Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Nadhira Putri Mahdyani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Brand Personality terhadap Consumer Behavior (BL, PWOM, RNI, WP, SD, AE) dengan peran dari Brand Love pada konteks grup K-Pop, BTS. Sampel yang diteliti adalah penggemar BTS atau disebut ARMY, yang berdomisili di Indonesia dan berusia 17-35 tahun. Jumlah responden yang berhasil dikumpulkan pada penelitian ini adalah 492 responden. Data yang sudah berhasil dikumpulkan diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan software PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Personality memiliki pengaruh positif terhadap Brand Love, Positive Word-of-Mouth, Resistance to Negative Information, dan Active Engagement dan pengaruh terbesar ada pada variabel Brand Love. Sedangkan hubungan antara Brand Personality dengan Loyalty, Willingness to Pay More, dan Self-Disclosure memiliki hubungan negatif. Brand Love juga memediasi secara positif hubungan antara Brand Personality dengan variabel-variabel dari Consumer Behavior (BL, PWOM, RNI, WP, SD, AE). Active Engagement juga berpengaruh positif bagi Loyalty. Saran manajerial dan penelitian selanjutnya dibahas dalam penelitian ini.
This study aims to determine the effect of Brand Personality on Consumer Behavior (BL, PWOM, RNI, WP, SD, AE) with the role of Brand Love in the context of the K-Pop group, BTS. The sample studied is BTS fans or called ARMY, who are domiciled in Indonesia and are between 17-35 years old. The number of respondents who were collected in this study were 492 respondents. The data that has been collected is processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method and PLS-SEM software. The results of this study indicate that Brand Personality has a positive influence on Brand Love, Positive Word-of-Mouth, Resistance to Negative Information, and Active Engagement and the biggest influence is on Brand Love. Meanwhile, the relationship between Brand Personality and Loyalty, Willingness to Pay More, and Self-Disclosure has a negative relationship. Brand Love also positively mediates the relationship between Brand Personality and the variables of Consumer Behavior (BL, PWOM, RNI, WP, SD, AE). Active Engagement also has a positive effect on Loyalty. Managerial implications and further research are discussed in this study."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Elmira Listiawardany
"Berlandaskan Service Dominant Logic, Value Co-Creation, dan Information Adoption Model, model penelitian ini mengkaji terkait pengaruh Social Media Interactions pada konten destinasi wisata terhadap Visit Intention dan Behavioral Engagement, serta melibatkan Source Credibility, Homophily, dan Content Quality sebagai perantara pada hubungan tersebut. Untuk memberikan implikasi yang lebih spesifik, penelitian ini juga membandingkan bagaimana model tersebut pada dua jenis konten yang berbeda, yakni antara konten influencer dengan konten pengguna biasa (UGC). Penelitian ini menggunakan metode kuesioner survei dan mendapatkan sebanyak 313 sampel yang memenuhi kriteria penelitian, yaitu berdomisili di Indonesia, rentang usia 17 – 43 tahun, menggunakan media sosial, dan terpapar oleh konten destinasi wisata dalam 1 bulan terakhir. Berdasarkan analisis menggunakan perangkat lunak SmartPLS, penelitian ini menemukan bahwa Social Media Interactions yang terjadi pada konten destinasi wisata berpengaruh positif terhadap minat konsumen mengunjungi destinasi wisata (Visit Intention) serta memicu perilaku keterlibatan mereka terhadap konten (Behavioral Engagement). Homophily dengan sumber konten destinasi dan kualitas konten destinasi wisata (Content Quality) juga terbukti memiliki peran sebagai perantara pada hubungan tersebut. Disamping itu, temuan pada penelitian ini juga mendapatkan perbedaan antara konten influencer dengan UGC. Pada konten influencer, Behavioral Engagement dipengaruhi oleh Homophily dan Content Quality. Lain halnya dengan UGC, Behavioral Engagement dipengaruhi oleh Social Media Interactions. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis dan implikasi manajerial pada bidang pemasaran digital, khususnya terkait penggunaan media sosial dan pengaruhnya terhadap perilaku konsumen.
This research uses a survei questionnaire method and obtained 313 samples that meet this research criteria, which are those who located in Indonesia, age 17 to 43, using social media, and exposed to destination content in the last 1 month. Based on analysis using SmartPLS software, this study found that Social Media Interactions on destination content positively influence consumers' interest in visiting the destination (Visit Intention) and trigger their engagement behavior with the content (Behavioral Engagement). Homophily with the content source and the quality of the destination content (Content Quality) were also proven to play intermediary roles in this relationship. Additionally, the findings of this study revealed differences between influencer content and UGC. In influencer content, Behavioral Engagement is influenced by Homophily and Content Quality. On the other hand, in UGC, Behavioral Engagement is influenced by Social Media Interactions. The results of this research are expected to provide theoretical contributions and managerial implications in the field of digital marketing, particularly regarding the use of social media and its influence on consumer behavior."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library