Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Ridwan B.
Abstrak :
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep GO-FOOD, serta untuk memahami permasalahan-permasalahan hukum yang terjadi dalam transaksi GO-FOOD dan bagaimana hukum memandang permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yang bersifat yuridis normatif dengan data sekunder berupa peraturan perundang-undangan dan buku. Hasil dari penelitian yaitu ditemukannya beberapa permasalahan hukum yang dapat merugikan pengguna jasa GO-FOOD. Sehingga sudah seharusnya pihak PT GOJEK Indonesia dapat membuat regulasi atau kebijakan yang dapat melindungi bagi pengguna jasa (konsumen) GO-FOOD.
ABSTRACT
This paper discuss about the concept of Go-Food, and how to understand the legal problem of that finance transaction, and hows the Indonesia law regulates it. This legal research uses normative juridical approach with secondary data from regulations and books. The result of this research is  there are some legal problems with GO-FOOD transaction that harming the users of GO-FOOD. So PT GOJEK Indonesia should make regulation / policy to protect the users of GO-FOOD.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Napitupulu, Alda Eunique Roulina
Abstrak :
Penjualan minuman beralkohol melalui aplikasi e-commerce merupakan dampak dari perkembangan digital yang meningkatkan akses transaksi secara daring. Akibatnya, anak memiliki akses untuk membeli dan mengkonsumsi minuman beralkohol tanpa pengawasan yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek perlindungan konsumen anak dalam penjualan minuman beralkohol yang ditemukan dalam aplikasi Gojek. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan dan menganalisis aspek hukum perlindungan konsumen dalam penjualan dan konsumsi minuman beralkohol oleh anak serta implementasinya dalam aplikasi Gojek berdasarkan ketentuan hukum di Indonesia. Berdasarkan analisis yang dilaksanakan, penelitian ini menemukan adanya ketidakharmonisan antara peraturan dan pelaksanaan penjualan minuman beralkohol secara daring, khususnya melalui aplikasi e-commerce seperti Gojek. Ketentuan mengenai anak yang melakukan transaksi minuman beralkohol tidak dilaksanakan dengan optimal serta bersifat kontradiktif. Dengan demikian, untuk melaksanakan perlindungan anak  dibutuhkan peran aktif dan penyesuaian dari berbagai pihak yang terlibat, yaitu pelaku usaha, penyelenggara perdagangan sistem elektronik seperti Gojek, orang tua, dan pemerintah untuk memastikan bahwa regulasi dan pengawasan yang harus diimplementasikan dapat mencegah anak-anak dari akses dan konsumsi minuman beralkohol. ......The sale of alcoholic beverages through e-commerce is an impact of digital development that increases access to online transactions. Consequently, children now have access to purchase and consume alcoholic beverages without adequate supervision. This paper aims to analyze the aspects of child consumer protection in the sale of alcoholic beverages found in the Gojek application. The general objective of this paper is to provide explanation and analyze the legal aspects of consumer protection in the sale and consumption of alcoholic beverages by children and its implementation in the Gojek application based on legal provisions in Indonesia. Based on the research undertaken, this paper finds the disharmony between existing regulations and the implementation of selling alcoholic beverages online, especially through e-commerce applications such as Gojek. The provisions regarding children who conduct alcohol transactions are not optimally implemented and are contradictory. Thus, in order to enforce child protection, active roles and adjustments are needed from various parties involved, namely business actors, e-commerce providers such as Gojek, parents, and the government to ensure that the regulations and supervision that must be applied are sufficient to prevent children from accessing and consuming alcoholic beverages.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Isnaini Nursilvia
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pengalaman merek pada konsumen Gojek Indonesia memiliki pengaruh terhadap loyalitas merek. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan para pengguna Gojek Indonesia yang berdomisili di Indonesia yang berusia 18-28 tahun. Terdapat sebanyak 290 responden terkumpul yang menggunakan metode purposive sampling. Kemudian, diolah dan dianalisis menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh dari pengalaman merek yang dirasakan oleh konsumen Gojek Indonesia terhadap loyalitas merek melalui persepsi kualitas dan kepercayaan merek. Penelitian ini menunjukkan bahwa loyalitas merek dipengaruhi secara langsung oleh pengalaman merek, persepsi kualitas, dan kepercayaan merek. Selain itu, persepsi kualitas dan kepercayaan merek juga memiliki efek mediasi terhadap hubungan antara pengalaman merek dan loyalitas merek. Penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan pada industri on-demand service dalam meningkatkan loyalitas merek dari konsumen mereka. ......This study aims to determine that the brand experience of Gojek Indonesia customers has an influence on brand loyalty. The samples used in this study are Gojek Indonesia users who are domiciled in Indonesia aged 18-28 years. There were 290 respondents collected using purposive sampling method. The date is processed and analyzed using Partial Least Square - Structural Partial Model (PLS-SEM). The results of this study show the influence of the brand experience felt by Gojek Indonesia customers on brand loyalty through perceived quality and brand trust. This study shows that brand loyalty is directly influenced by brand experience, perceived quality, and brand trust. Moreover, perceived quality and brand trust also have a mediating effect on the relationship between brand experience and brand loyalty. This study is expected to help companies in the on-demand service industry in increasing brand loyalty from their customers.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library