Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siregar, Khalya Karamina
"ABSTRAK
Saat ini, Generasi Z adalah generasi dengan kepribadian dan karakteristik paling kompleks dan kritis sepanjang masa. Perbedaan karakter dari generasi terdahulunya sangat mempengaruhi perilaku pembelian dari Generasi Z. Di tahun 2020 mendatang, diperkirakan bahwa anggota dari Generasi Z akan menjadi kelompok konsumen terbesar di dunia, melebihi berbagai kelompok generasi sebelumnya. Oleh karena itu, kekuatan dan daya beli dari generasi ini tidak dapat disepelekan. Walau kini anggotanya berusia maksimal 22 tahun, pengaruh mereka di lingkungan sosial dan keluarga terbilang signifikan. Kekuatan dari Generasi Z diperkuat dari mudahnya akses informasi dan fasihnya mereka untuk berkomunikasi di dalam dunia teknologi dan digital. Sebagai generasi pertama yang lahir sebagai digital natives, mereka hidup tidak hanya di dunia nyata melainkan juga di dunia digital. Berdasarkan kebutuhan dan perilaku yang berbeda, brand perlu mempertimbangkan ulang taktik dan strategi pendekatan kepada target baru ini. Tentunya, strategi pemasaran digital adalah pendekatan yang perlu ditekankan. Melihat potensi pembelian yang besar dari generasi ini, brand yang visioner akan mulai membidik Generasi Z sebagai target utama mereka, dengan pendekatan bauran pemasaran yang sesuai dengan karakteristiknya.

ABSTRACT
Nowadays, Generation Z is the most complex and critical generation from all times. These character and behavior differences from its preceding generations affected their buying decision process. I tis estimated that by 2020, Generation Zs will come to be the largest group of consumers globally. Judging by the statement given, this younger genereration should not be looked down by brand marketer. With the oldest member barely even 22 years old, their influence both in social and family environment can be considered as significant. Their favorable state of life is also supported by information accessibility and their fluency in the digital technology. They are the first ever digital natives born generation, hence familiar living both in reality and varied social networks. Their specific behavior and characteristics require brands to reconsider their current approach and strategy to engage with this new audience. Digital marketing is a one definite strategy to be focused on while targeting to Generation Z. Seeing the potential of thie generation, a visionary brand will start targeting this generation as their main audience, with a tailored marketing mix approach to meet their expectations."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwin Indiarti
"The development of sophisticated technology has caused a major change in how to communicate in the digital era. Social media has been widely used as a means of communication. The power of social media provides a new way of inheriting culture. This qualitative descriptive research i5 intended to look at the use of social media that has cultural content and its function in cultural inheritance to Lare Osing (young people of Banyuwangi). The research results show that cultural content-based social media managed by digital natives have successfully attracted the peoples attention, especially the youngsters. This type ofsoeial media has strategic position as the media of inheriting local culture, maintaining cultural identity, strengthening social values and local wisdom, enriching the local peoples outlook on life as well as the giver of the meaning of culture."
Yogyakarta: BALAI PELESTARIAN NILAI BUDAYA D.I. YOGYAKARTA, 2017
400 JANTRA 12:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Simatupang, Idayu Kristina
"[ABSTRAK
Studi ini berangkat dari keadaan dunia yang diwarnai oleh massifnya perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi berimplikasi pada dua
perilaku generasi konsumen yaitu generasi Digital Natives (DN) dan Digital
Immigrants (DI), suatu generasi yang sering mengalami kecemasan terhadap
teknologi, dikenal sebagai technology anxiety. Studi ini melihat bagaimana dua
generasi konsumen yang berbeda dalam proses memutuskan membeli produk
berbasis teknologi tinggi / high technology seperti smartphone, khususnya untuk
menggali proses komunikasi serta mengatasi technology anxiety. Berlandaskan
paradigma post-positivistik dengan pendekatan kualitatif, studi ini menghasilkan
temuan bahwa DI mengatasi kecemasan dan membeli high tech melalui proses
komunikasi dengan kelompok, sedangkan DN tidak memiliki kecemasan serta
cenderung melakukan proses komunikasi dengan dunia virtual sebelum membeli.

ABSTRACT
This research inspired by picture of a world whose full of information technology and
communications. Development of information technology and communications have
impact for the two generations of consumer behavior, namely the generation of
Digital Natives and Digital Immigrants, a generation that experience technology
anxiety. This research?s aim is digging about how two different generations of
consumers in the process of deciding to buy a high tech product, smartphones, in
particular to explore the communication process and how to overcome technology
anxiety. Based on the paradigm of post-positivistic with a qualitative approach, this
research found that the DI overcome anxiety and buy high-tech through the
communication process with the group, while the DN does not have anxiety and tend
to make the process of communication with the virtual world before buying., This research inspired by picture of a world whose full of information technology and
communications. Development of information technology and communications have
impact for the two generations of consumer behavior, namely the generation of
Digital Natives and Digital Immigrants, a generation that experience technology
anxiety. This research’s aim is digging about how two different generations of
consumers in the process of deciding to buy a high tech product, smartphones, in
particular to explore the communication process and how to overcome technology
anxiety. Based on the paradigm of post-positivistic with a qualitative approach, this
research found that the DI overcome anxiety and buy high-tech through the
communication process with the group, while the DN does not have anxiety and tend
to make the process of communication with the virtual world before buying.]"
2015
T44940
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kurnia Latif Maulani
"Fenomena detoksifikasi Instagram merupakan fenomena kontemporer dimana pengguna menjauhi Instagram selama kurun waktu tertentu karena penggunaannya telah menjadi negatif bagi dirinya baik secara fisik maupun mental. Penelitian ini mencoba mengeksplorasi motivasi, refleksivitas pengalaman, dan pengaruh dari detoksifikasi Instagram terhadap konsumsi media sosial individu di masa depan. Menggunakan pendekatan analisis fenomenologi interpretatif (IPA) melalui wawancara mendalam dengan 3 individu yang mewakili generasi digital, peneliti menemukan bahwa partisipan memutuskan untuk melakukan detoksifikasi Instagram karena adanya paparan yang tinggi akan hidup orang lain melalui Instagram, adanya persepsi bahwa Instagram bukanlah ruang aman bagi partisipan, serta munculnya perasaan beban saat Instagram menjadi sebuah kewajiban. Selama proses refleksi pengalaman detoksifikasi Instagram, partisipan juga menemukan bahwa mereka tetap dapat menjalani hidupnya dengan baik tanpa Instagram, berhenti membandingkan hal yang sedang mereka sedang jalani, dan menyadari tidak ada hal-hal yang benar-benar mereka lewatkan. Partisipan juga mengembangkan pemaknaan yang lebih baik akan waktu, ruang, dan diri setelah selesainya periode detoksifikasi Instagram, sehingga dapat mengendalikan perilaku media sosialnya secara lebih sehat di masa depan

Instagram detox is a relatively new phenomenon where Instagram users refrains from using Instagram for a certain period of time because it has negative effects on their mental and physical state. This thesis attempts to explore the motivation, reflective experience, and impact of Instagram detox to the participant’s future social media consumption. Using Interpretative Phenomenology Analysis approach through in-depth interviews with 3 participants who are part of digital natives, it was found that participants decide to do Instagram detox because there’s a high exposure to other people’s life through Instagram, a perception that Instagram is not their safe place, as well as a heavy feeling that comes when Instagram becomes an obligation. When reflecting about their Instagram detox experience, participants also found that they still live well without Instagram, stop comparing the things that they were experiencing, and realize that they did not really miss out on anything. Participants also develop a better sense of time, space, and self after Instagram detox period, thus they can control their future social media behavior in a healthier way."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nicku Rendy Perdana
"Studi ini berusaha mengangkat persoalan kesenjangan yang muncul antara perilaku penggunaan media sosial oleh kalangan digital natives dan digital immigrants. Studi sebelumnya menjelaskan penggunaan media sosial yang dilatarbelakangi upaya untuk tetap terhubung di dalam jejaring sosial pengguna dan kapabilitas literasi digital pengguna. Dalam penelitian berikut, peneliti melihat permasalahan terkait dengan perbedaan perilaku penggunaan media sosial antara digital natives dan digital immigrants. Peneliti berargumen bahwa tingkat keikutsertaan dalam jaringan sosial dan tingkat literasi digital memberikan pengaruh yang berbeda antara generasi digital natives dan digital immigrants dalam menggunakan media sosial. Penelitian dilakukan terhadap 126 sampel yang diambil berdasarkan teknik non-probabilita. Penelitian menunjukkan tingkat keikutsertaan dalam jaringan sosial tidak signifikan mempengaruhi tingkat penggunaan media sosial. Tingkat literasi digital mempengaruhi secara signifikan tingkat penggunaan media sosial dengan arah hubungan positif yang lemah. Tingkat keikutsertaan dalam jaringan sosial memiliki perbedaan pengaruh terhadap tingkat penggunaan media sosial di kalangan digital natives dan immigrants, di mana variabel berikut hanya mempengaruhi pada kalangan digital immigrants, tidak dengan digital natives. Variabel tingkat literasi digital memiliki perbedaan yang kecil secara statistik dalam mempengaruhi variabel tingkat penggunaan sosial di kalangan digital natives dan digital immigrants, di mana pada keduanya didapati pengaruh lemah signifikan terhadap tingkat penggunaan media sosial.

This study aims to raise the gap issue arisen between social media usage behavior by digital natives and digital immigrants. Former studies have described social media usage as a backdrop of efforts to be connected to the user's social network and digital literacy capability. In the following study, the researcher seeks problems related to differences in social media usage behavior between digital natives and digital immigrants. The researcher argues that participation level in social networks and digital literacy level have a different effect between generation of digital natives and digital immigrants in using social media. The research was conducted on 126 samples took with non-probability technique. Research shows the level of participation in social network insignificantly impacts level of social media usage. The level of digital literacy significantly impacts level of social media usage. The level of participation in social network has different impact between digital natives and immigrants, whereas this variable only impacting among digital immigrants, not the digital natives. The level of digital literacy variable statistically has a little difference between digital natives and immigrants, while both groups shown significant weak impact to the level of social media usage."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library