Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Ezra Daviano
"Adanya peningkatan partisipasi dalam investasi pasar modal (capital market participation) di kalangan anak muda khususnya generasi Z yang berusia 18-25 dalam beberapa tahun terakhir merupakan fenomena yang cukup mengejutkan. Pasalnya investasi di pasar modal merupakan kegiatan yang cukup kompleks dan sering dikaitkan dengan pemahaman akan konsep keuangan yang tinggi. Literasi keuangan (financial literacy) sering dinilai sebagai salah satu faktor seseorang melakukan investasi di pasar modal. Semakin tinggi literasinya maka, akan semakin tinggi pula kemungkinan Ia akan melakukan investasi di pasar modal. Namun demikian, di banyak negara berkembang di dunia termasuk Indonesia, literasi keuangan masih cukup rendah. Di sisi lain, faktor efek orang terdekat juga dinilai sebagai faktor utama bagi generasi Z dalam pengambilan keputusannya termasuk keputusan finansial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap partisipasi generasi Z di pasar modal Indonesia menggunakan metode regresi probit. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan efek orang terdekat mempengaruhi keputusan generasi Z dalam berinvestasi di pasar modal.
......The increasing participation in capital market investment among young people, especially Generation Z aged 18-25, in recent years is a surprising phenomenon. This is because investing in the capital market is fairly a complex activity and is often associated with a high level of financial literacy. Financial literacy is often judged as one of the factors a person invests in the capital market. The higher the literacy rate, the higher the possibility that they will invest in the capital market. However, in many developing countries in the world including Indonesia, financial literacy is still quite low. On the other hand, the significant person effect factor is also considered a major factor for Generation Z in their decision making, including financial decisions. Therefore, this study aims to analyze the effect of financial literacy on the participation of Generation Z in the Indonesian capital market using the PROBIT regression method. The results of the study indicate that financial literacy and significant people affect the decisions of Generation Z in investing in the capital market."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Prytania Watung
"Media sosial menjadi salah satu bagian terpenting dalam kehiduan konsumen sehari-hari. Perusahaan pada saat ini mulai melakukan transisi terhadap strategi pemasarannya dengan menggunakan media sosial. Dengan perkembangan teknologi informasi, konsumen menggunakan berbagai cara untuk berinteraksi dengan perusahaan sehingga konsumen menjadi semakin ldquo;omnichannel rdquo;. Omnichannel adalah keadaan dimana semua saluran komunikasi untuk berinteraksi dengan konsumen dikelola dalam satu kesatuan. Hubungan dekat yang dimiliki konsumen secara langsung ataupun tidak langsung dapat mempengaruhi persepsi, tindakan, sikap dan motivasi dari konsumen. Hubungan dekat yang dimiliki oleh konsumen dalam istilah pemasaran kebanyakan digunakan untuk menjelaskan hubungan antara konsumen dan perusahaan, hanya sedikity penelitian yang meneliti pengaruh dari hubungan dekat yang dimiliki oleh konsumen khususnya teman dekat dari konsumen. Dengan mengetahui pengaruh dari teman dekat terhadap sikap konsumen pada media sosial sebagai omnichannel customer experience dapat memberikan keuntungan terhadap perusahaan yang menggunakan media sosial sebagai salah satu media untuk berinteraksi dengan konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah teman dekat mempengaruhi sikap dari konsumen terhadap sosial media sebagai omnichannel customer experience secara tidak langsung melalui norma subjektif dan motivasi dari konsumen.
The internet escpecially social media become an important part in customer daily life. Brands started to have fully transition their marketing efforts to social media channels. With the development of technology customers are become more omnichannel by use multiple channels to have experience with brand. Omnichannel is where all channels are managed together in unity. Close relationship directly and indirectly influence consumer in their perception, decision, attitude and motive but close relationship in marketing mostly been used for explain term between brand and customers, only few of study looked for the influence of close relationship especially close friends in consumer behavior. To find out the close friends influence on customers rsquo attitude toward social media as omnichannel customer experience could become a competitive advantage to brand or company which trying to use social media as one of their customer experience channel. The research methods that been used is survey and correlation research by use quantitative approach. The result is close friends have indirect effect toward customers rsquo attitude through customers rsquo subjective norm and motives. Close friends can rsquo t influence customer directly to use social media as omnichannel customer experience, but close friends can influence customers rsquo attitude through customers rsquo subjective norm and motives."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library