Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Meshchaninov, I.I.
"Buku yang berjudul Struktura predlozheniya ini ditulis oleh Ivan Ivanovich Meshchaninov; editor, A. A. Zyrin; teknik editor, V. T. Bochever; korektor, N. M. Shilova. Buku ini membahas tentang gramatika bahasa Rusia, terutama struktur kalimat."
Moskwa; Leningrad: Akademii Nauk SSSR, 1963
RUS 491.78 MES s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Husna
"ABSTRAK
Di era digital saat ini, banyak perusahaan mengenalkan dan mempromosikan produknya secara daring melalui situs web, salah satunya adalah Sensodyne. Sensodyne adalah merek produk kesehatan gigi dan mulut yang diperuntukkan untuk penderita gigi sensitif. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan struktur kalimat seperti apa yang digunakan pada laman utama situs web Sensodyne Belanda untuk mempromosikan produknya. Sumber data diambil dari empat bagian utama situs web Sensodyne Belanda (www.sensodyne.nl) yaitu headline, primary calls-to-action, benefit dan success indicators. Berdasarkan analisis, kalimat tunggal ditemukan pada bagian headline dan primary calls-to action, sedangkan pada bagian benefit dan success indicators struktur kalimatnya lebih beragam dan lebih kompleks, tidak hanya kalimat tunggal saja tetapi kalimat majemuk pun dijumpai pada bagian ini.

ABSTRACT
In this digitalized era, many companies introduce and promote their products through online website, one of them is Sensodyne. Sensodyne is a brand for mouth and teeth health product for people with sensitive teeth. The purpose of this research is to discover what kind of sentence structure are used in the homepage of Dutch Sensodyne to promote their products. The sources for this research are four main parts of the Dutch Sensodyne s homepage (www.sensodyne.nl). They are headline, primary calls to action, benefit and success indicators. Based on the analysis, the headline and primary calls to action use single sentences. Meanwhile, it is found that sentences in the benefit and success indicators are more complex and vary, not only single sentence but also compound sentences."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Elizabeth Sutrisno
"ABSTRAK
Kalimat dalam suatu bahasa memiliki struktur tersendiri yang telah ditentukan agar dapat dimengerti oleh masyarakat pemakainya. Kalimat dalam bahasa Belanda telah memiliki aturan tersendiri yang mengatur elemen-elemen di dalamnya. Elemen-elemen tersebut antara lain NP yang berfungsi sebagai subjek, VP yang berfungsi sebagai predikat dan sebagainya. Struktur inilah yang dipakai sebagai acuan yang biasa disebut sebagai kalimat lengkap.
Di lain pihak kalimat judul surat kabar yang harus menyesuaikan diri dengan keterbatasan tempat terkadang harus mengorbankan beberapa elemen yang pada akhirnya akan keluar dari kaidah yang telah digariskan. Berangkat dari sini saya tertarik untuk melakukan penelitian terhadap kemungkinan-kemungkinan pelesapan yang dapat diterapkan pada pembuatan kalimat judul surat kabar namun kalimat tersebut masih dapat dipahami oleh pembaca dari surat kabar tersebut.
Dalam melakukan penelitian ini, saya mengambil secara acak kalimat judul dari surat kabar Belanda De Yolkskrant, NRC Handelsblad, De Telegraaf dan Train') sebagai korpus. Korpus-korpus yang telah saya kumpulkan ini saya bandingkan dengan struktur kalimat lengkapnya. Berdasarkan perbandingan tersebut maka terlihat elemen-elemen apa saya yang dapat dilesapkan.

"
1995
S15798
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Nurunnisa Frendra
"Perbedaan kategori berita yang terdiri dari hardnews dan softnews menghadirkan perbedaan penulisan dalam berita. Sebagai salah satu bagian penting dalam berita, judul memiliki perannya masing-masing. Dalam menguraikan struktur judul, aspek sintaksis digunakan untuk melihat efektivitas kalimat dalam judul berita. Penelitian ini membahas. aspek sintaksis sebagai strategi yang digunakan dalam penjudulan berita hardnews dan softnews dalam media Prancis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data dengan korpus berupa berita mengenai pembubaran gerakan Génération Identitaire (GI). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperlihatkan peran aspek sintaksis dalam strategi penjudulan berita hardnews dan softnews terkait isu Génération Identitaire dalam media Prancis. Penelitian ini mengkaji judul-judul berita dari media kiri dan kanan di Prancis, yaitu Libération dan Le Figaro dengan menggunakan konsep kategori berita Reinnemann et al., teori sintaksis Le Querler, konsep fungsi judul Gattani. Kategori berita softnews ditemukan lebih banyak pada Le Figaro yang menunjukkan strategi menghadapi isu pembubaran. Efektivitas ditemukan pada judul berita hardnews melalui penggunaan bahasa yang lugas. Pada judul softnews terdapat beberapa strategi seperti ketiadaan pivot (inti kalimat) dan pelesapan verba sebagai sarana untuk memikat pembaca, sebab softnews adalah berita dengan relevansi rendah. Pada judul hardnews, keseragaman ditemukan berupa penggunaan phrase simple. Tidak ditemukan perbedaan judul antara Libération dan Le Figaro. Dengan demikian, ideologi media tidak memengaruhi strategi penjudulan, tetapi berpengaruh dalam cara pemberitaan.
......The variation of news categories consisting of hardnews and softnews presents news writing differences. As an important part of the news, the title has its own role. In describing the structure of the title, the syntactic aspect is used to see the effectiveness of the sentence in the news title. This article discusses syntactic aspects as a strategy that is used in the headline of hardnews and softnews in French media. This research uses qualitative methods with literature study as data collection technique. The corpus of this research is the news about the dissolution of Génération Identitaire (GI) movement. The purpose of this study is to show the role of syntactic aspects in the strategy of headlines for hardnews and softnews related to the issue of GI in the French media. This study examines news titles from the left and right media in France, namely Libération and Le Figaro by using the concept of news categories by Reinnemann et al., Le Querler's syntactic theory, the concept of the function of titles by Gattani. The softnews category is found more in Le Figaro which shows strategies to deal with the issue of disbandment. Effectiveness is found in hardnews headlines through the use of straightforward language. In the title of softnews there are several strategies such as the absence of pivots (core sentences) and the elimination of verbs as a means to attract readers, because softnews related with low relevance. In the hardnews title, uniformity is found in the use of simple phrases. No title differences were found between Liberation and Le Figaro. Thus, the ideology of the media does not affect the title strategy but influences the way it is reported."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Gusti Haikal Ibrahim
"Islamisme merupakan gerakan atau doktrin politik yang mengejar penerapan nilai-nilai Islam secara eksklusif dalam ranah politik dan sosial. Sebagai isu keamanan negara, islamisme pun menjadi perhatian politis maupun pemerintah Prancis, salah satunya Marine Le Pen untuk melakukan perlawanan berupa propaganda. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan penggunaan struktur kalimat Marine Le Pen dalam salah satu wawancaranya dalam siaran politik langsung Le Grand Jury untuk mempropagandakan anti-islamisme secara publik hingga dapat memengaruhi publik Prancis. Penelitian kualitatif ini menggunakan teori sintaksis oleh Le Querler (1994), teori propaganda politik Malraux (1928), dan komponen makna Leech (1981). Hasil penelitian menemukan bahwa struktur kalimat yang dominan dan digunakan oleh Marine Le Pen adalah phrases complexes agar penyampaian gagasan propagandanya menjadi lebih holistik, luas, penuh penekanan, tanpa menyisakan ruang bagi publik untuk berpikir kembali mengapa Prancis harus mulai memerangi ideologi islamisme. Unsur ketakutan, demonisasi, serta pelecehan dalam kalimat merupakan sarana propaganda politik yang digunakan untuk memersuasi. Dengan demikian, melalui penjabaran struktur kalimat dan penggunaan sarana propaganda politik, terbukti bahwa pidato ini digunakan untuk mempropagandakan anti-islamisme dan berhasil menaikkan elektabilitasnya dalam menghadapi pemilu 2022.
......Islamism is a political movement or doctrine that pursues the exclusive application of Islamic values in politics and society. As a state security issue, Islamism has also become a political concern for the French government, including Marine Le Pen, to fight against in the form of propaganda. This research aims to show Marine Le Pen’s use of sentence structure in one of her interviews in the live political broadcast Le Grand Jury to publicly propagate anti-Islamism so that it might influence the French public. This qualitative research uses syntactic theory by Le Querler (1994), Malraux political propaganda theory (1928), and Leech (1981) components of meaning. The research results found that the dominant sentence structure used by Marine Le Pen involves phrase complexes so that the delivery of her propaganda ideas becomes more holistic, clear, and full of emphasis, leaving no room for the public to question why France should start fighting the ideology of Islamism. The elements of fear, demonization and harassment in sentences are the political propaganda tools used to persuade. Thus, through the explanation of the sentence structure and the use of political propaganda tools, it is proven that this speech was used to propagate the Islamist movement and succeeded in increasing its electability in the 2022 elections."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Asihanti Setiorini
"Penelitian mengenai struktur kalimat dalam buku cerita anak Indonesia ini bertujuan untuk menggambarkan struktur kalimat yang muncul dalam buku cerita Anak Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga melihat kesesuaian antara struktur kalimat yang muncul dalam data dengan pengajaran struktur kalimat dalam kurikulum. Metode penlitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan adalah memilih sumber data, menyempitkan sumber data sehingga diperoleh data, melakukan analisis, dan menarik simpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur kalimat yang muncul pada data adalah kalimat tunggal, kalimat bersusun, kalimat majemuk setara, kalimat majemuk bertingkat, kalimat kombinasi, kalimat kasus, kalimat lengkap, kalimat teks lengkap, kalimat verbal, kalimat interogatival, kalimat nominal, dan kalimat ajektival. Berdasarkan analisis, terlihat adanya ketidaksesuaian antara struktur kalimat dalam data dengan pengajaran struktur kalimat dalam kurikulum. Ketidaksesuain tersebut muncul dalam struktur kalimat sederhana, kalimat yang makin kompleks, kalimat majemuk setara, dan kalimat tanya"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S12939
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alberthiene Endah Kusumawardani
"Para linguis seperti Den Hertog (1973), Van den Toorn (1976), dan Geerts. et al. (1984) mengemukakan bahwa pada dasarnya kalimat terbagi menjadi dua bagian, yakni kalimat lengkap dan kalimat tidak lengkap. Kalimat lengkap terdiri dari kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Kalimat tidak lengkap adalah kalimat yang tidak dihadiri oleh subjek dan predikat atau salah satunya. Kalimat ini biasanya merupakan kata perintah, salam, judul, dsb. Kalimat lengkap adalah kalimat yang mengandung unsur subjek dan predikat. Sedangkan kalimat tunggal adalah kalimat lengkap yang hanya mengandung satu unsur predikat, dan kalimat majemuk adalah kalimat lengkap yang mengandung dua atau lebih unsur predikat.
Van den Toorn juga mengutarakan bahwa dalam kalimat bisa ditemukan beraneka pergeseran makna. Seperti penurunan makna, perluasan makna, dan penyempitan makna, dan gaya bahasa seperti metafora, sinestesa, ironi, eufemisme, metonimia, dan personifikasi. Dengan dasar teori tersebut dilakukan penelitian terhadap sejumlah iklan yang memiliki keanekaragaman struktur kalimat dan pergeseran makna. Pengumpulan korpus dilakukan dengan memilih secara acak iklan-iklan makanan dan minuman yang dimuat di majalah-majalah terbitan Belanda. Sedangkan untuk mempelajari teori, penulis inengadakan studi pustaka.
Hasil dari analisis menunjukkan bahwa iklan-iklan komersial makanan dan minuman di majalah. Belanda ternyata memiliki keanekaragaman struktur kalimat dan pergeseran makna. Iklan-iklan itu lebih banyak menampilkan kalimat tidak lengkap, dengan hanya menyebutkan nama produknya saja. Sedangkan pada iklan_iklan dengan kalimat lengkap, struktur yang paling sering ditampilkan adalah subjek + predikat + objek + keterangan. Dari penelitian semantis, diketahui bahwa kebanyakan iklan menampilkan kalimat dengan pergeseran makna."
Depok: Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15854
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satrio Wicaksono Prakoso
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas pengenalan struktur kalimat pada sistem penilaian esai otomatis Simple-O. Pengenalan struktur kalimat meliputi subjek, predikat, dan objek serta jenis kalimat aktif atau pasif. Proses pengenalan struktur kalimat dilakukan dengan cara mencari kata predikat dari kalimat input. Pencarian kata predikat dilakukan dengan cara memeriksa kata yang mengandung awalan huruf me-, di-, ber-, dan ter-. Setelah didapatkan kata predikat maka dapat ditentukan jenis kalimat dan kalimat dapat dibagi menjadi tiga bagian. Sehingga dapat ditentukan subjek dan objek kalimat sesuai dengan predikat yang terdeteksi. Hasil pengujian menunjukan bahwa pendeteksian kalimat tunggal dengan keterangan subjek dan/atau objek sebesar 63,33%, sedangkan tanpa keterangan subjek dan/atau objek sebesar 90%. Jumlah kata pada kalimat juga mempengaruhi persentase pengenalan kalimat dan waktu proses pengenalan, dimana waktu proses akan semakin lama seiring dengan bertambahnya jumlah kata yang terkandung pada kalimat.

ABSTRACT
This thesis discusses the recognition of sentence structure in automated essay scoring system Simple-O. Recognition of sentence structure covering the subject, predicate, and object as well as the type of active or passive sentences. Sentence structure recognition process is done by searching for the predicate words of the input sentence. Predicate word searches done by checking words that contain the letter prefix me-, di-, ber-, and ter-. After obtained the predicate word, it can be determined the type of sentence and the sentence can be divided into three parts. So the subject and object sentence can be determined according to detected predicate. The test results showed that the detection of a single sentence with a description of the subject and/or object is 63,33%, while without a description of the subject and/or object is 90%. Number of words in the sentence also affects the percentage of sentence recognition and time process of recognition, in which the processing time will be longer as the number of words contained in the sentence increase."
2014
S55829
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiya Noviyasari
"Penelitian ini membahas pemahaman remaja mengenai kaidah kebahasan yang menyangkut struktur kalimat untuk mengetahui bagaimana remaja menggunakan jenis-jenis kalimat dalam pokok pembicaraan tertentu pada status facebook miliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa remaja di media sosial facebook sebagai wujud gambaran ekspresi diri remaja. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Data berupa status-status facebook remaja. Teori yang digunakan adalah teori sintaksis, teori perkembangan remaja, dan teori variasi bahasa. Penelitian ini memperlihatkan bahwa remaja cenderung lebih banyak menggunakan kalimat lengkap dengan pola sederhana dalam status facebook mereka. Isi dari status facebook mereka tampak didominasi oleh pokok pembicaraan tentang keadaan diri.

This research discusses the adolecent understanding of the language rules, specially in using sentence structure for their facebook statuses. Thus, this research would see how the selected adolescent use the sentence type for their facebook status in a certain discussion. The purpose of this research is to describe the use of adolecent?s language in facebook as a media social for their expression form. The method of this research is descriptive research. The data taken from facebook statuses of the selected adolescents. This research use the theory of syntactic, the theory of adolescent development, and the theory of language variation. The research shows that adolescent more use complete sentence with simple structure in their facebook statuses. The contents of their facebook statuses dominated by their self condition."
2016
S62113
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Razak
Jakarta: Gramedia, 1985
499.25 ABD k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>