Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hillary Hapsari Putri
"ABSTRAK
Penelitian ini membandingkan tanda-tanda dalam iklan dari dua periode yang
berbeda, yakni sebelum dan sesudah tahun 2000. Iklan yang diteliti ialah iklan
keju UnieKaas sebagai produk dari perusahaan yang memimpin pasar keju di
Belanda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan ikon, indeks, dan simbol dalam iklan, beserta maknanya. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dalam iklan selalu digunakan tanda bahasa untuk
menyampaikan pesan, tetapi bentuk dan cara yang digunakan dapat berbeda.
Sebelum tahun 2000, peran iklan lebih sering disampaikan melalui narasi,
sedangkan setelah tahun 2000 mimik dan gerak tubuh lebih ditonjolkan.

ABSTRACT
This research compares symbols in advertisements from two different periods
namely before and after the year of 2000. The advertisement that is being
researched is about cheese of UnieKaas as the leading company in cheese market
in the Netherlands. This is a qualitative research which describes icon, index, and
symbol in advertisement along with the meaning behind them. The result of the
research shows that an advertisement always uses signs to convey message yet the
forms are different. Before the year of 2000, advertisements are more often to
convey message through narration. Meanwhile, after the year of 2000,
advertisements tend to feature mimics and gestures."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ita Anggun Bareka
"ABSTRAK
Abad ke-17 di Batavia merupakan sebuah panggung tempat para wanita Eropa elite untuk menunjukan status sosialnya di masyarakat dengan menggunakan simbol-simbol kemewahan. Hal tersebut dimulai ketika para wanita Eropa bermigrasi ke tanah koloni dan menempatkan diri sebagai kaum terhormat di Batavia. Dengan memanfaatkan kekayaan sang suami yang memiliki kedudukan tinggi di VOC, mereka tampil ke depan publik dengan tidak hanya menggunakan simbol-simbol Eropa tetapi juga simbol status sosial timur. Hal tersebut tercermin dalam beberapa lukisan yang dibuat pada abad ke-17, yaitu lukisan potret karya Jacob Coeman dan Albert Cuijp, dalam analisis lukisan tersebut ditemukan beberapa simbol status sosial timur pada wanita elite Eropa yaitu kepemilikan budak,penggunaan payung dan kotak sirih.

ABSTRACT
In the 17th century, Batavia was a place where the European elite women showed off their social status in the society by using the symbols of luxury. The case began when European women immigrated to the land of colony and placed theirself as the nobility in Batavia. By using the wealth of their spouse who had high position in VOC, they appeared to the public not only use the European status symbols but also with the symbols of status of Asian status. This is reflected in some of paintings made in the 17 century, such as the painting portrait by Jacob Coeman and Albert Cuijp. The analysis found some symbols of social status of European elite women are slave ownership, the use of parasol and betel box."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library