Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nadyah Hani Ramadhana
"ProWD adalah suatu aplikasi yang memberi informasi dengan memvisualisasikan ketimpangan pengetahuan pada Wikidata, salah satu basis pengetahuan yang paling populer di web. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan sehingga ProWD dapat menyampaikan wawasan tentang ketimpangan pengetahuan dengan efektif. Skripsi ini mengeksplorasi aspek UI/UX pada ProWD dengan pendekatan User-Centered Design dan teori visualisasi data. Perumusan solusi desain alternatif pada ProWD dilakukan dengan melakukan sesi wawancara dan usability testing pada target pengguna, serta memanfaatkan alat-alat desain untuk menghasilkan redesain antarmuka ProWD. Hasil redesain tersebut selanjutnya diimplementasikan menjadi sebuah aplikasi web yang dapat diakses pada http://prowd.id/. Evaluasi dari hasil redesain ProWD menunjukkan kenaikan signifikan pada nilai System Usability Scale sebesar 27 poin secara keseluruhan, dengan hasil User Experience Questionnaire yang juga menunjukkan kenaikan pada tiap skala yang diukur dengan perubahan terbesar pada skala perspicuity sebesar 1.81 poin dan attractiveness sebesar 1.7 poin. Lebih lanjut lagi, terjadi peningkatan sebesar 25.9% pada success rate aplikasi secara keseluruhan dengan peningkatan rata-rata sebesar 3.56% pada average task completion time. Umpan balik kualitatif dari sesi usability testing juga dipaparkan pada skripsi ini untuk memberi wawasan yang lebih kaya terhadap redesain yang dilakukan.

ProWD is an application which provides information through visualizing the knowledge imbalance on Wikidata, one of the most popular knowledge bases on the web. In the process of creating a product, there are several aspects which needs to be kept in mind to be able to deliver the insights on knowledge imbalance effectively. This thesis explores the UI/UX aspect of ProWD using the User Centered Design approach and data visualization theories. Alternative design solutions for ProWD are formulated through conducting interviews and usability testing sessions with the target users, while utilizing the design tools to produce a redesign for ProWD’s interface. The redesign is then implemented into a web application which can be accessed on http://prowd.id/. The evaluation of ProWD’s redesign shows a significant increase of 27 points on the application’s System Usability Scale, with the results of the User Experience Questionnaire showing an increase on each scale with the largest increase of 1.81 points on perspicuity and 1.7 points on attractiveness. Furthermore, an overall increase of 25.9% can be seen on the Success Rate with an average increase of 3.56% on the average task completion time. The qualitative feedback from the usability testing sessions are also elaborated within this thesis to provide a richer insight on the implemented redesign."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Still, Brian
"There has been some solid work done in the area of User-Centered Design (UCD) over the last few years. What’s been missing is an in-depth, comprehensive textbook that connects UCD to usability and User Experience (UX) principles and practices. This new textbook discusses a theoretical framework in relation to other design theories. It provides a repeatable, practical process for implementation, offering numerous examples, methods, and case studies for support, and it emphasizes best practices in specific environments, including mobile and web applications, print products, as well as hardware."
London: CRC press, 2017
e20529123
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Cassie Michelle
"Di era perkembangan teknologi, pemerintah Indonesia sedang gencar untuk menjalankan “ Gerakan Menuju 100 Smart City” yang bertujuan untuk menunjang
pelayanan masyarakat di Indonesia. Selain itu, saat ini masyarakat Indonesia sedang dilanda berbagai masalah akibat pandemi COVID-19. Hal ini mendorong
pembangunan layanan smart city agar dapat melayani masyarakat kota dengan lebih baik. Pemerintah telah membuat beberapa chatbot untuk membantu masyarakat di masa pandemi. Namun, chatbot tersebut belum memperhatikan kebutuhan masyarakat di bidang ekonomi, pendidikan, dan mobilitas. Selain itu,
penggunaan chatbot masih kurang diminati akibat percakapannya yang masih terkesan kaku dan memiliki perbendaharaan kata yang masih terbatas. Penelitian
ini diharapkan dapat memberikan solusi berupa chatbot layanan smart city untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat kota selama masa pandemi. Perancangan dilakukan dengan menggunakan metode user-centered design yang melibatkan target pengguna pada setiap tahapannya. Pengumpulan kebutuhan chatbot dilakukan dengan menggunakan survei daring. Temuan yang diperoleh dijadikan acuan dalam perancangan purwarupa untuk chatbot layanan smart city di masa pandemi. Evaluasi terhadap purwarupa dilakukan dengan
menggunakan metode usability testing dan A/B testing untuk evaluasi kualitatif, sedangkan untuk evaluasi kuantitatif menggunakan instrumen SUS dan CUQ. Chatbot layanan smart city yang dirancang dengan hasil yang cukup baik dilihat dari nilai SUS dan CUQ yang diperoleh cukup untuk dikategorikan ‘acceptable’.

In the era of technological development, the Indonesian government is intensively running the "Gerakan Menuju 100 Smart City" that aims to support public services in Indonesia. In addition, Indonesians are currently experiencing various
problems due to the COVID-19 pandemic. This encourages the development of smart city services to serve citizens better. The government has created several chatbots to help citizens during the pandemic. However, the chatbot has not paid
attention to the needs of citizens in the fields of economy, education, and mobility. Not only that, the use of chatbots is still less desirable because the conversations still stiff and have a limited vocabulary. This research seeks to provide a solution in the form of a smart city service chatbot to solve various problems faced by citizen during the pandemic. The design is done using a usercentered design method that involves the target user at each stage. The chatbot needs collection is done by using online surveys. The findings were used as reference in designing chatbot. Evaluation of the prototype was conducted using usability testing and A/B testing methods for qualitative evaluation, while quantitative evaluation using SUS and CUQ instruments. Chatbot smart city services are designed with good results, chatbots SUS and CUQ values obtained enough to be categorized as ‘acceptable’.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rozanah
"PT Halal Network International (HNI) merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan produk-produk herbal halal dan berkiprah sudah lebih dari 10 tahun. Proses bisnis perusahaan ini adalah distribusi produknya melalui metode Multi-Level Marketing (MLM). Untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan penjualan agen stok, HNI mengembangkan aplikasi HNI Integrated System (HSIS) yang dapat diakses di platform website maupun mobile. Analisis permasalahan diperoleh dari tiga sumber: wawancara dengan Direktur TI HNI, wawancara dengan agen stok HNI, dan analisis ulasan Google Play Store. Jumlah unduhan aplikasi di Google Play Store dan angka transaksi di HSIS mobile menunjukkan penurunan beberapa tahun terakhir. Hasil analisis ulasan sentimen negatif di Play Store juga menunjukkan sebanyak 44,6% termasuk dalam kategori UI/UX. Selain itu, agen stok HNI yang diwawancarai mengaku jarang menggunakan HSIS mobile dibandingkan website karena fiturnya yang lebih rumit dan panjang. Keterkaitan erat antara UI/UX dengan usability menunjukkan pentingnya dilakukan evaluasi usability aplikasi HSIS. Tujuan penelitian ini adalah melakukan evaluasi usability dan merancang rekomendasi alternatif desain antarmuka aplikasi HSIS Mobile HNI menggunakan proses User-centered Design (UCD). Penelitian ini menerapkan Kuesioner System Usability Scale (SUS), Open-ended Question (OEQ), dan Usability Testing (UT) sebagai instrumen penelitian. Terdapat 81 responden yang terlibat dalam mengisi kuesioner SUS dan OEQ. Selanjutnya dilakukan UT Fase 1 yang melibatkan 14 responden. Sebagian responden diambil dari responden kuesioner survei, sedangkan 7 lainnya merupakan pengguna baru HSIS. Setelah UT, dilakukan wawancara dengan mengajukan OEQ. Hasil dari ketiga proses ini diolah dan dikelompokkan, lalu solusi desainnya dipetakan berdasarkan prinsip desain Nielsen’s Ten Usability Heuristic of Interface Design dan Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Terdapat empat belas solusi desain yang direkomendasikan untuk perbaikan beberapa halaman seperti Homepage, Daftar Agen Stok, Edit Transaksi, Logout, dan halaman lainnya. Empat belas solusi desain alternatif ini kembali diujikan di UT Fase 2 pada 14 responden yang sama dengan UT Fase 1. Hasil UT Fase 2 menunjukkan penurunan jumlah isu usability yang signifikan dibandingkan UT Fase 1. Hal ini membuktikan perbaikan desain antarmuka aplikasi HSIS mampu memberikan peningkatan yang positif pada usability dan pengalaman pengguna aplikasi HSIS mobile.

PT Halal Network International (HNI) is a company that provides halal herbal products and has been in operation for over 10 years. The company's business model involves distributing its products through a Multi-Level Marketing method. To meet the needs of managing stockist sales, HNI developed the HNI Integrated System (HSIS) application, which can be accessed on both website and mobile platforms. Problem analysis was derived from three sources: interviews with the IT Director of HNI, interviews with HNI stockists, and analysis of Play Store reviews. The number of application downloads on the Play Store and the transaction rate on HSIS mobile have shown a decline in recent years. Sentiment analysis of negative reviews on the Play Store also indicated that 44.6% fell into the UI/UX category. Additionally, interviewed HNI stockists admitted to rarely using HSIS mobile compared to the website due to its more complicated and lengthy features. The close relation between UI/UX and usability indicates the importance of conducting a usability evaluation of the HSIS application. The purpose of this research is to conduct a usability evaluation and design alternative interface design recommendations for the HSIS Mobile HNI application using the User-centered Design (UCD) process. This research applies the System Usability Scale (SUS) Questionnaire, Open-ended Question (OEQ), and Usability Testing (UT) as research instruments. There were 81 respondents involved in filling out the SUS and OEQ questionnaires. Furthermore, UT Phase 1 was conducted involving 14 respondents. Some respondents were drawn from the survey questionnaire respondents, while the other 7 were new HSIS users. After the UT, an interview was conducted by submitting an OEQ. The results of these three processes were processed and categorized, then the design solutions were mapped based on Nielsen's Ten Usability Heuristic of Interface Design and Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. There are fourteen design solutions recommended to improve several pages such as Homepage, Agent Stock List, Edit Transaction, Logout, and other pages. These fourteen alternative design solutions were tested again in UT Phase 2 to the same 14 respondents as UT Phase 1. The results of UT Phase 2 showed a significant decrease in the number of usability issues compared to UT Phase 1. This proves that improvements to the HSIS application interface design can provide a positive improvement in the usability and user experience of the HSIS mobile application."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rheina Elvaretta
"Indonesia merupakan negara hukum yang memiliki lebih dari 511 ribu perundang-undangan yang mengatur seluruh wilayahnya. Angka tersebut baru menunjukkan banyaknya peraturan perundang-undangan di Indonesia dan belum mencakup dokumen hukum lainnya. Bagi para praktisi hukum, hal ini membuat proses penelusuran hukum menjadi sangat kompleks dan memerlukan waktu yang tidak sedikit. Walaupun begitu, belum banyak sistem penelusuran hukum yang ada di Indonesia. Saat ini, penelusuran tersebut masih dilakukan secara manual dengan menggunakan search engine. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) sebagai basis data resmi untuk dokumen hukum yang ada di Indonesia hanya memberikan opsi pencarian sumber hukum secara spesifik. Untuk itu, penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan desain antarmuka interaktif dari ide solusi untuk sistem conversational search yang dapat membantu proses penelusuran hukum menjadi lebih cepat dan sederhana. Penelitian ini menggunakan pendekatan user-centered design yang berfokus pada kebutuhan pengguna. Pada perancangan desain antarmuka, tim peneliti menerapkan prinsip eight golden rules milik Schneiderman. Berdasarkan identifikasi kebutuhan pengguna yang dilakukan dengan user interview, comparative analysis, dan kajian studi literatur, didapatkan enam fitur utama yang akan didesain oleh peneliti untuk sistem conversational search ini, yaitu Fitur Mencari Sumber Hukum, Fitur Memastikan Kepatuhan Hukum, Fitur Memeriksa Kesesuaian Bahasa Hukum, Fitur Riwayat, Fitur Koleksi, dan Fitur Profil dan Autentikasi. Iterasi pertama menghasilkan sebuah high-fidelity prototype dan hasil evaluasinya yang didapatkan melalui Usability Testing (UT) dan System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata pengguna memiliki tingkat keberhasilan dalam Usability Testing sebesar 94% dan skor SUS sebesar 75,33 yang tergolong dalam kategori B. Pada iterasi kedua, tim peneliti melakukan penyesuaian dan perbaikan berdasarkan saran yang didapatkan pada iterasi pertama. Hasil dari iterasi kedua adalah desain antarmuka berbentuk high-fidelity prototype dari sistem conversational search yang telah disempurnakan.

Indonesia is a law-based country with over 511,000 laws regulating its entire territory. This figure only shows the number of laws and regulations in Indonesia and does not account for other legal documents. For legal practitioners, this vast number of regulations makes the legal research process more complex and time-consuming. Despite that, there are only a few available legal research systems in Indonesia. Thus, legal research is often conducted manually using general search engines. The National Legal Documentation and Information Network (JDIHN), Indonesia’s official repository for legal documents, only offers specific search options for legal sources. Therefore, this research aims to develop an interactive interface design for a conversational search system solution that can help make the legal research process faster and simpler. This research employs a user-centered design approach that prioritizes user needs. In designing the interface, the researchers adhere to Schneiderman's eight golden rules. Based on user needs identification conducted through user interviews, comparative analysis, and literature review, six main features have been identified to be designed in this conversational search system: Legal Source Search, Legal Compliance Assurance, Legal Language Compatibility Check, History, Collection, and Profile and Authentication. The first iteration produces a high-fidelity prototype and its evaluation results that are obtained through Usability Testing (UT) and System Usability Scale (SUS). The evaluation result showed that users have an average success rate of 94% in usability testing and a SUS score of 75.33, placing it in category B. On the second iteration, the researchers make adjustments and improvements to the system design in accordance with the suggestions obtained in the first iteration. The result of the second iteration is an interface design in the form of high-fidelity prototype of conversational search system that has been refined."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abbi Nizar Muhammad
"Dalam era perkembangan industri game yang pesat, marketplace produk digital menjadi landasan penting bagi pertemuan antara penjual dan pembeli item game. Fenomena ini menciptakan sebuah ekosistem yang dinamis dan beragam di mana Virtual Community memainkan peran krusial sebagai tempat bagi pengguna untuk berinteraksi, berdiskusi, berbagi pengalaman, dan melakukan transaksi terkait produk digital, khususnya item game. Itemku, sebagai salah satu marketplace dalam menyediakan platform bagi transaksi item game, telah mengembangkan Virtual Community sebagai forum diskusi. Namun, efektivitas serta kemampuan Virtual Community dalam mendukung interaksi antara penjual dan pembeli belum sepenuhnya optimal. Untuk memahami lebih dalam tentang hal ini, penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif melibatkan penggunaan metode System Usability Scale (SUS) dan Standardized User Experience Percentile Rank Questionnaire (SUPR-Q) untuk menilai secara lebih terukur terkait usability. Di samping itu, pendekatan kualitatif juga diadopsi melalui metode User Interview dan Usability Testing untuk memperkuat temuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam perbaikan desain, dengan skor SUS meningkat sebesar 57% dari sebelumnya menjadi 82.5. Nilai SUPR-Q mencapai angka 80, menandakan keberhasilan dalam peningkatan pengalaman pengguna. Selain itu, metrik Appearance (91.11), Credibility (80), Loyalty (84.44), dan Usability (85.56) juga menunjukkan nilai yang positif.

In this era of rapid development of the gaming industry, digital product marketplaces have become an important platform for meetings between sellers and buyers of game items. This phenomenon creates a dynamic and diverse ecosystem where Virtual Communities play a crucial role as a place for users to interact, discuss, share experiences and make transactions related to digital products, especially game items. Itemku, as a marketplace that provides a platform for game item transactions, has developed a Virtual Community as a discussion forum. However, the effectiveness and capabilities of the Virtual Community in supporting interactions between sellers and buyers are not yet fully optimal. To understand more deeply about this, research was conducted using quantitative and qualitative approaches. The quantitative approach involves using the System Usability Scale (SUS) and Standardized User Experience Percentile Rank Questionnaire (SUPR-Q) methods to assess usability in a more measurable way. In addition, a qualitative approach was also adopted through User Interview and Usability Testing methods to strengthen the findings. The results of this research show a significant increase in design improvements, with the SUS score increasing by 57% from previously to 82.5. The SUPR-Q score reached 80, indicating success in improving user experience. Apart from that, the Appearance (91.11), Credibility (80), Loyalty (84.44), and Usability (85.56) metrics also show positive values."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library