Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gonzalez-Mena, Janet
Boston: McGraw-Hill , 2004
418.4 GON c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yunus Winoto
Abstrak :
Masih rendahnya minat dan kebiasaan membaca anak-anak Indonesia telah menjadi keprihatinan dan juga sekaligus perhatian banyak pihak. Berbagai upaya telah dilakukan baik melalui penyediaan sarana dan prasarana maupun dengan melakukan berbagai aktivitas yang mendorong tumbuhnya minat baca di kalangan anak-anak. Minat dan kebiasaan membaca pada diri seseorang anak tidak akan tumbuh dengan sendirinya namun perlu dipupuk dan dikembangkan. Salah satu upaya untuk menumbuhkan minat baca pada anak-anak adalah kegiatan mendongeng (storytelling). Melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak akan tertarik untuk membaca buku atau bahan bacaan yang ceritanya telah disampaikan dalam kegiatan mendongeng. Dalam kegiatan ilmiah, topik tentang kegiatan storytelling kerapkali dijadikan sebagai bahan penelitian. Salah satu teori yang sering digunakan dalam analisis penelitian adalah narrative paradigm (paradigma naratif) yang dipopulerkan oleh Walter R Fisher. Asumsi dasar dalam paradigma naratif menjelaskan bahwa manusia pada hakekatnya adalah pendongeng (homo narran). Penerapan paradigma naratif dalam penelitian yang mengangkat topik storrytelling dianggap tetap karena mampu menjelaskan unsur-unsur dalam strorytelling seperti unsur pendongengnya (storryteller) dan unsur ceritanya.
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2017
020 VIS 19:3 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Maulida Kurniasari
Abstrak :
[ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas pelatihan teknik read-aloud dalam meningkatkan kualitas interaksi guru dengan siswa usia 3-4 tahun melalui pelatihan selama 12 jam, yang dibagi dalam 3 hari dan 6 sesi. Penelitian ini menggunakan desain pre-test dan post-test dengan guru sebagai partisipan. Alat ukur yang digunakan adalah lembar panduan observasi interaksi guru-siswa saat kegiatan read-aloud. Pelatihan ini menggunakan beberapa metode, yaitu diskusi, role-play, observasi video kegiatan read-aloud, dan ceramah. Hasil uji statistik dengan menggunakan wilcoxon sign ranks menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam interaksi guru-siswa saat kegiatan read-aloud antara sebelum dan sesudah pelatihan (Z=-1.826, p = 0.068> 0.05). Akan tetapi, secara kualitatif, ditemukan sejumlah perubahan dalam kualitas interaksi guru-siswa saat kegiatan read-aloud antara sebelum dan sesudah pelatihan.
ABSTRACT The aim of this research is to understand the effectiveness of training on Read- Aloud technique in increasing the quality of teacher-student interaction (study of children 3-4 years old). The Read-Aloud technique is given through a 12 hours training that has been divided into 3 days and 6 sessions training program. Research was conducted using a pre-test and a post-test design, teachers as participant. Teacher-student interaction observation while doing read-aloud guide was used as the instrument. There are several methods was applied in this training, that is discussion, role-play, observation on read-aloud activity video and lecture. Statistical test using wilcoxon sign ranks shows there are no significant difference in teacher-student interaction while doing read-aloud before and after training (Z=-1,826, p>0,068>0,05). But, qualitatively, there are several changes in quality teacher-student interaction before and after training., The aim of this research is to understand the effectiveness of training on Read- Aloud technique in increasing the quality of teacher-student interaction (study of children 3-4 years old). The Read-Aloud technique is given through a 12 hours training that has been divided into 3 days and 6 sessions training program. Research was conducted using a pre-test and a post-test design, teachers as participant. Teacher-student interaction observation while doing read-aloud guide was used as the instrument. There are several methods was applied in this training, that is discussion, role-play, observation on read-aloud activity video and lecture. Statistical test using wilcoxon sign ranks shows there are no significant difference in teacher-student interaction while doing read-aloud before and after training (Z=-1,826, p>0,068>0,05). But, qualitatively, there are several changes in quality teacher-student interaction before and after training.]
2016
T45423
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yoggukkukeoyogyosamoin
Seoul: Naramal, 2007
KOR 895.740 9 YOG m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Meek, Margaret
London: Bodley Head, 1995
372.414 MEE l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
London: Falmer Press, 1995
372.4 EME
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Roosie Setiawan
Abstrak :
Tentu sudah banyak orangtua yang mengetahui bahwa membacakan buku pada anak memiliki banyak manfaat. Namun, tahukah Anda jika kegiatan ini bisa dilakukan sejak bayi bayi lahir, bahkan sejak dalam kandungan? Membacakan nyaring (read aloud) pada bayi telah terbukti mampu mengembangkan keterampilan literasi bayi pada 1000 hari pertamanya, yakni mendengar, menyimak, berbicara, dan membaca. Kegiatan yang tampak sederhana ini dapat mencerdaskan sekaligus mengeratkan hubungan bayi dengan orangtunya. Bagaimanakah caranya? Apa saja yang perlu diperhatikan? Adakah kriteria buku yang bisa dibacakan? Temukan panduannya dalam buku ini.
Jagakarsa, Jakarta: Noura, 2017
028.162 ROO m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Berry, Frank
London : Longman , 1953
928.42 BER h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Poe, Edgar Allan
Bandung: Noura Books, 2016
823.92 POE b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Parwati Setyorini Soejono
Abstrak :
Isi skripsi ini adalah mencari makna konsep _only concept_ dalam novel Howards End dan membuktikan konsep _only concept_ merupakan tema dasar novel Where Angels Fear to Tread dan A Passage to India. Sifat skripsi adalah analisa struktual, yaitu membahas makna novel menrurut beberapa unsur pembentuk yang paling menonjol dalam menerangkan makna seperti alur, penokohan dan pelambangan. Tujuan skripsi ini adalah memperlihatkan kaitan antara pandangan pribadi EM Forster dengan tema atau makna dasar novel-novelnya dan dengan demikian meningkatkan apresiasi terhadapnya.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>