Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yun Fitra Ayu
"Perpustakaan umum berkewajiban memberikan pelayanan informasi yang tepat dan merata kepada seluruh masyarakat melalui kegiatan perpustakaan keliling. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pengembangan layanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumen kegiatan perpustakaan keliling. Hasil dari penelitian sebagai berikut: (1) perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok Propinsi Sumatera Barat perlu menambah titik layanan dan menambah jumlah kunjungan setiap tahunnya; (2) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan perlu meningkatkan kepedulian terhadap aktivitas perpustakaan keliling dengan kebijakan yang mendukung pengembangan perpustakaan keliling. Bentuk kebijakan yang dilaksanakan selama ini adalah memberikan anggaran tiap tahun untuk penyelenggaraan perpustakaan keliling, kebijakan dalam sarana dan prasarana perpustakaan keliling, fasilitas perpustakaan keliling, dan koleksi yang dilayankan"
Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2023
020 JPK 3:2 (2023)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Deppy Greska
"ABSTRAK
Penelitian tentang layanan perpustakaan keliling di lima wilayah DKI Jakarta untuk mengetaui siapa pemakai perpustakaan keliling DKI Jakarta dan apa kebutuhannya. Untuk mngetahui media promosi apa yang tepat dalam menyebarluaskan keadaan perpustakaan keliling. Untuk mengetahui apakah koleksi yang tersedia di perpustakaan keliling DKI Jakarta telah cukup memenuhi kebutuhan masyarakat pemakainya atau belum, untuk mengetahui apakah staf perpustakaan keliling membantu pemakai dalam memanfaatkan perpustakaan keliling. Untuk mengetahui apakah syarat keanggotaan yang berlaku pada perpustakaan keliling cukup mudah dilakukan dan juga untuk mengetahui apakah pos layanan, frekuensi kedatangan dan jam layanan yang telah ditentukan telah sesuai dengan kebutuhn pemakai. Metode yang digunakan untuk mendapatkan informasi tersebut addlah dengan wawancara langsung kepada pemakai yang telah menjadi anggota perpustakaan keliling DKI Jakarta. Hasilnya menunjukkan bahwa kebanyakan pemakai perpustakaan keliling DKI Jakarta adalah anak-anak pelajar dan kebutuhan mereke menggunakan perpustakaan keliling adalah untuk membaca buku-buku yang bersifat hiburan.

"
1996
S15474
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Made Kumara Santi Dewi
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai kualitas layanan perpustakaan elektronik keliling (pusteling) dalam memenuhi kebutuhan informasi siswa SMK. Perpustakaan elektronik keliling merupakan sebuah program baru yang diluncurkan oleh Perpustakaan Nasional RI untuk meningkatkan penetrasi teknologi informasi/internet di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui kualitas layanan yang diberikan oleh pusteling kepada salah satu pemustakanya yaitu siswa SMK. Lokasi penelitian diadakan di SMK 11 Kelompok Bisnis dan Manajemen Pinangsia, Jakarta Barat. Berdasarkan observasi dan pengolahan data kuesioner secara kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pusteling kepada siswa SMK sudah tergolong baik. Dari 5 faktor penentu kualitas sebuah layanan, dua di antaranya yaitu kelengkapan fasilitas dan penataan ruangan mendapat poin sangat baik. Sedangkan kebutuhan informasi siswa SMK yang berhasil diidentifikasi terbagi menjadi tiga konteks yaitu kebutuhan informasi berdasarkan peran sosial, personal dan lingkungan. Terkait dengan peran sosial sebagai pelajar, penyelesaian tugas sekolah menempati prioritas pertama dan kedua. Untuk kebutuhan informasi dilihat dari sisi personal, informasi mengenai hiburan mendapat prioritas teratas. Sedangkan untuk kebutuhan informasi menyangkut konteks lingkungan, informasi mengenai peristiwa terkini mendapat peringkat pertama.

ABSTRACT
This study is about the service quality of mobile electronic library in meeting the information needs of vocational students. Mobile electronic library is a new program launched by the National Library to enhance the penetration of information technology/internet in the community. The purpose of this study wanted to know the quality of services provided by electronic mobile library to the vocational students as one of their user. The research location was held at SMK 11 Pinangsia Business and Management Group, West Jakarta. Based on observations and data processing quantitative methods, the results showed the quality of services provided by pusteling to vocational students are good. Of the five determinants of service quality, two of which are complete facilities and arrangement of the room got very good points. While the information needs of vocational students who were identified divided into three contexts is based on the information needs of social roles, personal and environmental. Associated with social roles as students, completion of school work got the first and second priority. For information needs in terms of personal, information about the entertainment gets top priority. As for the need of information regarding the environmental context, information on current events got first rank. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S487
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anita Anisyah
"Penelitian ini membahas evaluasi proses pelaksanaan program Perpustakaan Keliling yang diselenggarakan Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia, serta hambatan dan pendukung yang ditemukan dalam proses pelaksanaan program tersebut. Objek yang dievaluasi mencakup koleksi, fasilitas, petugas, jenis layanan peminjaman buku, lokasi dan tempat penyenggaraan, tahapan pelaksanaan, dan jenis-jenis pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pelaksanaan Perpustakaan Keliling yang dilaksanakan Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia dengan Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Keliling yang dibuat oleh Perpustakaan Keliling Nasional RI atau tidak.
......This research discuss the evaluation of the implementation for mobile library process which being organized by the Indonesian Child Welfare Foundation (YKAI), and also is the obstacle and the support that are found from within the process of the program. The research of this implementation process includes type of services, location and place of implementation, stages of implementation, training course for the mobile library officer and the program monitoring. The goal of this research is to compare the implementation of the mobile library program that are being held in two different locations, one in Kwitang and the other one in Pengadegan. From these measurements we can calculate whether the result of the implementation of the mobile library program in those two locations proceeds to fulfill the Indonesian national mobile library?s standard or not."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Ambarwati
"Perpustakaan keliling BPAD DIY telah berupaya meningkatkan layanan perpustakaan dengan cara menyediakan fasilitas dan pelayanan yang baik kepada segenap pemustakanya. Peningkatan layanan perpustakaan yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode Lib Qual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan perpustakaan keliling dalam meningkatkan layanan perpustakaan di BPAD DIY menurut pemustaka adalah baik karena (i) demensi affect of service adalah baik dengan indikasi petugas ramah, sabar, serta sopan dan santun, petugas rapi menggunakan seragam, kemampuan petugas baik, mampu berkomunikasi secara efektif, peduli dan bisa memenuhi kebutulhan informasi yang dibutuhkan pemustaka, dan keluhan pemustaka sudah terselesaikan oleh petugas kecuali keluhan mengenai kebijakan; (ii) dimensi information control adalah baik dengan indikator jam layanan perpustakaan perpustakaan sudah sesuai dengan pemustaka, petugas selalu memberikan bimbingan dan penelusuran informasi, dan koleksi lengkap sesuai dengan kebutuhan pemustaka; (iii) dimensi library as a place adalah baik dengan indikator lokasi perpustakaan keliling sudah tepat dan strategis, mobil perpustakaan keliling sudah nyaman, dan fasilitas peralatan fisik perpustakaan keliling sudah memadai; (iv) strategi yang dilakukan oleh perpustakaan keliling BPAD DIY sudah tepat, tetapi perlu disosialisasikan kepada pemustaka dan dilaksanakan kepada pemustaka dan dilaksanakan dengan konsisten serta dievaluasi secara berkala."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2015
020 VIS 17:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Wahyu Hari Murtiningsih
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menggambarkan perbedaan jumlah keterpakaian koleksi di lima Daerah Tingkat II di Jawa Tengah. Jumlah keterpakaian ini merupakan indikator kebutuhan bahan bacaan di suatu daerah.
Sampel penelitian adalah seluruh populasi sebanyak 5 daerah yang masing-masing mewakili satu perwilayahan pembangunan, yaitu : Kabupaten Dati II Pemalang, Kabupaten Dati II Purworejo, Kotamadya Dati II Surakarta, Kabupaten Dati II Pati, dan Kotamadya Dati II Semarang. Pengambilan data dilakukan melalui dokumen yang merupakan metode utama, dan wawancara dengan 30 responden di setiap Daerah Tingkat II sebagai data tambahan.
Hasil penelitian adalah : (1) ada perbedaan jumlah keterpakaian koleksi di setiap Daerah Tingkat II yang berarti ada perbedaan kebutuhan bahan bacaan (kekhususan kebutuhan); (2) ada pilihan kebutuhan bahan bacaan karena kebutuhan utama tidak terpenuhi; (3) masih banyak kendala/hambatan yang dihadapi dalam penyelenggaraan perpustakaan keliling, diantaranya : dana, keterbatasan tempat dan koleksi, pos dan waktu layanan, serta tingginya tingkat kerusakan dan kehilangan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, adanya perbedaan kebutuhan dan pilihan kebutuhan bahan bacaan di setiap Dati II disebabkan oleh ketidaksesuaian koleksi dengan pemakai. Oleh karena itu direkomendasikan agar Perpustakaan Daerah meminta masukan dari setiap Dati II mengenai koleksi yang benar-benar dibutuhkan oleh pemakai di setiap Dati II.
The Usefullness Of Mobile Library Collection In Central Java : A Case Study In Five Regencies In 1993 ? 1994The purpose of this research has been to describe the differences in the degree of usefullnes of library collections among five regencies in Central Java. The degree of usefullness can be used as an indicator of reading material needs in a regency.
The regencies from which research samples have been drawn are all of the population, that are : Pemalang, Purworejo, Surakarta, Pati, Semarang, and each regency represents its development zone. Datas have been collected by means of library document as the main method, and interview as the second method. In this research, 30 respondents from each regency was asked to participate in this interview.
The results of the research are as follows : 1) there is significant difference in the usefullness of collection among five regencies; it means that the need of collection varies from regency to another. 2) there is an alternative choice of reading materials because the basic need is not fulfilled. 3) there are still many challanges faced in organizing the mobile library, such as fund, limited place and collection, strategic service points, time of serving, and problem of lose and damage of the collections.
Based on the results of the research can be concluded that the differences and an alternative choice of reading material in each regency is caused by the insufficient variation of the existing collections. It is therefore recommended that Regional Library requests input from each regency concerning the collection really needed by their users.
"
1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasser Ihsan
"Skripsi ini membahas pandangan pemustaka dari beberapa lokasi layanan perpustakaan keliling kantor perpustakaan dan arsip Jakarta timur. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pandangan supaya kedepannya bisa dikembangkan kembali layanan yang sudah diberikan kepada pemustaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi partisipan.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam pelayanan yang diberikan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Jakarta Timur diperlukan pengembangan lebih lanjut sesuai dengan permasalahan yang ada. Termasuk pada layanan koleksi, sikap pustakawan, pendaftaran kartu anggota, fasilitas yang ada, jadwal kunjungan, penentuan pos layanan dam promosi layanan.

This thesis discusses about the view of users from some locations bookmobile services office library and archives east Jakarta. This study aims to provide a view of the future could be developed in order to return the services already provided to user. The research is a qualitative study using participant observation method.
Results of this study stated that the services provided by the Office of East Jakarta Library and Archives needed further development in accordance with the existing problems. Including the collection service, the attitude of librarians, registration of membership cards, available facilities, schedule of visits, the determination of the postal services promotional services dam.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S62273
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulianah
"Skripsi ini membahas kebutuhan informasi pemustaka perpustakaan keliling Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Barat, dibatasi pada kelompok pemustaka ibu di empat titik layanan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kebutuhan informasi kelompok pemustaka ibu di empat titik layanan perpustakaan keliling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian, kebutuhan informasi mereka dilatarbelakangi oleh factor internal (karakteristik pribadi) dan eksternal (lingkungan aktivitas) yang terkait dengan peran mereka sebagai seorang pribadi, ibu rumah tangga dan ahli profesi di luar rumah. Untuk itu, ketersediaan koleksi perpustakaan keliling harus disesuaikan dengan kebutuhan informasi mereka di tiap titik layanan.

The Focus of this study is user?s information need in the mobile library of Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Barat, limited at user type of women in four service points. The purpose of study is to understand about user type of women?s information need in four service points of mobile library. This research is qualiatative approach by using case study method. The result of study is their information need is effected by internal (personal characteristic) and extern factor (activity area) that related with their role as an individual, housewife and professional beyond of house. Therefore, availability of mobile library collections have to appropriate with their information need in each service points."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15237
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Syifa Salsabila
"Matilda the Musical merupakan film musikal yang diproduksi pada tahun 2021 dan rilis tahun 2022 berdasarkan novel yang rilis pada tahun 1988 karya Roald Dahl. Penelitian ini membahas mengenai perpustakaan keliling dan pustakawan yang ada dalam film Matilda the Musical. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi fungsi perpustakaan keliling dan peranan pustakawan dalam film Matilda the Musical. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan analisis pada film. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis wacana kritis yang dikembangkan oleh Jager dan Maier. Penelitian ini mengkaji adegan dalam film yang dijadikan unit analisis. Hasil dari penelitian adalah perpustakaan keliling dalam film Matilda the Musical memiliki fungsi pendidikan, informasi, penyimpanan koleksi. Sementara pustakawan dalam film Matilda the Musical memiliki peran dalam memberikan informasi kepada pengguna dan melakukan mobilisasi perpustakaan keliling. Pustakawan juga digambarkan sebagai pustakawan yang suka berpakaian nyentrik dan mempunyai sikap penuh perhatian. Kesimpulannya adalah perpustakaan keliling dalam film memiliki fungsi sebagai sumber pendidikan pertama Matilda sebelum masuk ke lingkungan pendidikan formal dan peran pustakawan sebagai edukator atau pengajar untuk Matilda. Kata kunci: perpustakaan keliling, pustakawan, analisis wacana kritis, representasi dalam film.
......Matilda the Musical is a musical film produced in 2021 and released in 2022 based on the 'Matilda' novel by Road Dahl, released in 1988. This study discusses the mobile library and librarian in the film Matilda the Musical. This study aimed to determine the function of the mobile library and the librarian's role in the film Matilda the Musical. This study uses qualitative methods by analyzing films. The analytical method used in this research is critical discourse analysis developed by Jager and Maier. This study shows that the mobile library in the film Matilda the Musical has the functions of education, information, and collection storage. At the same time, the librarian's role in the film Matilda the Musical is to provide information to users and mobilize mobile libraries. Librarians are also described as librarians who like to dress quirkily and have a caring attitude. This research concludes that the mobile library in the film functions as Matilda's first source of education before entering the formal educational environment, namely the school and librarian educators or teachers for Matilda."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library