Ditemukan 34 dokumen yang sesuai dengan query
Rahman, Fazlur
Bandung: Pustaka , 1980
297.11 RAH mt
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Abdul-Rauf, Hussein
Richmod: Curzon press , 2001
297.122 ABD q
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy
Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2002
297.12 TEU i
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Ulil Amri Syafri
Jakarta: Rajawali, 2012
297.77 ULI p
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Beheshti, Sayyid Muhammad Husayni
Jakarta: Al-Huda, 2003
297.2 BEH t
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Benny Syahputra Pratama
"Perkembangan di bidang komunikasi dan informasi dewasa ini mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali ?Pendidikan?. Perkembangan tersebut dapat dilihat terutama dengan dikenalkannya internet yang memberi pengaruh kuat terhadap cara pembelajaran. Electronic Learning atau biasa disebut juga e-learning, merupakan sistem pembelajaran yang mengubah cara belajar konvensional yang telah dikenal sebelumnya.
Penelitian ini merupakan implementasi dan pengembangan konten multimedia interaktif dari sistem e-learning, dengan segala kemudahan dan fleksibilitasnya, yang diterapkan pada model pendidikan di pesantren. Konten-konten tersebut meliputi Al-Qur'an flash, audio Qur'an, dan hadits digital.
Selanjutnya konten-konten tersebut melalui serangkaian pengujian load testing dan usability testing, yang memberikan hasil bahwa untuk konten-konten hadits digital dan audio Qur'an 100% request dapat ditangani oleh server dan sesuai dengan acuan response time 10 detik. Namun untuk beberapa kasus, yaitu konten Al-Qur'an flash terdapat request error mulai 2.5% sampai 21.4%.
The evolution in communications and information currently affect many aspects of life, education is no exception. It can be seen especially with the introduction of internet that gives a strong influence on the ways of learning. Electronic learning changes the way of learning that has been known previously. This research is a development and implementation of multimedia interactive based contents of e-learning system, like flash Qur'an, audio Qur'an, and digital hadits, which is applied to a pesantren. Furthermore, these contents through load and usability testing. A satisfied result give by the contents of digital hadits and audio Qur'an, 100% request can be handled by the server which following the standard of 10 seconds response time. But for some cases, especially the content of Al-Qur'an flash, there are some requests errors between 2.5% until 21.4%. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S67
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Muhammad Hanif Muzhaffar
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fungsi pronomina demonstratif dan fungsi deiksis pronomina demonstratif yang terdapat dalam Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yaitu metode kualitatif-deskriptif dengan teknik pengambilan data berupa studi pustaka dari berbagai literatur, seperti buku, jurnal, dan artikel. Dengan menggunakan teori klaisfikasi deiksis dari Stephen Levinson (1983) sebagai teori utama, peneliti bermaksud untuk mengkategorikan serta menjelaskan beberapa pronomina demonstratif yang ditemukan dalam Al-Qur’an ke dalam beberapa jenis deiksis berdasarkan fungsinya. Peneliti menemukan bahwa pronomina demonstratif yang ditemukan dalam Al-Qur’an memiliki 17 bentuk kata. Selain itu, pronomina demonstratif yang ditemukan hanya memiliki fungsi deiksis persona, deiksis wacana dan deiksis spasial.
This study aims to analyze the function of demonstrative pronouns and the deictic function of demonstrative pronouns found in the Al-Qur'an. The method used in conducting this research is a qualitative-descriptive method with data collection techniques in the form of literature studies from various literature, such as books, journals and articles. By using the deictic classification theory from Stephen Levinson (1983) as the main theory, the researcher intends to categorize and explain several demonstrative pronouns found in the Qur'an into several types of deixis based on their function. Researchers found that the demonstrative pronouns found in the Qur’an have 17 word forms. Apart from that, the demonstrative pronouns found only have the function of personal deixis, discourse deixis and spatial deixis."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Jamil, Mohammad Assayed
Rabat, Morocco : ISESCO, 1999
297.3 JAM s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Fadillah Nur Fitriyani
"Kecemasan merupakan kondisi yang tak dapat terhindari dan wajar dialami oleh wanita hamil selama proses penyesuaian diri. Pada kehamilan trimester 2, kecemasan muncul akibat perubahan signifikan baik secara fisiologis maupun psikologis. Meskipun tergolong normal, apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat kecemasan dapat terus berlanjut hingga menimbulkan stres dan depresi dan berdampak buruk bagi kesehatan ibu maupun janin. Salah satu intervensi keperawatan yang dapat dilakukan adalah penerapan terapi murottal Al-Qur’an yang termasuk ke dalam manajemen non-farmakologis dari kecemasan. Melalui karya ilmiah ini, telah dilaporkan hasil pelaksanaan asuhan keperawatan pada ibu hamil trimester 2 yang berfokus pada penerapan untuk menurunkan kecemasan. Metode yang digunakan adalah case study pada Ibu hamil trimester 2 dengan status obstetrik G2P1A0 dan usia kehamilan 20 minggu yang masih mengalami kecemasan dengan kategori sedang. Intervensi murottal Al-Qur’an dilakukan selama 4 hari dengan frekuensi 1 kali dalam sehari dan dievaluasi dengan menggunakan kuesioner State-Trait Anxiety Inventory (STAI). Hasil intervensi menunjukkan bahwa penerapan murottal Al-Qur’an efektif untuk menurunkan kecemasan pada klien yang ditandai dengan adanya penurunan skor dari 59 menjadi 35 sehingga dapat dikatakan bahwa efektif memberikan ketenangan pada klien. Oleh karena itu, penulis merekomendasikan penerapan murottal Al-Qur’an pada ibu hamil untuk menurunkan kecemasan.
Anxiety is an unavoidable and natural condition experienced by pregnant women during the adjustment process. In the second trimester of pregnancy, anxiety appears due to significant changes both physiologically and psychologically. Although classified as a normal condition, anxiety can continue to cause stress and depression and have a negative impact on the health of the mother and fetus if not treated properly. One of the nursing interventions that can be carried out is the application of Al-Qur'an murottal therapy which is included in the non-pharmacological management of anxiety. Through this paper, it has been reported the results of the implementation of nursing care for pregnant women in the second trimester which focuses on the application to reduce anxiety. The method used is a case study in 2nd trimester pregnant women with G2P1A0 obstetrical status and 20 weeks' gestation who are still experiencing anxiety in the moderate category. Al-Qur'an murottal intervention was carried out for 4 days with a frequency of 1 time a day and was evaluated using the State-Trait Anxiety Inventory (STAI) questionnaire. The results of the intervention show that the application of murottal Al-Qur'an is effective for reducing anxiety in clients which is marked by a decrease in score from 59 to 35 so that it can be said that it is effective in providing calm to clients. Therefore, the authors recommend the application of murottal Al-Qur'an to pregnant women to reduce anxiety."
Depok: Fakultas ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Agus Ruswandi
"Mempelajari Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap Muslim, karena Al-Qur’an sebagai pedoman beragama harus difahami dengan benar. Membaca Al-Qur’an tidak seperti membaca teks yang lainnya. Dalam Al-Qur’an ada kaidah-kaidah tertentu yang apabila kaidah itu tidak digunakan maka makna Al-Qur’an tersebut akan menjadi salah. Oleh karena itu, perlu ada sebuah metode yang inovatif dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan metode deskriptif analitik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model desain pembelajaran, proses pembelajaran, bentuk evaluasi, keunggulan, hasil pembelajaran, serta permasalahan dan solusinya dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiroati di SD IT Al-Ichwan. Berdasarkan temun dan pembahasan dapat diketahui bahwa SD IT Al-Ichwan merupakan salah satu sekolah yang berinovasi dengan menerapkan metode Qiroati untuk belajar membaca Al-Qur’an. Dengan metode ini siswa dengan mudah dapat meningkatkan kemampuan baca dan tulis Al-Qur’an, dan juga metode ini bisa menjadikan sarana pengembangan guru dalam mengajarkan Al-Qur’an."
Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2019
297 JPAM 32:1 (2019)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library