Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Esytih Yuniarti
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bermaksud lmtuk melihat perbandingan manajemen redaksiona] antara sims sims berita Detilccom dan Kompas.com. Bcrdasarkan pcnclitian., masing-masing news media online ini memiliki karakteristik sebagai situs media online dan mempunyai konsep manajemen redaksional. Ada perbedaan-perbedaan yang mendasar di antara kedua sims berita online ini yajtu konsep kecepatan dan updating. target pembaca, proscs rekruitmen, jumiah Sumber Daya Manusia. I-Iasil temuan peneliiian, dapat dilihat bahwa Dezikcom mengutamakan kecepatan dan bersifat ?Breaking News?, semeniara Kompascom mengutamakan keakuratau dan kelengkapan dalam pcnyampaian beritanya. Ada pcrbedaan target pcmbaca ke dua sims lersehut dimana target pembaca Delilacom hampir seimbang antara laki-Iaki & perempuan, bommur 18 tahun kcatas, tingkat pendidikan SMA ke atas, dan dibaca semua golongan pendapatan. Sementara Kompaacom dibaca olch dominan laki-laki, beiumur 20- 35 tahun, dengan tingkal pendidikan sazjana. Proscs rekruitmen di kedua sims berita tersebut juga bcrbedzn Deiilccom mem?-erikan pelatihan terlcbih dahulu sebelum reporternya turun ke Iapangan, sementara Kompasxom langslmg menunmkan rcporternya ke lapangan sebagai saiah sam bentuk ujian bagi meneka Jumlah staf mdaksi di Kompas.com lebih sediicit dibandingkan dengan Detiic com karena rnemiliki integrated newsroom dengan koran-koran lain dalam satu grup di Keompok Kompas Gmmedia, sementara Delikcom mempunyai jumlah stef rodaizsi yang lebih banyak karena berdiri sendiri. Kata Kunci : keuapatan, target pembacm proses rekruitmen, Staf redaicsi, integrated newsroom.
ABSTRACT
The objective of this research is to End out the comparisons of pertaining to editing management between news media online Detilccom and news media online Kompascom. This research shows how the methods are and what a mechanism of working is, and also shows the other variables that are related with pertaining to editing management by Detikcam and Kornpaszcom. Basically the differentiation are speed/updating, target audience, recruitment process, Human Resources. Based on this research, the results shows Kompasncom has prioritized to be accurate and complete news, on the other side, Detikcom has more prioritized to bc fast through ?breaking news?_ The target audience of Dctik.com is Male (55%) & Female (45%) by age I8 above, with education level is Senior High School and read in all SES. While readers of Kompas.com are dominant Male (71%), by age 20-35 yrs old (60%), with education level is Bachelor (54%). Recruitment process has also different. Detik.com give training betbre candidate go to field, while Kompascom has to a new reporter go to iield first to see the ability of those person as the one o"recruilment test. Besides that, Kompaszcom owns a network system/group which is having the total of human resources is less; it is because they have an integrated newsroom with other newspapers in a group. In the other hand, Detikcom doesn?t own a network system/ group so they are having a lot of human resources. Keyword : speed/updating, target audience, recruitment process, Human resources, integrated newsroom.
2009
T26918
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library