Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sandra Dewi Sabastian
Abstrak :
Bahasa tubuh merupakan salah satu bagian terpenting dalam komunikasi. Bahasa tubuh dan elemen-elemen verbal membentuk satu kesatuan makna di dalam komunikasi. Bahasa tubuh yang terdiri dari gestik, mimik, dan prosodi berfungsi sebagai alat Bantu berekspresi dalam komunikasi. Dalam skripsi ini saya meneliti pengaruh bahasa tubuh terhadap makna percakapan dalam turn Lippels Traum. Data yang dijadikan objek penelitian berasal dari 10 percakapan dalam film Lippels Traum. Dalam penelitian ini saya menggunakan teori mengenai Bahasa Tubuh dari Wolfgang Boettcher, Teori mengenai Ilubungan antara Bahasa Tubuh dengan Latar Belakang Budaya dari Wallboti, serta Teori-teori dari Apeltauer. Littlejohn, dan Lyons sebagai landasan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa tubuh tidak hanya mempengaruhi makna percakapan, tetapi juga merupakan bagian dari makna itu sendiri dalam komunikasi. Dalam suatu masyarakat bahasa, pengetahuan mengenai bahasa tubuh menjadi syarat berhasilnya suatu komunikasi.
Body language is one of the most important parts of communication. It forms the whole meaning of communication along with the verbal elements. It consists of gesture, mime, and prosodic, which function as means of expression and communication. In my thesis I have analyzed the influences of body language to the meaning of verbal conversation in film Lippels 7raum. The data of my analysis is 10 scenes of' conversation of film Lippels Traum. In this analysis, The Theory of Body Language from Wolfgang Boettcher, Theory of 'Ihe Relation between Body Language and Cultural Background from Wallbott, and Theories from Apeltauer, Littlejohn and Lyons arc used as the basic theories. The result shows that body language influences not only the meaning of conversations, but it is also a part of the meaning itself in a communication. In a language community, the knowledge of body language is required for a successful communication.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
S14807
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stenisia
Abstrak :
Kehadiran perempuan dalam dunia periklanan tidak hanya terbatas pada iklan-iklan produk kosmetik perempuan tetapi juga kosmetik laki-laki. Perempuan cenderung tampil di iklan-iklan produk yang sesungguhnya tidak ditargetkan untuk perempuan melainkan laki-laki. Iklan produk kosmetik laki-laki menunjukkan posisi dan karakter perempuan melalui penggunaan bahasa verbal dan nonverbal seperti dalam iklan cetak produk Axe Effect. Penelitian ini menggunakan empat belas iklan cetak Axe Effect untuk menyelidiki bahasa verbal dan nonverbal yang mengkonstruksi posisi perempuan dan membangun karakter perempuan. Keempat belas iklan cetak memaparkan bahasa verbal perempuan melalui fitur-fitur linguistik berdasarkan stilistika feminis. Gambar tubuh perempuan sebagai bagian dari bahasa nonverbal memperlihatkan interaksi antara perempuan dengan pembaca sesuai dengan teori semiotika visual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kehadiran perempuan dalam iklan cetak Axe Effect melalui bahasa verbal dan nonverbal menunjukkan bukti-bukti yang berbeda dari posisi dan karakter perempuan dalam konstruksi patriarki. ......Women existence has widely spread either in women's or men's grooming products advertisement. Even women mostly appear in product which is not targeted for themselves unless for men. Men's grooming product portrays women's position and character through verbal and nonverbal languages in Axe Effect printed ads. This research has selected fourteen samples of Axe Effect printed ads to investigate verbal and nonverbal languages which construct women's position and build women's character. These fourteen printed ads have been analyzed women's verbal language through linguistic features based on stylistic theories. Moreover, women body images as nonverbal languages show women-reader interaction based on visual semiotics theory. This research concludes that women existence in Axe Effect printed ads through verbal language and nonverbal language give contrary evidence to women's position and character under patriarchal construction.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43345
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library