Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dewi Sarwoassri Wijayakusuma
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2007
T24490
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agusmansyah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pengendalian mutu (SPM) atas kinerja pemeriksaan yang dilaksanakan pada BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. 6 (enam) komponen pada kinerja pemeriksaan yang dianalisis adalah perencanaan pemeriksaan, pelaksanaan pemeriksaan, supervisi & reviu, pelaporan hasil pemeriksaan, pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksan, dan evaluasi pemeriksaan. Selain itu, penelitian ini juga akan memberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan efektivitas penerapan SPM. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengevaluasi dokumen pelaksanaan SPM dan hasil wawancara dengan pelaksana SPM dan penilai SPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat telah menerapkan sistem pengendalian mutu namun, dalam pelaksanaannya masih perlu mempertimbangkan untuk meningkatkan pemahaman tentang SPM bagi pemeriksa, pemenuhan kekurangan jumlah pemeriksa dalam susunan Tim Pemeriksaan, mengusulkan sistem manajemen mutu pada komponen pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan, dan penguatan pengawasan terhadap pelaksanaan SPM. Serta perlu dilakukan penyesuaian terhadap pelaksanaan SPM selama masa Pandemi Covid 19 dengan melakukan digitalisasi pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan.

This study aims to evaluate the quality control system (SPM) for the performance of the audit of financial statements carried out at the BPK Representative of West Sulawesi Province. The six components in the audit performance analyzed are audit planning, audit implementation, supervision & review, reporting of audit results, follow-up monitoring of audit results, and audit evaluation. In addition, this thesis will also provide recommendations for improvements to improve the effectiveness of the implementation of SPM. This study used qualitative descriptive analysis by evaluating SPM implementation documents and the results of interviews with SPM implementers and SPM assessors. The results of this study show that overall the BPK Representative of West Sulawesi Province has implemented a quality control system but in its implementation it is still necessary to consider improving the understanding of SPM for auditors, fulfilling the shortage of auditors in the composition of the Audit Team, proposing a quality management system on the component of monitoring follow-up audit results, and strengthening supervision on the implementation of SPM. It is also necessary to make adjustments to the implementation of SPM during the Covid 19 Pandemic by digitizing the Audit Application System."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simbolon, Noel Joshua Makarios
"Pegawai Negeri Sipil memiliki kewajiban yang pada intinya adalah untuk mewujudkan pembangunan nasional Indonesia secara maksimal. Oleh karena itu, mereka memilki sejumlah pekerjaan dan atas hal tersebut kinerja mereka harus diukur yang salah satu bentuknya adalah penilaian kinerja. Dari hasil penilaian kinerja tersebut kemudian berkaitan pula dengan usaha meningkatkan keberhasilan akan reformasi birokrasi di setiap lembaga, di mana dalam skripsi ini berfokus kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Penulisan skripsi ini menerapkan metode penelitian hukum normatif, terutama dalam hal taraf sinkronisasi vertikal dan horizontal. Sifat penulisan adalah analisis-deskriptif. Mengenai data yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini, jenisnya adalah data sekunder, alat pengumpulan data berupa studi dokumen, dan teknik analisis atas data yang dilakukan bersifat kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan terkait kaitan penilaian kinerja dan reformasi birokrasi di BPK RI, diketahui bahwa setidaknya terdapat tiga langkah utama dalam melakukan penilaian kinerja terhadap para pemeriksa BPK RI sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan semakin tinggi hasil penilaian kinerja yang didapatkan, maka semakin besar pula usaha untuk meningkatkan reformasi birokrasi di BPK RI sehingga tercipta suatu tata kelola pemerintahan yang bersih dan baik.

Civil Servants have obligations which in core is to realize Indonesia's national development maximally. Therefore, they have a number of jobs and for that their performance must be measured, one form of which is a performance appraisal. From the results of the performance appraisal, it is also related to efforts to increase the success of bureaucratic reform in each institution, where in this thesis the focus is on the Audit Board of the Republic of Indonesia (BPK RI). Writing this thesis applies normative legal research methods, especially in terms of the level of vertical and horizontal synchronization. The nature of writing is analytical-descriptive. Regarding the data used in writing this thesis, the types are secondary data, data collection tools in the form of document studies, and qualitative data analysis techniques. From the results of research conducted related to performance appraisal and bureaucratic reform at BPK RI, it is known that there are at least three main steps in conducting performance appraisals of BPK RI examiners in accordance with applicable laws and regulations and the higher the performance appraisal results obtained, the greater the effort to improve bureaucratic reform at BPK RI so as to create a clean and good governance."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Pengembangan knowledege management system merupakan salah satu program utama
pengembangan aplikasi dalam rencana strategis teknologi informasi BPK RI. Knowledge management
akan memberi manfaat bagi organisasi untuk mempercepat proses penciptaan pengetahuan baru
dari pengetahuan yang ada dan menjaga pergerakan organisasi tetap stabil meskipun terjadi arus
keluar masuk SDM. Penelitian ini merancang Knowledge Management System agar dapat memenuhi
kebutuhan informasi dan pengetahuan untuk peningkatan kompetensi pemeriksa dalam pemeriksaan
laporan keuangan. Ada tiga tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini. Tahapan-tahapan tersebut
antara lain analisis strategi, analisis pengetahuan dan rancangan sistem. Rancangan sistem berupa
alur sistem dan fungsionalitas sistem tergambar dalam diagram Unified Modelling Language. Hasil
penelitian menunjukkan pengembangan knowledge management system telah disusun dalan rencana
strategi TI BPK RI dan sejalan dengan tujuan strategis organisasi untuk mewujudkan pemeriksaan
yang bermutu. Rancangan sistem yang dibuat memenuhi siklus proses pengetahuan yang terdiri
dari knowledge creation, knowledge accumulation, knowledge sharing, knowledge utilization, knowledge
internalization."
005 JEI 3:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Masykur Musa
"Pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara harus dilaksanakan secraa benar dan governance, dan karena itu harus diperiksa oleh lembaga yang mandiri, obyektif dan bebas dari pengaruh lembaga negara manapun, termasuk pemerinta.
"
2018: Lembaga Pangkajian MPR RI, 2018
342 JKTN 11 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Devi Arlina
"Penelitian ini menguji peran career adaptability sebagai antesenden career engagement dengan dimediasi oleh career satisfaction dan promotability. Penelitian ini dilaksanakan pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dengan total responden sebanyak 298 orang. Keseluruhan responden merupakan pegawai BPK RI dengan Jabatan Administrasi Umum dan Pemeriksa dengan masa kerja di atas lima tahun. Untuk memperoleh respon dari para responden, kuesioner disebarkan secara online melalui google-form dan link yang telah disediakan.
Alat ukur yang digunakan, antara lain Career Adaptability Scales (CAAS) yang dikembangkan oleh Savickas & Porfeli (2012), Career Satisfaction Scales (CSS) yang dikembangkan oleh Greenhaus et al., (1990), four-item scale yang dikembangkan oleh Shore, Barksdale, dan Shore (1995), serta Career Engagement Scale  (CES) yang dikembangkan Hirschi, Freund, dan Herrmann (2014). Untuk analisis data, metode yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling).
Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja PNS sesuai dengan sistem merit yang berlaku di era reformasi birokrasi, khususnya di BPK RI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa career adaptability memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap career satisfaction, promotability, dan career engagement. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan career satisfaction dan promotability memediasi secara parsial hubungan antara career adaptability dengan career engagement.

This study examined the role of career adaptability as antecedents of career engagement mediated by career satisfaction and promotability. This research was conducted at The Supreme Audit Board in Republic of Indonesia (BPK RI) with a total of 298 respondents. All respondents were BPK RI employees in General Administration and Auditor position with a tenure of more than five years. In order to get responses from respondents, questionnaires were distributed online through google-form and links provided.
The measuring instruments used for this study were Career Adaptability Scales (CAAS) developed by Savickas & Porfeli (2012), Career Satisfaction Scales developed by Greenhaus et al., (1990), four-item scales developed by Shore, Barksdale, and Shore (1995), and also Career Engagement Scale (CES) developed by Hirschi, Freund, and Herrmann (2014). A Structural Equation Modeling (SEM) was used to analyse data.
This research was expected to contribute in improving the qualifications, competencies, and performance of civil servants in accordance with the merit system prevailing in the era of bureaucratic reform, especially at BPK RI. The results indicated that career adaptability related positively and significantly with career satisfaction, promotability, dan career engagement. In addition, this study also showed that career satisfaction and promotability partially mediated the relationship between career adaptability and career engagement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54642
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Joko Pramono
Jakarta: Badan Pemeriksa Keuangan Direktorat Penelitian dan Pengembangan, 2018
340 JTKAKN 4:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Angga Anugrawan
"Penelitian ini mengevaluasi efektivitas Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut (SIPTL) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) berdasarkan Model HOT Fit. Evaluasi difokuskan pada SIPTL eksternal atau dari sisi auditee. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan objek penelitiannya adalah Inspektorat Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Evaluasi dilakukan pada aspek human (penggunaan sistem dan kepuasan pengguna), organization (struktur organisasi), dan technology (kualitas sistem, informasi, dan layanan). Pada aspek human atau manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), menunjukan kesesuaian bidang pengalaman, pengetahuan, dan kompetensinya. Pada aspek organisasi, pengendalian (controlling) hak akses sudah sangat baik berupa password pada masing-masing admin dan inputer SIPTL. Pada aspek teknologi, kecepatan akses antar halaman dan penambahan fitur pada aplikasi SIPTL sangat memudahkan. Dengan demikian, secara umum aplikasi SIPTL eksternal pada Inspektorat Kabupaten Majene telah efektif berdasarkan Model HOT Fit. Kekurangan SIPTL saat ini adalah tidak adanya pelatihan secara berkala terhadap pengguna, komunikasi dengan pengguna yang belum berjalan maksimal, tidak adanya pergantian password secara berkala, dan belum adanya update aplikasi secara berkala. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk mengevaluasi SIPTL internal yaitu dari sisi BPK RI sebagai pengguna serta penambahan objek penelitian sebagai perbandingan analisis.

This study evaluated the effectiveness of the Follow-up Monitoring Information System (SIPTL) of the Audit Board of the Republic of Indonesia (BPK RI) based on the HOT Fit Model. Evaluation is focused on external SIPTL or from the auditee side. This research is a qualitative research with a case study approach and the object of the research is the Inspectorate of Majene Regency, West Sulawesi. Evaluation is carried out on human aspects (system use and user satisfaction), organization (organizational structure), and technology (quality of systems, information, and services). In the human aspect or Human Resources (HR) management, it shows the suitability of the field of experience, knowledge, and competence. In the organizational aspect, controlling access rights is very good in the form of passwords on each admin and SIPTL inputer. In the technological aspect, the speed of access between pages and the addition of features to the SIPTL application are very easy. Thus, in general, the application of external SIPTL to the Majene District Inspectorate has been effective based on the HOT Fit Model. The disadvantages of SIPTL today are the absence of regular training of users, communication with users that has not run optimally, the absence of regular password changes, and the absence of regular application updates. Further research is recommended to evaluate internal SIPTL, namely from the side of the BPK RI as a user and the addition of research objects as a comparison analysis."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yanwal Sekar Rarasati
"Penelitian ini membahas tentang jaringan komunikasi Perpustakaan Riset BPK RI dalam memberikan layanan perpustakaan di masa pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia hampir dua tahun ini telah mengubah metode dan budaya kerja dengan adanya fenomena bekerja dari rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jaringan komunikasi di Perpustakaan Riset BPK RI ditinjau dari pola komunikasi dan peran individu serta faktor yang mempengaruhinya dalam rangka memberikan layanan perpustakaan di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dari Februari hingga April 2022 melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Informan penelitian dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pola komunikasi yang terbentuk di Perpustakaan Riset BPK RI adalah Pola All Channel. Selain itu, peran yang muncul dalam jaringan komunikasi adalah Gate Keeper, Opinion Leaders, Bridges, dan Cosmopolites. Dapat disimpulkan bahwa peran individu dalam membangun jaringan komunikasi di Perpustakaan Riset BPK RI adalah saling mendukung dalam memberikan layanan yang lebih inovatif dengan memperhatikan kebutuhan pemustaka di masa pandemi COVID-19. Adapun saran dari penelitian ini adalah Perpustakaan Riset BPK RI dapat terus meningkatkan keterlibatan pegawai perpustakaan dalam pertimbangan pembuatan keputusan, sehingga Perpustakaan Riset BPK RI dapat memberikan layanan perpustakaan di masa pandemi COVID-19 dengan memperhatikan peran individu serta pola jaringan komunikasi.

This study discusses the communication network at Perpustakaan Riset BPK RI in providing library services during the COVID-19 pandemic. The COVID-19 pandemic has occurred in Indonesia for almost two years and has changed work methods and culture with the phenomenon of working from home. The purpose of this study was to identify the communication network in Perpustakaan Riset BPK RI in terms of communication patterns and individual roles as well as the factors that influence such communication in order to provide library services during the COVID-19 pandemic. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection was carried out from February to April 2022 through interviews, observations, and document analysis. Research informants were selected based on purposive sampling method. From this research, it can be seen that the communication pattern formed in Perpustakaan Riset BPK RI is the All-Channel Pattern. In addition, the emerging roles in the communication network are Gate Keepers, Opinion Leaders, Bridges, and Cosmopolites. It can be concluded that the role of individuals in building communication network at the Perpustakaan Riset BPK RI is to support each other in providing more innovative services by paying attention to the needs of users during the COVID-19 pandemic. The suggestion from this research is that Perpustakaan Riset BPK RI can continue to improve and maintain the involvement of library employees in decision-making considerations, so that the library can provide library services during the COVID-19 pandemic by taking into account the individual roles as well as the communication network patterns."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Zaidan Abdurrahman Qois
"Citra menjadi suatu hal yang sangat penting bagi setiap institusi, tidak terkecuali perpustakaan. Citra perpustakaan sangat memengaruhi perilaku pemustaka terutama berkaitan dengan tindakan mereka terhadap perpustakaan, dimana citra buruk mengenai perpustakaan masih berkembang dan dipercaya masyarakat hingga saat ini, seperti tempat atau gudang penyimpanan buku, terkenal akan pustakawan yang tidak ramah, dan sebagainya. Namun, teknologi informasi yang semakin berkembang banyak dimanfaatkan oleh berbagai industri untuk mampu memperbaiki dan meningkatkan citra institusi mereka, seperti melalui media sosial hingga teknologi virtual tour. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh dari library virtual tour terhadap citra perpustakaan, dengan berfokus pada Perpustakaan BPK RI yang sudah menerapkan teknologi virtual tour sebagai salah satu bentuk promosi mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam pengumpulan data sejak 26 Maret hingga 3 April 2021 dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan dan pengaruh yang signifikan antara library virtual tour dengan citra perpustakaan, selain itu juga menunjukkan bahwa Perpustakaan BPK RI memiliki citra yang baik serta Perpustakaan BPK RI Virtual Tour memiliki kualitas yang bagus berdasarkan penilaian pengguna

Image is very important for every institution, including libraries. The library image greatly influences the behavior of library users, especially those related to their actions towards the library, where a bad image about the library is still developing and is trusted by the public, such as warehouse to store books, unfriendly librarians, and others. However, the development of information technology has been used by various industries to improve the image of their institutions, such as through social media and virtual tour technology, which have also been implemented in Perpustakaan BPK RI. Based on that, this study aims to evaluate the effect of a library virtual tour on the library image, focusing on Perpustakaan BPK RI which has implemented virtual tour technology as a means of their promotion. The study using quantitative approach to collect data from 26 March until 3 April 2021 and to analyze data. The results show that there is a significant relationship and effect between library virtual tour and library image, besides it also shows that Perpustakaan BPK RI has a good image to the users and its Virtual Tour has a good quality based on user assessments."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>