Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mendelson, Martin
Jakarta: Pustaka Binawan Pressindo, 1997
R 658.02 MEN h t
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Izraeli, Dov
London: Longman, 1972
658.84 IZR f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Herawati Yuniati Aziz
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003
T26400
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Morganstern, Stanley
New York: Oceana Publications, 1978
343.730 7 MOR l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hoyi Siantoresmi
Abstrak :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi PT Erha Dennato Center dalam menerapkan sistem waralaba sebagai upaya menambah saluran distribusinya. Sistem waralaba dipilih karena dinilai paling sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan perusahaan. PT Erha Dermato Center adalah sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang dermataceurical, mempunyai produk perawatan kulit erha2l medicated skin care dan klinik perawatan kulit erha2l Skin Clinic. Permasalahan yang dihadapi oleh PT Erha Dermato Center disebabkan karena minimnya referensi mengenai aplikasi sistem waralaba di bidang pelayanan kesehatan. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran tentang upaya penerapan sistem waralaba di PT Erha Dermato Center. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data-data dan informasi diperoleh melalui wawancara mendalam dengan informan, studi dokumen dan observasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel yang berpengaruh dalam penerapan sistem waralaba di PT Erha Dermato Center adalah Merek Dagang; Keuangan; Standar; Marketing; Pelatihan, Bantuan dan Bimbingan; serta Hukum. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diambil kesimpulan bahwa pengembangan jaringan distribusi yang dilakukan oleh PT.EDC belum dapat dikatakan sebagai sistem waralaba, melainkan Peluang Bisnis, yang merupakan embrio waralaba. Kesimpulan berikutnya adalah, tiap variabel mempunyai beberapa sub-variabel yang terpenting. Sub-variabel merupakan satu atau dua hal yang terpenting dalam setiap variabel. Variabel Merek Dagang mempunyai sub-variabel registrasi merek dagang dan hak paten. Variabel Keuangan memiliki sub-variabel investasi dan biaya waralaba. Variabel Standar sub-variabelnya yaitu mutu dan kepuasan pelanggan. Variabel Marketing mempunyai sub-variabel jaringan distribusi. Variabel Pelatihan, Bantuan dan Bimbingan mengandung sub-variabel hubungan jangka panjang antara pemilik waralaba dengan pembeli waralaba. Sedangkan sub-variabel untuk variabel Hukum adalah perjanjian kerjasama. Diantara variabel-variabel tersebut, yang terpenting adalah variabel Merek Dagang dan Standar. Sebagai saran dikemukakan agar merek dagang erha2l dipelihara sebagai aset, aspek keuangan dalam sistem waralaba di PT Erha Dermato Center dikaji secara berkala dan dibakukan, standar perlu dievaluasi supaya lebih lengkap namun mudah dimengerti, proses seleksi pembeli waralaba disempurnakan. Perlu dibentuk tim khusus untuk memberikan pelatihan, bantuan dan bimbingan secara terus menerus, dan perjanjian kerjasama perlu disempurnakan dan dibakukan. Untuk aplikasi sistem waralaba di rumah sakit, disarankan hanya untuk jenis pelayanan tertentu saja yang sifatnya perawatan dengan tetap mempertahankan adanya ketergantungan pembeli waralaba kepada rurnah sakit pemilik waralaba.
Analysis of the Application of Franchising System of PT Erha Dermato Center Year of 2002This study was derived from the problem facing by PT Erha Dennato Center in its effort to apply a franchising system in order to increase its distribution channels. The franchising system was chosen because it was considered to be in line with the situation, condition and the needs of the company. PT Erha Dermato Center is a private company in the field of dermatoceutical. Its products are the erha2l medicated skin care line and the skin care clinic ; erha2l Skin Clinic. The problem facing PT Erha Dermato Center was due to the minimal number of references specific for the application of franchising in the health services industry. Therefore this study is targeted to dig up the relevant variables which will effect the application of the franchising system for PT Erha Dermato Center and the dynamics of said variables. This is a case study utilizing a qualitative approach. The data and information collected through in-depth interview with informants, documents study and direct observations. The result of the study shows that the variables effecting the application of a franchising system for PT Erha Dermato Center are; Trade Mark, Finance, Standard, Marketing, Training, Operational Assistance and Consultation, and Law. Based on the study and analysis, it was concluded that every variable had several important sub-variables. The said variables manifested itself as one or two main importance within each variable. The "Trade Mark" variable has the sub-variables Trade Mark Registration and Patent Right. The "Finance" variable has the sub-variables Investment and Franchising Fee. The "Standard" variable has the sub-variables quality and customer satisfaction. The "Marketing" variable has the sub-variable distribution channels. The "Training, Operational Assistance and Consultation" variable has the sub variable long range relationship between the franchisee and its franchisor. And the "Law" variable has the sub-variable Co operational Contract. Concerning the variables above the most important ones are Trade Mark and Standard. It is recommended that the trade mark erha2l be treated as an asset, the financial aspect of the franchise should be evaluated from time to lime, the standards should be routinely evaluated and revamped to make it even more complete but easier to comprehend, the process of franchisee selection needs to be improved, there is a need for a specific team to handle the training, assistance and consultation on an on-going basis, and the legal cooperation contract needs to be perfected and standardized. For the application of franchising for general hospital, it is recommended to be applied for certain specific service only in the field of health care while still maintaining the dependency of the franchisee to its franchisor.
Depok: Universitas Indonesia, 2002
T 7829
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosa Agustina
Abstrak :
Pengaruh arus globalisasi sebagai salah satu konsekwensi pembangunan ekonomi telah membawa dampak luas terhadap perkembangan hukum ekonomi di Indonesia. Keadaan ini di tandai dengan banyaknya unsur-unsur hukum asing yang mempengaruhi sistim hukum nasional, karena kegiatan bisnis sebagaimana pasar nasional adalah juga merupakan pasar internasional. Kenyataan demikian dapat dilihat antara lain pada perkembangan hukum perjanjian, khususnya perjanjian Innominat yang antara lain meliputi perjan-jian- Leasing, Franching, dan Factoring. Perjanjian-perjanjian Innominat tersebut tidak di kenal dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata maupun Kitab Undang-Undang Hukum Dagang, namun dapat hidup dan berkembang karena Kitab Undang-Undang Hukum Perdata kita menganut sistim terbuka dan azas kebebasan berkontrak artinya bahwa peraturan-peraturan hukum perjanjian yang tercantum dalam KUH Perdata hanya merupakan peraturan pelengkap saja, kepada masyarakat di berikan ke bebasan yang seluas-luasnya untuk membuat perjanjian dengan syarat-syarat yang mereka tentukan dan sepakati bersama. Azas kebebasan berkontrak berpangkal pada kedudukan kedua belah pihak yang sama derajat tetapi kenyataan sekarang seringkali tidaklah demikian. Seringkali ditemui adanya perjanjian antara kedua belah pihak yang tidak sederajat secara ekonomis dan dalam kondisi seperti ini sering kali kepentingan pihak yang lemah tidak terlindungi.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993
S9040
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Dilla Noverita
Abstrak :
The way Body Shop International PLC (BSI) develops itself is rally amazing. In the world of international business surrounded by strong competition, BSI still able to struggle and maintain its position as a company that will always concern of environment protection. This article will discuss and evaluate the way BSI's strenghts in gaining competitive advantage along with its weaknesses and the way it handles the external threat. Lastly this article also provides some good recomendation strategies which would be carrying great weight for company in ten years ahead.
2006
MUIN-XXXV-2-Feb2006-38
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library