Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gunawan Tatang Komara
Abstrak :
ABSTRAK
Sejalan dengan kebijakan pemerintah meningkatkan devisa dengan menggalakkan ekspor non migas yang dituangkan dalam berbagai deregulasi. serta peluang perdagangan internasional yang menuju globalisasi ditandai dengan berakhirnya Putaran Uruguay dengan persetujuan final act pada April 1994, maka perdagangan internasional semakin berkembang dan terbuka dengan harapan dimasa yang akan datang dunia menjadi satu pasar yang bebas.

Keadaan tersebut membuka kesempatan kepada para pelaku bisnis di Indonesia mengarahkan pandangan keluar (outward looking) untuk mencari peluang pasar diluar negeri.

Dalam memanfaatkan kesempatan tersebut ada dua hal penting yang perlu mendapat perhatian yaitu bagaimana model yang dipakai untuk memasuki pasar dan dengan rencana pemasaran apa yang cocok dengan pasarnya.

Berbagai macam cara memasuki pasar dan rencana pemasaran memerlukan penelitian Iebih lanjut karena hal tersebut sangat berkaitan erat dengan pasar yang akan dimasuki, jenis produk yang akan dipasarkan dan kompetensi perusahaan seperti keterpaduan teknologi, sumber daya manusia, pengalaman dan modal kerja.

Secara umum dapat dilihat negara Amerika Serikat dengan jumlah penduduk 250 juta orang dan penghasilan bersih ?disposable personal income? sebesar USS 16000 per tahun pada tahun 1991 merupakan pasar yang besar dengan daya beli yang kuat.

Menurut data Euromonitor Market Direction produk pasta dipakai oleh hampir 70 % rumah tangga di Amerika Serikat dengan pertumbuhan sebesar 6.2% pertahun, merupakan salah Satu komoditi dengan permintaan tinggi.

Dalam kaitan tersebut studi ini dibuat untuk meneliti dan menganalisis cara masuk pasar (entry mode) dan rencana pemasaran produk pasta ke Amerika Serikat.

Dilihat dari pesaing yang ada, kompetensi perusahaan dan faktor resiko cara masuk pasar Amerika dipilih cara ekspor.

Mengingat pasta adalah jenis komoditi, maka pendatang baru tidak dapat menentukan harga tetapi hanya sebagai pengikut (follower) yang berarti pendatang baru harus dapat bersaing dengan strategi keunggulan dalam biaya, dan strategi serangan langsung harus dihindari karena kekuatan pesaing yang tinggi.
1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cosmas Wibisono Nugroho
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis atau karya akhir ini akan merumuskan perencanaan bisnis untuk mendirikan bisnis pregnancy organizer, yaitu usaha yang menawarkan jasa pengaturan / organizer bagi ibu hamil dengan kelas ekonomi sosial menengah atas di Jakarta. Bisnis ini merupakan bisnis kreatif yang baru dimana belum pernah ada perusahaan yang menjalankan bisnis ini sebelumnya. Konsep bisnis ini serupa dengan bisnis event organizer, dimana untuk bisnis event organizer, jasa layanan pengaturan yang dikelola adalah dari persiapan suatu acara hingga acara tersebut terlaksana. Untuk bisnis pregnancy organizer ini, maka jasa layanan pengaturan yang dikelola adalah ibu hamil itu sendiri dimulai dari masa kehamilan sampai waktu persalinan. Penulisan tesis ini akan memberikan gambaran apa saja langkah – langkah strategi yang diperlukan unuk membangun bisnis ini yang mencakup mengenai perencanaan pemasaran, operasional, sumber daya manusia dan perencanaan keuangan. Di samping itu digambarkan juga mengenai analisis industri sehingga dengan menganalisa faktor – faktor tersebut, formula strategi yang akan dilakukan bisa direncanakan dengan tepat dan memberikan hasil yang maksimal. Tujuan akhir dari penulisan ini adalah apakah nantinya peluang bisnis ini bisa direalisasikan berdasarkan hasil analisa – analisa semua aspek bisnis.
ABSTRACT
This thesis or final paper will formulate a business plan to establish a pregnancy organizer, a business that offers services to organizer for pregnant women with high socio-economic class in Jakarta. This business is a new creative business which has never existed before. The business concept is similar to an event organizer, where for an event organizer, it will manage the preparation of an event until the event happen. In pregnancy organizer, it will manage a pregnant woman starting from the beginning of the pregnancy until the birth date. This thesis or final paper will give an idea for the strategic steps to build a business plan that includes marketing, operations, human resources and financial planning. And also describe an industry analysis and competitor analysis to help in business decision making to generate the maximum results. The final purpose of this paper is whether the future business opportunities can be realized based on all of business aspects analysis.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Hudiharto
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25527
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library