Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 28 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Tri Budi Setyaningsih
"Teknologi medis baru, perlu memiliki kegunaan yang lebih tinggi (high usability) sehingga dapat digunakan dengan mudah, efektif, efisien dan memuaskan (ISO 9421-11). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat penerimaan dari 2 kelompok perawat terhadap alat Pemantau Infus Jarak Jauh guna mendapatkan alat dengan kegunaan yang tinggi, sehingga alat tersebut siap dikomersialisasikan. Berdasarkan analisis acceptability dengan metode Usability Testing, diperoleh hasil bahwa jumlah perawat yang menerima teknologi baru tersebut sebanyak 75%, jika dilakukan perbaikan pada desain alat. Saran perbaikan teknis alat dapat digunakan bagi tim pengembangan produk dalam perbaikan desain produk.

New medical technology should have a higher purpose that can be used by users with ease in an effective, efficient and satisfying (ISO 9421-11). The study was conducted to determine the level of acceptance from two groups of nurses to the infusion monitoring control tool with high usability so that tool is ready to be commercialized. Based on the acceptability analysis using the Usability Testing method, the study has obtained the result that the number of nurses who received the new technology is as much as 75% if there is an improvement of design. The technical feedback can be used by development product team to improvement design product."
2012
T31054
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Reska Nugroho Sudarto
"Aplikasi Tes Potensi, sebuah platform digital yang digunakan oleh BPSDM Hukum untuk layanan penilaian kompetensi, digunakan untuk menilai kemampuan pegawai di kementerian hukum dan lembaga kementrian lainnya. Dalam penggunaannya, aplikasi ini masih menghadapi beberapa masalah terkait fungsi dan desain antarmuka. Sistem belum optimal untuk penambahan peserta secara massal dan memiliki keterbatasan fungsionalitas yang memperpanjang waktu pemrosesan. Ketiadaan fitur anti-screenshot dan pengawasan peserta yang komprehensif membuka peluang untuk kecurangan. Selain itu, antarmuka yang kurang user-friendly dan beberapa bug menghambat kenyamanan dan kelancaran pelaksanaan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna terhadap aplikasi tes potensi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian metode campuran dengan teknik wawancara, kuisoner, dan analisis data. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kegunaan dan memberikan rekomendasi perbaikan desain antarmuka aplikasi tes potensi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa kendala pada sistem seperti tidak efisien sistem dalam melakukan penambahan peserta baru dalam jumlah banyak, sehingga prosesnya memakan waktu lebih lama dari yang seharusnya. Direkomendasikan beberapa perbaikan berdasarkan masalah yang ditemukan pada modul beranda, modul event, pengaturan modul, dan modul tes yang terdapat pada rancangan desain perbaikan SP1, SP2, SP3, dan SP4. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi BPSDM Hukum untuk meningkatkan kualitas aplikasi tes potensi pada Layanan Penilaian Kompetensi sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi para pengguna.

The Potential Test Application, a digital platform used by the Law Human Resources Development Agency for competency assessment services, is used to assess the abilities of employees in the ministry of law and other ministerial institutions. In use, the application still faces several issues related to functionality and interface design. The system is not optimized for mass addition of participants and has limited functionality that extends processing time. The absence of anti-screenshot features and comprehensive participant monitoring opens up opportunities for cheating. In addition, the less user-friendly interface and several bugs hinder the convenience and smoothness of the assessment. This study aims to evaluate the user experience of the potential test application. The research method used is mixed method research with interview techniques, questionnaires, and data analysis. From these problems, this study aims to evaluate usability and provide recommendations for improving the interface design of the potential test application. Based on the results of the study, there are several obstacles to the system such as the inefficiency of the system in adding new participants in large numbers, so that the process takes longer than it should. Several improvements are recommended based on the problems found in the home module, event module, module settings, and test module contained in the SP1, SP2, SP3, and SP4 improvement designs. This research is expected to provide useful input for Law Human Resources Development Agency to improve the quality of the potential test application in the Competency Assessment Service so that it can provide better service for users."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Alita Dantrie
"Penelitian ini melihat hubungan antara persepsi kegunaan yang dirasakan oleh mahasiswa Universitas Indonesia dan kepuasannya setelah menggunakan SCELE-UI. Perbedaan individu memiliki peran penting untuk memprediksi tingkah laku pembelajar; karenanya trait conscientiousness yang erat kaitannya dengan pencapaian akademis digunakan sebagai moderator penelitian ini. Responden merupakan 236 mahasiswa dari Universitas Indonesia. Trait conscientiousness diukur menggunakan Big Five Inventory (John, Donahue, & Kentle, 1991) yang telah diadaptasi Ramdhani (2012). Kepuasan pengguna dan persepsi kegunaan menggunakan alat ukur Mohammadi (2015). Hasil penelitian menunjukkan, 1) terdapat hubungan antara persepsi kegunaan dan kepuasan pengguna; 2) terdapat hubungan antara conscientiousness dan persepsi kegunaan dan dengan kepuasan pengguna; 3) Tidak terdapat efek moderasi dari conscientiousness pada hubungan antara persepsi kegunaan dan kepuasan pengguna. Penelitian ini dapat menjadi dasar konsiderasi inovasi dan penyesuaian fitur SCELE-UI bagi KSDP UI.

This study examined the relationship between perceived usefulness felt by University of Indonesia students and their satisfaction after using SCELE-UI. Individual differences have an important role to predict learner's behavior; hence conscientiousness trait, which is closely related to academic achievement, is used as the moderator of this research. The respondents were 236 students from University of Indonesia. Conscientiousness was measured using the Big Five Inventory (John et al., 1991) which had been adapted by Ramdhani (2012). User satisfaction and perceived usefulness was measured using instruments developed by Mohammadi (2015). The results show that, 1) there is a relationship between perceived usefulness and user satisfaction; 2) there is a relationship between conscientiousness and perceived usefulness and with user satisfaction; 3) There was no moderating effect from conscientiousness on the relationship between perceived usefulness and user satisfaction. This research can be a basis for innovation consideration and adjustment of SCELE-UI features for KSDP UI."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indarwati Hikmawan
"Dalam dunia asuransi semakin banyaknya peserta semakin baik dan sebaliknya, termasuk asuransi sosial yang dikenal sebagai Jaminan kesehatan Nasional seperti yang diterapkan di Indonesia. Namun faktanya, masih ada masyarakat yang belum menjadi peserta JKN dikarenakan mereka mengganggap mereka harus membayar iuran yang menurut mereka mahal setiap bulan, kemudian masih ada peserta yang belum mengetahui tentang JKN. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepesertaan mandiri di wilayah kerja BPJS Kesehatan kantor layanan operasional Kabupaten Bogor tahun 2015.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional yang berarti pengukuran variabel dependen dan independen dilaksanakan pada satu waktu. jumlah populasi pada penelitian ini adalah 110 orang, menggunakan alat ukur kuisoner, analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji statuistk chi-square.
Hasil penelitian 6 (enam) variable signifikan berhubungan dengan kepesertaan mandiri yaitu pendidikan, pekerjaan, pandangan terhadap resiko, pendapatan, premi dan kegunaan dan 3 (tiga) variable tidak signifikan berhubungan dengan kepesertaan mandiri yaitu umur, jenis kelamin dan jumlah anggota keluarga Peneliti menyarankan kepada pihak BPJS KLO Kabupaten Bogor untuk melakukan sosialisasi kepada peserta terkait dengan cara, syarat pendaftaran dan manfaat menjadi peserta JKN agar dapat tercapainya cakupan semesta.

In the insurance world, the better the increasing number of participants and vice versa, including social insurance, known as the National Health Insurance as applied in Indonesia. But in fact, there are still people who have not joined the JKN because they assume they must pay dues according to their expensive every month, then there are participants who do not know about JKN. This thesis aims to determine the factors independently associated with participation in the work area BPJS Bogor district office operational services in 2015.
This study uses a quantitative research with cross sectional design meaningful measurements of dependent and independent variables held at one time. the total population in this study were 110 people, using a questionnaire measuring devices, analysis is the analysis of univariate and bivariate with chi-square test statuistk.
Results of the study six (6) variables significantly associated with the participation of independent education, employment, views on risk, income, premiums and usability and 3 (three) variables were not significantly related to the participation of self-such as age, gender and number of family members also suggested to KLO BPJS the Bogor Regency for dissemination to participants related to how, registration requirements and the benefits of being JKN participants in order to achieve universal coverage.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Adella Rosid
"Hubungan antara manfaat yang dirasakan dan kepuasan pengguna pada SCELE-UI di antar siswa merupakan hal yang penting untuk diketahui sebagai salah satu evaluasi terhadap sistem SCELE-UI. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara manfaat yang dirasakan dan kepuasan pengguna pada pengguna SCELE-UI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode Perceived. alat pengukur Kegunaan dan Kepuasan Pengguna diadaptasi dari Mohammadi (2015). Penelitian ini dilakukan terhadap 212 mahasiswa Universitas Indonesia yang masih atau pernah menggunakan SCELE-UI semester ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan pengguna.

The relationship between perceived benefits and user satisfaction on SCELE-UI among students is an important thing to know as one of the evaluations of the SCELE-UI system. This study aims to see the relationship between perceived benefits and user satisfaction on SCELE-UI users. This research is a quantitative research that uses the Perceived method. measuring device User Usability and Satisfaction adapted from Mohammadi (2015). This research was conducted on 212 University of Indonesia students who are still or have used SCELE-UI this semester. The results of this study indicate that perceived usefulness has a significant relationship with user satisfaction."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabila Adnan
"mHealth merupakan sarana alternatif untuk mendapatkan layanan kesehatan melalui pemanfaatan teknologi, khususnya teknologi mobile. mHealth dimanfaatkan untuk mendukung berbagai kondisi kesehatan, salah satunya yaitu kehamilan. Masa kehamilan sangat penting untuk diperhatikan demi menjaga kesehatan ibu dan anak. Namun, aplikasi kehamilan memiliki kekurangan dalam bidang usability yang menghambat penggunaan aplikasi tersebut sehingga pemanfaatan aplikasi menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi masalah terkait usability yang mungkin ditemukan pada aplikasi kehamilan di Indonesia yang diteliti. Aplikasi dipilih melalui seleksi urutan peringkat dan jumlah unduhan pada layanan distribusi aplikasi mobile dan ditemukan lima aplikasi, yaitu: Hallobumil, Teman Bumil, Diary Bunda, Pregnancy Calculator Pro, dan Ruangmom. Pemilihan lima aplikasi populer ini bertujuan untuk mewakili aplikasi kehamilan yang dikembangkan di Indonesia dengan jumlah pengguna yang tinggi sebagai acuan dalam menilai usability yang telah baik diterapkan maupun yang belum baik. Selanjutnya, dilakukan proses pengumpulan data kuantitatif dengan menggunakan kuesioner mHealth App Usability Questionnaire (MAUQ) oleh 139 responden. Pengumpulan data kualitatif melalui sesi wawancara kontekstual diikuti oleh lima partisipan dan evaluasi heuristik oleh ahli berdasarkan prinsip Nielsen’s Ten Usability Heuristics melibatkan lima evaluator. Analisis kuesioner menghasilkan skor usability dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 5,826 yang dinilai baik karena sudah berada di atas nilai netral, yaitu 4. Analisis wawancara kontekstual menghasilkan 10 permasalahan. Evaluasi heuristik menghasilkan 127 permasalahan. Triangulasi dilakukan untuk mengelompokkan temuan masalah dari hasil wawancara dengan evaluasi heuristik sehingga ditemukan total 14 kelompok masalah untuk kemudian dipetakan ke usulan perbaikan dan dibentuk 17 butir panduan desain umum bagi aplikasi kehamilan di Indonesia. Hasil penelitian menemukan bahwa aplikasi mHealth kehamilan di Indonesia masih memiliki banyak ruang untuk perbaikan, terutama pada aspek usefulness dan visibility.

mHealth is an alternative way to obtain health services through the implementation of technologies, especially mobile technology. mHealth can support many life and health conditions, including pregnancy. During pregnancy, it is essential to keep the health of both the mom and the child. But, the state of the applications still needs to be improved in usability, which hinders usage and becomes non-optimal. This study aims to analyze and evaluate usability problems found in selected pregnancy apps for research. Applications were chosen based on rankings and total downloads from the app distribution platform: Hallobumil, Teman Bumil, Diary Bunda, Pregnancy Calculator App, and Ruangmom. These popular apps were chosen to represent pregnancy apps developed in Indonesia with a high number of users to indicate what aspects of usability are implemented well or not. Quantitative data are collected using the mHealth App Usability Questionnaire, with 139 respondents participating. Qualitative data are collected with contextual interviews with the participation of five users and heuristic evaluation according to Nielsen's Ten Usability Heuristics with five evaluators. Results were found from the questionnaire with an average usability score of 5,826 above the neutral score of 4, which is rated good. Results from contextual interviews found ten usability problems. The heuristic evaluation found 127 usability problems. All findings from contextual interviews and heuristic evaluation were triangulated into 14 groups with improvement recommendations, and 17 design guidelines were formed for the development of pregnancy apps in Indonesia. The study found that mHealth pregnancy apps in Indonesia still have a lot of room for improvement, specifically in usefulness and visibility."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rumondang, Febriana Uli
"Sekarang ini industri perbankan memanfaatkan teknologi dengan menggunakan layanan mobile banking guna memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi. Pemanfaatan tersebut juga dilakukan oleh Bank Tabungan Negara (BTN). Namun berdasarkan data, terdapat penurunan pengguna mobile banking pada bulan Juli sampai September 2020 di BTN Kantor Cabang Jakarta Cawang. Hal ini diasumsikan adanya pengaruh niat keberlanjutan nasabah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penerimaan dan kegunaan terhadap niat keberlanjutan melalui kepuasan dan sikap untuk menggunakan mobile banking BTN pada nasabah BTN Kantor Cabang Jakarta Cawang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei berdasarkan convenience sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 107 orang yang didapatkan melalui online questionnaire. Data yang didapatkan diolah menggunakan SPSS dengan teknik analisa jalur. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa penerimaan dan kegunaan berpengaruh terhadap kepuasan, kegunaan juga memiliki pengaruh pada sikap, lalu kepuasan memiliki pengaruh pada sikap, terakhir kegunaan, kepuasan, dan sikap berpengaruh terhadap niat keberlanjutan.

Nowadays the banking industry is utilizing technology making a mobile banking services. This service is also carried out by Bank Tabungan Negara (BTN). However, based on data, there was a decrease in mobile banking users from July to September 2020 at the BTN Jakarta Cawang Branch Office. It is assumed that there is an effect of continuance intention to use mobile banking. Therefore, this study aims to identify the effect of confirmation and perceived usefulness on continuance intention through satisfaction and attitudes to use BTN mobile banking for BTN customers at the Jakarta Cawang Branch Office. This study used a quantitative approach through a survey method based on convenience sampling. The number of respondents in this study were 107 people who were obtained through online questionnaires. The data obtained were processed using SPSS with path analysis technique. The results of this study found that confirmation and perceived usefulness have a significant effect on satisfaction, perceived usefulness also have a significant effect on attitudes, then satisfaction have an effect but not significant on attitudes, lastly perceived usefulness, satisfaction, and attitudes have a significant effect on continuance intention. In addition, attitude and satisfaction are successful mediators for perceived usefulness.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rozanah
"PT Halal Network International (HNI) merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan produk-produk herbal halal dan berkiprah sudah lebih dari 10 tahun. Proses bisnis perusahaan ini adalah distribusi produknya melalui metode Multi-Level Marketing (MLM). Untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan penjualan agen stok, HNI mengembangkan aplikasi HNI Integrated System (HSIS) yang dapat diakses di platform website maupun mobile. Analisis permasalahan diperoleh dari tiga sumber: wawancara dengan Direktur TI HNI, wawancara dengan agen stok HNI, dan analisis ulasan Google Play Store. Jumlah unduhan aplikasi di Google Play Store dan angka transaksi di HSIS mobile menunjukkan penurunan beberapa tahun terakhir. Hasil analisis ulasan sentimen negatif di Play Store juga menunjukkan sebanyak 44,6% termasuk dalam kategori UI/UX. Selain itu, agen stok HNI yang diwawancarai mengaku jarang menggunakan HSIS mobile dibandingkan website karena fiturnya yang lebih rumit dan panjang. Keterkaitan erat antara UI/UX dengan usability menunjukkan pentingnya dilakukan evaluasi usability aplikasi HSIS. Tujuan penelitian ini adalah melakukan evaluasi usability dan merancang rekomendasi alternatif desain antarmuka aplikasi HSIS Mobile HNI menggunakan proses User-centered Design (UCD). Penelitian ini menerapkan Kuesioner System Usability Scale (SUS), Open-ended Question (OEQ), dan Usability Testing (UT) sebagai instrumen penelitian. Terdapat 81 responden yang terlibat dalam mengisi kuesioner SUS dan OEQ. Selanjutnya dilakukan UT Fase 1 yang melibatkan 14 responden. Sebagian responden diambil dari responden kuesioner survei, sedangkan 7 lainnya merupakan pengguna baru HSIS. Setelah UT, dilakukan wawancara dengan mengajukan OEQ. Hasil dari ketiga proses ini diolah dan dikelompokkan, lalu solusi desainnya dipetakan berdasarkan prinsip desain Nielsen’s Ten Usability Heuristic of Interface Design dan Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Terdapat empat belas solusi desain yang direkomendasikan untuk perbaikan beberapa halaman seperti Homepage, Daftar Agen Stok, Edit Transaksi, Logout, dan halaman lainnya. Empat belas solusi desain alternatif ini kembali diujikan di UT Fase 2 pada 14 responden yang sama dengan UT Fase 1. Hasil UT Fase 2 menunjukkan penurunan jumlah isu usability yang signifikan dibandingkan UT Fase 1. Hal ini membuktikan perbaikan desain antarmuka aplikasi HSIS mampu memberikan peningkatan yang positif pada usability dan pengalaman pengguna aplikasi HSIS mobile.

PT Halal Network International (HNI) is a company that provides halal herbal products and has been in operation for over 10 years. The company's business model involves distributing its products through a Multi-Level Marketing method. To meet the needs of managing stockist sales, HNI developed the HNI Integrated System (HSIS) application, which can be accessed on both website and mobile platforms. Problem analysis was derived from three sources: interviews with the IT Director of HNI, interviews with HNI stockists, and analysis of Play Store reviews. The number of application downloads on the Play Store and the transaction rate on HSIS mobile have shown a decline in recent years. Sentiment analysis of negative reviews on the Play Store also indicated that 44.6% fell into the UI/UX category. Additionally, interviewed HNI stockists admitted to rarely using HSIS mobile compared to the website due to its more complicated and lengthy features. The close relation between UI/UX and usability indicates the importance of conducting a usability evaluation of the HSIS application. The purpose of this research is to conduct a usability evaluation and design alternative interface design recommendations for the HSIS Mobile HNI application using the User-centered Design (UCD) process. This research applies the System Usability Scale (SUS) Questionnaire, Open-ended Question (OEQ), and Usability Testing (UT) as research instruments. There were 81 respondents involved in filling out the SUS and OEQ questionnaires. Furthermore, UT Phase 1 was conducted involving 14 respondents. Some respondents were drawn from the survey questionnaire respondents, while the other 7 were new HSIS users. After the UT, an interview was conducted by submitting an OEQ. The results of these three processes were processed and categorized, then the design solutions were mapped based on Nielsen's Ten Usability Heuristic of Interface Design and Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. There are fourteen design solutions recommended to improve several pages such as Homepage, Agent Stock List, Edit Transaction, Logout, and other pages. These fourteen alternative design solutions were tested again in UT Phase 2 to the same 14 respondents as UT Phase 1. The results of UT Phase 2 showed a significant decrease in the number of usability issues compared to UT Phase 1. This proves that improvements to the HSIS application interface design can provide a positive improvement in the usability and user experience of the HSIS mobile application."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Pambudi
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh kualitas dan kredibilitas informasi terhadap persepsi kegunaan Instagram Goods Dept sebagai sumber informasi dan pengaruhnya terhadap intensi pengikut untuk terus menggunakan Instagram Goods Dept sebagai sumber informasi. Penelitian ini menemukan bahwa kualitas dan kredibilitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi kegunaan Instagram Goods Dept sebagai sumber informasi. Namun, persepsi kegunaan Instagram Goods Dept memililiki pengaruh signifikan terhadap intensi pengikut untuk terus menggunakan Instagram Goods Dept sebagai sumber informasi.

This study is about analyzing the influence of information quality and credibility towards perceived usefulness of Goods Depts Instagram as an information source and its followers intention to continue using Goods Depts Instagram as information source. The results are information quality and credibility has no significant influence towards perceived usefulness of Goods Depts Instagram, and perceived usefulness of Goods Depts Instagram has significant influence towards the followers intention to continue following Goods Depts Instagram.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60714
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>