Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Febri Maryani
Abstrak :
ABSTRAK
Pada STIKES MRH terjadi jumlah penurunan mahasiswa sebesar 12.5 darisemester sebelumnya. Kondisi ini berbeda dengan yang terjadi di Universitas MHTyang notabene memiliki persamaan akreditasi dan biaya perkuliahan lebih mahalnamun, kampus tersebut terjadi kenaikan jumlah mahasiswa. Penelitian ini bertujuanuntuk melakukan perbandingan kepuasan mahasiswa STIKES MRH dan UniversitasMHT Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Tahun 2018. Desain penelitianmenggunakan cross sectional. Jumlah sampel untuk STIKES MRH yaitu 89 dan 99untuk Universitas MHT dengan teknik simple random sampling. Analisis statistikdengan bivariat uji t, tidak terdapat perbedaan kepuasan mahasiswa terhadap pelayananakademik dari dua kampus dengan nilai p=0.707. Perlunya STIKES MRH melakukanperbaikan mutu kampus dengan melibatkan seluruh komponen kampus.
ABSTRACT
Undergraduate Program of Public Health STIKES MRH and MHT Universityhave the same accreditation, that is B but more number of students at MHT University.This factor is suspected because of student satisfaction factor. This study aims tocompare student satisfaction STIKES MRH and MHT University Public HealthBachelor Degree Program Year 2018. The study design using cross sectional. Thenumber of samples for STIKES MRH is 89 people and 99 people for MHT Universitywith simple random sampling technique. The mean value of satisfaction on MRHSTIKES is 75.2 and MHT University is 75.6. There is no difference of mean value ofstudent satisfaction between STIKES MRH and MHT University. Statistical analysiswith bivariate t test, there is no difference of student satisfaction to academic servicefrom two campus with p value 0,707. The lowest satisfaction point on MRS STIKESis the adequacy of sports facilities, this condition is the same with the lowest satisfactioncondition at MHT University. From the result of the research, it is found that the factorsinfluencing the low of STIKES MRH students are related to the role of staff who havenot maximized, suggestion and supporting the students activity, and advertisingespecially word of mouth and website. The need of both campuses to complement thefacilities and infrastructure of student activities. At STIKES MRH need to improveadvertising and staff performance
2018
T49971
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Verra Syahmer
Abstrak :
ABSTRAK
Rendahnya kualitas perkuliahan dapat mengakibatkan ketidakpuasan mahasiswa. Oleh karena itu diperlukan pengidentifikasian atribut kualitas perkuliahan yang kemudian dikelompokkan menjadi beberapa faktor menggunakan analisis faktor serta pemodelan hubungan kualitas perkuliahan dengan kepuasan mahasiswa menggunakan analisis regresi berganda. Analisis penelitian ini dilakukan menggunakan data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada mahasiswa S1 Universitas Indonesia sebagai sampel penelitian. Setelah melakukan analisis, teridentifikasi 6 faktor kualitas perkuliahan yang dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa, namun hanya dua diantaranya yang berpengaruh secara signifikan, yaitu faktor kemampuan dosen menyampaikan materi dan kondisi bangunan dan ruang kelas. Jika memperhatikan tingkat kepuasan mahasiswa, faktor yang menjadi prioritas adalah kemampuan dosen menyampaikan materi.
ABSTRACT
Low quality of lecture can cause students dissatisfaction. Therefore, it is necessary to identified the attribute of quality of lecture, then grouped into several factors using factor analysis and modelling relations between quality of lecture and student satisfaction using multiple regression analysis. Analysis of this study use primary data obtained from the questionnaire to undergraduate students of University of Indonesia as the sample. After doing an analysis, 6 factors are identified as a matter of student satisfaction on quality of lecture, but only two factors significantly influence, there are lecturer ability given the lecture and the condition of buildings and classrooms. If we see the level of student satisfaction, the priority factor is the lecturer ability given the lecture.
2016
T46267
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
El Fardey Haqka
Abstrak :
Students loyalty merupakan niat dan perilaku mahasiswa yang menunjukkan kesetiaan pada institusinya dengan ikut mengembangkannya. Memiliki mahasiswa yang loyal dapat meningkatkan reputasi dan jumlah pendaftar karena mahasiswa yang loyal akan mempromosikan institusi tersebut dari mulut ke mulut. Bahkan hingga setelah mereka lulus, mereka akan tetap menyokong institusinya secara finansial atau dalam bentuk kerjasama. Hal-hal ini berkontribusi dalam perkembangan jangka panjang dan daya tahan institusi. FMIPA UI membutuhkan mahasiswa yang loyal. Penelitian ini dibuat untuk mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat students loyalty mahasiswa FMIPA UI. Dari hasil yang didapatkan menggunakan metode Partial Least Square, diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi students loyalty dari yang memiliki pengaruh paling besar secara berurutan adalah students satisfaction, students affective commitment, social environment quality, image and reputation perception, student perceived value, students trust, social integration, instructor quality, dan administration quality.
ABSTRACT
Student rsquo s loyalty is the intention and behavior of students that shows devotion to the institution by contributing to expand it. Having loyal students can increase the reputation and number of applicants because loyal students promote the institution from mouth to mouth. Even when they have graduated, they would still support their institution financially or in the form of collaborations. These contributes to the long term development and the longevity of the institution. FMIPA UI needs students who are loyal. This study is made to find out about the factors that influence the level of students loyalty of students in FMIPA UI. From the result that uses the method Partial Least Square, it shows factors that influence students loyalty respectively from the ones with the greatest influence are students satisfaction, students affective commitment, social environment quality, image and reputation perception, students perceived value, students trust, social integration, instructor quality, and administration quality.
2017
S68823
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library