Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Salomon Anderias Mesak Babys
"[ABSTRAK
Tesis ini menganalisis sikap Indonesia terhadap kebangkitan Tiongkok
sebagai super power dari perspektif hedging. Menurut teori hedging, kebangkitan
Tiongkok sebagai super power bukan semata-mata sebagai ancaman, melainkan
sebagai peluang untuk dikelola secara bilateral dan multilateral menggunakan tiga
pendekatan yaitu dengan strategi engagement, enmeshing, dan soft balancing.
Indonesia menggunakan strategi hedging dengan dasar pemikiran bahwa
strategi hedging menjadi strategi yang paling ideal untuk digunakan oleh
Indonesia karena masih sangat singkon dengan prinsip politik luar negeri bebas
aktif, sekaligus sebagai sebuah strategi yang dapat mengakomodasi kebutuhan
objektif Indonesia sebagai negara yang juga sedang bangkit.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Indonesia menggunakan Strategi
hedging dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan ekonomi, politik dan
militer dari Tiongkok yang bangkit sebagai super power, tetapi juga untuk
menciptakan keseimbangan yang ideal di kawasan, sehingga Indonesia tidak
didominasi oleh kekuatan manapun baik dari Amerika Serikat ataupun dari
Tiongkok. Strategi ini digunakan oleh Indonesia dengan maksud untuk
meningkatkan posisi tawar (bargaining position) Indonesia di mata Tiongkok dan
di kancah politik dunia internasional.

ABSTRACT
The focus of this theses is to analyze Indonesia perspective towards the
Rise of China as a new super power from hedging perspective. Acording to the
theory, the Rise of China as a new super power is not only a threat but as an
opportunity for Indonesia to manage its relations to china through three approach:
engagement policy, enmeshing policy, and soft balancing.
Indonesia used hedging strategy because it fits well with Its national
interest, which may consist its international political principle, ?bebas aktif,? and
as a grand strategy which could accomodate Indonesia pragmatic needs.
This research concluded that Indonesia used hedging strategic to reap
benefits in economic, politic and military sector from China as a rising power. It
also create a balanced region with the U.S. down and the China up, and the
ASEAN stayed as the center of the region. This strategy also primarily used to
upgrade Indonesia bargaining position against the U.S., China, and international
community., The focus of this theses is to analyze Indonesia perspective towards the
Rise of China as a new super power from hedging perspective. Acording to the
theory, the Rise of China as a new super power is not only a threat but as an
opportunity for Indonesia to manage its relations to china through three approach:
engagement policy, enmeshing policy, and soft balancing.
Indonesia used hedging strategy because it fits well with Its national
interest, which may consist its international political principle, “bebas aktif,” and
as a grand strategy which could accomodate Indonesia pragmatic needs.
This research concluded that Indonesia used hedging strategic to reap
benefits in economic, politic and military sector from China as a rising power. It
also create a balanced region with the U.S. down and the China up, and the
ASEAN stayed as the center of the region. This strategy also primarily used to
upgrade Indonesia bargaining position against the U.S., China, and international
community.]"
2015
T44256
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faizal Fajar Nurroji
"[ABSTRAK
Perkembangan ekonomi politik di kawasan Asia Pasifik yang semakin
dinamis berdampak pada lahirnya beberapa institusi ekonomi regional baru,
termasuk salah satu yang menarik perhatian adalah Trans Pacific Partnership.
Sebagai instutusi yang disponsori oleh AS, TPP diproyeksikan sebagai high level
FTA yang tidak sekedar mencakup kesepakatan terkait perdagangan dan investasi
namun juga isu-isu lain yang lebih kompleks seperti perlindungan hak cipta (IPR),
perlindungan hak buruh, kompetisi terkait Badan Usaha Milik Negara, dan
beberapa isu-isu lain dengan standard yang cukup tinggi. Dengan persyaratan
seperti ini, maka menjadi menarik ketika Vietnam memutuskan untuk bergabung
ke dalamnya. Setidaknya ada dua faktor yang membuat keanggotaan Vietnam
dalam TPP menjadi menarik untuk dianalisa lebih lanjut, yang pertama adalah
kedekatan antar Vietnam dengan Tiongkok yang selama ini terbangun, serta
kemampuan Vietnam sebagai negara berkembang dalam memenuhi syarat-suarat
tinggi yang sedang dirundingkan oleh TPP.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor utama penyebab
bergabungnya Vietnam ke dalam TPP. Adapun penelitian ini menggunakan
metode kalitatif dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dan wawancara
baik langsung maupun tidak langsung kepada beberapa pihak yang terkait dengan
keanggotaan Vietnam dalam TPP.

ABSTRACT
The development of Asia Pacific's political economy which has impacted
on the birth of several new institutions, including Trans Pacific Partnership. As
institution which sponsored mainly by the United States, TPP is projected as high
level FTA since it covers not only common issues like trade and investment, but
also other issues such as Intellectual Property Right, labor right protection,
competition related to State Owned Enterprise, and other other high level issues.
Based on these facts, it is interesting when Vietnam finally decide to join TPP.
There are at least two factors which made Vietnam membership in TPP is
interesting to be analyzed, first is about its close relation with China, and second
is Vietnam's ability in achieving the high standard regulations set by TPP.
This research aims to find out main factors which cause Vietnam to join
TPP. This research uses qualitative method and literature study as well as direct or
indirect interview in collecting data process, The development of Asia Pacific’s political economy which has impacted
on the birth of several new institutions, including Trans Pacific Partnership. As
institution which sponsored mainly by the United States, TPP is projected as high
level FTA since it covers not only common issues like trade and investment, but
also other issues such as Intellectual Property Right, labor right protection,
competition related to State Owned Enterprise, and other other high level issues.
Based on these facts, it is interesting when Vietnam finally decide to join TPP.
There are at least two factors which made Vietnam membership in TPP is
interesting to be analyzed, first is about its close relation with China, and second
is Vietnam’s ability in achieving the high standard regulations set by TPP.
This research aims to find out main factors which cause Vietnam to join
TPP. This research uses qualitative method and literature study as well as direct or
indirect interview in collecting data process]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Gubahan cerita roman Tiongkok ini dikembangkan dalam bentuk tembang macapat. Kisahnya berpusat pada petualangan tokoh Liu Sie Jun yang banyak diwarnai dengan kekerasan, intrik-intrik sosial dan asmara. Liu Sie Jun digambarkan sebagai pria tampan yang perkasa. Dalam petualangannya ia banyak membantu orang yang tengah dilanda kesusahan, sehingga banyak yang bersimpati kepadanya. Liu Sie Jun pun dilukiskan sebagai pria yang mudah jatuh cinta terhadap wanita, maka ia pun banyak terlibat asmara dengan beberapa orang gadis. Diceritakan ada dua orang gadis yang dinikahinya dengan resmi, dan delapan orang gadis lainnya masih mengharapkan untuk dijadikan sebagai isterinya. Dalam pada itu ia pun pernah berbuat cela, yakni menghamili seorang gadis hingga menghasilkan seorang anak. Pada bagian lain ia pernah menjadi tuna wicara untuk beberapa waktu. Sebagaimana keadaannya yang banyak disukai oleh orang lain, ia juga mempunyai musuh yang kerap bentrok fisik dengannya. Cerita diakhiri dengan diangkatnya Liu Sie Jun oleh Raja Ing Cong, sebagai petinggi negara dengan gelar Cing Kok Peng Se Ong, setelah sebelumnya ia berhasil membunuh penjahat ulung Song Bun Jeh yang dianggap sebagai pengganggu ketentraman kerajaan Ting Ciu. Kedelapan orang gadis yang masih belum sempat dinikah akhirnya diperisteri oleh Liu Sie Jun. Naskah disalin antara tanggal 1 Jumadilakir dan 5 Sawal, Wawu 1825 (19 November 1895-20 Maret 1896). Dijelaskan dalam mukadimah bahwa teks ini digubah dari cerita Tiongkok Kuno yang berjudul Pat Bi Ta, Sebuah karya sastra pada masa pemerintahan Raja Ing Cong. Cerita ini digubah di Surakarta dengan berawal tembang dhandhanggula. Teks ini pun telah diterbitkan dalam bahasa Melayu, aksara Latin, dalam bentuk tembang macapat. Teks naskah Liu Sie Jun ini telah dibuatkan uittreksel oleh Mandrasastra pada bulan Juli 1932. Ringkasan di atas diambil dari catatan Mandrasastra tersebut. Keterangan lain berkenaan dengan naskah dicatat pada h.i yang menyebutkan bahwa Pigeaud memperoleh naskah ini dari Jayasaputra, pada tanggal 10 Desember 1930, di Surakarta. Daftar pupuh: (1) dhandhanggula; (2) pangkur; (3) sinom; (4) kinanthi; (5) asmarandana; (6) gambuh; (7) durma; (8) dhandhanggula; (9) kinanthi; (10) mijil; (11) megatruh; (12) sinom; (13) pangkur; (14) dhandhanggula; (15) pucung; (16) maskumambang; (17) dhandhanggula; (18) kinanthi; (19) pangkur; (20) sinom; (21) durma; (22) dhandhanggula."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
CT.14-NR 140
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
Sung, Tjing-Ling
Peking: Pustaka Bahasa Asing, 1957
327.510 SUN p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Republik Rakjat Tiongkok , 1954
951.05 REP p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Liang, Liji
Jakarta: Kompas, 2012
959.803 LIA d (1);959.803 LIA d (2);959.803 LIA d (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
341.42 MAS
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Lu Lu Salmi Ersyanjani
"[ABSTRAK
Meningkatnya konsumsi energi Tiongkok telah menjadikan Tiongkok sebagai
negara pengkonsumsi energi terbesar sekaligus juga sebagai negara pengimpor
energi terbesar. Hal ini menjadikan energi sebagai komponen strategis dalam
kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Tiongkok dengan mendorong
National Oil Companies (NOCs) nya untuk mencari sumber minyak di luar
negeri. Sikap Tiongkok yang terlihat antusias dalam membantu NOCs mencari
pasokan minyak diluar negeri kemudian menimbulkan anggapan yang beragam.
Kepemilikan pemerintah Tiongkok yang cukup besar terhadap NOCs nya semakin
memperkuat spekulasi tentang kepentingan non-komersil Tiongkok melalui
ekspansi NOCs. Kepentingan pemerintah dianggap lebih besar dibandingkan
kepentingan perusahaan karena dianggap menjaga stabilitas politik dan
kelanggengan rezim pemerintahan dalam suatu negara. Selain itu, NOCs juga
dianggap memegang peran penting dalam perekonomian Tiongkok dan dapat
mempengaruhi dinamika regional maupun internasional karena tidak hanya
mendapat perhatian International Oil Company melainkan juga perhatian negaranegara lain. Oleh sebab itu, ekspansi NOCs sering dikaitan dengan hubungan antar negara, negara dan NOCs, maupun NOCs, dan IOC.
Untuk itu tulisan ini akan mencoba untuk melihat dominasi dua kepentingan
dalam ekspansi yang dilakukan NOCs Tiongkok di luar negeri, yakni dominasi kepentingan negara atau kepentingan perusahan.

ABSTRACT
The increased energy consumption has made Tiongkok as the largest energy
consumption as well as the largest energy importer in the world. This makes the
energy as a strategic component in the foreign policy and national security of
Tiongkok by encouraging its National Oil Companies (NOCs) to seek oil
resources abroad. Tiongkok attitude, which seemed enthusiastic in helping NOCs
seek overseas oil supply then leads to the different assumption about that.
Ownership sizable of Tiongkok government in its NOCs then strengthens the
speculation about Tiongkok's non-commercial use through the expansion of
NOCs. Government interests are considered greater than the interests of the
company because they maintain political stability and permanence of the regime
in a country. In addition, the NOCs are also thought to play an important role in
China's economy and could affect regional and international dynamics due to not
only get attention International Oil Company, but also the attention of other
countries. Therefore, NOCs often are associated with the expansion of relations
between states, nations and NOCs, and the NOCs, and the IOC.
So, this paper will try to see the dominance of the two interests in the expansion of Tiongkok NOCs, namely the dominance of the state interests or business interests., The increased energy consumption has made Tiongkok as the largest energy
consumption as well as the largest energy importer in the world. This makes the
energy as a strategic component in the foreign policy and national security of
Tiongkok by encouraging its National Oil Companies (NOCs) to seek oil
resources abroad. Tiongkok attitude, which seemed enthusiastic in helping NOCs
seek overseas oil supply then leads to the different assumption about that.
Ownership sizable of Tiongkok government in its NOCs then strengthens the
speculation about Tiongkok's non-commercial use through the expansion of
NOCs. Government interests are considered greater than the interests of the
company because they maintain political stability and permanence of the regime
in a country. In addition, the NOCs are also thought to play an important role in
China's economy and could affect regional and international dynamics due to not
only get attention International Oil Company, but also the attention of other
countries. Therefore, NOCs often are associated with the expansion of relations
between states, nations and NOCs, and the NOCs, and the IOC.
So, this paper will try to see the dominance of the two interests in the expansion of Tiongkok NOCs, namely the dominance of the state interests or business interests.]"
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yassed Satria
"ABSTRAK
Tiongkok adalah satu-satunya negara di Asia yang kebijakan luar negerinya berorientasi kepada negara great power hingga tahun 1979. Pasca open door policy, Tiongkok mulai membuka diri terhadap dunia internasional termasuk ASEAN sebagai kawasan tetangga. Tahun 1996 secara resmi Tiongkok menjadikan ASEAN sebagai mitra dialog permanen dan sekaligus sebagai arah baru orientasi kebijakan luar negerinya. Tulisan ini kemudian akan menjelaskan motif dibalik pemilihan ASEAN sebagai prioritas baru orientasi kebijakan luar negeri Tiongkok dengan menggunakan kerangka teori kebijakan luar negeri. Indikator analisis yang digunakan adalah sintesa argumen K.J. Holsti, Synder dan Rosenau yaitu faktor internal, eksternal dan leadership sebagai penyebab perubahan kebijakan luar negeri.
Temuan skripsi ini pertama, faktor internal yang berpengaruh adalah faktor ekonomi domestik dan perkembangan strategi politik di Tiongkok. Kedua, faktor eksternal yang berpengaruh adalah hegemoni AS dan eksistensi regional ASEAN. Ketiga, faktor leadership dan ideologi pemimpin Tiongkok yang reformis-konservatif. Terakhir, Kebijakan luar negeri Tiongkok saat ini lebih bersifat pragmatis dengan lebih mempertimbangkan untung-rugi dari pada landasan nilai dan ideologi negaranya.

ABSTRACT
Tiongkok is the only country in Asia that foreign policy is oriented to the great power state until 1979. Post open door policy, Tiongkok began opening up to the international community, including ASEAN as a neighboring region. In 1996, officially Tiongkok became a permanent dialogue partner of ASEAN as well as a new direction of its foreign policy orientation. This undergraduate thesis will explain the motive behind the election of ASEAN as a priority foreign policy orientation of Tiongkok by using the theoretical framework of foreign policy. Analysis indicator used is the synthesis of argument KJ Holsti, Synder and Rosenau which are internal factors, external and leadership as the cause of the change in Tiongkok?s foreign policy.
The first findings of this research, internal factors that influence Tiongkok?s foreign policy are the domestic economic factors and the development of political strategy. Secondly, the external factors that influence are the existence of US hegemony and the ASEAN region itself. Third, the leadership factor and the reformist-conservative ideological of Tiongkok?s leader. Finally, Tiongkok's foreign policy today is more pragmatic with more considering the cost-benefit than foundation of values and ideology of the country itself.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S61893
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>