Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aurelia Ardhani Nathania
"Tren penggunaan Shopee PayLater yang semakin meningkat, terutama di kalangan mahasiswa yang belum memiliki pendapatan, perlu menjadi perhatian karena banyak yang menggunakannya untuk tujuan kesenangan tanpa diimbangi kontrol diri, sehingga meningkatkan kecenderungan pembelian impulsif yang dapat berujung pada beban finansial yang tidak terkendali. Penelitian ini menguji pengaruh motivasi belanja hedonis dan kontrol diri terhadap kecenderungan pembelian impulsif pada mahasiswa pengguna Shopee PayLater. Partisipan terdiri dari 141 mahasiswa berusia 18–25 tahun yang aktif menggunakan SPayLater. Analisis regresi berganda menunjukkan bahwa motivasi belanja hedonis dan kontrol diri berpengaruh signifikan terhadap kecenderungan pembelian impulsif. Semakin tinggi motivasi hedonis dan semakin rendah kontrol diri, maka semakin tinggi kecenderungan pembelian impulsif. Selain itu, temuan ini menegaskan bahwa baik motivasi belanja hedonis maupun kontrol diri masing-masing berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Secara khusus, kontrol diri memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan motivasi belanja hedonis. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur psikologi konsumen mengenai penggunaan layanan pay later dan memberikan wawasan kepada masyarakat tentang pentingnya mengelola dorongan emosional dan meningkatkan kontrol diri.

The increasing trend of Shopee PayLater usage, particularly among students who do not have an income, warrants attention as many use it for recreational purposes without sufficient self-control, thus increasing the tendency for impulsive buying that can lead to uncontrolled financial burdens. This study examines the influence of hedonic shopping motivation and self-control on impulsive buying tendency among Shopee PayLater users. The participants consisted of 141 students aged 18–25 who actively use SPayLater. Multiple regression analysis showed that both hedonic shopping motivation and self-control significantly influence impulsive buying tendency. The higher the hedonic motivation and the lower the self-control, the higher the tendency for impulsive buying. Additionally, these findings confirm that both hedonic shopping motivation and self-control each have a significant impact on impulsive buying. Specifically, self-control has a greater influence compared to hedonic shopping motivation. This study contributes to consumer psychology literature regarding the use of pay later services and provides insights to the public on the importance of managing emotional impulses and enhancing self-control."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Johanna Renita Hadipraja
"ABSTRAK
Mahasiswa dalam menjalani pendidikan di jenjang yang lebih tinggi memiliki tuntutan yang semakin tinggi juga untuk dipenuhi, salah satunya dalam hal akademik. Stres akademik yang dialami oleh mahasiswa dapat menurunkan kemampuannya untuk meregulasi diri, yang dapat menghambat tercapainya tujuan. Kehadiran mindfulness dapat membantu mahasiswa dalam menampilkan tingkah laku yang teregulasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji hubungan antara mindfulness dan regulasi diri dengan stres akademik sebagai moderator pada mahasiswa Universitas Indonesia. Mindfulness diukur dengan Mindfulness Attention Awareness Scale MAAS , regulasi diri dengan Short Self-Regulation Questionnaire SSRQ , dan stres akademik diukur menggunakan Perception of Academic Stress Scale PAS . Data diolah menggunakan program PROCESS. Dari 185 partisipan, hasil menunjukkan bahwa stres akademik tidak memengaruhi hubungan antara mindfulness dan regulasi diri R2 = 0,1739, p = 0,0000 . Artinya, stres akademik tidak berkontribusi secara signifikan dalam hubungan antara mindfulness dan regulasi diri. Hasil penelitian juga bahwa menunjukkan laki-laki memiliki persepsi stres akademik yang lebih tinggi dibandingkan perempuan, dan tuntutan akademik yang berbeda di tiap fakultas dapat memengaruhi tingkat stres akademik yang dialami oleh mahasiswa.

ABSTRACT
Students in education at higher levels, have higher demands to be fulfilled, and one of them is academic. The academic stress experienced by students may reduce their ability to self regulate, which can inhibit the achievement of goals. The presence of mindfulness can help students in displaying the regulated behavior. This study was conducted with the aim to test the relationship between mindfulness and self regulation with academic stress as the moderator among undergraduates in Universitas Indonesia. Mindfulness was measured with Mindfulness Attention Awareness Scale MAAS , self regulation with Short Self Regulation Questionnaire SSRQ , and academic stress with Perception of Academic Stress Scale PAS . The data was processed with PROCESS program. From 185 participants, the result shows that academic stress does not influence the relationship between mindfulness and self regulation. That is, academic stress does not contribute significantly to the relationship between mindfulness and self regulation. Result also shows men have higher level of academic stress than women, and the difference academic demands on every faculty can affect the level of academic stress experienced by undergraduates."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library