Found 5 Document(s) match with the query
Nugraha Arifianto
"Penerbangan antar kota-kota kecil di Indonesia berada dalam fase pertumbuhan yang cepat dan perlu dilayani oleh pesawat turboprop. Jaringan rute penerbangan pesawat turboprop dipertanyakan dikarenakan kinerjanya tidak positif. Penelitian ini mencoba mencari jaringan prospek rute pesawat turboprop di Indonesia menggunakan pendekatan yang telah dilakukan Ryerson dan Ge (2014). Dalam konteks penerbangan Indonesia, studi ini membangun jaringan turboprop pada penerbangan jarak pendek dan mengganti rute jet regional pada penerbangan jarak pendek. Mencari rute jet regional yang juga dapat dilayani turboprop dapat dilakukan dengan melakukan trade-off antara biaya bahan dan waktu. Selanjutnya, untuk melakukan hal tersebut, perlu dilakukan monetisasi waktu dengan nilai metrik waktu untuk setiap rute dengan 3 skenario harga fuel. Selain itu, untuk mencari prospek rute baru untuk turboprop, studi ini akan memprediksi probabilitas suatu rute cocok dilayani oleh turboprop dengan menggunakan modelbinarylogit. Studi ini menunjukkan bahwa lebih dari setengah rute regional jet saat ini dapat juga diterbangi dengan turboprop.
The Indonesian aviation between rural cities in the period of rapid growth that need to be served by small aircraft, such as turboprop. The current turboprop flight route network is being questioned due to its prostability performance. This study tries to determine the route network of turboprop aircraft in Indonesia using Ryerson and Ge`s approach (2014). Using the case of Indonesia aviation, this study builds a turboprop network by spatial trends for short-haul aviation and on the regional jet routes. Turboprop flight on the regional jet routes could be done by a distance-based and fuel-time trade-off with 3 scenarios of fuel price. Furthermore, to have fuel-time trade-off it needs to do monetization of time by the value of time metric for each route. Moreover, to do develop a future network of turboprop the study will use the binary logit model to predict the probability that a route is fit served by turboprop. This study shows that in the context of Indonesia as a whole country more than half of the current regional jet routes could be operated by turboprop."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53477
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Rifqi Kynansyahputra
"Pandemi COVID-19 mendorong negara-negara, termasuk Indonesia, untuk menerapkan pembatasan dan lockdown. Pengadopsian kerja hybrid melibatkan kombinasi work from home (WFH) dan bekerja di kantor, yang mengubah pola perjalanan dan mempengaruhi biaya transportasi serta value of time. Penelitian ini menyelidiki dampak sistem kerja baru sejak pandemi Covid-19, khususnya work from home (WFH) dan pengaturan kerja hybrid, terhadap value of time dan perilaku transportasi para pekerja di Sudirman Central Business District, Jakarta. Untuk mengestimasi value of time, digunakan binary choice (logit) model yang memanfaatkan konsep kesediaan membayar untuk pengurangan waktu perjalanan. Stated Preference digunakan untuk mengumpulkan pilihan dan preferensi pengguna terhadap berbagai alternatif perjalanan yang disajikan dalam skenario hipotetis. Data preferensi yang didapatkan kemudian dianalisa menggunakan model logit untuk mengestimasi value of time dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi waktu perjalanan seseorang. Temuan penelitian ini melihat dampak positif WFH dan sistem kerja hybrid terhadap value of time, karena pekerja jarak jauh menunjukkan penghargaan yang lebih besar terhadap efisiensi waktu. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa semakin lama waktu perjalanan dan semakin tinggi tingkat pendapatan, semakin tinggi value of time
The COVID-19 pandemic prompted countries, including Indonesia, to implement lockdowns and social restrictions. In response, many companies in Indonesia, including those in DKI Jakarta, shifted from full work from the office (WFO) to hybrid work arrangements. The adoption of hybrid work involved a combination of work from home (WFH) and office-based work, resulting in altered travel patterns and affecting transportation costs and the value of time. This research investigates the impact of new work systems since Covid-19 specifically work from home (WFH) and hybrid work arrangements, on the value of time and transportation behavior of workers in Sudirman Central Business District, Jakarta. To estimate the value of time a binary choice (logit) model is employed, utilizing the concept of willingness to pay for the reduction of travel time. The stated preference approach is employed to gather user choices and preferences on various travel alternatives presented in hypothetical scenarios. The stated preference data is then analyzed using the logit model to estimate the Value of time and understand the factors influencing individuals' travel time preferences. The findings highlight the positive impact of WFH and hybrid work arrangements on the value of time, as remote workers demonstrate a greater appreciation for time efficiency. Moreover, the study reveals that longer travel times and higher income levels correspond to a higher value of time."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Larasari Tisno Suryawati
"Sistem multimoda di Indonesia membutuhkan pengembangan untuk menciptakan angkutan barang yang lebih efisien dan andal serta mengurangi dominasi angkutan jalan raya, yaitu truk. Pemanfaatan lebih dari satu moda dalam sistem multimoda, dimana terdapat elemen door-to-door, memerlukan konsep pengembangan jaringan yang mengacu pada penggunaan generalised cost, bukan biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan sistem tersebut (out of pocket). Generalised cost adalah konsep monetisasi variabel waktu, jarak dan biaya ke dalam satuan nilai tertentu (waktu atau biaya). Tujuan dari penelitian yaitu menentukkan faktor-faktor yang memiliki peran penting dalam pemilihan moda serta menganalisis model generalised cost angkutan barang di Jawa berdasarkan moda utama dan moda-pelaku usaha. Pada penelitian ini, variabel generalised cost yang digunakan didasarkan pada sudut pandang dari freight forwarder dan shipper yang diperoleh melalui survei primer menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Monetisasi variabel kemungkinan keterlambatan dan lead time terhadap biaya didasarkan pada survei stated preference yang hasilnya menunjukkan bahwa moda truk memiliki nilai kemungkinan keterlambatan, yaitu Value of Delay Rp 1.181.771 dan nilai waktu, yaitu Value of Time Rp 174.079 (per pengiriman per jam). Nilai tersebut merupakan yang terbesar dibandingkan moda lainnya mengingat kemacetan dan belum tersedianya infrastruktur yang memadai menjadi faktor penyebab keterlambatan. Bentuk generalised cost disusun atas komponen biaya perjalanan, perkalian value of time terhadap lead time dan perkalian value of delay terhadap kemungkinan keterlambatan. Hasil generalised cost menunjukkan bahwa moda truk untuk freight forwarder memiliki nilai generalised cost 1,28 kali lebih mahal dibandingkan moda truk untuk shipper. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa shipper bersedia membayar lebih untuk mengurangi lead time dan meminimalkan keterlambatan sehingga barang cepat sampai dan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini sebaiknya dapat dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai landasan dalam menentukan kebijakan pengembangan transportasi multimoda yang memungkinkan sistem tersebut dapat bersaing di sektor logistik.
The multimodal system in Indonesia requires development in order to create more efficient and reliable freight transport and diminish the domination of road transport, i.e trucks.Utilization of more than one mode in a multimodal system, where there is a door-to-door element, requires a network development concept that refers to the use of generalised costs, instead of costs incurred to use the system (out of pocket). Generalised cost is the concept of monetization of time, distance and cost variables into a certain unit value (time or cost). The aim of this study is to analyze the generalised cost model of freight transport in Java based on main modes and modes-business actors. In this study, the generalised cost variable used is based on the viewpoint from freight forwarders and shippers obtained through primary surveys and the Analytical Hierarchy Process (AHP) method. Monetization of delay and lead time variables on costs is taken from a stated preference survey, the results of which show that the truck mode has a Value of Delay Rp 1,181,771 and Value of Time Rp 174,079 (per delivery per hour). These values are the largest compared to the other modes considering that congestion and the unavailability of adequate infrastructure are the factors that cause delays. Generalised cost model is composed of components of travel costs, multiplication of value of time of lead time and multiplication of value of delay of delays. The result of generalised cost show that the truck mode for freight forwarders has the largest generalised cost value, is 1.28 times more expensive than the truck mode for shippers. These conditions indicate shippers are willing to pay higher to reduce lead time and minimize delays in order to deliver quickly and increase company’s credibility. The findings of this study may be used by government entities as a reference in determining multimodal transport development policies which will enable the system to compete in the logistics sector."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Matthew Febryan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran gamification dalam menjelaskan hubungan dimensi-dimensi dalam perceived value dengan purchase intention pada m-commerce platforms. Sampel yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu penduduk Indonesia berusia 18 tahun sampai 55 tahun, dan pernah bermain games di m-commerce serta berbelanja di m-commerce selama enam bulan terakhir. Data yang berhasil dikumpulkan adalah sebanyak 274 responden yang kemudian diolah dengan menggunakan metode structural equation model-partial least square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dimensi-dimensi di dalam perceived value yakni utilitarian value, hedonic value, time/effort, dan social value dalam konteks gamificationi memiliki peran penting terhadap keinginan pengguna untuk bermain games dan keinginan pengguna untuk membeli melalui m-commerce platforms. Saran manajerial dan penelitian selanjutnya dibahas dalam penelitian ini.
This study aims to determine the role of gamification in explaining the relationship between the dimensions of perceived value and purchase intention on m- commerce platforms. The sample used in this study is Indonesian population aged 18 to 55 years, and has played games on m-commerce and shopped at m-commerce for the last six months. The data that were collected were 274 respondents which were then processed using the structural equation model-partial least square (SEM-PLS) method. The results of this study indicate that the dimensions in perceived value namely utilitarian value, hedonic value, time/effort, and social value in the context of gamification have an important role in users' desire to play games and users' desire to buy through m- commerce platforms. Managerial suggestions and further research are discussed in this study."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Rifqi Kynansyahputra
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengahuri besarnya value of time calon pengguna LRT dan membandingkan besarnya value of time dari masing-masing kelompok data. Pada penelitian ini digunakan pendekatan dengan metode Revealed Preference (RP) dan Stated Preference (SP). Kemudian dilakukan uji korelasi Spearman untuk mengetahui hubungan dari masing-masing variabel. Analisis regresi pada penelitian ini digunakan metode regresi logit biner sehingga didapatkan fungsi utilitas untuk setiap kelompok data dan diuji kelayakannya menggunakan nilai chi-square dengan uji Hosmer & Lemmeshow dan uji Omnibus. Untuk mendapatkan nilai value of time digunakan metode choice approach, selanjutnya dilakukan uji komparasi terhadap hasil value of time dari setiap kelompok data untuk melihat sebarapa besar kenaikan nilai value of time dan apakah terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik, nilai value of time kemudian dibandingkan dengan penelitian terdahulu. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan semakin lamanya durasi perjalanan dan semakin besarnya pendapatan pelaku perjalanan didapatkan value of time yang lebih besar. Berdasarkan maksud perjalanan didapatkan value of time yang lebih besar pada kelompok data dengan tujuan bekerja. Value of time yang didapatkan untuk kelompok data penghasilan menengah dan tinggi secara berurutan sebesar Rp. 1.322 per menit dan Rp. 1.462 per menit, untuk kelompok data durasi perjalanan 0-60 menit dan 61-120 menit didapatkan value of time secara berurutan sebesar Rp. 1.150 per menit dan sebesar Rp. 2.068 per menit. Berdasarkan maksud perjalanan didapatkan Rp. 1.406 per menit untuk tujuan bekerja dan Rp. 1.319 untuk semua maksud perjalanan.
This research was conducted to determine the factors that affect car users value of time for LRT Jakarta service and compare the value of time of each data group. The survey methods used for this study are Revealed Preference (RP) and Stated Preference (SP) methods. Then the Spearman correlation test was conducted to determine the correlation of each variable. Regression analysis in this study used the binary logit regression method to form utility function for each data group and tested its eligibility using the chi-square value of Hosmer & Lemmeshow test and the Omnibus test. To get the value of time, the choice approach method is used, then a comparative test is used on the results of the value of time from each data group to see how much the increase in the value of time is and whether there is a statistically significant difference, the value of time value is then compared with research earlier. The result of the analysis in this research shows that the longer the duration of the trip and the greater the income of the user, the greater the value of time there is. Based on the purpose of the trip, it was found that the value of time for the data group with the aim of working is bigger. The value of time obtained for the middle and high income data group sequentially are Rp1.322 per minute and Rp1.462 per minute and for the data group of travel duration 0-60 minutes and 61-120 minutes, the value of time obtained sequentially are Rp1.150 per minute and Rp2.068 per minute. Based on the purpose of the trip, it was obtained Rp1.406 per minute for work purposes and Rp1.319 for all travel purposes."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library