Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Atma Dwi Sumardiyono
"ABSTRAK
Seperti diketahui bahwa dengan exploitasi yang berlebihan akan sumber daya alam terutama BBM, menjadikan ketakseimbangan pada proses alam itu sendiri. Untuk itu maka perlu dipikirkan secara dini pentingnya diversifikasi bahan bakar minyak kepada bahan bakar gas pada aplikasi motor bakar. Untuk menunjang itu semua diatas, maka perlu pula dipikirkan akan sebuah alat untuk menkonversikan bahan bakar gas agar dapat digunakan pada kendaraan kendaraan BBM yang menggunakan mesin motor bakar sebagai prime movernya. Di Indonesia alat konversi tersebut masih belum dapat dibuat, sehingga harga alat konversi tersebut masih relatif mahal dan hal ini yang mengakibatkan penggunaan kurang populer untuk mengganti bahan bakar minyak kebahan bakar gas. Dari permasalahan yang telah disebutkan diatas, maka sekiranya sudah saatnya perlu dipikirkan alat yang dapat dibuat sendiri dengan lokal content 100%.
Dengan produksi lokal yang mempunyai kehandalan yang tinggi maka diharapkan produksi tersebut mempunyai orientasi eksport dan dapat diterima oleh customer luar negeri.
UNITED TRACTORS Tbk. PT. dimana penulis bekerja, adalah perusahan yang bergerak tidak hanya trading, manufakturing tetapi juga rekayasa dalam produk produk alat berat. Salah satu produk andalan eksportnya adalah FORKLIFT PATRIA.
Forklift Patria mempunyai dua type engine yaitu : PFG (patria forklift gasoline) dan PFD (palria forklift diesel) dengan range berkisar 2 hingga 3,5 ton. Untuk forklift gasoline Patria sudah menerapkan sistem bahan bakar LPG dan CNG, dan sudah dieksport dibeberapa negara, dengan konverter kit masih import dari USA. Dengan adanya kebutuhan yang sangat meningkat dari beberapa customer luar akan kebutuhan emit dengan menerapkan sistem bahan bakarnya menggunakan bahan bakar gas, maka kebutuhan konverter kit produksi dalam negeri sangat dinanti. Diharapkan dengan konverter kit dalam negeri ini yang dipergunakan pada forKlift PATRIA, maka dapat pula dibuat konverter - konverter kit lainnya yang dapat diterapkan pada kendaraan - kendaraan jenis lain.
Dari hasil pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa kadar gas buang (CO & HC) untuk CNG lebih rendah dari pada bensin dan tujuan dari thesis ini yaitu konverter tunggal yang dapat menggunakan bahan bakar CNG atau LPG dapat dibuat atau dengan kata lain konverter untuk bahan bakar CNG dan konverter untuk bahan bakar LPG dapat dijadikan satu konverter, dan daya yang dihasilkan dengan menggunakan bahan bakar CNG/LPG tidak dapat menyamai dengan daya yang dihasilkan dengan menggunakan bahan bakar bensin."
1998
T8524
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinurat, Rotua Realita
"Untuk meningkatkan nilai tambah pemanfaatan gas di fasilitas pengolahan gas R, ekses fuel gas tekanan rendah akan diubah menjadi bahan bakar liquefied petroleum gas yang mudah ditransportasikan. Kilang mini LPG di Sulawesi Tengah memiliki desain gas umpan sebesar 4 MMSCFD dengan teknologi refrigerasi dan distilasi. Kilang Mini LPG memiliki kapasitas produksi sekitar 37.1 ton/hari dengan kandungan LPG 98%. Total kondensat diproduksi sekitar 61.2 bbl/hari dan lean gas metana sebesar 3.5 MMSCFD. Nilai CAPEX kilang mini LPG sebesar US$ 12,000,000 dan OPEX sebesar US$ 35,225,732 untuk masa operasi 25 tahun. Analisis keekonomian yang diperoleh dengan NPV 46,924,709, IRR 59.02% dan Pay Back Period selama 2 tahun. Hasil penelitian tesis ini menunjukkan bahwa pembangunan kilang mini LPG di Sulawesi Tengah memiliki nilai kelayakan investasi yang baik.

To added value of utilization of natural gas at R gas processing facility, the low pressure excess fuel gas from condesate stabilization unit will be processed to produced liquefied petroleum gas. The mini LPG plant that will be built at Central Sulawesi will have capacity of feed gas of 4 MMSCFD. Built with refrigeration and distilation technology will produce LPG about 37.1 tonne/day with content 98%. Total condensate produced will be 61.2 bbl/day, and lean gas (methane) will be 3.5 MMSCFD. The plant CAPEX is estimated USD 12,000,000, and OPEX USD 35,225,732 for 25 years plant life time. The economic parameter will be NPV USD 46,924,709, IRR 59.02% and Pay Back Period for 2 years. The thesis results showed that development of mini LPG plant in Central Sulawesi has a good investment feasibility."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53574
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arfianto Mei Hendarko
"Salah satu permasalahan dalam penanganan fasilitas LPG adalah bahaya kebakaran yang dapat menyebabkan ledakan bahkan sampai terjadi boiling liquid expanding vapor explosion (BLEVE). Pemadaman kebakaran dengan instalasi spray di sekeliling tangki diaplikasikan di beberapa fasilitas tangki LPG. Kapasitas dan pengoperasian perangkat pemadam kebakaran telah diatur pada kode dan standar minyak bumi internasional. Semakin besar tangki dan jumlahnya akan meningkatkan kapasitas air pemadam kebakaran sehingga harus disediakan lahan yang luas untuk penampungan air serta peralatan-peralatan yang juga semakin besar kapasitasnya, maka diperlukan analisis teknis untuk menentukan nilai yang optimum. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan perhitungan dan penggambaran proyeksi dengan software gambar untuk melihat efektivitas pengaplikasian pemadaman kebakaran pada berbagai skenario dengan menggunakan berbagai jenis sprinkler. Dengan metode ini akan ditemukan jenis sprinkler untuk bermacam diameter tangki LPG berbentuk bola. Berdasarkan hasil penggambaran proyeksi dengan tekanan keluaran nozzle sebesar 2 bar didapat untuk tangki LPG terminal di Kota Y dengan diameter 22,600 meter jumlah nozzle sebanyak 161 buah dengan variasi nozzle spray angle 110o, 125o dan 140o sedangkan pada tangki LPG terminal yang terletak di Kota Z dengan diameter 21,316 meter sejumlah 213 buah nozzle dengan variasi yang sama dengan tangki di terminal LPG Banten. Dari hasil perhitungan didapat jumlah nozzle di tangki LPG terminal Kota Y sebanyak 209 buah dan di tangki LPG terminal Kota Z sebanyak 224 buah, selisih dari nozzle spray dapat ditambahkan dan didistribusikan pada tangki. Hasil simulasi dengan adanya pendinginan berupa semprotan air pada tangki LPG yang terpapar panas api dapat menghindarkan kejadian BLEVE
......One of the problems in handling LPG facilities is the fire hazard which can cause an explosion, and even a boiling liquid expanding vapor explosion (BLEVE) occurs. Fire suppression by spray installation around the tank is applied in several LPG tank facilities. The capacity and operation of fire extinguishing devices are regulated according to international petroleum codes and standards. The larger the tank and the number will increase the fire fighting water capacity, which must provide a spacious area for water storage and large-scale equipment, which also has a more significant value, so technical analysis is needed to determine the optimum value. This study uses a method with a calculation approach and projection depiction with image software to see the effectiveness of the application of fire suppression in various scenarios using various types of sprinklers. With this method, sprinkler types will be found for various diameters of spherical LPG tanks. The results of this study can be applied to spherical LPG tanks around the world. Based on the depiction of the projection with a nozzle output pressure of 2 bar obtained for the terminal LPG tank in Banten Province with a diameter of 22.6 meters the number of nozzles is 161 with variations of the nozzle spray angle of 110o, 125o and 14o while for the terminal LPG tank located in South Sulawesi Province with a diameter of 21.316 meters with a total of 213 nozzles with the same variation as the tanks at the Banten LPG terminal. From the calculation results, the number of nozzles in the LPG tank at the Banten Province terminal is 209 and at the LPG tank at the South Sulawesi Province terminal there are 224. The difference number between result of depiction and calculation from the spray nozzles can be added and distributed to the entire tank. The simulation results with the presence of cooling in the form of water spray on an LPG tank exposed to hot fire can prevent BLEVE incidents."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andhita Dodi Risnata
"Since the implementation of the kerosene to LPG conversion program in Indonesia in 2007, LPG has become an essential commodity, so that the distribution process must be carried out correctly. One of the crucial activities in the LPG distribution process is planning the supply from the main terminal to the depots using a ship scheduling system. The current condition is that with the increasing consumption of LPG and the growing number of depots, there is often a deviation between planning and realization, which causes additional operating costs for LPG distribution. With the development of technology and very tight industrial competition, companies are required to run their business efficiently. One way to achieve these goals is by managing supply chain management so that products can be distributed on time, quality is maintained, and at low cost. It is necessary to determine and weigh the Key Performance Indicator (KPI) in measuring supply chain performance. The purpose of this research is to identify KPIs forLPG supply chain at the main terminal by identifying levels in the SCOR model, and weighting and determining KPIs using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method. The results showed that there were 36 KPIs adapted to the performance measurement approach with the SCOR method, namely reliability, responsiveness, flexibility, cost and asset management. The highest weight at level 1 is obtained on the reliability dimension with a weight of 0.300, and for KPI the highest priority is minimum inventory with a weight of 0.083.
......Sejak dijalankannya program konversi minyak tanah ke LPG di Indonesia pada tahun 2007, LPG menjadi komoditi yang sangat penting sehingga dalam proses pendistribusiannya harus dijalankan dengan baik. Salah satu kegiatan penting dalam proses pendistribusian LPG adalah perencanaan supply dari terminal Utama ke depot – depot. Kondisi saat ini dimana dengan semakin meningkatnya konsumsi LPG dan bertambahnya jumlah depot maka sering kali terjadi deviasi antara perencanaan dengan realisasi. Dengan adanya perkembangan teknologi dan persaingan industri yang sangat ketat, perusahaan dituntut untuk dapat menjalankan bisnis secara efisien, dimana salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dengan mengelola management rantai pasok agar produk dapat didistribusikan dengan tepat waktu, terjaga kualitasnya dan dengan biaya yang rendah. Dalam pengukuran kinerja rantai pasok, terlebih dahulu diperlukan penentuan dan pembobotan Key Performance Indicator (KPI). Tujuan dari penelitan ini adalah mengidentifkasi KPI supply chain LPG di terminal Utama dengan identifikasi level dalam model SCOR, dan dilakukan pembobotan dan penentuan KPI dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasilnya penelitian menunjukkan terdapat 36 KPI yang disesuaikan dengan pendekatan pengukuran kinerja dengan metode SCOR , yaitu reliability, responsiveness, flexibility, cost dan asset management. Bobot tertinggi pada level 1 diperoleh pada dimensi reliability dengan bobot 0,300, dan untuk KPI dengan prioritas tertinggi adalah minimum inventory dengan bobot 0,083."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Daffa Fachturrohman
"Dari hasil pemodelan kebutuhan dan pasokan LPG tahun 2015 – 2050 (RUEN, 2017) didapatkan bahwa angka impor LPG akan ditekan melalui pemanfaatan bahan bakar jenis lain, yaitu dimethyl ether (DME) dan Jaringan gas kota (jargas). Eksperimen ini membahas tentang pengujian flame dari Dimethyl Ether (DME) yang akan menggantikan salah satu energi yang dibutuhkan masyarakat, yaitu Liquefied Petroleum Gas (LPG). Eksperimen ini menggunakan analisa studi eksperimental menggunakan Bunsen burner, dalam hal ini penulis mengukur nyala api yang dihasilkan dari Dimethyl Ether (DME) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) yang didukung dari LEMIGAS sebagai pembimbing dan juga dukungan gas Dimethyl Ether itu sendiri. Terdapat beberapa variabel yang diteliti pada skripsi ini, yaitu variasi dari nozzle dan juga variasi dari flow rate gas. Hasil penilitian ini menghasilkan karakteristik api Dimethyl Ether (DME) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) yang baik dengan pengukuran tinggi nyala api yang diukur dengan thermocouple tipe-K, temperatur nyala api, warna nyala api, dan luas nyala api yang diukur menggunakan software ImageJ yang didapat dari hasil foto dengan menggunakan kamera. Didapat bahwa tren alur temperatur dari kedua gas sangat berkaitan dengan flowrate yang diberikan oleh rotameter kedua gas.
......
From the results of modelling the demand and supply of LPG for 2015 – 2050 (RUEN, 2017) it was found that the number of LPG imports will be suppressed with other types of fuel, namely dimethyl ether (DME) and Jaringan Gas Kota (Jargas). This experiment discusses the flame testing of Dimethyl Ether (DME) which will replace one of the energies needed by the community, namely Liquefied Petroleum Gas (LPG). This experiment uses an analysis of experimental studies using a Bunsen burner, in this case the author measures the flame produced from Dimethyl Ether (DME) and Liquefied Petroleum Gas (LPG) which is supported by LEMIGAS as a guide and supports Dimethyl Ether gas itself. There are several variables studied in this thesis, namely the variation of the nozzle and the variation of the gas flow rate. The results of this study resulted in good fire characteristics of Dimethyl Ether (DME) and Liquefied Petroleum Gas (LPG) by measuring the flame height as measured by a K-type thermocouple, flame temperature, flame colour, and flame area measured using ImageJ software. obtained from the photos using the camera. It was found that the trend of the temperature flow of the two gases was closely related to the flowrate given by the rotameter of the two gases."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puguh Setyopratomo
"Carbon nanotubes (CNT) were synthesized from liquefied petroleum gas by a chemical vapor deposition method using a Fe-Co-Mo/MgO supported catalyst. Metal loading was varied from 2.5 to 20 wt%. The catalyst with metal loading of 10 wt% produced the highest CNT yield, at 4.55 g CNT/g catalyst. This high CNT yield was attributed to the high pore volume of the catalyst. The diameter of the CNT was quite variable: the outer diameter ranged from about 4 to 12 nm, while the inner diameter ranged from about 2 to 5 nm. The catalyst with 10 wt% metal loading produced CNT with the highest surface area and the largest total pore volume. XRD analysis detected the existence of highly oriented pyrolytic graphite, C(002), at 2 theta ? 26o, which was attributed to the CNT."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2018
UI-IJTECH 9:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library