"Di masa pandemi Covid-19, hampir seluruh UKM terkena dampaknya. Untuk dapat bertahan, UKM perlu menjadi adaptif. Selain itu, UKM juga harus kompetitif agar dapat menghadapi persaingan yang semakin ketat. UKM akan dapat bertahan jika mampu memberikan nilai tambah. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dynamic capabilities sebagai kemampuan untuk menjadi adaptif terhadap value creation dengan competitive strategy sebagai variabel mediasi pada usaha kecil kuliner DKI Jakarta masa pandemi Covid-19 (periode tahun 2020-2021). Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring dengan teknik purposive sampling kepada 138 responden yang merupakan pelaku usaha kecil kuliner di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data yang didapatkan diolah menggunakan SEM PLS dengan SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa seluruh dimensi dynamic capabilities, yakni sensing capability, learning capability, integrating capability, dan coordinating capability memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap value creation, baik secara langsung ataupun dimediasi dengan competitive strategy
......During the Covid-19 pandemic, almost all SMEs were affected. To survive, SMEs need to be adaptive. In addition, SMEs must also be competitive in order to face increasingly fierce competition. SMEs will survive if they are able to provide added value. For this reason, this study aims to analyze the effect of dynamic ability as the ability to be adaptive to value creation with a competitive strategy as a mediating variable in small culinary businesses in DKI Jakarta during the Covid-19 pandemic (2020-2021 period). The research was conducted by distributing questionnaires boldly using a purposive sampling technique to 138 respondents who are small culinary entrepreneurs in DKI Jakarta. This study used a quantitative approach and the data obtained was processed using SEM PLS with SmartPLS 3.0. The results of this study show that all dimensions of dynamic capability, namely sensing capability, learning capability, integration capability, and coordination capability have a positive and significant influence on value creation, either directly or mediated by competitive strategy."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023