Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Oxford: Pergamon Press, 1986
388.4 TRA
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Mohammad Irvan Olii
"Disertasi ini mengangkat isu penggunaan sepeda motor di jalan raya perkotaan sebagai pergulatan (kompetisi dan konflik penggunaan) ruang. Tujuan disertasi memberikan perspektif alternatif mencermati masalah lalu lintas. Kajian menggunakan metode campuran yang bertumpu pada pendekatan kualitatif, berupa metode visual yang disokong metode kuesioner. Metode visual diterapkan dalam tiga tahap. Tahap pertama pengumpulan data sekunder visualisasi daring situasi lalu lintas. Tahap kedua merekam situasi dan kondisi lalu lintas menggunakan kamera video. Hasil rekaman video diolah dengan memberikan kode secara tematik menggunakan perangkat lunak Maxqda 2020. Tahap ketiga merekam menggunakan kamera drone dan hasilnya diolah secara manual. Metode kuesioner digunakan untuk mendapatkan tanggapan dari pengguna sepeda motor, terutama beberapa tangkapan gambar dari tahap. Kuesioner disebarkan secara daring. Hasil analisis menunjukkan pergulatan terjadi dalam berbagai bentuk ruang jalan karena dominasi penggunaan sepeda motor. Pergulatan diperlihatkan melalui perilaku-perilaku yang mengentaskan kompetisi dan dapat menimbulkan konflik. Terdapat pula pengabaian dan ketidakpedulian baik antar sesama pengendara sepeda motor, pengguna jalan hingga para pengatur lalu lintas. Kesemua hal itu selain menimbulkan perlukaan dan kerugian sosial juga menunjukkan adanya keruntuhan sosial dan keruntuhan budaya. Pengabaian dan ketidak pedulian dari pihak yang memiliki kewenangan justru mengentaskan viktimisasi struktural.
This dissertation raises the issue of motorcycle use on urban highways as a struggle (competition and conflict over use) of space. It aims to provide an alternative perspective at traffic problems. The study uses a mixed method that relies on a qualitative approach, in the form of a visual method supported by a questionnaire method. The visual method was applied in three stages. The first stage collected secondary data of online visualization of the traffic situation. The second stage recorded the traffic using a video camera then were processed by thematically coding them using Maxqda 2020 software. The third stage recorded using a drone camera and the results were processed manually. The questionnaire, which distributed online, method was used to obtain responses from motorcycle users, especially some image captures from the second stage. The results show that struggles occur in various forms of road due to the dominance of motorcycle use. It is shown through behaviors that alleviate competition and can lead to conflict. There is also neglect and indifference among road users and traffic controllers, which in addition to shows social harm are also shows social and cultural entropy. Neglect and indifference from the authority actually alleviate structural victimization."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Malau, Herland Afrizal
"Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengimplementasikan indeks Transit Oriented Development (TOD) untuk mencapai pembangunan berorientasi transportasi umum. Fokusnya adalah evaluasi dan penerapan indeks TOD di berbagai kawasan perkotaan guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas transportasi publik serta mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi. Indeks TOD dirancang untuk menilai karakteristik kawasan berdasarkan kriteria seperti aksesibilitas, konektivitas, kepadatan, serta fasilitas dan pelayanan publik. Metode penelitian meliputi studi literatur dan analisis data sekunder. Studi literatur mengidentifikasi konsep dasar dan praktik terbaik dalam implementasi TOD di berbagai negara, sedangkan analisis data sekunder mengevaluasi data statistik dan dokumen perencanaan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks TOD memberikan gambaran komprehensif mengenai kesiapan kawasan dalam menerapkan konsep TOD. Indeks ini dapat digunakan sebagai alat evaluasi oleh pemerintah daerah dan pengembang untuk merencanakan dan mengembangkan kawasan ramah transportasi publik Kesimpulannya, pengembangan dan implementasi indeks TOD adalah langkah strategis untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dan berorientasi transportasi umum. Indeks ini membantu perencanaan dan evaluasi kawasan TOD, serta mendorong perubahan paradigma dalam perencanaan kota yang lebih berkelanjutan dan inklusif. Rekomendasi penelitian mencakup penyusunan kebijakan pendukung, peningkatan kapasitas institusi, dan keterlibatan aktif pemangku kepentingan dalam perencanaan dan pembangunan.
This research aims to develop and implement a Transit Oriented Development (TOD) index as a strategy to achieve transport-oriented urban development. The focus is on evaluating and applying the TOD index in various urban areas to enhance the efficiency and effectiveness of public transportation systems and reduce reliance on private vehicles. The TOD index is designed to assess the characteristics of an area based on criteria such as accessibility, connectivity, density, and public facilities and services. The research methods include literature studies and secondary data analysis. The literature study identifies the fundamental concepts and best practices in TOD implementation in various countries, while the secondary data analysis evaluates relevant statistical data and planning documents. The research results indicate that the implementation of the TOD index provides a comprehensive overview of an area's readiness to adopt the TOD concept. This index can be used as an evaluation tool by local governments and developers to plan and develop areas that are more conducive to public transportation. The conclusion of this research is that the development and implementation of the TOD index is a strategic step towards achieving sustainable and transport-oriented urban development. This index not only aids in planning and evaluating TOD areas but also encourages a paradigm shift towards more sustainable and inclusive urban planning. Recommendations from this research include the formulation of policies supporting TOD implementation, institutional capacity building, and active stakeholder involvement in the planning and development process. "
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia , 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library