Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Gunawan Tatang Komara
Abstrak :
ABSTRAK
Sejalan dengan kebijakan pemerintah meningkatkan devisa dengan
menggalakkan ekspor non migas yang dituangkan dalam berbagai
deregulasi. serta peluang perdagangan internasional yang menuju globalisasi
ditandai dengan berakhirnya Putaran Uruguay dengan persetujuan final act
pada April 1994, maka perdagangan internasional semakin berkembang dan
terbuka dengan harapan dimasa yang akan datang dunia menjadi satu pasar
yang bebas.
Keadaan tersebut membuka kesempatan kepada para pelaku bisnis
di Indonesia mengarahkan pandangan keluar (outward looking) untuk
mencari peluang pasar diluar negeri.
Dalam memanfaatkan kesempatan tersebut ada dua hal penting
yang perlu mendapat perhatian yaitu bagaimana model yang dipakai untuk
memasuki pasar dan dengan rencana pemasaran apa yang cocok dengan
pasarnya.
Berbagai macam cara memasuki pasar dan rencana pemasaran
memerlukan penelitian Iebih lanjut karena hal tersebut sangat berkaitan erat
dengan pasar yang akan dimasuki, jenis produk yang akan dipasarkan dan
kompetensi perusahaan seperti keterpaduan teknologi, sumber daya
manusia, pengalaman dan modal kerja.
Secara umum dapat dilihat negara Amerika Serikat dengan jumlah
penduduk 250 juta orang dan penghasilan bersih ?disposable personal
income? sebesar USS 16000 per tahun pada tahun 1991 merupakan pasar
yang besar dengan daya beli yang kuat.
Menurut data Euromonitor Market Direction produk pasta dipakai
oleh hampir 70 % rumah tangga di Amerika Serikat dengan pertumbuhan
sebesar 6.2% pertahun, merupakan salah Satu komoditi dengan permintaan
tinggi.
Dalam kaitan tersebut studi ini dibuat untuk meneliti dan
menganalisis cara masuk pasar (entry mode) dan rencana pemasaran produk
pasta ke Amerika Serikat.
Dilihat dari pesaing yang ada, kompetensi perusahaan dan faktor
resiko cara masuk pasar Amerika dipilih cara ekspor.
Mengingat pasta adalah jenis komoditi, maka pendatang baru tidak
dapat menentukan harga tetapi hanya sebagai pengikut (follower) yang
berarti pendatang baru harus dapat bersaing dengan strategi keunggulan
dalam biaya, dan strategi serangan langsung harus dihindari karena
kekuatan pesaing yang tinggi.
1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Cosmas Wibisono Nugroho
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis atau karya akhir ini akan merumuskan perencanaan bisnis untuk mendirikan bisnis pregnancy organizer, yaitu usaha yang menawarkan jasa pengaturan / organizer bagi ibu hamil dengan kelas ekonomi sosial menengah atas di Jakarta. Bisnis ini merupakan bisnis kreatif yang baru dimana belum pernah ada perusahaan yang menjalankan bisnis ini sebelumnya. Konsep bisnis ini serupa dengan bisnis event organizer, dimana untuk bisnis event organizer, jasa layanan pengaturan yang dikelola adalah dari persiapan suatu acara hingga acara tersebut terlaksana. Untuk bisnis pregnancy organizer ini, maka jasa layanan pengaturan yang dikelola adalah ibu hamil itu sendiri dimulai dari masa kehamilan sampai waktu persalinan. Penulisan tesis ini akan memberikan gambaran apa saja langkah – langkah strategi yang diperlukan unuk membangun bisnis ini yang mencakup mengenai perencanaan pemasaran, operasional, sumber daya manusia dan perencanaan keuangan. Di samping itu digambarkan juga mengenai analisis industri sehingga dengan menganalisa faktor – faktor tersebut, formula strategi yang akan dilakukan bisa direncanakan dengan tepat dan memberikan hasil yang maksimal. Tujuan akhir dari penulisan ini adalah apakah nantinya peluang bisnis ini bisa direalisasikan berdasarkan hasil analisa – analisa semua aspek bisnis.
ABSTRACT
This thesis or final paper will formulate a business plan to establish a pregnancy organizer, a business that offers services to organizer for pregnant women with high socio-economic class in Jakarta. This business is a new creative business which has never existed before. The business concept is similar to an event organizer, where for an event organizer, it will manage the preparation of an event until the event happen. In pregnancy organizer, it will manage a pregnant woman starting from the beginning of the pregnancy until the birth date. This thesis or final paper will give an idea for the strategic steps to build a business plan that includes marketing, operations, human resources and financial planning. And also describe an industry analysis and competitor analysis to help in business decision making to generate the maximum results. The final purpose of this paper is whether the future business opportunities can be realized based on all of business aspects analysis.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fajar Hudiharto
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25527
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library