Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ellis Gamalia
"Kajian terhadap peran unit Corporate Communications PT. Garuda Indonesia dalam membangun kembali image, berangkat dari pemikiran bahwa di tengah kondisi kompetisi dunia usaha baik di tingkat nasional, regional, dan internasional yang semakin ketat dewasa ini, maka image perusahaan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan perusahaan tersebut dalam memenangkan persaingan. Apalagi bagi bidang usaha yang terkait dengan masalah 'pelayanan' jasa penerbangan seperti halnya Garuda Indonesia.
Pada masa lalu, Garuda memiliki citra yang cenderung buruk dan memiliki atribut-atribut yang negatif bagi pengguna jasa maupun masyarakat pada umumnya. Ditengah upayanya melakukan berbagai perbaikan yang dikenal sebagai restrukturisasi perusahaan, dimana secara makro tujuan yang ingin dicapai adalah membangun kembali image Garuda menjadi perusahaan yang kini lebih baik dan diterima oleh masyarakat pengguna jasa.
Mengingat arti penting dari peran dan fungsi strategis dari unit Corporate Communications dalam membantu perusahaan membangun image, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana unit berhasil dalam melakukan langkah-langkah untuk membangun image selama masa restrukturisasi perusahaan.
Salah satu teori yang mendasari adalah Persuasi yang menurut Cutlip & Center adalah suatu upaya menyampaikan informasi dengan cara tertentu untuk merubah pemikiran lama atau membentuk pemikiran baru pada masyarakat, sehingga berubah perilakunya. Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah merubah atau menetralisir opini yang berlawanan, membentuk opini yang belum maupun yang sudah tampak, atau mempertahankan opini yang favourable dengan cara memperkuatnya.
Untuk memperoleh data-data yang akurat maka dilakukan studi lapangan. Selain itu, untuk mengukur kinerja yang telah dihasilkan penulis melakukan wawancara mendalam dengan berbagai nara sumber atau key informan baik dari kalangan internal maupun eksternal. Sementara, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik analisis data deskriptif dan studi yang dilakukan adalah bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa image yang diberikan terhadap Garuda dan penilaian kinerja unit Corporate Communications secara umum cukup positif walaupun masih perlu adanya beberapa program yang harus lebih diberdayakan oleh unit Corporate Communications."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
T1967
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Wahyuningrum
"Identitas perusahan pada dasarnya mengkomunikasikan gagasan, pemikiran dan kepribadian organisasi dalam berbagai bentuk yang bervariasi. Identitas perusahaan dapat dilihat melalui berbagai perilaku dan komunikasi perusahaan dan secara visual diekspresikan melalui bentuk logo. Tipografi nama, slogan, warna, bentuk bangunan dan bentuk disain lainnya. Simbolisme menjadi bagian yang tak terpisahkan dari identitas perusahaan. Simbol merefleksikan identitas perusahaan dan sebagai suatu fungsi komunikasi perusahaan, identitas membantu untuk membentuk citra positif perusahaan.
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimanakah proses penciptaan dan manajemen identitas perusahaan serta bagaimanakah pandangan dan pemahaman karyawan sebagai publik internal terhadap identitas perusahaannya. Dalam upaya mendeskripsikan proses penciptaan dan manajemen identitas perusahaan, penulis menggunakan kerangka model manajemen identitas perusahaan yang dikembangkan oleh Helen Stuart. Dalam model ini dipaparkan bagaimana identitas perusahaan merupakan wujud atau ekspresi dari kepribadian suatu perusahaan. Simbol-simbol identitas didasarkan atas strategi perusahaan sebagai bagian dari pembentukan citra perusahaan.
Penelitian ini dilandaskan pada perspektif interpretif dan menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif. Oleh karena itu, untuk memahami proses penciptaan, manajemen dan pemaknaan identitas perusahaan dilakukan dengan menelusuri konteks yang ada di balik penciptaan dan manajemen identitas perusahaan serta dengan mengedepankan interpretasi terhadap makna-makna symbol identitas perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penciptaan awal identitas perusahaan lebih dipengaruhi pada pertimbangan subyektif dari pendiri perusahaan yang juga berperan sebagai pencipta identitas. Identitas pada awalnya lebih difungsikan sebagai tanda pengenal perusahaan pada publiknya. Identitas mulai dirasakan penting bagi perusahaan ketika perusahaan telah melalui tahap kematangan atau mencapai keberhasilan tertentu.
Manajemen identitas mulai lebih diperhatikan dan fungsi identitas juga mulai dikembangkan untuk menumbuhkan rasa kebanggaan dan rasa memiliki karyawan terhadap perusahaannya. Makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam identitas mulai diangkat dari nilai-nilai inti filosofi perusahaan, dan juga disesuaikan dengan perkembangan perusahaan itu sendiri. Pemaknaan karyawan terhadap identitas perusahaan dibangun berdasarkan pemahamannya terhadap sosialisasi yang dikomunikasikan oleh pihak manajemen. Selain itu juga didasarkan atas pemahaman pengalaman mereka selama ini sebagai anggota perusahaan.
Pemaknaan terhadap identitas perusahaan menjadi faktor penting dalam manajemen identitas perusahaan. Melalui identitas perusahaan, publik dapat memperoleh gambaran penting tentang dimensi-dimensi tertentu dari perusahaan. Oleh karenanya, simbol-simbol identitas perusahaan sebagai fungsi komunikasi perusahaan perlu untuk diciptakan dan dikembangkan dengan melihat pada realitas organisasi dan perlu untuk senantiasa dikomunikasikan dalam berbagai bentuk aktivitas perusahaan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
T9693
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library