acara musik yang disponsori oleh produsen rokok. Resistensi yang dibahas di dalam tulisan ini adalah ide resistensi baru yang merupakan perkembangan dari resistensi dari tidak mengkonsumsi rokok. Resistensi yang dilakukan oleh para aktornya tidak hanya berada di dalam tatanan mikro saja, namun juga di dalam tatanan meso dan makro. Mengambil studi kasus straight edge jakarta, tulisan ini berusaha untuk melihat bentuk resistensi yang dilakukan oleh subkultur straight edge Jakarta dalam setiap tatanannya, serta bagaimana lingkungan sekitar subkultur straight edge merespon resistensi yang mereka lakukan.
This paper explain about straight edge resistance against cigarette company as music show sponshorship. The resistance which explain in this paper is a new resistance idea which is the development of the absence of cigarettes. The resistance performed by the straight edge actors is not only within the micro-oriented, but also in the meso and macro oriented. With Jakarta’s straight edge as a case study, this paper try to analyze the form of resistance conducted by the subculture of the straight edge in Jakarta in every order, and also how the other subculture responding their resistance."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Novia Fridayanti
"Penelitian ini menggali bentuk resistensi seniman melalui media seni batti-batti. Penelitian ini bertujuan untuk (a) menganalisis musik batti-batti sebagai media resistensi dan (b) menganalisis kontribusi aktor-aktor lokal dalam prosesnya. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, peneliti menemukan fakta bahwa resistensi yang terjadi berupa resistensi tertutup dan resistensi terbuka, dengan bentuk halus dan samar-samar yang mungkin tidak mudah untuk diakui sebagai resistensi Senjata yang digunakan dalam resistensi ini meliputi simbol-simbol dan penyajian dalam pertunjukan, serta konteks produksi lagunya.
Hasilnya menunjukkan bahwa resistensi ini masih berada pada konteks wacana. Kenyataannya, kesadaran kelompok masyarakat belum terlihat dan gerakan perlawanan langsung tidak terjadi. Meskipun penonton memberikan respon-respon saat pertunjukan, namun tidak ada tindakan-tindakan aktual yang memperlihatkan adanya bentuk penyadaran dalam kelompok masyarakat tersebut. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh posisi batti-batti yang masih dilihat oleh masyarakat sebagai sebuah bentuk ekspresi hiburan dan bukan pada tataran simbol gerakan atau resistensi. Dalam prosesnya, muncul negosiasi antara seniman, penonton, dan kelompok masyarakat dalam memosisikan batti-batti sebagai media resistensi, baik disengaja maupun tidak. Pihak subordinat menghindari perlawanan langsung dan terbuka terhadap dominasi karena dianggap sebagai cara paling aman, bukan hanya karena takut pada kekuasaan tetapi juga karena akar budaya masyarakat yang masih kental dengan ikatan kekerabatannya.
This research explores the form of resistance through the batti-batti. This research aims to: (a) analyze batti-batti as a medium of resistance and (b) analyze contribution of local actors in the process. Through a qualitative approach with a case study method, researchers found that the resistance that occurs in the form of hidden resistance and public resistance, in a subtle and vague form that may not be easily recognized as resistance. Weapons used include symbols and presentation in music itself, also the context of song production. As the result, it was found that this resistance is still in the context of discourse. The fact that the awareness of the intended community group has not yet been seen and the direct movement of resistance does not occur. Although the audience gave responses during the show, there were no actual actions that showed any form of awareness in the intended community. This could be due to the batti-batti's position which is still seen by the community as a form of entertainment and not at the level of movement or resistance. In the process, there are negotiations between artists, audiences, and community in positioning batti-batti as a medium of resistance, whether intentional or not. Subordinates avoid direct and public resistance because they are considered the safest way, not only because they are afraid of power but also because of the cultural roots of the people who are still thick with their kinship ties."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T51857
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Ismail Hanif
"
ABSTRACTSkripsi ini membahas tentang perlawanan rakyat Kedung Ombo terhadap pembangunan Waduk Kedung Ombo Di Jawa Tengah. Pembangunan waduk yang awalnya bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat sekitar waduk, berubah menjadi sebuah perlawanan yang masif tatkala muncul perbedaan pendapat antara pemerintah dan masyarakat di sekitar Waduk Kedung Ombo. Isu ini pun menyebar luas dan melibatkan berbagai aktor-aktor lain di luar pemerintah dan masyarakat, seperti aktivis sosial, LSM, dan mahasiswa. Peneliti menggunakan metode sejarah dalam penulisan skripsi ini, dengan mengumpulkan literatur dan berita sejaman yang menjadi pendukung penelitian. Dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa perlawanan rakyat Kedung Ombo tidak dapat meruntuhkan hegemoni pemerintahan Orde Baru. Peneliti berusaha untuk melengkapi penelitian-penelitian terdahulu dengan melihat secara kronologis mulai dari latar belakang hingga dampaknya.
ABSTRACTThis research discusses the resistance of the Kedung Ombo locals towards the construction of Kedung Ombo Dam in Central Java. The construction of the dam, which was initially aimed at increasing the welfare of the people around the dam, turned into a massive resistance caused by the dissenting opinions between the government and the Kedung Ombo Dam locals. The repressive attitude of the government in enforcing their will to the locals, triggered an autonomy resistance from the locals. This issue then widely spreads and later on involves various figures outside the government and the locals, such as social activists, NGOs, and college students. The researcher uses historical method in the writing of this research, which includes collecting literatures and news from the same era of the particular event to support this research. From this research, it can be seen that the resistance of the Kedung Ombo locals didnt disrupt the dominance of Orde Baru governance. The researcher tries to complete previous researches by seeing the event chronologically, starting from the background and to the effects."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library