Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Straus, Murray A.
New York: Lexington Books, 1994
306.874 STR b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabila Melati Armadani
"Bentuk pendisiplinan anak dengan menggunakan hukuman fisik memiliki pro-kontra sendiri dalam pelaksanaannya. Menurut data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik Indonesia pada tahun 2020, hampir setengah populasi orang tua di Indonesia mengaku menggunakan hukuman fisik pada anaknya di rumah yaitu sebanyak 48,4%. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penggunaan hukuman fisik yaitu corporal punishment myths dan parenting self-efficacy dengan intensi menggunakan hukuman fisik itu sendiri pada ibu yang bekerja. Penelitian dilakukan pada 142 ibu yang bekerja dengan anak berusia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara corporal punishment myths dengan intensi untuk menggunakan hukuman fisik serta terdapat hubungan yang signifikan juga antara parenting self-efficacy dengan intensi untuk menggunakan hukuman fisik.

Child discipline using corporal punishment has its own pros and cons in its implementation. According to research conducted by Badan Pusat Statistik Indonesia in 2020, almost half of the parents population still using corporal punishment to their child at home which is 48,4% of the population. Therefore, this study aims to determine the relationship between factors that can influence the intention to use corporal punishment, between corporal punishment myths and parenting self-efficacy among working mothers. The study was conducted on 142 working mothers with children aged 5-6 years. The method used is correlation analysis. The results showed that there was a significant relationship between corporal punishment myths with the intention to use corporal punishment and there was also a significant relationship between parenting self-efficacy and the intention to use corporal punishment."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gemala Sanggar Putri Astrida
"Penelitian ini akan melihat sejauh mana pengaruh keterikatan kontrol sosial terhadap tingkat intensitas perialaku delinkuensi. Serta penelitian ini juga menggunakan corporal punishment sebagai moderatornya. Dengan menggunakan teori social bonding oleh Hirschi (1969) penelitian ini menemukan bahwa semakin terikatnya anak dengan agen sosialnya maka perilaku delinkuensinya cenderung rendah. Namun, pada keterikatan dengan teman justru memunculkan hubungan yang positif. Dimana anak yang semkain terikat dengan temannya justru membuat anak semakin berperilaku delinkuen. Dengan menggunakan motode kuantitatif dan dengan melakukan analisa univariat, bivariat, uji korelasional, uji residual dan uji regresi ditemukan bahwa corporal punishment memiliki pengaruh terhadap hubungan antara keterikatan sosial dengan perilaku delinkuensi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya corporal punishment di rumah membuat hubungan orang tua dengan anak menjadi lemah sehingga anak menjadi berperilaku delinkuen. Lemahnya hubungan anak dengan orang tua membuat anak lebih memiliki ikatan dengan temannya yang berperilaku delinkuen.

This research will explain the effect of the level of social control bonds to level of children delinquency intensity level with corporal punishment as a variable of moderator. By using the social cohesion theory or social bonding by Hirschi (1969), this research explain the correlation between children and social agents towards delinquency behaviors. Where the relationship is negative, where the children are bound to the social agents, will lower the delinquency behaviours. This research also seeks the strength of the relationship of both social agents and children if involving corporal punishment as a moderator. This research which involved 469 respondents is using quantitative approach with questionnare as a instrument of research. By using cross tabulation, relational tests, and regretion test as well as with residual test, this research indicates that negative relationship between social control bonds (parents and teachers) towards delinquency behaviours. However, this research also shows that a positive relationship between peer bonds towards delinquency behaviour of children. Meanwhile, the correlation between social control bonds with the intensity of children's delinquency behaviour even more powerful if corporal punishment is involved as a moderator. The conclusion of this research is that children who have a corporal punishment experience by both of his or her parents at home tend to make children will become more delinquent than before. This happens because corporal punishment weakens the relationship between parents and children so that children tends to create a bond with his or her friends who commit delinquent behaviors.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S60743
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Bagus Septian
"Persepsi mengenai keparahan dan keadilan hukuman fisik yang diberikan dalam rangka penerapan disiplin oleh orang tua merupakan faktor yang mempengaruhi sikap terhadap penggunaan hukuman fisik. Mengingat bahwa pemberi hukuman adalah orang tua, maka persepsi terhadap hukuman fisik juga dipengaruhi oleh attachment anak dengan orang tua. Terhadap 222 partisipan dewasa muda diukur sikap terhadap hukuman fisik dengan Discipline Questionnaire DQ, persepsi keparahan dan keadilan dengan Physical Punishment Questionnaire PPQ dan attacment dengan orang tua menggunakan Experience in Close Relationship-Relationship Structure ECR-RS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap penggunaan hukuman fisik. berkorelasi denganpersepsi keadilan r = 0,287.

Childrens perception of harshness and justness of corporal punishment administered by their parents as a way to uphold discipline are factors that predict attitude towards corporal punishment. Considering that corporal pusnishment are administered by parents, then perception of children to corporal punishment might be affected by their attachment with parents. Participants of 222 people were asked to report their attitude towards corporal punishment with Discipline Questionnaire DQ, perceived harshness and pereived justness with Physical Punishment Scale PPQ and parental attachment with Experience in Close Relationship Relationship Struture ECR RS. Result found that perceived justness r = 0,287.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zaata Yamni
"Mendisiplinkan anak merupakan salah satu tugas yang penting bagi orang tua. Namun sayangnya, banyak orang tua yang masih menggunakan disiplin yang tidak efektif, seperti corporal punishment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran corporal punishment myth dan regulasi emosi (suppression, capitulation, escape) terhadap penggunaan corporal punishment pada orang tua yang mengasuh anak berusia 2-6 tahun. Penelitian dilakukan pada 125 orang tua yang berasal dari seluruh Indonesia dengan menggunakan alat ukur Corporal Punishment Myth Scale, Revised Parental Emotion Regulation Inventory, Vignettes Corporal Punishment Intention, dan dimensi corporal punishment dari alat ukur Conflict Tactic Scale-Parent Child Version. Data dianalisis menggunakan teknik zero-inflated count regression. Hasil menunjukkan bahwa corporal punishment myth, suppression, escape, dan capitulation tidak dapat memprediksi perilaku corporal punishment. Selain itu, corporal punishment myth dan suppression tidak dapat memprediksi intensi corporal punishment. Sedangkan, capitulation dan escape mampu memprediksi intensi corporal punishment pada count model, (IRR = 4.19, p < .05; IRR = 1.14, p < .05), tetapi tidak pada zero model, (OR = 1.26, p > .05 OR = 1.12, p > .05). Hasil penelitian mengimplikasikan bahwa masing-masing jenis regulasi emosi memiliki peranan yang berbeda dalam mempengaruhi frekuensi munculnya intensi corporal punishment.

Discipline is one of the most important tasks in parents’ life. Unfortunately, many parents still use ineffective discipline, such as corporal punishment. This study aimed to determine the role of corporal punishment myth and emotion regulation (suppression, capitulation, escape) on corporal punishment use in parents who had children aged 2-6 years. The study was conducted on 125 parents from all over Indonesia using Corporal Punishment Myth Scale, Revised Parental Emotion Regulation Inventory, Corporal Punishment Intention Vignettes, and corporal punishment dimension of Conflict Tactic Scale-Parent Child Version. The data were analyzed using zero-inflated count regression. The results showed that corporal punishment myth, suppression, escape, and capitulation could not predict corporal punishment behavior. Moreover, corporal punishment myth and suppression could not predict the intention of corporal punishment. Meanwhile, capitulation and escape were able to predict the intention of corporal punishment in the count model (IRR = 4.19, p < .05; IRR = 1.14, p < .05), but not in the zero model (OR = 1.26, p>.05; OR = 1.12, p > .05). The results implied that each type of emotion regulation has different role in influencing the use of corporal punishment."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marpaung, Marina Mary
"Aceh, yang terletak di ujung utara Sumatera, dulunya dikenal sebagai Serambi Mekkah dan merupakan provinsi yang sangat unik dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Saat ini, Aceh masih merupakan salah satu provinsi yang paling konservatif dan religius di Indonesia. Peraturan perundang-undangan nasional, melalui Undang-undang Nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, memungkinkan Aceh, sebagai daerah otonom khusus, untuk menegakkan hukum syariah, yang berasal dari ajaran agama Islam, khususnya Al-Quran dan Hadis. Pasal 125 Undang-Undang Pemerintahan Aceh menetapkan bahwa  pelaksanaan hukum syariah di Aceh harus dilakukan melalui pemberlakuan Qanun. Qanun adalah peraturan Islam, setara dengan Peraturan Daerah (Perda) namun isi Qanun harus didasarkan pada Islam dan tidak bertentangan dengan hukum syariah. Qanun terakhir, yang merupakan konsolidasi dari Qanun-qanun sebelumnya adalah Hukum Pidana Islam, yang diperkenalkan melalui Qanun Nomor 6 tahun 2014 tentang Hukum Jinayat (Qanun Jinayat). Peraturan tersebut secara resmi disahkan pada bulan Oktober dan mulai berlaku pada 23 Oktober 2015 dan sejak diperkenalkan di Aceh, implementasinya telah melahirkan kontroversi di masyarakat, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional, terutama karena adanya legitimasi hukuman badan yaitu hukuman cambuk. Di sisi lain, sebagai anggota PBB, Indonesia  telah meratifikasi Konvensi Menentang Penyiksaan dan Perlakuan Atau Hukuman Lain Yang Kejam, Tidak Manusiawi, atau Merendahkan Martabat Manusia, Konvensi Hak Sipil dan Politik, dan Konvensi Anti Diskriminasi terhadap Perempuan, serta Konvensi Hak-hak Anak. Lebih lanjut lagi, dalam sistem hukum positif di Indonesia, KUHP tidak mengenal jenis hukuman cambuk.

Aceh distincts itself as a very unique province compared to other provinces in Indonesia. Today, Aceh is still among Indonesia’s most religiously conservative and observant provinces.  The national legislation, through Law Number 11 of 2006 concerning The Government of Aceh, allows Aceh, as a special autonomous region to enforce the syariah (Islamic) law, which derives from the religious precept of Islam, particularly the Quran and the Hadith.  Article 125 of the Law of the Government of Aceh stipulates that the implementation of the syariah law in Aceh must be done through the enactment of a Qanun. Qanun is an Islamic bylaw, equivalent to the  Regional Regulation (Perda) however the content of the Qanun must be based on Islam and shall not contradict with the syariah law. The latest Qanun, which is the consolidation of the three previous Qanun was the Islamic Criminal Law, introduced through Qanun Number 6 of 2014 concerning The Jinayat Law (Qanun Jinayat). The bylaw was formally enacted in October and entered into effect in 23 October 2015 and since its introduction in Aceh, its implementation has spawned controversy in the community, both at the local (Aceh) and national level including capturing global attention, particularly due to the legitimation of corporal punishment in Indonesia, namely caning. In addition to such, as a UN Member, Indonesia has ratified the Convention Against Torture and Other Cruel, Inhuman and Degrading Treatment or Punishment, the Covenant on Civil and Political Rights, the Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination against Women and the Convention on the Rights of the Child. On the other hand, Indonesia's criminal system (KUHP) does not recognize corporal punishment.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2018
T55002
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library