Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Ririn Dewi Cahyani
"Pertumbuhan perusahaan konstruksi menunjukkan peningkatan proyek konstruksi. Salah satu faktor keberhasilan dalam penyelesaian proyek adalah pengadaan material. Ketidaktersediaan material di pemasok lokal menyebabkan pengadaan material dilakukan melalui pemasok luar negeri. Durasi waktu pengadaan material impor akan memengaruhi waktu penyelesaian proyek. Penyelesaian proyek yang melebihi waktu yang telah ditentukan akan menimbulkan biaya penalti sesuai dengan kontrak yang berlaku. Penerapan manajemen rantai pasok berperan dalam proses pengadaan material. Pengiriman material dengan menggunakan third party logistic (3PL) dapat meningkatkan efektifitas perusahaan. Selain itu, pemilihan moda transportasi yang optimal dapat meningkatkan kinerja perusahaan konstruksi. Pengadaan barang impor yang optimal melibatkan moda transportasi yang digunakan dan jenis kargo yang diangkut. Riset ini bertujuan untuk merancang model keputusan pemilihan moda transportasi sesuai jenis kargo barang impor pada Perusahaan Konstruksi Ganesha. Metode Grey-DEMATEL digunakan dalam pemilihan kriteria untuk pemilihan moda transportasi. Metode Sequential Interactive Modelling for Urban Systems (SIMUS) digunakan untuk merancang model keputusan pemilihan moda transportasi. Hasil riset menunjukkan bahwa ada tujuh kriteria yang digunakan untuk memilih moda transportasi, yaitu biaya transportasi, tingkat ketepatan waktu pengiriman, waktu pengiriman, frekuensi jadwal pengiriman, kemudahan pelacakan pengiriman, kualitas barang selama pengiriman, dan tingkat kecelakaan moda transportasi. Riset ini juga menunjukkan alternatif moda transportasi yang optimal untuk pengiriman barang impor. Transportasi udara dengan menggunakan freight forwarder P merupakan alternatif terbaik untuk pengiriman kargo umum dan kargo berbahaya. Pengiriman kargo berukuran besar lebih optimal menggunakan angkutan laut freight forwarder.
The growth of construction companies indicates an increase in construction projects. One of the success factors in project completion is material procurement. The unavailability of materials at local suppliers causes material procurement to be carried out through overseas suppliers. The length of time to procure imported materials will affect the project completion time. Project completion which exceeds the predetermined time will incur a penalty fee in accordance with the applicable contract. The implementation of supply chain management plays a role in the material procurement process. Delivery of materials using third party logistic (3PL) can increase the effectiveness of the company. In addition, choosing the optimal mode of transportation can improve the performance of construction companies. The optimal imported goods procurement involves the transportation mode used and the cargo type carried. This research aims to design a decision model for the transportation mode selection according to the cargo type imported goods in the construction company. The Grey-DEMATEL method is used for the criteria selection to select transportation mode. Sequential Interactive Modelling for Urban Systems (SIMUS) method is used to design a model for transportation mode selection decisions. Results of this research shows that seven criteria were used to select the transportation mode, specifically transportation costs, on-time delivery, travel time, frequency of shipment, the capability of tracking cargo, goods quality during the transportation, and accidental rate. This research also shows an alternative transportation mode that is optimal to deliver imported goods. Air transportation using freight forwarder P is the best alternative to deliver general cargo and dangerous cargo. Oversize cargo delivery is more optimal using the sea transportation of freight forwarder P. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Safira Khanza
"Pengelolaan sampah dilakukan karena setiap hari sampah yang dihasilkan selalu meningkat, sehingga dibutuhkan konsep pengubahan sampah menjadi energi atau biasa disebut Waste to Energy (WTE). Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) merupakan salah satu cara untuk mengelola sampah agar dapat diubah menjadi energi yang berharga dengan baik. Pada studi ini, dilakukan analisis model keuangan untuk pembangunan PLTSa dengan menggunakan prinsip kerja Landfill Gas pada saat dibangun sebagai sumber energi listrik Universitas Indonesia. Proses pengambilan keputusan mempengaruhi model keuangan yang dirancang. Oleh karena itu, ada beberapa metode Multi Criteria Decision Making (MCDM) terkenal yang telah digunakan, tetapi sebagian besar masih didasarkan pada keputusan subjektif daripada keputusan obyektif. The Sequential Interactive Modelling for Urban Systems (SIMUS) adalah metode hybrid berbasis Linear programming untuk menyelesaikan masalah pengambilan keputusan dengan berbagai tujuan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan SIMUS untuk menentukan spesifikasi yang dibutuhkan untuk membangun fasilitas PLTSa di Universitas Indonesia dan juga lokasi di mana fasilitas tersebut layak untuk dibangun. Pada akhir penelitian, dari 10 skenario yang telah dilakukan perhitungan, seluruh NPV bernilai layak dan memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh PLTSa yang akan dibangun di Universitas Indonesia. 3 lokasi terbaik adalah skenario 4 lokasi 1, skenario 9 lokasi 2, dan skenario 2 lokasi 3. Dari 3 skenario terbaik, serta mengacu pada usulan pada perubahan master plan Universitas Indonesia tahun 2016-2026, maka skenario 4 pada perimeter utara fakultas teknik Universitas Indonesia menjadi skenario yang paling optimal dengan area yang paling sesuai dari hasil analisis penelitian ini.
Waste management is carried out because every day, the waste produced is always increasing, so the concept of converting waste into energy is needed or commonly called Waste to Energy (WTE). The development of a WTE-based Electric Power Generator is one way to manage waste to be converted into valuable energy properly. In this study, we attempt to analyze the designed financial model of a WTE-based Electric Power Generator using the working principle of Landfill Gas when it was built as a source of electrical energy for the Universitas Indonesia. The decision-making process mainly influences the designed financial model. Hence, there are several famous Multi Criteria Decision Making (MCDM) method that has been used, but most of them are still based on subjective decisions rather than an objective decision. The Sequential Interactive Modelling for Urban Systems (SIMUS) is a hybrid method based on Liner programming to solve decision-making problems with multiple objectives. In this study, researchers used the SIMUS to determine the specification needed to build Waste-to-Energy (WTE) facilities in Universitas Indonesia and also the location where the facility feasible to build. At the end of the research, of the 10 scenarios that have been calculated, all NPVs are feasible and meet the criteria required by the PLTSa to be built at Universitas Indonesia. The 3 best locations are scenario 4 location 1, scenario 9 location 2, and scenario 2 location 3. Of the 3 best scenarios, and referring to the proposal on changes to the Master plan of the Universitas Indonesia for 2016-2026, scenario 4 on the northest perimeter engineering faculty of Universitas Indonesia is the most optimal scenario with the most suitable area from the results of this research analysis. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library