Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Abdullah Hasan Alifuddin
"BSI merupakan produk merger bank Syariah pertama di Indonesia yang diresmikan pada 2021 lalu. Penggabungan 3 bank Syariah tersebut telah menghasilkan satu bank syariah besar yang digadangkan pemerintah akan mampu mendorong pertumbuhan pangsa pasar bank Syariah di Indonesia, dengan harapan mampu berdaya saing global. Kini, telah dua tahun berlalu pasca lahirnya BSI, perlu kiranya untuk meninjau perkembangan, khususnya dampak pasca kebijakan merger tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang bertujuan menganalisis dampak merger pasca diresmikannya BSI, dengan focus pada aspek Pangsa Pasar, Kinerja Bank, Jumlah Nasabah dan SDM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merger secara umum telah memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan bank yang ditunjukkan dengan meningkatnya pangsa pasar, kinerja bank, dan jumlah nasabah, tanpa membuat kebijakan PHK bagi SDM mereka. Meskipun begitu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dari keempat aspek yang menunjukkan bahwa BSI saat ini, baik secara internal maupun eksternal masih dalam masa transisi pasca merger menuju kondisi optimal yang diharapkan.
BSI is the first Sharia bank merger product in Indonesia which was inaugurated in 2021. The merger of those 3 Islamic banks has resulted in a large Islamic bank which the government predicts will be able to encourage the growth of the market share of Islamic banks in Indonesia, with the hope of being able to compete globally. Now, two years have passed after the birth of BSI, it is necessary to review developments, especially the impact of the post-merger policy. This research is a descriptive qualitative research, which aims to analyze the impact of the merger after the inauguration of BSI, with a focus on aspects of Market Share, Bank Performance, Number of Customers and Human Resources. The results of the study show that mergers in general have had a positive impact on bank growth as indicated by increasing market share, bank performance and number of customers, without making layoff policies for their human resources. Even so, there are several things that need to be considered from the four aspects which indicate that BSI is currently, both internally and externally, still in a post-merger transition period towards the expected optimal conditions"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik Dan Global Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Lutfie Hidayatullah
"Digitalisasi sektor perbankan saat ini terus mengalami perkembangan yang sangat masif dan inovatif, karena untuk dapat bersaing dengan kompetitor lain suatu bank dituntut untuk memiliki keunggulan dengan teknologi yang digunakan selain untuk efisiensi, bank yang memiliki layanan digital dapat memudahkan nasabah dalam bertransaksi dan menjadi lebih fleksibel. Sehingga nasabah mendapatkan pengalaman yang berkesan. tujuan penelitian ini adalah menentukan dimensi dan atribut yang dipakai untuk mengukur kualitas pelayanan, dan bagaimana kualitas pelayanan jasa. Metode yang dilakukan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 155 nasabah sebagai responden kemudian data di uji validitas dan reliabilitasnya. Jika data dinyatakan valid dan reliabel maka dihitung gap antara persepsi dan harapan dari setiap atribut. 5 atribut yang memiliki gap terbesar yaitu tidak adanya bunga pinjaman, fasilitas parkir kendaraan, tidak ada bunga tabungan, pelayanan yang menyenangkan (waktu pelayanan cepat) dan tim manajemen memiliki pengetahuan yang luas,. Investasi terhadap digitalisasi pada bank memang keputusan yang tepat pada abad 21 ini. Tetapi sebagai bank yang memiliki prinsip khusus dalam aktivitasnya, diperlukan pengembangan terhadap pemenuhan kepatuhan.
The current digitization of the banking sector continues to experience massive and innovative developments because to be able to compete with other competitors, a bank has an advantage with the technology used in addition to efficiency, a bank that has digital services can make it easier for customers to transact and be more flexible. So that customers get a memorable experience. The purpose of this study is to determine the dimensions and attributes used to measure the quality of service, and how the quality of service is. The method used is by distributing questionnaires to 155 customers as respondents then the data is tested for validity and reliability. The 5 attributes that have the biggest gap are no credit interest, vehicle parking facilities, no savings interest, pleasant service, and a broad management team. Investing in digitization in banks is indeed the right decision in this 21st century. But as a bank that has specific principles in its activities, it is necessary to develop compliance."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Siregar, Rizkon Kasiron
"Laporan magang ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran jasa pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Depok Dua. Tren dan perkembangan bank syariah termasuk BSI di Indonesia terbilang sangat cepat karena jumlah populasi muslim dan perkembangan perbankan syariah. Teori utama yang digunakan dalam laporan ini adalah kualitas pelayanan oleh Lovelock & Wright (2002) yang terdiri dari lima dimensi, antara lain tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Laporan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data yakni observasi dan studi kepustakaan. Hasil dari laporan magang ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai BSI KCP Depok Dua kepada nasabah sudah baik. Namun terdapat berbagai catatan seperti perlu menerapkan berbagai macam teknologi dalam pemberian layanan. Hal tersebut dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi baik dari segi waktu, biaya, dan kualitas pelayanan yang diberikan kepada nasabah. Rekomendasi laporan ini kepada BSI KCP Depok Dua adalah BSI KCP Depok Dua perlu menjadi perusahaan yang lebih terbuka terhadap perubahan seperti transformasi digital yang komprehensif dengan penerapan teknologi untuk manajemen data yang lebih baik dan peningkatan langkah-langkah keamanan siber untuk melindungi aset perusahaan.
This internship report aims to analyze the quality of service marketing at Bank Syariah Indonesia (BSI) Depok Dua Branch Office (KCP). The trend and development of Islamic banks including BSI in Indonesia is quite rapid due to the number of Muslim population and the development of Islamic banking. The main theory used in this report is service quality by Lovelock & Wright (2002) which consists of five dimensions, including tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. This report uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques, namely observation and literature study. The results of this internship report indicate that the quality of service provided by BSI KCP Depok Dua employees to customers is good. However, there are various notes such as the need to apply various technologies in providing services. This can increase effectiveness and efficiency in terms of time, cost, and quality of service provided to customers. The recommendation of this report to BSI KCP Depok Dua is that BSI KCP Depok Dua needs to become a company that is more open to change such as comprehensive digital transformation with the application of technology for better data management and increased cybersecurity measures to protect company assets."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Anti Dharmayanti
"A 31-year-old patient came to visit the outpatient clinic at the hospital for his routine twice-weekly hemodialyis (HD) session. During HD, the patient suddenly developed a fever with shivering. At that time, a diagnosis of catheter-related blood stream infection (CR-BSI) was developed, HD catheter or the catheter double lumen (CDL) was uninstalled and the patient was hospitalized. Results of culture withdrawn through the tip of catheter lumen and peripheral blood revealed identical microorganism, i.e. the Enterobacter cloacae. Diagnosis of CR-BSI in the present case was made based on the 2009 Infectious Disease Society of America (IDSA) criteria. In general, prevention measures for CR-BSI should be taken into account including education for patient, awareness of the health care providers who install the CDL, implementation of procedure for appropriate skin aseptic technique and best practice for HD catheter care, particularly on the exit site of the CDL to prevent the development of CR-BSI.
Seorang pasien pria usia 31 tahun, datang berobat jalan ke rumah sakit untuk hemodialisis (HD) rutin 2 kali dalam seminggu. Saat dilakukan tindakan HD mendadak pasien demam dan menggigil, saat itu ditegakkan diagnosis catheter-related blood stream infection (CR-BSI), dilakukan pencabutan catheter double lumen (CDL) dan pasien kemudian dirawat. Hasil kultur tip CDL dan kultur darah perifer didapatkan kuman yang sama yaitu Enterobacter cloacae. Diagnosis CR-BSI pada kasus ini ditegakkan berdasarkan kriteria Infectious Disease Society of America (IDSA) tahun 2009. Secara keseluruhan harus diperhatikan langkah pencegahan CR-BSI berupa edukasi pasien dan petugas yang memasang CDL, penerapan prosedur tindakan aseptik kulit yang benar serta perawatan exit site CDL, untuk mencegah terjadinya CR-BSI."
Jakarta: University of Indonesia. Faculty of Medicine, 2018
610 UI-IJIM 50:3 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library