Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Devi Mariana Afandy
"Kepuasan dan kesetiaan konsumen merupakan tujuan akhir dari sebuah perusahaan. Kebutuhan dan keinginan konsumen yang akan menggerakkan semua proses yang dilakukan oleh perusahaan dengan cara menciptakan produk dan jasa. Ada beberapa karakteristik perusahaan yang bergerak di bidang jasa yaitu tidak berwujud, sulit untuk diukur, penyedia dan penerima jasa bertemu secara langsung sehingga jasa lebih kritikal dalam menciptakan kepuasan konsumen.
Saat ini perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa pelayanan transportasi marak bermunculan. Masing-masing perusahaan persaing dengan kornpetitor yaitu dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Blue Bird Group adalah Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan transportasi. Salah satu produk perusahaan Blue Bird Group adalah taksi meter. Oleh karena itu, Blue Bird Group juga perlu melakukan pengembangan pelayanan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan. Quality Function Deployment (QFD) merupakan salah satu rnetode untuk melakukan pengembangan pelayanan berdasarkan suara konsumen. Kekuatan utama dari QFD adalah melakukan house to house ironslation.
Ada dua tahap house to house translation yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu matriks service planning (tahap I QFD) dan matriks element planning (tahap II QFD). Matriks service planning membahas mengenai hubungan antara kebutuhan pelanggan dengan service element sedangkan matriks element planning membahas mengenai hubungan antara service elemenr dengan key process operation. Proses translasi teljadi ketika kebutuhan pelanggan diterjemahkan ke dalam service element perusahaan pada house l dan service element tersebut kemudian diterjemahkan lagi ke dalam bentuk key process operation. Penelitian ini dilakukan di Jakarta dan responden yang mengisi kuesioner pernah menggunakan taksi Blue Bird Group.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tiga item yang dapat dikembangkan oleh perusahaan yaitu menyusun jadwal pelaksanaan khususnya untuk program training dan proses perekrutan, mempersiapkan track praktek lapangan, dan melakukan kerjasama dengan investor.

Customer satisfaction and customer loyalty has become final target for company. Customer will drive everything and the company does throughout the process of developing and delivering products and services. There are several characteristics of the service company. Service characteristics are intangible, difficult to measure, service provider and service receiver meet each other directly so servicing more critical and complicated to create customer satisfaction.
Now, providing service delivery in transportation has grown rapidly. Company competes with their competitor to give the best services for their customer. Blue Bird Group is one of the service delivery providers. One of their products is taxi cab and it?s an important form of transport in the world. They have to do service development to improve their service quality. Quality Function Deployment is a method to develop services based on voice of customer. The real power of QFD is house to house translation which involves what the customer want and what the customer need, and then translating them into service element, and finally into actionable operations.
Two step of house to house translation had done in this research. There were service planning matrices (house I QFD) and element planning matrices (house II QFD). Service planning matrices is talking about relationship between customer requirement and service element, while element planning matrices talking about relationship between service element and key process operation- The translations processes were happened when the voice of customer was translated into service element in the house I and translated again into key process operations. This research is conducted in Jakarta with thc respondents who fulhllcd the questionnaire ever used Blue Bird Group taxi cab before.
The result of this research shows that there are three items of key process operations that could be deployed. They are; arrange schedule of the activity especially training program and recruitment process, prepare practicing track, and making close relationship with investors."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S50081
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Yovianko Salomo P.
"Skripsi ini membahas pengaturan hukum persaingan usaha mengenai penetapan tarif bawah taksi di DKI Jakarta dan dampak dari penetapan harga tersebut. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif analitis. Hasil dari penelitian menemukan bahwa untuk tarif bawah taksi di DKI Jakarta ditetapkan oleh DPD Organda (Organisasi Angkutan Darat) DKI Jakarta sebagai asosiasi pelaku usaha taksi di provinsi tersebut. Hal tersebut seharusnya melanggar Pasal 5 UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.
The purpose of this thesis is about the minimum price fixing agreement on taxi industry in Jakarta and the effect(s) from it, in the point of view in Indonesia?s antitrust regulation. This research is descriptive analytic. The result from this analysis found that the minimum price fixing agreement for taxi in Jakarta has been fixed by DPD Organda (Organisasi Angkutan Darat) DKI Jakarta, as an association for entrepreneurs of taxi industry in Jakarta. The minimum price fixing agreement must be violating Article 5, Law No. 5 Year 1999 about Anti-monopoly and Prohibition of Unfair Competition."
Depok: Universitas Indonesia, 2011
S567
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maulida Dwi Agustiningsih
"Teknologi seperti internet dan perangkat bergerak mempengaruhi gaya hidup manusia. GO-JEK salah satu layanan transportasi pemesanan daring di Indonesia memberikan pengalaman baru dalam menggunakan transportasi. Penting bagi penyedia layanan aplikasi transportasi untuk menjaga intensi penggunaan aplikasi. Usability merupakan salah satu komponen utama aplikasi.
Pemahaman terhadap usability dapat membantu perusahaan atau penyedia layanan aplikasi transportasi untuk meningkatkan intensi penggunaan. Saat ini, konsumen lebih sadar terhadap kualitas layanan sehingga customer experience menjadi krusial bagi perusahaan. Keputusan konsumen dalam menggunakan produk atau layanan dipengaruhi oleh customer experience.
Penelitian ini fokus pada pemahaman customer experience pengguna aplikasi sepeda motor dengan menganalisis hubungan usability aplikasi terhadap customer experience dan nilai penggunaanya. System Usability Scale SUS dan Customer Experience Quality EXQ digunakan dalam model penelitian. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner n=559 dan dianalisis menggunakan PLS-SEM.
Hasil analisis menunjukkan usability aplikasi berpengaruh positif terhadap customer experience. Dimensi customer experience selain outcome focus berpengaruh positif terhadap customer satisfaction. Namun, customer satisfaction tidak dipengaruhi oleh outcome focus. Customer satisfaction mempengaruhi loyalitas dan Word-of-Mouth WOM. Loyalty berhubungan positif terhadap WOM.

Technology creates new ways of conducting business and changing the way people communicate, interact, and entertain. GO-JEK as motorcycle ride-hailing phone service in Indonesia brings a different experience from conventional taxi motorbike to online taxi motorbike. However, learning through experience, humans are not perfect users. The mobile application depends on its usability.
Understanding usability of the mobile application can help increase user continuous improvement. It is essential for the mobile taxi booking application rsquo;s service providers to know how to keep their present users and to know how the users develop their continuance intent. By understanding the customer experience, its drivers, and outcomes become crucial, especially when experiences are the core of the service offering.
This study focuses on understanding the customer experience of Online Taxi Motorbike, by analyzing the perceived usability of online taxi motorbike application to the customer experience of services and the value of use it. The structural model adopted from a combination of System Usability Scale SUS and Customer Experience Quality EXQ. The data are collected by questionnaire n=559 and analyzed using PLS-SEM.
The result is the usability of application positively relates to customers experience. The customer experience dimensions except for outcome focus relate to customer satisfaction. However, the customer satisfaction is not influenced by the outcome focus. Satisfactions influence the loyalty and Word-of-Mouth WOM. And loyal customer positively relates to WOM.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Helen Burhan
"Layanan ride sourcing atau lebih dikenal sebagai layanan taksi online semakin populer sebagai pelengkap sarana angkutan umum bagi masyarakat. Hal ini menyebabkan pertumbuhan jumlah armada yang bergabung dalam perusahaan platform atau operator penyedia layanan taksi online juga kian membesar. Jika pertumbuhan jumlah armada ini tidak dibatasi, maka masalah kemacetan yang sudah ada di Kota Jakarta saat ini bisa tambah memburuk. Sementara dari segi operasional, layanan taksi online masih dikatakan belum efektif, hal ini bisa dilihat dari waktu tunggu penumpang yang masih cukup tinggi dan adanya sistem surge pricing, yaitu tarif pelayanan lebih tinggi dari tarif biasanya karena tingginya permintaan layanan kendaraan sedangkan ketersediaan kendaraan sedikit.
Untuk mengatasi permasalahan meningkatnya jumlah armada taksi online dan juga masalah operasional pada layanan taksi online, penelitian ini bertujuan mengembangkan skema sharing platform untuk mengoptimalkan penggunaan layanan ride splitting pada layanan taksi online. Layanan ride splitting merupakan layanan ride sourcingdimana satu pengemudi (kendaraan) dapat melayani minimal dua pesanan customer sekaligus dalam satu kali perjalanan. Jumlah penumpang dalam satu pesanan customer bisa lebih dari satu orang, akan tetapi semua penumpang dalam satu pesanan customer tersebut mempunyai lokasi asal dan tujuan yang sama. Sementara itu, skema sharing platform atau resource sharing pada layanan ride sourcing adalah suatu skema dimana customer yang memesan layanan kendaraan dari platform A dapat dilayani oleh kendaraan dari platform B, begitu juga sebaliknya, dengan profit sharing yang telah ditentukan sebelumnya.
Model optimasi penggunaan layananan ride splitting dengan menerapkan skema sharing platform yang dikembangkan menggunakan bentuk New Modified Maximum Weighted Bipartite Matching, sedangkan metode penyelesaiannya menggunakan Greedy Heuristic Method. Fungsi tujuan dari model optimasi tersebut yaitu memaksimumkan nilai bobot yang merupakan rasio antara profit yang diperoleh operator dan pengemudi dengan konversi nilai uang dari waktu tunggu penumpang. Nilai bobot yang maksimum disini berarti memaksimumkan profit sekaligus meminimumkan waktu tunggu penumpang.
Untuk menguji model optimasi yang dikembangkan dilakukan simulasi dengan mempertimbangkan beberapa scenario. Skenario tersebut terkait dengan nilai faktor profit sharing , tarif perjalanan yang dikenakan operator per customer, serta kondisi lalu lintas berupa kecepatan tempuh perjalanan. Berdasarkan hasil simulasi diperoleh bahwa layanan ride splitting yang menerapkan skema sharing platform dengan memperoleh hasil yang lebih baik bila dibandingkan dengan layanan tanpa skema. Nilai 95% artinya operator kendaraan awal yang dipesan oleh customermemperoleh profit sharing sebesar 5% dari operator kendaraan yang ditugaskan melayani customer dengan adanya sharing platform. Hasil yang lebih baik pada simulasi tersebut ditunjukkan dengan perolehan nilai bobot yang lebih besar sekitar 4,5% - 25,3 %, total profit dari operator dan pengemudi yang lebih besar sekitar 15,91% – 48,9%, waktu tunggu dari customer yang lebih kecil sekitar 1,9% - 13,7% dan jumlah pasangan ride splitting yang lebih besar sekitar 8,57%- 12,85%.

Ride sourcing services, or more famously known as online taxi services, is getting more popular as a complement of public transportation for the community. This has caused the growth in the number of fleet joining the platform company or the online taxi company to also increase. If the growth in the number of fleet is not regulated, the traffic issues currently already existing in Jakarta can get even worse. On the other hand, from the operational point of view, online taxi services is deemed as not yet effective; which can be seen from the long waiting time for the passengers and the surge pricing system that occurs when the demand for the vehicle is higher than the number of vehicles available.
To solve issues of the increasing number of online taxi fleet and also the operational issues in the online taxi services, this study aims to develop a sharing platform scheme to optimize the use of ride splitting service in online taxi services. Ride splitting services is a ride sourcing service where one vehicle can serve at least two request customers at one trip. The number of passengers per customer can be more than of one person, but all the passengers in one request customer have the same origin and destination. On the other hand, sharing platform scheme or resource sharing in ride sourcing services is a scheme where a customer ordering vehicle service from platform A can be served by vehicle from platform B, and the other way around, with a predetermined profit sharing applied.
The optimized model of ride splitting service usage by applying sharing platform scheme is developed using the New Modified Maximum Weighted Bipartite Matching form, while the solving method is using Greedy Heuristic Method. The objective function of the optimized model is to maximize the weighted value which is the ratio between profit earned by the operator and money conversion of the passenger’s waiting time. Maximum weighted value means maximizing the profit and minimizing the waiting time.
To test the optimized model developed, we do a simulation which takes into consideration several different scenarios. Those scenarios are related to factor values of profit sharing , travel rate difference charged by the operator per customer, and paying attention to the existing traffic condition. The simulation shows that ride splitting services applying sharing platform scheme with 95% gets better results than services without scheme. The value of 95% means initial operator requested by the customer gets 5% of profit sharing from the operator whose vehicle is actually serving the customer with sharing platform. The better results from the simulation are the higher weighted value of 4.5% - 25.3%, higher total profit of the operator and drivers of 15.91%-48.9%, and shorter customer waiting time of 1.9%-13.7% and bigger number of matchs of 8.57%-12.85%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library