Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sofiudin
Abstrak :
Karya akhir ini membahas pengajaran cerpen dengan pendekatan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) pada tingkat MTs. Penulisan karya akhir ini meliputi pemilihan materi cerpen, analisis unsur intrinsik, penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta mengaplikasikannya dalam pembelajaran cerpen dengan pendekatan PBAS. Pembelajaran cerpen dengan pendekatan PBAS dapat membantu siswa untuk menelusuri unsur-unsur intrinsik dan menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen. Di samping itu, pendekatan tersebut dapat mengarahkan siswa untuk menikmati dan mengapresiasi karya sastra, mendorong siswa untuk mencintai karya sastra, dan meningkatkan minat baca siswa terhadap karya sastra, terutama cerpen. Dengan demikian, pendekatan PBAS dapat membantu siswa tingkat MTs untuk mempelajari materi cerpen secara aktif, kreatif, dan apresiatif.
This thesis discusses teaching short stories using Students? Activity-Oriented Teaching Approach (PBAS) to students of MTs. The discussion covers material selection, intrinsic element analysis, syllabus design and lesson plan (RPP). Further, it also describes its implementation in teaching process. Teaching short stories using PBAS method enables students to scrutinize intrinsic elements and reveal the values in short stories. Besides, the method leads the students to enjoy and appreciate literary works, and enhance students? interest to read literary work, particularly short stories. Eventually, PBAS method can help students of MTs to study literary work in a more active, creative, and appreciative way.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26266
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Zakiah
Abstrak :
Karya Akhir ini mengenai sebuah rancangan pengajaran drama yang disusun untuk siswa MTs Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo-Surakarta. Rancangan dibuat karena berbagai kendala yang terdapat dalam pengajaran drama. Rancangan pengajaran drama yang aplikatif, berisi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), contoh penerapan pengajaran drama di kelas, dan kumpulan naskah drama pilihan. Tiga naskah drama terpilih dianalisis sebagai bahan pengajaran di kelas. Silabus yang dibuat merupakan penyempurnaan dari silabus yang ditawarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). RPP dijabarkan dalam langkah-langkah pengajaran secara konkret di kelas dengan menerapkan strategi Stratta. Kumpulan naskah drama pilihan disusun terpisah dari Karya Akhir ini. ......This thesis is about drama lesson plan designed for junior high school students (MTs) of The Islamic Assalam Modern Boarding School in Sukoharjo-Surakarta. It is designed to deal with some problems related to the drama teaching problems at school. The design constitutes an applicative drama lesson plan, which contains syllabus, operational lesson plan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP), samples of teaching implementation in class, and some drama repertoires. Three selected drama repertoires have been analyzed for teaching materials in class. The syllabus made is a perfection of the syllabus offered by Badan Standar Nasional Pendidikan (Board of National Education Standard). The operational lesson plan (RPP) is elaborated into concrete teaching procedures by implementing appropriate Stratta’s strategy. The selected drama repertoires are organized separately from this paper.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26113
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Marhamah
Abstrak :
ABSTRAK
Penyakit periodontal adalah penyakit infeksi, bakteri plak merupakan penyebab utama, selain itu faktor risiko dan faktor genetik dapat turut berperan sehingga timbul penyakit . Rapidly ProgressivePeriodontitis merupakan salah satu bentuk penyakit periodontal destruktif yang perkembangannya sangat cepat dan tidak sesuai dengan faktor lokal, pada usia pubertas atau dewasa. Salah satu bentuk perawatan penyakit periodontal yaitu operasi flep dan umumnya setelah operasi daerah luka ditutup dengan pek periodontal dan atau diberi obat kumur chlorhexidin 0,2 %.

Pada penelitian ini dilakukan evaluasi perbedaan kesembuhan gingiva secara klinis setelah operasi flep dengan menggunakan pek periodontal atau obat kumur chlorhexidin 0,2 % dengan indikator perubahan warna kemerahan dan derajat perdarahan gingiva. Penelitian ini dilakukan pada 9 orang penderita RPP tipe II yang terdiri dari 68 gigi dan berusia 22 - 30 tahun dengan tehnik split mouth di dinik periodontia FKG UI.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan obat kumur chlorhexidin 0,2 °/o selama 7 hari setelah operasi flep memberi respon kesembuhan gingiva secara klinis lebih baik di bandingkan penggunaan pek periodontal. Selain itu terdapat korelasi yang kuat antara penurunan indeks plak dengan perubahan warna dan derajat perdarahan gingiva pada penderita RPP tipe II.
1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library